IMPULSIF BUYING TENDENCY SEBAGAI DAMPAK DARI STIMULUS LINGKUNGAN TOKO DENGAN PEMEDIASI EMOSI POSITIF (STUDI PADA MATAHARI DEPARTMENT STORE DI THAMRIN PLAZA MEDAN)
Penelitian ini dilandaskan pada pemikiran bahwa kecenderungan perilaku berbelanja meluas yang terjadi di dalam pasar sehingga menjadi poin penting dalam pemasaran. Perilaku pembelian impulsif merupakan tantangan bagi para pelaku bisnis dimana mereka dituntut untuk menciptakan ketertarikan secara emosional seperti memancing gairah konsumen untuk membeli dan mengkonsumsi produk tersebut. Oleh karenanya peneliti ini bertujuan untuk mendeskripsikan Impulsif Buying Tendency sebagai dampak dari Stimulus Lingkungan Toko dengan pemediasi Emosi Positif studi pada Matahari Department Store di Thamrin Plaza Medan.
Penelitian ini dilakukan di Thamrin Plaza Medan, di Jalan M.H.Thamrin, Sei Rengas II, Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif.
Populasi penelitian konsumen Matahari Department Store yang jumlahnya tidak dapat diketahui pasti. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuisioner yang dinilai dengan skala likert yang masing-masing sudah diuji coba dan memenuhi syarat valliditas dan reliabilitas. Anallisa data menggunakan Statistical Package Social Sciences (SPSS).Hasil penelitian yang diperoleh dan sekaligus menjadi kesimpulan penelitian ini antara lain bahwa impulsif buying berpengaruh signifikan terhadap lingkungan toko, impulsif buying berpengaruh signifikan terhadap emosi positif, emosi positif berpengaruh signifikan terhadap lingkungan toko, dan impulsive buying berpengaruh terhadap lingkungan toko melalui emosi positif sebagai variabel pemediasi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian ini dapat diterima.
Kata kunci : Impulsif Buying Tendency, Lingkungan Toko, dan Emosi Positif.
URI :
https://repositori.unhar.ac.id/handle/249/impulsif-buying-tendency-sebagai-dampak-dari-stimulus-lingkungan-toko-dengan-pemediasi-emosi-positif-studi-pada-matahari-department-store-di-thamrin-plaza-medan
Collections :
Skripsi [1281]
URI :
https://repositori.unhar.ac.id/handle/249/impulsif-buying-tendency-sebagai-dampak-dari-stimulus-lingkungan-toko-dengan-pemediasi-emosi-positif-studi-pada-matahari-department-store-di-thamrin-plaza-medan
Collections :
Skripsi [1281]
View/Open
Author
Ayu, Dhika RaraChairunnisa, T Lyza Tahura