ENTREPRENEURIAL KNOWLEDGE, ENTREPRENEURIAL PERSONALITY, EXTERNAL FACTORS, AND BUSINESS SUCCESS
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan kewirausahaan, kepribadian wirausaha, dan faktor eksternal terhadap keberhasilan usaha kecil menengah di Pasar Malam Medan. Kuesioner disebarkan kepada 88 pelaku UKM di Pasar Malam Medan. Model yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda dan diproses menggunakan SPSS versi 22.0. Berdasarkan hasil analisis uji-t diketahui bahwa pengetahuan kewirausahaan dan kepribadian wirausaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha, sedangkan faktor eksternal (X3) berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keberhasilan usaha. Kemudian hasil analisis dengan menggunakan uji F diketahui bahwa ketiga variabel bebas yaitu pengetahuan kewirausahaan, kepribadian wirausaha, dan faktor eksternal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha. Hasil analisis dengan menggunakan koefisien determinasi menunjukkan bahwa 20,6% keberhasilan usaha dapat diperoleh dan dijelaskan oleh pengetahuan kewirausahaan, kepribadian wirausaha, dan faktor eksternal. Sedangkan sisanya 79,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini
URI :
https://www.ijirmf.com/wp-content/uploads/IJIRMF202103020.pdf
Collections :
Karya Ilmiah [1281]
URI :
https://www.ijirmf.com/wp-content/uploads/IJIRMF202103020.pdf
Collections :
Karya Ilmiah [1281]
View/Open
Peer Review
Similarity
Author
aditi,bungahermansyur
chairunnisa,t. lyza tahura
hendriarto,prasetyono
suyar,annisha suvero
Junita, Audia