Title
Now showing items 1-60 of 128
ANALISA PERBANDINGAN SIKAP KERJA KARYAWAN PRIA DAN WANITA SEBAGAI UMPAN BALIK BAGI PERUSAHAAN PADA PT. RADJA ANGKUT INDONESIA
Bulele,Agustina () 2019Sikap kerja karyawan satu dengan karyawan lain sangatlah berbeda-beda. Perbedaan itu tidak terlepas dari lingkungan pekerjaan. PT. Radja Angkut Indonesia merupakan suatu perusahaan yang bergerak dibidang jasa, dimana karyawan PT. Radja Angkut Indonesia memiliki 130 karyawan pria dan 20 karyawan wanita. Karyawan pria yang lebih banyak dari pada karyawan wanita, oleh karena itu penelitian ini bertujuan mengetahui adakah perbedaan sikap kerja karyawan pria dan karyawan wanita sebagai upaya bagi perusahaan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif. Penelitian ini dilakukan di PT. Radja Angkut Indonesia yang menyebar kuesioner kepada 150 responden, pengujian hipotesis peneltian ini menggunakan teknik uji-t alat bantu SPSS ( statistic product and service ) versi 20. Hasil penelitian ini membuktikan: terdapat perbedan yang signifikan antara sikap kerja karyawan pria dan karyawan wanita pada indikator kejujuran, kedisiplinan, partisipasi dan tanggung jawab dalam kelompok sedangkan pada indiktor partisipasi dalam kelompok tidak terdapat perbeda
ANALISIS INTENSI PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK DITINJAU DARI PERSEPSI ATRIBUT DAN PERSEPSI BEHAVIORAL CONTROL (STUDI KASUS PADA MAHASISWA/I PENGGUNA OVO DI FEB UNIVERSITAS HARAPAN MEDAN)
Trinata, Adzra Hafizha () 2019E-money merupakan salah satu alternatif alat pembayaran yang berbeda dengan kartu kredit ataupun debit. Prinsip orang yang memiliki e-money adalah menyimpan sejumlah uang pada media elektronik, namun tingkat pemahaman masyarakat terhadap e-money masih belum baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis intensi penggunaan uang elektronik ditinjau dari persepsi atribut dan persepsi behavioral control pada mahasiswa/i pengguna ovo di FEB Universitas Harapan Medan. Penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif dengan unit analisis Mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Harapan Medan. Dengan menggunakan data primer diperoleh dari 200 mahasiswa yang menggunakan ovo sebagai uang elektronik. Dengan metode structural equation modelling (SEM) menggunakan bantuan AMOS versi 22. Hasil penelitian pertama ini menunjukkan bahwa Persepsi Atribut berpengaruh tidak signifikan terhadap Intensi Penggunaan. Hal tersebut ditegaskan dengan Nilai Probabilitas Persepsi Atribut terhadap Intensi Penggunaan sebesar 0.126 yang lebih besar dari 0,05 (0,126 > 0,05). Begitupula dengan hasil penelitian kedua menunjukkan bahwa Persepsi Behavioral Control berpengaruh tidak signifikan terhadap Intensi Penggunaan. Hal tersebut ditunjukkan dengan Nilai Probabilitas Persepsi Behavioral Control terhadap Intensi Penggunaan sebesar 0,988 yang lebih besar dari 0,05 (0.988 > 0,05).
ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN, PENGALAMAN PEMBELIAN ONLINE, KESADARAN MEREK DAN LOYALITAS MEREK TERHADAP MINAT BELI DENGAN PROMOSI SEBAGAI PEMODERASINYA (STUDI PADA KONSUMEN TRAVELOKA DI KOTA MEDAN)
Sembiring, Sri Febriani () 2019Traveloka memberikan berbagai kenyamanan kepada konsumen dengan sistem pemesaran tiket pesawat, travel dan reservasi hotel yang cepat, pembayaran yang mudah dan aman, sehingga memberikan berbagai pilihan harga tiket, travel dan hotel sesuai dengan budget konsumen. Selain itu Traveloka memberikan informasi mengenai lokasi atau tempat rekomendasi hotel, dan tempat wisata. Berbagai pelayanan yang diberikan Traveloka dimaksudkan untuk memberikan kualitas pelayanan yang terbaik terhadap konsumen sehingga diharapkan dapat memberikan kepuasan bagi konsumen. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kepercayaan, pengalaman pembelian Online, kesadaran merek, loyalitas merek berpengaruh baik secara parsial maupun secara simultan terhadap minat beli dan untuk mengetahui apakah kepercayaan, pengalaman pembelian Online, kesadaran merek, loyalitas merek berpengaruh terhadap minat beli yang dimoderasi oleh promosi Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah berjumlah tidak diketahui sehingga menggunakan metode sampel yang digunakan yaitu rumus Purba yaitu menjadi 100 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan MRA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kepercayaan, pengalaman pembelian Online dan loyalitas merek berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli, hanya variabel kesadaran merek tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli pada Traveloka dan secara bersama-sama variabel kepercayaan, pengalaman pembelian Online, kesadaran merek dan loyalitas merek berpengaruh signifikan terhadap minat beli pada Traveloka. Promosi memberi efek memperkuat pengaruh kepercayaan, pengalaman pembelian Online dan kesadaran merek terhadap minat beli dan variabel promosi memberi efek memperlemah loyalitas merek terhadap minat beli. Kata kunci : Kepercayaan, Pengalaman Pembelian Online, Kesadaran Merek, Loyalitas Merek, Minat Beli dan Promosi
ANALISIS PENGARUH KONFLIK PERAN DAN AMBIGUITAS PERAN TERHADAP STRES KERJA KARYAWAN PADA PT. TIGARAKSA SATRIA
Azis, Farhan () 2019Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan asosiatif untuk mengetahui hubunga variabel X (bebas) terhadap variabel Y (terikat). Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif, yakni menguji dan menganalisis data dengan perhitungan angka-angka dan kemudian menarik kesimpulan dari pengujian tersebut dengan alat uji korelasi product moment dan korelasi berganda tetapi dalam praktiknya pengolahan data penelitian ini tidak diolah secara manual,namun menggunakan software statistik SPSS 24. Berdasarkan hasil yang diperoleh thitung = 5,328 > ttabel 2,036 maka H0 ditolak dan H1 diterima untuk variabel konflik peran. Dengan demikian, secara parsial bahwa variabel konflik peran berpengaruh signifikan terhadap stres kerja pegawai pada PT. Tigaraksa satria. Berdasarkan hasil uji t thitung = 7,017 > ttabel 2,036 yang diperoleh maka H0 dan H1 diterima untuk variabel ambiguitasa peran. Dengan demikian, secara parsial bahwa variabel ambiguitas peran berpengaruh signifikan terhadap stres kerja pegawai pada PT. Tigaraksa satria. Berdasarkan Fhitung ( 9,883) > Ftabel 3,29 dapat disimpulkan bahwa secara simultan konflik peran dan ambiguitasa peran berpengaruh signifikan terhadap stres kerja pegawai PT. Tigaraksa satria. Koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai 0,831 (83,1%) artinya 83,1% variabel konflik peran (X1) dan ambiguitasa peran (X2) dapat menjelaskan variabel stres kerja (Y) sedangkan sisanya 16,9% dijelaskan oleh variabel lain di luar peneliti. Kata Kunci : Konflik peran, Ambiguitas peran, Stres kerja
ANALISIS PENGARUH PENGEMBANGAN KARIR DAN KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA SERTA IMPLIKASINYA PADA KOMITMEN ORGANISASI PT.PERKEBUNAN NUSANTARA II (PERSERO) TANJUNG MORAWA.
Tsabbitha, Siti Hediati () 2019Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengembangan karir dan kompensasi secara parsial dan simultan terhadap kepuasan kerja serta implikasinya pada komitmen organisasi. asosiatif dengan pendekatan kuantitatif, populasi pada penelitian ini adalah karyawan yang bekerja di PT.Perusahaan Nusantara II (persero) Tanjung Morawa sebanyak 392 orang, dan pengambilan sampel secara acak sehingga sampel yang digunakan sebanyak 198 responden. Sumber data yaitu data primer dengan teknik pengumpulan data yaitu, kuisioner. Teknik analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur. Berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan, dapat disimpulkan bahwa (1) Pengembangan Karir berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Kerja. (2) Kompensasi berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Kerja. (3) Pegembangan Karir berpengaruh secara signifikan terhadap Komitmen Organisasi. (4) Kompensasi berpegaruh secara signifikan terhadap Komitmen Organisasi. (5) Kepuasan Kerja berpengaruh secara signifikan terhadap Komitmen Organisasi. (6) Pengembangan Karir berpengaruh secara signifikan terhadap Komitmen Organisasi melalui Kepuasan Kerja. (7) Kompensasi secara signifikan terhadap Komitmen Organisasi melalui Kepuasan Kerja. Kata kunci : Pengembangan Karir, Kompensasi, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi.
Analysis of Company Performance and Its Influence Through Balanced Scorecard Using Intervening Variables of Work Climate in Medan City and Surrounding Areas
rosita (),zulia hanum (),julita (),aditi,bunga (),ade gunawan () 2023Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur kinerja perusahaan di kota Medan dan lingkungannya dengan penerapan Balanced Scorecard (BSC) agar semakin meningkat persaingan melalui variabel intervening iklim kerja yang membedakan masing-masing perusahaan. Itu desain penelitian adalah penelitian kebijakan dengan menggunakan kuantitatif teknik analisis menggunakan aplikasi Lisrel SEM, dengan sampel 100.
Buku Ajar Kewirausahaan Kompetensi Wirausaha Sukses
aditi,bunga (),henny pratiwi (),soni hestukoro (),deni faisal mirza () 2022Buku Ajar ini menggambarkan wirausaha secara luas adalah seseorang yang berani mengambil risiko dengan memanfaatkan sumber daya untuk menyampaikan nilai kepada masyarakat. Materi yang dibahas dalam buku ini meliputi: Bab I. Pengertian Kewirausahaan Bab 2. Konsep Dasar Kewirausahaan Bab 3. Motivasi Wirausaha Bab 4. Mengenal Peluang Usaha Bab 5. Manfaat dan Keuntungan Berwirausaha Bab 6. Kategori Pelaku Usaha Menurut Modal Usaha Bab 7. Tips Memilih Jenis Usaha Bab 8. Inovasi dan Diversifikasi Product UMKM Bab 9. Analisis Pasar Bab 10. Kelayakan Usaha UMKM Bab 11. Membangkitkan Ide Bisnis Bab 12. Klasifikasi Usaha Bab 13. Mengembangkan Sikap Wirausaha Bab 14. Kompetensi Untuk Wirausaha Sukses Bab 15. Proposal Bisnis Bab 16. Bisnis Model Canvas Bab 17. Pemasaran Digital
Buku Ajar Pengantar Bisnis Dasar Dasar Membangun Bisnis
mas intan purba (),aditi,bunga (),estianti elyana (),taufiq risal (),hasmidiniarty () 2022Buku Ajar Pengantar Bisnis Dasar-Dasar Membangun bisnis membahas bagaimana merencanakan, membuat bisnis, mengelola bisnis dengan baik, agar nantinya mahasiswa dan pembaca buku ini dapat mengetahui lebih detail hal- hal yang berkaitan dengan bisnis. Materi yang dibahas dalam buku ini meliputi: Bab I. Lingkungan Dalam Usaha Bisnis Bab 2. Bisnis Imitasi Bab 3. Membuat Bisnis Sampingan Bab 4. Bisnis Waralaba dan Bisnis Keluarga Bab 5. Strategi Pemasaran Bab 6. Target Pasar Pencapaian Dalam Pemasaran Bab 7. Product Dengan Inovasi Baru Bab 8. Pengembangan Pasar Bab 9. Kebijakan Harga Bab 10. Komunikasi Bisnis Bab 11. Promosi Bisnis Bab 12. Perilaku Konsumen Bab 13. Impulsive Buying Dalam Bisnis Bab 14. Peluang Pasar Bab 15. Manajemen Perubahan
Buku strategi Pemasaran Digital Menguasai Dunia Online
aditi,bunga () 2024Buku yang berjudul “Strategi Pemasaran Digital Menguasai Dunia Online” menjelajahi peran penting strategi pemasaran digital dalam menguasai dunia online. Materi yang di bahas dalam buku ini meliputi: Bab 1. Pendahuluan Pemasaran Digital Bab 2. Strategi Dasar Pemasaran Digital Bab 3. SEO (Search Engine Optimization) Bab 4. SEM (Search Engine Marketing) Bab 5. Pemasaran Konten Bab 6. Pemasaran Media Sosial Bab 7. Email Marketing Bab 8. Pemasaran Video Bab 9. Influencer Marketing Bab 10. Pemasaran Afiliasi Bab 11. Pemasaran Mobile Bab 12. Analisis dan Pelaporan Dalam Pemasaran Digital Bab 13. Masa Depan Pemasaran Digital
DAMPAK BEBAN KERJA, STRES KERJA, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI HONORER BADAN PERTANAHAN NASIONAL KOTA MEDAN
SUHAILA RASYA () 2023Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beban kerja, stres kerja dan lingkungan kerja secara simultan terhadap kinerja pegawai honorer pada Badan Pertanahan Nasional Kota Medan. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah berjumlah 102 orang, dan dengan menggunakan teknik penarikan sampling jenuh diperoleh sampel sebesar 102 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beban kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai honorer Badan Pertanahan Nasional Kota Medan. Stres kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai honorer Badan Pertanahan Nasional Kota Medan. Lingkungan kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai honorer Badan Pertanahan Nasional Kota Medan. Beban kerja, stres kerja dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai honorer Badan Pertanahan Nasional Kota Medan
DAMPAK DISIPLIN KERJA, SEMANGAT KERJA, BEBAN KERJA, DAN KEMAMPUAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PT.TALES INTI SAWIT
RICKY ROBIN ADELEMENA () 2023Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh signifikan disiplin kerja, semangat kerja, beban kerja dan kemampuan kerja terhadap kinerja karyawan di PT. Tales Inti Sawit. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif yaitu penelitian yang memiliki tujuan untuk menganalisis serta melihat ada tidaknya hubungan suatu variabel bebas dengan variabel terikat. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi Dalam penelitian ini yaitu keseluruhan pegawai yang bekerja pada PT Tales Inti Sawit, Deli Serdang yang berjumlah 112 orang dan sampel dalam penelitian ini yaitu berjumlah 53 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja kerja karyawan pada PT. Tales Inti Sawit. Hasil uji pada variabel semangat kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja kerja karyawan pada PT. Tales Inti Sawit. Variabel beban kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja kerja karyawan pada PT. Tales Inti Sawit. Dan variabel kemampuan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja kerja karyawan pada PT. Tales Inti Sawit
DAMPAK KEMAMPUAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN SISTEM REWARD SEBAGAI VARIABELMODERATING PADA DINAS PERUMAHAN KAWASAN PEMUKIMAN DAN PENATAAN RUANG KOTA MEDAN
Adelia Lestari Purba () 2022Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak Kemampuan Kerja terhadap Kinerja Karyawan dengan Sistem Reward sebagai variabel moderating pada Dinas Perumahaan Kawasan Pemukiman dan Penataan Ruang Kota Medan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 53 orang karyawan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Penataan Ruang Kota Medan. Dengan teknik penarikan sampel, menggunakan sampling jenuh maka sampel yang digunakan berjumlah 53 pegawai. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Kemampuan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Sistem Reward. Kemampuan Kerja, Sistem Reward berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan. variabel Sistem Reward tidak memoderasi hubungan antara variabel Kemampuan Kerja, terhadap Kinerja Karyawan. Yang artinya dalam penelitian ini variabel Sistem Reward bukanlah variabel moderasi
DAMPAK PROMOSI PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DENGAN PENDEKATAN AISAS MODEL DI MASA PANDEMI COVID-19 ( STUDI KASUS PADA KONSUMEN ONLINE MS.GLOW)
FEBBY ELDA TITANIA () 2023Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna MS.Glow di media sosial Instagram. Data primer diperoleh dengan kuesioner (Google Form). Data dianlisis menggunakan teknik analisis Structural Equation Model – Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi berpengaruh signifikan terhadap Attention, Promosi berpengaruh signifikan terhadap Interest, Promosi berpengaruh signifikan terhadap Search, Attention berpengaruh signifikan terhadap Action, Interest tidak berpengaruh signifikan terhadap Action, Search berpengaruh signifikan terhadap Action, Promosi berpengaruh signifikan terhadap Action memalui Attention, promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap Action melalui Interest, Promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap Search melalui Attention, Action berpengaruh signifikan terhadap Share, Attention berpengaruh signifikan terhadap Share melalui Action, Interest tidak berpengaruh signifikan terhadap Share melalui Action, Search berpengaruh signifikan terhadap Share melalui Action. Kata kunci : Promosi, Media Sosial Instagram, AISAS
DETERMINASI HARGA SAHAM PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2016-2020
Zalukhu, Linda Ratnasari () 2022Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh return on assets, earning per share dan debt to equity ratio terhadap harga saham pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian asosiatif kausal dan jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif. Data yang digunakan diperoleh dari laporan keuangan perusahaan yang telah diaudit pada Bursa Efek Indonesia selama periode penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi linier berganda data panel. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan pertambangan periode 2016-2020, yang berjumlah 46 perusahaan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 185 perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa return on assets berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap harga saham, earning per share berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham, debt to equity ratio berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap harga saham. return on assets, earning per share dan debt to equity ratio secara simultan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap harga saham. Kata kunci: Return On Assets, Earning Per Share,Debt To Equity Ratio, Harga Saham
DETERMINASI KINERJA KARYAWANPADA PT. TIRTA INVESTAMA MEDAN
Lubis, M. Fachmi () 2019Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan kepribadian, komitmen organisasi, komunikasi organisasi dan kompetensi terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini dilakukan pada PT. Tirta Investama Medan. Dalam penelitian ini populasi yaitu karyawan yang bekerja di PT. Tirta Investama Medan pada tahun 2019 sebanyak 110 orang dan seluruh populasi dijadikan sebagai sampel sehingga jumlah sampel penelitian sebanyak 110 responden. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan menunjukkan kepribadian, komitmen organisasi, komunikasi organisasi dan kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Secara parsial menunjukkan bahwa kepribadian, komitmen organisasi dan komunikasi organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, sedangkan kompetensi berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja karyawan di PT. Tirta Investama Medan. Pada koefisien determinasi menunjukkan bahwa kepribadian, komitmen organisasi, komunikasi organisasi dan kompetensi mempunyai hubungan yang sangat kuat terhadap kinerja karyawan. Nilai koefisien adjusted R square (R2) sebesar 0,703 ini menunjukkan bahwa kinerja karyawan di PT. Tirta Investama Medan mampu dijelaskan oleh kepribadian, komitmen organisasi, komunikasi organisasi dan kompetensi sebesar 70,3% dan sisanya sebesar 29,7% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak diteliti
E-Commerce And Social Media For Improving Business Performance
aditi,bunga (),ayu sartika pane (),muller tamba (),sopi pentana (),hasmidiniarty () 2023Ada masalah dalam menjaga kinerja bisnis, seperti tingkat penjualan atau laba diidentifikasi sebagai hasil transformasi digital. Situasi pascapandemi terus menghadirkan hambatan, menghalangi pelaku korporasi untuk memulihkan penjualan sepenuhnya tingkat sebelum pandemi. Kehadiran perusahaan-perusahaan baru semakin marak, menciptakan persaingan antar pelaku usaha. Kondisi ini memberikan dampak negatif pertunjukan. Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan salah satunya prioritas transformasi karena merupakan pendorong penting stabilitas perekonomian nasional, termasuk pengembangan UMKM di Kota Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis dampak e-commerce, media sosial, dan digital transformasi kinerja bisnis, sejalan dengan perluasan internet dan potensi penerapannya untuk pengembangan perusahaan. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling digunakan untuk memilih UMKM (n=121) di Kota Medan, dengan fokus pada makanan dan minuman, sektor fesyen, dan otomotif. Sebagai ide, Pemko Medan mungkin bisa membantu dengan transformasi digital dengan memanfaatkan e-commerce dan media sosial. Perluasan ekosistem digital seperti e-commerce, media sosial, dan transformasi digital melengkapi pertumbuhan ekonomi lokal, menghargai pemberdayaan masyarakat dalam UMKM, dan menghargai keahlian budaya lokal. Kolaborasi ini sesuai dengan cita-cita pembangunan berkelanjutan.
Entrepreneurial Knowledge, Entrepreneur Personality, External factors, and Business Success
aditi,bunga (),hermansyur (),chairunnisa,t. lyza tahura (), hendriarto,prasetyono (),suyar,annisha suvero () 2021Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan kewirausahaan, kepribadian wirausaha, dan faktor eksternal terhadap keberhasilan usaha kecil menengah di Pasar Malam Medan. Kuesioner disebarkan kepada 88 pelaku UKM di Pasar Malam Medan. Model yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda dan diproses menggunakan SPSS versi 22.0. Berdasarkan hasil analisis uji-t diketahui bahwa pengetahuan kewirausahaan dan kepribadian wirausaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha, sedangkan faktor eksternal (X3) berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keberhasilan usaha. Kemudian hasil analisis dengan menggunakan uji F diketahui bahwa ketiga variabel bebas yaitu pengetahuan kewirausahaan, kepribadian wirausaha, dan faktor eksternal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha. Hasil analisis dengan menggunakan koefisien determinasi menunjukkan bahwa 20,6% keberhasilan usaha dapat diperoleh dan dijelaskan oleh pengetahuan kewirausahaan, kepribadian wirausaha, dan faktor eksternal. Sedangkan sisanya 79,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
ENTREPRENEURIAL KNOWLEDGE, ENTREPRENEURIAL PERSONALITY, EXTERNAL FACTORS, AND BUSINESS SUCCESS
aditi,bunga (),hermansyur (),chairunnisa,t. lyza tahura (), hendriarto,prasetyono (),suyar,annisha suvero () 2021Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan kewirausahaan, kepribadian wirausaha, dan faktor eksternal terhadap keberhasilan usaha kecil menengah di Pasar Malam Medan. Kuesioner disebarkan kepada 88 pelaku UKM di Pasar Malam Medan. Model yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda dan diproses menggunakan SPSS versi 22.0. Berdasarkan hasil analisis uji-t diketahui bahwa pengetahuan kewirausahaan dan kepribadian wirausaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha, sedangkan faktor eksternal (X3) berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keberhasilan usaha. Kemudian hasil analisis dengan menggunakan uji F diketahui bahwa ketiga variabel bebas yaitu pengetahuan kewirausahaan, kepribadian wirausaha, dan faktor eksternal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha. Hasil analisis dengan menggunakan koefisien determinasi menunjukkan bahwa 20,6% keberhasilan usaha dapat diperoleh dan dijelaskan oleh pengetahuan kewirausahaan, kepribadian wirausaha, dan faktor eksternal. Sedangkan sisanya 79,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini
ETOS KERJA ETNIS INDIA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI PEMEDIASINYA PADA YAYASAN MISSI GURDWARA MEDAN
Lase, Ninsin Cemarlian () 2019Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh etos kerja etnis India terhadap kepuasan kerja, untuk mengetahui pengaruh tidak langsung etos kerja etnis India melalui kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi dan untuk mengetahui pengaruh etos kerja etnis India secara langsung terhadap komitmen organisasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah karyawan Yayasan Missi Gurdwara Medan yang berjumlah 100 orang dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 orang dengan menggunakan boring sample. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis path. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etos kerja etnis India berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Kepuasan kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasi. Tidak terdapat pengaruh langsung antara etos kerja etnis India terhadap komitmen organisasi melalui kepuasan kerja karyawan
Factors Affecting Purchase Decisions at Koetaradja Coffe Binjai
aditi,bunga (),hafizah (),suyar,annisha suvero (), hendriarto,prasetyono () 2021Analisis penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah faktor psikologis, situasional dan sosial secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Koetaradja Coffee Binjai. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode asosiatif dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 92 responden. Pengumpulan data primer menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor psikologis secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Koetaradja Coffee Binjai. Faktor situasional secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Koetaradja Coffee Binjai. Faktor sosial secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Koetaradja Coffee Binjai. Faktor psikologis, situasional dan sosial secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Koetaradja Coffee Binjai. Adjusted R Square 0,710 atau determinasi 71% sisanya 29% merupakan faktor lain di luar model.
Factors Affecting Purchase Decisions at Koetaradja Coffee Binjai
aditi,bunga ,hafizah,suyar annisha suvero,hendriarto, prasetyono hendriarto () 2021Analisis penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah faktor psikologis, situasional dan sosial secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Koetaradja Coffee Binjai. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode asosiatif dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 92 responden. Pengumpulan data primer menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor psikologis secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Koetaradja Coffee Binjai. Faktor situasional secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Koetaradja Coffee Binjai. Faktor sosial secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Koetaradja Coffee Binjai. Faktor psikologis, situasional dan sosial secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Koetaradja Coffee Binjai. Adjusted R Square 0,710 atau determinasi 71% sisanya 29% merupakan faktor lain di luar model.
FAKTOR PENENTU KEEFEKTIFAN TRANSFER PELATIHAN DITINJAU DARI SELF EFFICACY, LINGKUNGAN KERJA, DUKUNGAN ATASAN DAN DESAIN PELATIHAN PADA KARYAWAN GARUDA PLAZA HOTEL MEDAN
Rosada, Fikha () 2019Penelitian dilakukan pada Hotel Garuda Plaza Medan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh self efficacy, lingkungan kerja, dukungan atasan dan desain pelatihan terhadap keefektifan transfer pelatihan. Populasi penelitian adalah karyawan yang bekerja di Hotel Garuda Plaza Medan pada bulan Maret 2019 sebanyak 241 karyawan, pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling sehingga jumlah sampel penelitian sebanyak 71 responden. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan teknik analisis data digunakan adalah regresi linear berganda, asumsi klasik, dan uji kelayakan model. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial lingkungan kerja, dukungan atasan dan desain pelatihan tidak berpengaruh signifikan terhadap keefektifan transfer pelatihan, self efficacy berpengaruh signifikan terhadap keefektifan transfer pelatihan pada Hotel Garuda Plaza Medan. Secara simultan menunjukkan efikasi diri, lingkungan kerja, dukungan atasan dan desain pelatihan bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keefektifan transfer pelatihan pada Hotel Garuda Plaza Medan. Efikasi diri, lingkungan kerja, dukungan atasan dan desain pelatihan mempunyai hubungan yang kuat terhadap transfer pelatihan yang terdapat di Hotel Garuda Plaza Medan. Nilai koefisien adjusted R square (R2) sebesar 0,609 ini menunjukkan bahwa transfer pelatihan dapat dijelaskan oleh efikasi diri, lingkungan kerja, dukungan atasan dan desain pelatihan sebesar 60,90%, dan sisanya sebesar 39,10% dapat dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak diteliti. Kata kunci: Transfer Pelatihan, Self Efficacy, Lingkungan Kerja, Dukungan Atasan dan Desain Pelatihan
Green trust mediates the effect of green perceived value and green perceived risk against green
aditi,bunga,nani,nani,juliana,surya,elfitra desy,manullang, sardjana orba () 2020Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepercayaan hijau dalam memediasi pengaruh nilai persepsi hijau dan risiko persepsi hijau terhadap niat pembelian ulang hijau. Kuesioner disebarkan kepada 190 konsumen AC Panasonic di Kota Medan. Analisis data yang digunakan adalah analisis jalur dengan Structural Equation Model, alat analisis Amos 20.0. Ditemukan bahwa nilai yang dirasakan hijau dan risiko yang dirasakan hijau secara signifikan mempengaruhi kepercayaan hijau, nilai yang dirasakan hijau dan risiko yang dirasakan hijau memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat pembelian kembali, kepercayaan hijau memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat pembelian kembali, dan kepercayaan hijau memediasi secara parsial pengaruh tersebut. nilai persepsi hijau dan risiko persepsi hijau terhadap niat beli
Hubungan Iklim Organisasi Dengan Kepuasan Kerja Karyawan di CV Primajaya Logistik Je’El Medan
aditi,bunga (),henny pratiwi (),syah abadi mendrofa () 2023hgsubxnsmxsnxhjmkls
IMPULSIF BUYING TENDENCY SEBAGAI DAMPAK DARI STIMULUS LINGKUNGAN TOKO DENGAN PEMEDIASI EMOSI POSITIF (STUDI PADA MATAHARI DEPARTMENT STORE DI THAMRIN PLAZA MEDAN)
Ayu, Dhika Rara () 2019Penelitian ini dilandaskan pada pemikiran bahwa kecenderungan perilaku berbelanja meluas yang terjadi di dalam pasar sehingga menjadi poin penting dalam pemasaran. Perilaku pembelian impulsif merupakan tantangan bagi para pelaku bisnis dimana mereka dituntut untuk menciptakan ketertarikan secara emosional seperti memancing gairah konsumen untuk membeli dan mengkonsumsi produk tersebut. Oleh karenanya peneliti ini bertujuan untuk mendeskripsikan Impulsif Buying Tendency sebagai dampak dari Stimulus Lingkungan Toko dengan pemediasi Emosi Positif studi pada Matahari Department Store di Thamrin Plaza Medan. Penelitian ini dilakukan di Thamrin Plaza Medan, di Jalan M.H.Thamrin, Sei Rengas II, Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian konsumen Matahari Department Store yang jumlahnya tidak dapat diketahui pasti. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuisioner yang dinilai dengan skala likert yang masing-masing sudah diuji coba dan memenuhi syarat valliditas dan reliabilitas. Anallisa data menggunakan Statistical Package Social Sciences (SPSS).Hasil penelitian yang diperoleh dan sekaligus menjadi kesimpulan penelitian ini antara lain bahwa impulsif buying berpengaruh signifikan terhadap lingkungan toko, impulsif buying berpengaruh signifikan terhadap emosi positif, emosi positif berpengaruh signifikan terhadap lingkungan toko, dan impulsive buying berpengaruh terhadap lingkungan toko melalui emosi positif sebagai variabel pemediasi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian ini dapat diterima. Kata kunci : Impulsif Buying Tendency, Lingkungan Toko, dan Emosi Positif.
Influence Entrepreneurial Marketing Against Success Business City Msmes Medan
aditi,bunga (),suyar,annisha suvero (),hasmidiniarty (),taufiq risal (),henny pratiwi () 2023Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi, menilai, dan memodelkan dampak pemasaran kewirausahaan keberhasilan usaha UMKM di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif sebagai penelitiannya metodologi. Dalam penelitian ini pemilik dan pengelola UMKM di Kota Medan menjadi populasinya.
Innovation Product and Halal Labelization In Buying Repurchase
aditi,bunga () 2019Indonesia merupakan negara yang sedang berkembang memiliki banyak Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). UMKM memiliki peranan yang sangat vital didalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Inovasi produk dan dan labelisasi halal terhadap Minat beli ulang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi. Metode analisis data yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda dengan menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan Inovasi produk dan Labelisasi halal secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang. Secara parsial masing-masing Inovasi produk dan Labelisasi halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang. Harga sebagai variabel moderating yang dapat memperkuat pengaruh inovasi produk dan labelisasi halal Terhadap Minat beli ulang di UMKM Kabupaten Langkat
KEPUASAN GAJI DAN PENEMPATAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA SERTA DAMPAKNYA TERHADAP TURNOVER INTENTION KARYAWAN PADA PT. BRI MEDAN
:Wiranti Citra () 2019Fenomena yang terjadi di dalam perusahaan, seperti: para pimpinan tidak mengetahui dan meyakini tujuan organisasi, adanya pembentukan satuan organisasi yang tidak berlandaskan pada pengembangan volume kerja, terjadinya perangkapan tugas pada satu bagian sedangkan di bagian lain terjadi kekosongan pekerjaan, sempitnya pendelegasian wewenang, dan masih banyak lagi. Salah satu sarana agar organisasi dapat berjalan dengan baik dan struktur organisasi yang bersangkutan sehat dan efisien maka mereka harus melaksanakan asas-asas organisasi. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah berjumlah 102 orang, dan dengan menggunakan teknik penarikan sampel jenuh diperoleh sampel sebesar 102 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kepuasan gaji terhadap turnover intention karyawan, terdapat pengaruh penempatan kerja terhadap turnover intention karyawan, tidak terdapat pengaruh kepuasan gaji terhadap kepuasan kerja karyawan, tidak terdapat pengaruh penempatan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan, terdapat pengaruh turnover intention karyawan terhadap kepuasan kerja karyawan, tidak terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan kepuasan gaji terhadap kepuasan kerja karyawan melalaui turnover intention karyawan dan tidak terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan penempatan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan melalaui turnover intention karyawan
KEWIRAUSAHAAN Tantangan Dalam Organisasi Startup
aditi,bunga () 2022Buku ini menggambarkan Startup memicu model bisnis untuk menghadirkan inovasi baru, bahkan inovasi yang belum pernah ada sebelumnya. Bentuk inovasi ini tidak hanya terjadi pada produk atau jasa saja, tetapi juga pada model bisnis, mekanisme distribusi dan cara mengkonsumsi produk/jasa. Kemampuan startup untuk berinovasi terbukti mampu mengubah perilaku konsumen yang pada gilirannya mampu mendobrak pasar atau bahkan membentuk pasar/industri baru Materi yang dibahas dalam buku ini: 1. Pendahuluan 2. Lingkungan pada Startup 3. Karakteristik Startup 4. Startup Tantangan Dalam Manajemen dan Pendidikan 5. Metodologi Pengolahaan Pengembangan Startup 6. Pendidikan Startup 7. Startup Digital dalam Ekonomi Transisi 8. Memulai Praktek: Perencanaan 9. Building dan Product Road Map 10. Ekseskusi Product 11. Umpan Balik 12. Startup Matrik 13. Kepemimpinan dan Organisasi Dalam Startup
Kewirausahaan Bisnis Masa Depan Dan Digitalisasi
soni hestukoro (),aditi,bunga (),erna susanti (), hendriarto,prasetyono (),juliana () 2021Kewirausahaan digital didefenisikan sebagai identifikasi dan pengejaran wirausaha peluang neurial berdasarkan penciptaan artefak digital, platform, dan infrasruktur yang menyediakan layanan melalui teknologi.
Kewirausahaan Dalam Studi Kelayakan Bisnis
aditi,bunga (),chairunnisa,t. lyza tahura (),nani (), hendriarto,prasetyono (),putra,rizki (),suyar,annisha suvero () 2020Buku ini kami susun dengan tujuan menyediakan materi tentang kewirausahaandan studi layak atau tidak sebuah bisnis dijalankan, buku ini diperuntukan baik untuk mahasiswa, pelaku usaha bisnis dan masyarakat luan pada umumnya. buku ini terdiri dari aspek- aspek dalam kewirausahaan kelayakan sebuah bisnis dan aplikasinya dalam memasuki dunia Usaha Bisnis
MEMBENTUK EMOSI POSITIF MELALUI STIMULI LINGKUNGAN DAN FAKTOR SOSIAL SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KECENDERUNGAN SHOPAHOLIC (STUDI PADA FAKULTAS EKONOMI BISNIS UNIVERSITAS HARAPAN MEDAN)
Nasution, Ika Priska () 2019Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah stimuli lingkungan dan faktor sosial berpengaruh terhadap emosi positif secara parsial, untuk mengetahui apakah stimuli lingkungan dan emosi positif berpengaruh terhadap kecenderungan shopaholic dan untuk mengetahui apakah faktor sosial dan emosi positif berpengaruh terhadap kecenderungan shopaholic. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa/i yang kecenderungan shopaholic di Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Harapan Medan. Besarnya sampel yang diambil dalam penelitian adalah 100 orang dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan model regresi dan residual. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa stimuli lingkungan berpengaruh signifikan terhadap emosi positif. Stimuli Lingkungan tidak berpengaruh signifikan terhadap kecendrungan shopaholic. Faktor Sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap Emosi Positif. Faktor sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap kecendrungan shopaholic. Emosi positif berpengaruh signifikan terhadap kecendrungan shopaholic. Tidak terdapat pengaruh signifikan stimuli lingkungan terhadap Kecenderungan Shopaholic melalui Emosi Positif. Tidak terdapat pengaruh signifikan faktor sosial terhadap Kecenderungan Shopaholic melalui Emosi Positif. Kata kunci : Stimuli Lingkungan, Faktor Sosial, Kecendrungan Shopaholic, Emosi Positif.
MENINGKATKAN POSITIF WORD OF MOUTH MELALUI BRAND AMBASSADOR, TAGLINE, IKLAN TELEVISI DENGAN BRAND AWARENESS SEBAGAI PEMEDIASINYA (STUDI PADA KONSUMEN PRODUK WARDAH)
Nabilah,: Lastri () 2019Penelitian ini dilandaskan pada pemikiran bahwa kegiatan pemasaran memegang peranan penting dalam meningkatkan volume penjualan perusahaan. Dalam aktivitas pemasaran diperlukan strategi yang dijalankan perusahaan untuk mencapai target penjualan yang telah ditetapkan. Oleh karenanya peneliti bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh positif word of mouth melalui brand ambassador, tagline, iklan televisi dengan brand awareness sebagai pemediasinya yang dilakukan kepada konsumen produk wardah di lotte mart center point medan. Penelitian dilakukan di Pt. Lotte Mart Center Point Medan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah asosiatif deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini pengunjung lotte mart yang jumlahnya tidak dapat diketahui dengan pasti. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuisioner yang dinilai dengan skala likert yang masing-masing sudah diuji coba dan memenuhi syarat valliditas dan reliabilitas. Anallisa data menggunakan structural equation modelling (SEM). Hasil penelitian yang diperoleh dan sekaligus menjadi kesimpulan penelitian ini antara lain bahwa brand ambassador, tagline, iklan televisi berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness. Brand ambassador, tagline, iklan televisi berpengaruh positif dan signifikan terhadap positif word of mouth. Brand awareness memediasi brand ambassador, tagline, iklan terhadap positif word of mouth. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian ini dapat diterima.
PEMETAAN ALUMNI FAKULTAS EKONOMI BISNIS UNIVERSITAS HARAPAN MEDAN DEMI PERCEPATAN PENCAPAIAN VISI DAN MISI
Azis, Abdul () 2019Penelitian ini melibatkan alumni dalam rangka untuk mendapatkan informasi maupun masukan-masukan dari alumni Fakultas Ekonomi Bisnis karena, alumni merupakan hasil produk dari Perguruan Tinggi. Kualitas alumni menunjukkan kualitas dari Perguruan Tinggi tersebut. Untuk mengetahui kualitas lulusan tidak cukup hanya melihat dari output-nya saja, misalnya dari kemampuan, keterampilan dan sikap formal yang diwujudkan dalam Indeks Prestasi (IP). Akan tetapi suatu Perguruan Tinggi juga harus melihat seberapa besar lulusan Perguruan Tinggi tersebut mampu berkiprah dalam pembangunan sesuai dengan relevansi pendidikannya dapat dilakukan upaya penelusuran terhadap lulusannya (tracer study). Tracer Study merupakan studi yang bertujuan untuk memperoleh informasi lulusan yang sudah bekerja maupun yang belum bekerja. Dimana sampel yang diambil pada penelitian ini adalah sebanyak 102 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Data dilakukan dengan pengolahan data kuantitatif dengan cara: editing, coading dan entry data dan pembersihan data. Penelitian ini berkesimpulan bahwa keterserapan lulusan menunjukkan bahwa semua responden telah bekerja, masa tunggu lulusan menyatakan 14% telah bekerja sebelum lulus, 70% satu sampai enam bulan, 13% tujuh sampai duabelas bulan dan 3% mendapatkan pekerjaan setelah lulus satu tahun. Jenis pekerjaan menunjukkan bahwa lulusan bekerja di perusahaan swasta 74%, 14% wiraswasta, dan 12% di instansi pemerintah. Kesesuaian bidang kerja 77% menyatakan sangat sesuai, 19% menjawab sesuai dan 4% cukup sesuai. Pendapatan lulusan 25% menyatakan berpenghasilan Rp 1.000.000 – Rp 2.500.000, 71% menyatakan berpenghasilan Rp 2.500.000 – Rp 5.000.000, 4% menyatakan berpenghasilan Rp 5.000.001 – Rp 10.000.000, dan untuk pendapatan dibawah Rp 1.000.000 dan diatas Rp 10.000.000 tidak ada yang menjawab. Kompetensi yang dibutuhkan lulusan terdiri dari kompetensi integritas, kepemimpinan, marketing, bahasa inggris, dan teknologi informasi. Ekstrakurikuler yang dibutukan adalah BEM/HMJ dan UKM. Kepuasan stakeholder bahwa kemampuan bahasa inggris, teknologi informasi, berkomunikasi kepemipinan dan kerjasama dalam tim 50% baik dan 50% lagi cukup baik. Kata Kunci : Alumni, Ekstrakurikuler, Kompetensi, Keterserapan, Masa Tunggu, Kesesuaian pekerjaan, Gaji, dan Kepuasan Stakeholder
Pengaruh Beban Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Dengan Stres Kerja Sebagai Variabel Mediasi Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Medan
nst, rum siti rahma , h.m.hermansyur, aditi,bunga () 2022Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis stres kerja dalam memediasi pengaruh beban kerja terhadap kepuasan kerja pegawai Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Medan. Variabel yang diteliti pada penelitian ini adalah variabel stress kerja, beban kerja dan kepuasan kerja. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 111 pegawai Rumah Sakit Umum Muhammadiyah, dengan menggunakan metode non-probability random sampling berbentuk purposive sampling. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah uji sobel dengan menggunakan path analysis. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa beban kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Medan, beban kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap stress kerja pada pegawai Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Medan, kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap stress kerja pegawai Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Medan, variabel stress kerja mampu memediasi pengaruh beban kerja terhadap kepuasan kerja pada pegawai Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Medan. Penting bagi pihak RSU Muhammadiyah Sumatera Utara untuk menjaga menjaga kepuasan kerja dan menyediakan dan memperhatikan hal-hal yang berkaitan beban kerja dan stress yang dialami oleh pegawai. Sangat penting bagi perusahaan untuk mampu memberikan porsi pekerjaan yang sesuai agar rasa puas dalam bekerja dan akan mengakibatkan kesejahteraan pada para pegawai RSU Muhammadiyah Sumatera Utara.
PENGARUH BEBAN KERJA TERHADAP SEMANGAT KERJA DENGAN KOMPETENSI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PT.PERKEBUNAN NUSANTARA III (Persero) KEBUN TANAH RAJA
Sembiring, Imelda () 2022Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh beban kerja terhadap semangat kerja dengan kompetensi sebagai variabel intervening. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 200 orang, dengan menggunakan teknik penarikan sampel slovin,rumus slovin n = N / ((1 + (N x e²)),dimana n adalah ukuran sampel yang akan dicari, N adalah ukuran populasi dan e adalah margin of error yang merupakan besaran kesalahan yang diharapkan atau ditetapkan. Nilai besaran kesalahan atau margin of error (e) bisa ditetapkan sendiri oleh peneliti. Maka 5% margin eror sama dengan dengan 0,05 dan diperoleh sampel sebesar 133 orang. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan metode uji validitas, uji reliabilitas, Path analysis, Regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji model (F), uji parsial (T), dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukan apabila beban kerja tidak pengaruhi langsung dan signifikan terhadap kompetensi. Beban kerja pengaruhi langsung dan signifikan dengan semangat kerja, Kompetensi pengaruhi langsung dan signifikan dengan semangat kerja, serta Beban kerja terhadap semangat kerja dengan kompetensi tidak pengaruhi langsung signifikan pada PT Perkebunan Nusantara III Tanah Raja
PENGARUH BRAND AWARENESS DAN PERCEIVED QUALITY TERHADAP REPURCHASE INTENTION MELALUI CUSTOMER SATISFACTION PADA PRODUK DBD POWDER MEDAN
Gultom, Juan Sakti () 2021PENGARUH BRAND AWARENESS DAN PERCEIVED QUALITY TERHADAP REPURCHASE INTENTION MELALUI CUSTOMER SATISFACTION PADA PRODUK DBD POWDER MEDAN Nama : Juan SaktiGultom NPM : 17 22 0076 Penelitian ini dilakukan padaDBD Powder Medan yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penjualan bubuk minuman cepat saji. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand awareness dan perceived quality secara parsial dan simultan terhadal repurchase intention yang dimediasi oleh customer satisfaction. Populasi adalah konsumen yang datang dan membeli produk perusahaan dengan rata-rata perbulan sebanyak 3.250 konsumen, pengambilansampelmenggunakanrumusSlovinsehinggajumlahsampelsebanyak 97 responden. Sumber data menggunakan data primer danteknikpengumpulan data adalahkuesioner. Teknikanalisis data terdiridariujikualitas data, ujiasumsiklasik, analisisjalurdanujihipotesis Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secaraparsialbrand awareness berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap customer satisfaction, perceived quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer satisfaction. Brand awareness dan perceived quality secara parsial pengaruh signifikan terhadap repurchase intention, dan customer satisfaction pengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention di DBD Powder Medan. Secara simultan menunjukkan bahwa brand awareness dan perceived quality serempak pengaruh signifikan pada customer satisfaction. Brand awareness, perceived quality dan customer satisfaction bersama-sama pengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention di DBD Powder Medan. Brand awarenss dan perceived quality mempunyai korelasi yang sangat kuat terhadap customer satisfaction di DBD Powder dan bersarnya persentase kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh Brand awarenss dan perceived quality sebesar 81,3% dan sisanya 19,7% dapat dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak diteliti seperti promosi, harga, pelayanan dan sebagainya. Sementara itu, brand awarenss,perceived quality dan customer satisfaction mempunyai korelasi yang sangat kuat terhadap repurchase intention di DBD Powder Medan dan besarnya persentase sebesar 74,5% dan sisanya 25,5% dapat dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak diteliti. Kata kunci:Brand Awareness, Perceived Quality, Customer Satisfaction, Repurchase Intention
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN IKLIM KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KNOWLEDGE SHARING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA BADAN PENGELOLA PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH KOTA MEDAN
Nur Cahaya Hasibuan () 2023Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh budaya organisasi dan iklim komunikasi terhadap knowledge sharing secara parsial. Untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi, iklim komunikasi dan knowledge sharing terhadap kinerja karyawan secara parsial. Untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi dan iklim komunikasi terhadap kinerja karyawan melalui knowledge sharing pada Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kota Medan. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah berjumlah 249 orang dan yang dijadikan sampel 153 orang dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik analisis yang digunakan adalah path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya organisasi tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan, iklim komunikasi tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan, budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap knowledge sharing, iklim komunikasi tidak berpengaruh terhadap knowledge sharing, knowledge sharing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, knowledge sharing memediasi pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja karyawan dan knowledge sharing tidak memediasi pengaruh iklim komunikasi terhadap kinerja karyawan.
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DENGAN TIPE KEPRIBADIAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PUSAT PENELITIAN KELAPA SAWIT PPKS/RISPA MEDAN
Setiawan, Deni () 2019Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara budaya organisasi dan komitmen organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior dan untuk mengetahui pengaruh tipe kepribadian memperkuat atau memperlemah hubungan budaya organisasi dan komitmen organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah karyawan Pusat Penelitian Kelapa Sawit PPKS/RISPA Medan yang berjumlah 740 orang dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 88 orang dengan menggunakan metode slovin. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah regresi dan MRA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior, komitmen organisasi tidak berpengaruh terhadap organizational citizenship behavior, tipe kepribadian memperkuat hubungan antara komitmen organisasi terhadap organizational citizenship behavior, dan tipe kepribadian memperkuat hubungan antara budaya organisasi terhadap organizational citizenship behavior
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, KEADILAN ORGANISASI, MOTIVASI KERJA, DISIPLIN KERJA DAN KOMPETENSI TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI PADA PT TELKOMSEL DISTRIBUTOR CENTER AKAR DAYA MANDIRI
Aditia, Fiqri () 2019Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap komitmen organisasi, untuk mengetahui keadilan organisasi terhadap komimen organisasi, untuk mengetahui motivasi kerja terhadap komitmen organisasi, untuk mengetahui disiplin kerja terhadap komitmen organisasi, dan untuk mengetahui kompetensi secara simultan terhadap komitmen organisasi pada PT Telkomsel Distributor Center Akar Daya Mandiri. Populasi pada penelitian ini berjumlah 117 orang, dan pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel yaitu seluruh karyawan PT Telkomsel Distributor Center Akar Daya Mandiri yang berjumlah karyawan tetap. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan wawancara. Teknik analisi data yaitu regresi linier berganda, uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heterokedastisitas. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa secara simultan Budaya organisasi memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap komitmen organisasi karena mempunyai nilai koefisien thitung > ttabel 0,320 > 1,658 pada signifikan 0,750 < 0,05, sedangkan Keadilan organisasi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Komitmen organisasi karena mempunyai nilai koefisien thitung > ttabel – 1.403 > 1,658 pada signifikan 0,163 < 0,05, sedangkan Motivasi kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap komitmen organisasi karena mempunyai nilai koefisien thitung > ttabel 3,472 > 1,658 pada signifikan 0,001 > 0,05, sedangkan Disiplin kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap komitmen organisasi karena mempunyai nilai koefisien thitung > ttabel , 4,346 > 1,658 pada signifikan 0,000 > 0,05, sedangkan Kompetensi memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap komitmen organisasi karena mempunyai nilai koefisien thitung > ttabel 0,749 > 1,658 pada signifikan 0,456 < 0,05. R Square yaitu sebesar 0,440 dan sisasnya sbesar 64% dapat dijelaskan oleh variable lainnya yang diteliti
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, STRESS KERJA DAN KONFLIK KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR PELAYANAN KEKAYAAN NEGARA DAN LELANG MEDAN
Pramesti, Sahvira Cahya () 2019Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh budaya organisasi, stres kerja dan konflik kerja terhadap kinerja pegawai pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Medan baik secara parsial maupun secara simultan. Jenis penelitian ini adalah penelitian penelitian asosiatif yang bersifat kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah karyawan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Medan yang berjumlah 48 orang dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 48 orang dengan menggunakan metode sampel jenuh. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya organisasi berpengaruh secara nyata terhadap kinerja pegawai. Stress kerja tidak berpengaruh secara nyata terhadap kinerja pegawai. Konflik kerja tidak berpengaruh secara nyata terhadap kinerja pegawai. Budaya organisasi, stress kerja dan konflik kerja mempunyai hubungan yang signifikan secara simultan terhadap kinerja pegawai. Kata kunci : Budaya Organisasi, Stress Kerja, Konflik Kerja, Kinerja Pegawai
PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN EFIKASI DIRI TERHADAP PRESTASI KERJA YANG DI MODERASI OLEH MOTIVASI KERJA PADA DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN PROVINSI SUMATERA UTARA
Aya Shofia () 2023Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Disiplin Kerja dan Efikasi Diri terhadap Prestasi Kerja dengan Motivasi Kerja sebagai variabel moderating pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan smartpls 4 sebagai alat analisis untuk menentukan variabel yang diteliti serta menjustifikasi seberapa signifikan pengaruh variabel independen dengan dependen memperkuat atau memperlemah. Dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan metode Partial Least Square (PLS) . Dalam penelitian ini seluruh populasi yang menjadi sampel, yaitu 155 orang pegawai pada dinas perindustrian dan perdagangan provinsi sumatera utara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja. Efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja. Motivasi Kerja berpengaruh secara positif signifikan terhadap prestasi kerja, motivasi kerja negatif tidak signifikan memoderasi efikasi diri terhadap prestasi kerja, Motivasi kerja positif signifikan memoderasi disiplin kerja terhadap prestasi kerja. Kata Kunci : Disiplin Kerja, Efikasi Diri, Prestasi Kerja, Motivasi Kerja
PENGARUH DISIPLIN KERJA, LEADER MEMBER EXCHANGE DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA DI RUMAH SAKIT MITRA MEDIKA MEDAN
AFRIZAL SYAPUTRA () 2022Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini sebanyak 400 responden dan sampel sebanyak 80 responden. Teknik penentuan sampel menggunakan rumus slovin. Responden bera sal dari Rumah Sakit Mitra Medika Medan. Data diperoleh dengan menggunakan angket. Data dianalisis menggunakan teknik analisis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja. Besarnya kontribusi disiplin kerja dalam mempengaruhi produktivitas kerja adalah sebesar 0,427. Artinya bahwa disiplin kerja sangat penting karena akan dapat meningkatkan produktivitas kerja sebesar 42,70%. Leader member exchange berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja. Besarnya kontribusi leader member exchange dalam mempengaruhi produktivitas kerja adalah sebesar 0,151. Artinya bahwa leader member exchange sangat penting karena akan dapat meningkatkan produktivitas kerja sebesar 15,10%. Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja. Besarnya kontribusi motivasi kerja dalam mempengaruhi produktivitas kerja adalah sebesar 0,333. Artinya bahwa motivasi kerja sangat penting karena akan dapat meningkatkan produktivitas kerja sebesar 33,30%.
PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KETERIKATAN KARYAWAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN POWER DISTANCE SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PDAM TIRTANADI CABANG MEDAN
Hijrianty, Erwina Anugrah () 2019Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah efikasi diri dan keterikatan karyawan berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada PDAM Tirtanadi Cabang Medan secara parsial dan untuk mengetahui apakah power distance memoderasi pengaruh efikasi diri dan keterikatan karyawan terhadap kinerja karyawan pada PDAM Tirtanadi Cabang Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah karyawan PDAM Tirtanadi Cabang Medan yang berjumlah 149 orang dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 149 orang dengan menggunakan teknik penelitian populasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah regresi dan MRA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Keterikatan karyawan tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Power distance memperkuat hubungan antara efikasi diri dengan kinerja karyawan pada PDAM Tirtanadi Cabang Medan. Power distance memperkuat hubungan antara keterikatan karyawan dengan kinerja karyawan pada PDAM Tirtanadi Cabang Medan. Kata kunci : Efikasi Diri, Keterikatan Karyawan, Kinerja Karyawan dan Power Distance
PENGARUH EMPLOYEE ENGAGEMENT, QUALITY OF WORK LIFE, DAN KEPERCAYAAN PADA PIMPINAN TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR PADA PT ASURANSI JIWASRAYA (PERSERO) MEDAN
Nasution, Boris Stevan D () 2019Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Employee Engagement, Quality of Work Life, dan Kepercayaan pada pimpinan terhadap Organizational Citizenship Behaviour pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Medan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh karyawan yang bekerja di PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Medan yang berjumlah 140 orang dengan sampel yang diambil 100 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner dan wawancara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka H1 diterima untuk variabel Employee Engagement dengan alpha 1%. Dengan demikian, secara parsial bahwa variabel Employee Engagement berpengaruh signifikan terhadap Organizational Citizenship Behaviour pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Medan. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka H2 ditolak untuk variabel Quality of Work Life. Dengan demikian, secara parsial bahwa variabel Quality of Work Life tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Organizational Citizenship Behaviour pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Medan. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka H3 ditolak untuk variabel Kepercayaan pada Pimpinan. Dengan demikian, secara parsial bahwa variabel Kepercayaan pada pimpinan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Organizational Citizenship Behaviour pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Medan. Dapat disimpulkan bahwa H4 secara simultan Employee Engagement, Quality of Work Life, dan Kepercayaan pada Pimpinan tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap Organizational Citizenship Behaviour pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Medan. Untuk hasil Koefisien Determinasi (R), diperoleh nilai 0,243 (24%). Artinya, Koefisien Reliabilitas terhadap hasil Uji Regresi ini termasuk kedalam kategori rendah, yaitu berkisar diantara 0,20-0,399. Kata Kunci : Employee Engagement, Quality of Work Life, Kepercayaan pada Pimpinan, Organizational Citizenship Behaviour
PENGARUH ETOS KERJA, KOMITMEN ORGANISASI DAN EMPLOYEE ENGAGEMENT TERHADAP KINERJA (STUDI PADA PEGAWAI SAMSAT MEDAN SELATAN)
Baharsyah, Hakhiky () 2019Penelitian ini dilandaskan pada pemikiran bahwa evaluasi kinerja pegawai memegang peranan penting dalam meningkatkan mutu pelayanan publik. Untuk meningkatkan kinerja pegawai perlu dianalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja tersebut. Oleh karenanya penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh etos kerja, komitmen organisasi dan employee engagement terhadap kinerja (studi pada pegawai SAMSAT Medan Selatan). Teori yang digunakan untuk menganalisis permasalahan tersebut adalah tentang etos kerja, komitmen organisasi, employee engagement dan kinerja. Penelitian ini dilakukan di SAMSAT Medan Selatan yaitu seluruh pegawai yang berjumlah 72 orang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Analisa data menggunakan asumsi klasik dan persamaan regresi berganda. Hasil penelitian yang diperoleh dan sekaligus menjadi kesimpulan penelitian ini antara lain secara parsial dan simultan etos kerja, komitmen organisasi dan employee engagement berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Oleh karenanya untuk meningkatkan kinerja pegawai, maka SAMSAT Medan Selatan perlu mengadakan pembaharuan aplikasi pengolahan data yang dibutuhkan oleh pegawai. Hal ini agar mempermudah sekaligus mengefisiensikan pekerjaan pegawai dalam melayani masyarakat. Kata Kunci : Etos Kerja, Komitmen Organisasi, Employee Engagement dan Kinerja
PENGARUH IKLIM ORGANISASI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR MELALUI KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PT. BERJAYA GROUP
Siregar, Nidya Mintaito () 2022Penelitian ini bertujuan untuk apakah Iklim organisasi dan Budaya organisasi berpengaruh terhadap Organizational citizenship behavior dengan komitmen organisasi sebagai variabel mediasi pada PT Berjaya Group. Teknik analisis yang digunakan adalah path analysis sebagai alat analisis untuk menentukan arah variabel yang diteliti serta menjustifikasi seberapa signifikan pengaruh variabel independen dengan variabel dependen baik secara langsung maupun tidak langsung melalui variabel mediasi. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah berjumlah 184 orang dan yang dijadikan sampel 126 dengan menggunakan metode sampling jenuh yaitu sampel yang juga mewakili jumlah populasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Iklim organisasi berpengaruh signifikan terhadap Komitmen organisasi, Budaya organisasiberpengaruh signifikan terhadap Komitmen organisasi, Iklim organisasi berpengaruh signifikan terhadap Organizational citizenship behavior, Budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap Organizational citizenship behavior, Komitmen Organisasitidak dapat memediasi pengaruh Iklim organisasi terhadap Organizational citizenship behavior, Komitmen organisasi tidak dapat memediasi pengaruh Budaya organisasi terhadap Organizational citizenship behavior .
PENGARUH INOVASI TERHADAP KEBERHASILAN USAHA PADA UMKM PENGRAJIN TENUN ULOS DI KECAMATAN TARUTUNG
NANA KHAIRANI () 2023Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi berpengaruh terhadap keberhasilan Usaha, Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, populasi penelitian yaitu seluruh penenun yang ada di Kecamatan Tarutung, jumlah populasi dalam penelitian ini tidak diketahui secara pastik jumlahnya, sehingga diterapkan teknik pengambilan sampel penelitian dari menerapkan teknik cluster random sampling yakni, UMKM pengrajin tenun ulos yang berada di 5 Kecamatan di Tarutung, dengan masing-masing Kecamatan adalah 20 UKM sehingga jumlah keseluruhan 100 UKM sebagai sampel. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan MRA (Moderated Regression Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha pada UMKM pengrajin tenun ulos di kecamatan tarutung.
PENGARUH INTERNET MARKETING TERHADAP PEMBENTUKAN WORD OF MOUTH DAN EFEKTIVITAS IKLAN DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS
Zara Zettira () 2022Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh internet marketing terhadap wordh of mouth, pengaruh internet marketing terhadap efektivitas iklan, pengaruh wordh of mouth terhadap brand awareness, pengaruh efektivitas iklan terhadap brand awareness, pengaruh internet marketing terhadap brand awareness, pengaruh internet marketing terhadap brand awareness melalui wordh of mouth dan pengaruh internet marketing terhadap brand awareness melalui efektivitas iklan. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah berjumlah 110 orang dan semuanya dijadikan sampel dengan menggunakan sampel jenuh. Teknik analisis yang digunakan adalah path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internet marketing berpengaruh signifikan terhadap word of mouth, internet marketing tidak berpengaruh terhadap efektivitas iklan, internet marketing tidak berpengaruh terhadap brand awareness, word of mouth tidak berpengaruh terhadap brand awareness, efektivitas iklan berpengaruh terhadap brand awareness, tidak terdapat pengaruh signifikan internet marketing terhadap brand awareness melalui word of mouth dan tidak terdapat pengaruh signifikan internet marketing terhadap brand awareness melalui efektivitas iklan pada media sosial Instagram Energen Indonesia
PENGARUH KAPABILITAS RELASI TERHADAP PENCIPTAAN NILAI DAN KINERJA PEMASARAN DENGAN KAPABILITAS PEMASARAN DINAMIS SEBAGAI VARIABEL MODERASI STUDI PADA USAHA BRAND CLOTING DI KOTA MEDAN
Hutagalung, Syopwan Al Rasid () 2022Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui Kapabilitas Relasi, terhadap penciptaan nilai dan kinerja pemasaran dengan kapabilitas pemasaran dinamis sebagai variabel moderasi (studi penelitian owner brand clothing di kota Medan).Desain penelitian analisis regresi linier berganda moderasi digunakan sebagai alat analisis untuk mengetahui bagaimana pengaruh antara variabel independen dan dependen dengan dimoderasi oleh variabel moderasi.Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif.Populasi dan sampel yang ada pada penelitian ini, yaitu untuk owner brand clothing yang berada di kota medan dengan sampel 101 responden owner brand clothing di kota Medan. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kapabilitas relasi memiliki pengaruh signifikan terhadap minat penciptaan nilai dan kinerja pemasaran,.Untuk variabel kapabilitas pemasaran yang berperan sebagai variabel moderasi, dalam penelitian ini variabel kapabilitas pemasaran dinamis tidak mampu memoderasi secara positif antara variabel kapabilitas relasi terhadap penciptaan nilai dan kinerja pemasaran
PENGARUH KEMAMPUAN WIRAUSAHA, PELUANG USAHA DAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP PENDAPATAN UKM SEKTOR KULINER DI KECAMATAN MEDAN JOHOR
MARLIN SIANIPAR () 2022Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pcngaruh kemampuan wirausaha berpcngaruh tcrhadap pendapetan UKM sektor kuliner, untuk mengetahui pcngaruh peluang usaha tcrhadap pendapetan UKM sektor kuliner, untuk mengetahui pcngaruh tinbgkat pendidikan tcrhadap pendapetan UKM sektor kuliner dan untuk mengetahui pcngaruh kemampuan wirausaha, peluang usaha dan tingkat pendidikan tcrhadap pendapetan UKM sektor kuliner di Kecamatan Medan Johor. Jumlah populasi dalem penclitian ini adalah berjumlah 48 orang, dan semuanya dijadikan sampel dcngan teknik pengambilan sampel jenuh. Teknik analisis ynag digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penclitian menunjukkan bahwa kemampuan wirausaha berpcngaruh positif dan signifikan tcrhadap pendapetan UKM Sektor Kuliner, peluang usaha berpcngaruh positif dan signifikan tcrhadap pendapetan UKM Sektor Kuliner. Tingkat pendidikan berpcngaruh negatif dan tidak signifikan tcrhadap pendapetan UKM Sektor Kuliner. Kata kunci : Kemampuan Wirausaha, Peluang Usaha, Tingkat Pendidikan, Pendapetan UKM Sektor Kuliner
Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kualitas Laba Dengan Manajemen Laba Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2021
Dian Nesti Lestari Hulu () 2023Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba secara parsial. Untuk mengetahui pengaruh manajemen laba memediasi pengaruh kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan ukuran perusahaan terhadap kualitas laba secara parsial. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah berjumlah 195 dengan sampel sebanyak 105 pengamatan data. Teknik analisis yang digunakan adalah path analisys. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas laba, kepemilikan institusional positif signifikan berpengaruh terhadap kualitas laba, ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas laba, manajemen laba tidak berpengaruh terhadap kualitas laba, kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap manajemen laba, kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap manajemen laba, ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen laba, manajemen laba tidak memediasi hubungan antara kepemilikan manajerial terhadap kualitas laba, manajemen laba tidak memediasi hubungan antara kepemilikan institusional terhadap kualitas laba dan manajemen laba tidak memediasi hubungan antara ukuran perusahaan terhadap kualitas laba pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017- 2021. Kata Kunci : Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Ukuran Perusahaan, Kualitas Laba, Manajemen Laba
PENGARUH KEPEMIMPINAN AMBIDEXTROUS TERHADAP PERILAKU KERJA INOVATIF DENGAN KOMITMEN BERKELANJUTAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PT. SOCFIN INDONESIA MEDAN
Rahma Fadhila () 2023Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan ambidextrous terhadap perilaku kerja inovatif dengan komitmen berkelanjutan sebagai variabel mediasi pada PT. Socfin Indonesia Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 135 orang dengan jumlah sampel sebanyak 101 orang. Metode pengambilan sampel adalah proportionate stratified random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah partial least square (PLS) dengan menggunakan alat bantu Smartpls versi 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kepemimpinan ambidextrous berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku kerja inovatif. kepemimpinan ambidextrous berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen berkelanjutan. Komitmen berkelanjutan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap perilaku kerja inovatif. Variabel komitmen berkelanjutan tidak mampu memediasi pengaruh kepemimpinan ambidextrous terhadap perilaku kerja inovatif. Kata Kunci : Kepemimpinan Ambidextrous, Komitmen Berkelanjutan, Perilaku Kerja Inovatif
PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR YANG DIMEDIASI OLEH KOMITMEN ORGANISASI PADA KANTOR BADAN PUSAT STATISTIK KOTA MEDAN
Qadar Al-amin () 2022Komitmen organisasi merupakan sikap loyalitas karyawan dan proses berkelanjutan dari seorang
PENGARUH KEPERCAYAAN DAN PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPUASAN SEBAGAI INTERVENING STUDI PADA KONSUMEN KOSU (KOPI SEMUA UMUR) MEDAN
M Rian Pratama () 2022Penelitian ini dilakukan pada KOSU Medan yang bergerak dibidang kuliner untuk penjualan produk dan minuman kopi dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Tujuan penelitia ini yaitu untuk mengetahui secara parsial dan simultan pengaruh kepercayaan dan pelayanan terhadap loyalitas yang dimediasi oleh kepuasan konsumen. Populasi adalah konsumen yang datang berkunjung dan membeli produk minuman yang dijual oleh perusahaan, pengambilan sampel penelitian dengan sampel acak yaitu dengan sampel hair sehingga jumlah sampel sebanyak 100 respnden. Pengumpulan data dengan kuesioner yang diberikan kepada responden Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kepercayaan konsumen dan pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kepercayaan konsumen dan pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen dan kepuasan konsumen secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pada KOSU Medan. Secara simultan kepercayaan konsumen, pelayanan dan kepuasan konsumen bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen di KOSU Medan. Korelasi antara kepercayaan konsumen, pelayanan dan kepuasan konsumen adalah sangat kuat terhadap loyalitas konsumen di KOSU Medan. Besarnya persentase loyalitas konsumen dapat dijelaskan oleh kepercayaan konsumen, pelayanan dan kepuasan konsumen yaitu 65,70% dan sisanya 34,3% dapat dijelaskan oleh variabel lain diluar lingkup penelitian yang tidak dilakukan
PENGARUH KEPERCAYAAN ORGANISASI DAN PERAN SUPERVISOR TERHADAP TURNOVER INTENTION PADA PT. GRAHA MANDIRI BARATA MEDAN
Muhammad Faisal Maha () 2023Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan organisasi terhadap turnover intention pada PT. Graha Mandiri Barata Medan, mengetahui peran supervisor terhadap turnover intention pada PT. Graha Mandiri Barata Medan, dan mengetahui pengaruh kepercayaan organisasi dan peran supervisor terhadap turnover intention pada PT. Graha Mandiri Barata Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif yang bertujuan menganalisa permasalahan dalam objek penelitian dengan melihat terdapat atau tidaknya hubungan antara variabel yang satu dengan variabel yang lainnya. Penelitian ini menggunakan dua variabel yang terdiri dari kepercayaan organisasi (X1), peran supervisor (X2) sebagai varibel bebas, dan turnover intention (Y1) sebagai variabel terikat. Lokasi penelitian ini di lakukan di PT. Graha Mandiri Barata Medan yang beralamat di JL. Purwosari, Kecamatan Medan Timur, Sumatra Utara waktu penelitian direncanakan dari awal bulan Juni 2021 sampai bulan September 2022. Populasi dalam penelitian adalah pegawai yang bekerja pada PT. Grahal Mandiri Barata Medan yang berjumlah 285 orang. Data primer didapatkan secara langsung oleh peneliti dari lokasi penelitian dengan data berupa pendapat (argumen) karyawan terkait variabel penelitian berupa angket penelitian dan sumber data sekunder sebagai data pendukung, sedangkan data primer didapatkan dari perusahaan dalam bentuk dokumentalsi seperti profil perusahaan, bukti pembagian angket, dan sebagainya. Berdasarkan hasil penelitian kepercayaan Organisasi berpengaruh signifikan terhadap Turnover Intention pada PT Graha Mandiri Barata Medan. Peran Supervisor berpengaruh signifikan terhadap Turnover Intention pada PT Graha Mandiri Barata Medan. Secara simultan Kepercayaan Organisasi dan Peran Supervisor berpengaruh positif terhadap Turnover Intention.
PENGARUH KEPRIBADIAN DAN ORIENTASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DIMEDIASI OLEH PENEMPATAN KARYAWAN PADA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IV MEDAN
Fauzi, Wahyu Divan () 2022Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepribadian dan orientasi kerja terhadap kinerja karyawan dimediasi oleh penempatan karyawan pada PT. Perkebunan Nusantara IV Medan. Dalam penelitian ini menggunakan teknik path analysisyang berfungsi untuk menentukan arah variabel yang diteliti serta menganalisa seberapa signifikan pengaruh antara variabel independen dengan dependen baik secara langsung maupun tidak langsung melalui variabel mediasi. Dalam penelitain ini menggunakan metode assosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Seluruh populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 192 responden dari karyawan yang bekerja di PT. Perkebunan Nusantara IV Medan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel kepribadian berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Orientasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Penempatan karyawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Kepribadian berpengaruh positif dan signifikan terhadap penempatan karyawan. Orientasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap penempatan karyawan. Kepribadian berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan melalui penempatan karyawan. Orientasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan melalui penempatan karyawan.
PENGARUH KEPUTUSAN PENDANAAN DAN INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN SEKTOR BARANG KONSUMEN PRIMER YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
NADRA ANGRAINI HRP () 2023Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh keputusan pendanaan dan Intellectual capital terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel intervening pada perusahaan sektor makanan & minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dalam penelitian ini sampel mempunyai beberapa kriteria dimana peneliti mengambil sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga mendapatkan jumlah sampel sebanyak 11 perusahaan dengan 55 data. Peneliti menganalisis mengggunakan path analysis dan regresi data panel untuk menjawab hipotesis penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel keputusan pendanaan memberikan kontribusi yang positif terhadap profitabilitas. Intellectual capital berpengaruh positif terhadap profitabilitas. Keputusan pendanaan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dan intellectual capital berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Variabel profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan secara langsung. Selain itu, keputusan pendanaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan melalui profitabilitas dan variabel intellectual capital berpengaruh terhadap nilai perusahaan melalui profitabilitas
PENGARUH KEPUTUSAN PENDANAAN DAN INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN SEKTOR BARANG KONSUMEN PRIMER YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
NADRA ANGRAINI HRP () 2023Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh keputusan pendanaan dan Intellectual capital terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel intervening pada perusahaan sektor makanan & minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dalam penelitian ini sampel mempunyai beberapa kriteria dimana peneliti mengambil sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga mendapatkan jumlah sampel sebanyak 11 perusahaan dengan 55 data. Peneliti menganalisis mengggunakan path analysis dan regresi data panel untuk menjawab hipotesis penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel keputusan pendanaan memberikan kontribusi yang positif terhadap profitabilitas. Intellectual capital berpengaruh positif terhadap profitabilitas. Keputusan pendanaan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dan intellectual capital berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Variabel profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan secara langsung. Selain itu, keputusan pendanaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan melalui profitabilitas dan variabel intellectual capital berpengaruh terhadap nilai perusahaan melalui profitabilitas
PENGARUH KESADARAN DIRI, KEMATANGAN BERAGAMA DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI PADA PT. BAHARI ANUGRAH LOGISTIK MEDAN
Aditya () 2022Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran diri terhadap komitmen organisasi, pengaruh kematangan beragama terhadap komitmen organisasi, pengaruh komunikasi interpersonal terhadap komitmen organisasi dan untuk mengetahui apakah kesadaran diri, kematangan beragama dan komunikasi interpersonal terhadap komitmen organisasi pada PT. Bahari Anugerah Logisitik Medan. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah berjumlah 104 orang, dan semuanya dijadikan sampel dengan menggunakan teknik penariksam sampel jenuh. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi, kematangan beragama berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi, komunikasi interpersonal tidak berpengaruh terhadap komitmen organisasi. Kesadaran diri, kematangan beragama dan komunikasi interpersonal berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi pada PT. Bahari Anugerah Logisitik Medan