Title

[0-9] A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
Now showing items 1-20 of 28

FUNGSI DAN PERANAN ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN PADA BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH PROVINSI SUMATERA UTARA

Mutiara, Savira Dwi () 2019

Penelitian ini berlandaskan pada pemikiran bahwa administrasi kepegawaian memegang fungsi dan peranan yang sangat penting dalam setiap kegiatan kantor yang berhubungan langsung dengan kehidupan sehari-hari para pegawai. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peranan dan fungsi administrasi kepegawaian pada Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sumatera Utara. Teori yang digunakan untuk menganalisis permasalahan peranan dan fungsi administrasi tersebut adalah tentang administrasi. Penelitian dilakukan di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sumatera Utara. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah semua pihak yang dapat memberikan informasi lengkap mengenai latar belakang dan keadaan sebenarnya dari administrasi kepegawaian. Hasil penelitian yang diperoleh dan sekaligus menjadi kesimpulan penelitian ini antara lain bahwa administrasi kepegawaian sangat besar peranan dan fungsinya dalam meningkatkan kinerja dalam suatu lingkup organisasi. Karena itu dapat dikatakan bahwa administrasi kepegawaian sangat erat sekali kaitannya dalam mendapatkan pegawai yang mempunyai/memiliki kinerja yang baik. Selain administrasi kepegawaian memiliki tujuan pengefektifan tenaga kerja manusia dalam penggunaannya dan menciptakan hubungan kerja yang menarik diantara anggota organisasi serta mengusahakan agar pengembangan individu-individu sebagai pegawai dalam organisasi tersebut dapat dijalankan secara maksimal. Kata kunci : administrasi, administrasi kepegawaian

HUBUNGAN TATA RUANG KANTOR DENGAN KOMUNIKASI ANTAR PEGAWAI PADA SUB BAGIAN UMUM DAN KEPEGAWAIAN DI DINAS TENAGA KERJA PROVINSI SUMATERA UTARA

Utari, Resty () 2019

Tata ruang kantor adalah pengaturan rungan serta penyusunan alat dan perabot kantor sesuai luas lantai tersedia yang dapat memberikan kepuasan dan kenyamanan pegawai saat bekerj sehingga kantor tidak hanya sebagai tempat penyimpanan peralatna saja, tetapi juga bisa membuat pegawai maupun tamu yang datang merasa nyaman dengan ruangan kantor tersebut. Perencanaan ruangan (space planning) merupakan sebuah aktivitas bersifat kontinu. Penataan ulang ruang kantor perlu dilakukan apabil layout yang sudah ada menghambat pegawai dalam melakukan pekerjaan, dan tata ruang perlu disegarkan kembali sehingga tidak kotor, monoton, atau membosankan bagi pegawai. Struktur organisasi telah berkembang kompleks dan job description semakin banyak yang membutuhkan lebih banyak pegawai baru untuk mendudukinya sehingga layout kantor harus bisa mendukung perubahan tersebut. Salah satu faktor yang mempengaruhi produktivitas pegawai dalam bekerja adalah tata ruang kantor. Setiap pegawai menginginkan ruangan kerja yang dapat memberikan keamanan, kemudahan, dan kenyamanan pada diri saat bekerja. Untuk itulah diperlukan penataan yang baik mulai dari penempatan seluruh peralatan dan furniture kantor yang dibutuhkan sampai dengan pengaturan lingkunagn fisik ruangan tersebut. Kata kunci : Tata ruang kantor, Produktivitas kerja pegawai

MODEL KINERJA KARYAWAN PT. ANGKASA PURA PERSERO (STUDI BANDING PADA ETNIS JAWA DAN ETNIS BATAK)

Yunita () 2019

PT. Angkasa Pura Persero memiliki jumlah karyawan dengan berbagai macam latar belakang etnis yang berbeda. Karyawan yang ada di PT. Angkasa Pura Persero lebih banyak etnis Batak dan Jawa. Hal ini juga dapat dilihat dari jumlah karyawan yang ada di PT. Angkasa Pura Persero. Nilai kineija karyawan etnis batak pada umumnya adalah mereka menganggap kerja sebagai suatu proses yang membutuhkan ketekunan dan melakukan kerja sebagai bentuk ibadah. Nilai kinerja yang dimiliki etnis batak tidak terlepas dari budaya yang ditanamkan turun temurun dimana ada sifat lebih memiliki tanggung jawab yang tinggi serta tekun dalam bekerja dan berani untuk mengkritik suatu pekerjaan yang dilakukannya. Hal ini berbeda dengan nilai kinerja yang dimiliki etnis Jawa yang secara umum lebih ulet dalam bekerja, dimana mereka memiliki sifat yang rajin dan pekerja keras dalam melaksanakan pekerjaannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh komitmen dan budaya individu terhadap kinerja karyawan pada PT. Angkasa Pura (Persero) II Cabang KNIA. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 243 orang dengan menggunakan teknik slovin. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komitmen berpengaruh terhadap kinerja karyawan, budaya individu berpengaruh terhadap kinerja karyawan dan komitmen dan budaya individu berpengaruh terhadap kinerja karyawan secara simultan.

PENANGANAN PENGELOLAAN PADA SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR PADA BADAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH SUB SEKRETARIAT KANTOR WALIKOTA MEDAN

ANANDA INDAH SABRINA () 2023

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan surat masuk dan surat keluar di Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kantor Walikota Medan. Metode penulisan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis model interaktif yang menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Surat adalah sebuah alat komunikasi tertulis yang digunakan oleh pengirim untuk mengirimkan berita atau informasi kepada penerima, dalam pengelolaan surat di lingkungan pemeritahan ada dua surat yang perlu pengelolaan yaitu surat masuk dan surat keluar. Terdapat proses dalam kegiatan pengelolaan surat masuk yaitu mulai dari Tahap 1) penerimaan surat 2) penyortiran 3) pencatatan atau registrasi 4) distribusi 5) penyimpanan dan penemuan kembali dan surat keluar yaitu mulai dari tahap 1) Pembuatan Konsep Surat 2) Pengetikan Konsep Surat 3) Pengiriman Surat. Pada Badan Keuangan dan Aset Daerah Kantor Walikota Medan pengelolaan surat menyurat menggunakan sistem buku agenda, didalam instansi tersebut pengelolaan surat menyurat masih kurang baik pada kegiatan mengarsip surat.

PENANGANAN SURAT MENYURAT DI DIVISI SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) PERUMDA TIRTANADI SUMATERA UTARA

FARADILA TEHUAYO () 2023

Setiap oganisasi, instansi atau perusahaan pasti melakukan aktivitas dan kegiatan yang berhubungan dengan surat. Salah satu kegiatan yang sangat penting bagi suatu perusahaan adalah kegiatan surat menyurat. Surat merupakan sarana komunikasi yang dapat memuat rahasia dan informasi yang diketahui penerima surat. Surat masih banyak digunakan karena informasi yang disampaikan sesuai dengan aslinya dan tidak ada penyingkatan istilah. Dengan adanya surat memudahkan berbagai pihak untuk melakukan komunikasi secara tertulis pada perusahaan baik pemerintahan maupun swasta.maka oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penanganan surat masuk dan keluar yang di lakukan di PERUMDA Tirtanadi Sumatera utara. Penelitian di lakukan pada Divisi Sumber Daya Manusia PERUMDA Tirtanadi Sumatera Utara, pendekatan yang di lakukan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanganan surat masuk dan surat keluar di Divisi Sumber Daya Manusia PERUMDA Tirtanadi Sumatera Utara belum dilaksanakan secara optimal disebabkan oleh : (1) petugas tidak menyortir surat masuk berdasarkan klasifikasi surat biasa maupun penting, (2) kurangnya jumlah personil atau sumber daya manusia dalam penanganan surat; (3) terbatasnya peralatan penyimpanan surat atau dokumen terutama filing cabinet; (4) terbatasnya ruang penyimpanan surat sehingga bertambahnya volume surat secara terus menerus mengakibatkan tempat dan peralatan penyimpanan yang tersedia tidak dapat menampung surat; (5) belum tercukupinya sarana ruang kantor yang memadai. Cara mengatasi masalah dalam pengelolaan surat masuk dan surat keluar yaitu : (1) penambahan ruang penyimpanan surat bagi Divisi Sumber Daya Manusia (2) penambahan jumlah fasilitas penyimpanan surat yaitu filing cabinet, (3) memberikan pelatihan khusus pengelolaan surat masuk dan surat keluar kepada pegawai Divisi Sumber Daya Manusia

PENERAPAN PENGELOLAAN ARSIP DINAMIS PADA PT. BANK SUMUT KANTOR CABANG TEMBUNG

Irsan, Addina Salsabila () 2021

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pengelolaan arsip dinamis pada PT. Bank Sumut Kantor Cabang Tembung yang sudah optimal. Peranan arsip yang sangat penting bagi kelangsungan suatu organisasi yaitu sebagai bukti tertulis dari kegiatan dan berfungsi sebagai pedoman pengambilan keputusan, maka arsip harus disimpan dengan sistem penyimpanan yang sistematis dan efektif, agar arsip yang disimpan dan suatu saat dibutuhkan dapat dengan mudah ditemukan kembali. Metode penelitian yang digunakan dalam Tugas Akhir ini adalah metode kualitatif dan pemecahan masalah secara deduktif. Metode kualitatif adalah metode pendekatan masalah dengan berdasarkan uraian yang tidak berwujud angka atau memperoleh pemahaman secara mendalam. Pemecahan masalah secara deduktif yaitu dengan cara mengkaji topic-topik secara umum terkait dengan pembahasan yang diambil dari bahan-bahan pustaka kemudian ditarik kesimpulan secara khusus. Kata kunci : Arsip, Pengelolaan Arsip Dinamis

Pengaruh keseimbangan kerja terhadap kinerja pegawai biro administrasi pimpinan kantor gubernur sumatera utara

Dini Oktaviana () 2023

Penelitian ini dilakukan pada Biro Administrasi Pimpinan Kantor Gubernur Provinsi Sumatera. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sork life balance dan kinerja pegawai Biro Administrasi Pimpinan Kantor Gubernur Provinsi Sumatera baik secara parsial maupun simultan. Adapun populasi penelitian ini adalah 55 pegawai. Metode penentu sampel pada penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dengan menentukan kriteria-kriteria tertentu. Metode analisis data yang digunakan adalah analisi regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial work life balance berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada Biro Administrasi Pimpinan Kantor Gubernur Provinsi Sumatera. Secara simultan work life balance memiliki pengaruh terhadap kinerja pegawai pada Biro Administrasi Pimpinan Kantor Gubernur Provinsi Sumatera.

PENGELOLAAN ARSIP PADA PT. PD. PAJA PINANG BAGIAN KANTOR DAN UMUM

SAHRUN RAMAHDAN () 2023

Pengelolaan arsip merupakan salah satu tugas penting dari suatu organisasi, karena dengan pengelolaan arsip yang baik data dan dokumen yang disimpan pada tempat-tempat tertentu akan mudah diperoleh kembali apabila suatu waktu diperlukan.. Manfaat arsip bagi suatu organisasi antara lain berisi informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan dan juga dapat dijadikan sebagai alat bukti apabila terjadi masalah serta dapat dijadikan alat pertanggungjawaban menajemen. Arsip dapat bermanfaat secara optimal bagi organisasi apabila dikelola dengan tertib dan teratur, namun sebaliknya apabila arsip dikelola dengan tidak tertib akan menimbulkan masalah bagi suatu organisasi. Buruknya pengelolaan arsip disebuah kantor akan menyebabkan sulitnya menemukan informasi yang telah disimpan dan akhirnya dapat menghambat tahapan proses pekerjaan selanjutnya. Data yang digunakan penulis dalam penelitian ini yaitu data primer. Data primer pada penelitian ini hasil dari observasi atau pengamatan langsung yang dilakukan penulis di tempat penelitian dan wawancara dengan staf yang bekerja pada tempat penelitian penulis tersebut. Sistem penyimpanan kantor menggunakan asas sentralisasi dan desentralisasi untuk memudahkan dalam pengelolaan arsipa, dan dibantu dengan pencatatan di buku agenda. Pelaksanaan pengeloaan arsip yang ada di Bagian Kantor dan Umum masih menggunakan sistem manual sehingga keamanan berkas dapat terjaga dengan baik. Sistem penyimpan arsip di Bagian Kantor dan Umum menggunakan sistem tanggal (chronological system) yaitu sistem penyimpanan surat yang didasarkan kepada tanggal surat diterima pada surat masuk dan tanggal surat dikirim pada surat keluar. Sistem penyimpanan arsip di kantor sudah berjalan dengan baik, hanya saja masih banyak berkas berkas yang menumpuk dimeja, karena tidak tersedianya rak arsip yang cukup, dan tidak adanya petugas kearsipan khusus sehingga penyusunan arsip sering terabaikan

PENGELOLAAN SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR PADA DINAS TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA PROVINSI. SUMATERA UTARA

Pratiwi, Windi () 2019

Pengelolaan surat msasuk dan surat keluar merupakan kegiatan yang mempermudah pekerjaan dalam suatu intansi atau organiasi. Surat masuk merupakan semua jenis surat yang diterima oleh instansi maupun yang diterima dari pihak lain. Surat keluar merupakan surat yang dikeluarkan oleh Instansi. Sebuah intansi memiliki banyak surat masuk dan surat keluar, dengan banyaknya surat masuk dan surat keluar maka memerlukan pengelolaan supaya semua surat masuk dan surat keluar dapat tersusun dan dapat digunakan jika dibutuhkan. Maka oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk medesripsikan bagaimana pengelolaan surat masuk dan surat keluar yang dilakukan di Dinas Tanaman Pangan Dan Hortikultura Provinsi Sumatera utara. Teori yang di gunakan untuk menganalisis permasalahan tentang surat menyurat adalah tentang pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar. Penelitian dilakukan di Kantor Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dan sekaligus menjadi kesimpulan penelitian ini antara lain bahwa pengelolaan surat masuk dan surat keluar dalam setiap instansi melalui beberapa tahap tersebut sering menghadapi kendala yang menyebabkan terhambatnya pengelolaan surat masuk dan surat keluar dikantor Dinas Tanaman Pangan Dan Hortikultura.Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar di Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura masing memiliki kekurangan karena harus melalui beberapa meja terlebi dahulu baru akan sampai ke kepala Dinas dan kepala Sub bagian lalu ke pegawai,Terkadang penyampaian surat kepada kepegawaian agak lambat cara pengiriman suratnya melalui tahap-tahap Arsip yang di pinjam lupa dikembalikan menyebabkan arsipnya bahkan hilang. Terpaksa pihak bagian surat menyurat membuat arsip yang baru melihat dokumen” yang telah tersimpan. Maka saran yang penulis yaitu perlu penekanan pemberian motivasi terhadap proses pengelolaan surat masuk dan surat keluar.

PENGELOLAAN SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR PADA KANTOR FAKULTAS EKONOMI BISNIS UNIVERSITAS HARAPAN MEDAN

Rahmawani, Putri () 2023

Surat adalah lembaran yang berisi informasi atau pesan tertulis yang dikirim dari satu pihak kepada pihak lain yang dibuat dan diterima oleh suatu organisasi yang berguna dalam operasional organisasi. Pengelolaan surat menyurat pada suatu organisasi merupakan hal yang penting dalam manajemen organisasi untuk penyampaian informasi. Dalam pengelolaan surat menyurat banyak aspek yang harus diperhatikan untuk mencegah terjadinya kerusakan, ketidaksampaian, maupun kehilangan surat yang berguna sebagai arsip penting ketika diperlukan Metode penelitian yang digunakan pada penelitian adalah analisis deskriptif melalui sumber data penelitian yaitu primer berupa hasil wawancara dan observasi serta sumber sekunder berupa literatur dari website, jurnal, buku dan penelitian sebelumnya yang mendukung pengamatan terkait penelitian. Berdasarkan hasil Penelitian Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar pada bagian Administrasi Perkantoran di Kantor Fakultas Ekonomi Bisnis - Universitas Harapan Medan dimulai dengan Penerimaan, Penyortiran, Pembukuan, dan Pencatatan, Pengarahan dan Pendistribusian surat masuk pengurusan surat keluarnya meliputi pembuatan, pemeriksaan, penandatanganan, dan pencatatan surat keluar

PENGELOLAAN TATA RUANG KANTOR PADA BIDANG KESEKRETARIATAN DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP PROVINSI SUMATERA UTARA

Sari, Astri Rahma () 2019

Penelitian ini dilandaskan pada pemikiran bahwa tata ruang kantor adalah penentuan mengenai kebutuhan-kebutuhan ruang dan suatu susunan yang praktis dari faktor praktis yang dianggap perlu bagi pelaksanaan kerja perkantoran dengan biaya yang layak. Dengan kata lain, arti tata ruang kantor dapat juga dinyatakan sebagai pengaturan dan penyusunan seluruh mesin kantor pada tempat yang tepat, sehingga pegawai dapat bekerja dengan mudah, nyaman, dan bebas untuk bergerak sehingga tercapai efisiensi. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengelolaan tata ruang kantor pada Bidang Kesekretariatan di Dinas Perpustakaan dann Arsip Provinsi Sumatera Utara. Teori yang digunakan untuk menganalisis permasalahan pengelolaan tata ruang tersebut adalah tentang penyusunan perabotan dan model ruangan yang digunakan. Penelitian dilakukan di Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Uara. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dan sekaligus menjadi kesimpulan penelitian ini antara lain bahwa perlu dikelola tata ruang kantor untuk mempelancar efektivitas kerja, sehingga dapat memberikan kenyamanan dalam bekerja pada pegawai. Oleh karena itu di Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara bahwa lokasi fisik atau tata ruang tempat orang bekerja mempunyai pengaruh terhadap produktivitas dan sikap antar karyawan satu dan yang lainnya. Kata kunci: tata ruang kantor

PENTINGNYA KOMUNIKASI DALAM HUBUNGAN MASYARAKAT PADA PDAM TIRTANADI MEDAN

Utami, Rahayu () 2019

Penelitian ini dilandaskan pada pemikiran bahwa humas merupakan bentuk kegiatan dan sekaligus suatu proses komunikasi hubungan kontak antar manusia baik individu maupun kelompok. Sebab tanpa adanya komunikasi tidak mungkin akan terjadi interaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana pentingnya komunikasi dalam hubungan masyarakat pada PDAM Tirtanadi Medan. Teori yang digunakan untuk menganalisis komunikasi dalam humas tersebut adalah tentang komunikasi. Penelitian dilakukan di PDAM Tirtanadi Medan Khususnya di bagian public relations (humas). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dan sekaligus menjadi kesimpulan penelitian ini antara lain bahwa komunikasi sangat penting dalam kehumasan, sehingga dapat memperlancar pelaksanaan kegiatan lainnnya pada PDAM Tirtanadi Medan. Oleh karena PDAM Tirtanadi Medan merupakan institusi yang melayani masyarakat dalam hal memberikan informasi, maka perlu adanya penambahan wawasan terhadap kehumasan mengenai pentingnya komunikasi, sehingga humas dapat juga menjelaskan tentang komunikasi kepada tamu yang datang. Kata kunci : komunikasi, hubungan masyarakat

PERAN KUALITAS KOMUNIKASI SEKRETARIS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KEPUTUSAN PIMPINAN LEMBAGA MULTI KOMPETENSI UTAMA MEDAN

Pertiwi, Anna () 2021

Keahlian komunikasi sekretaris pada Lembaga Multi Kompetensi Utama dalam berkomunikasi akan sangat terlihat pada keberhasilan sekretaris dalam berkomunikasi dengan banyak pihak di organisasi bisnis seperti dengan pimpinan, karyawan, partner kerja perusahaan, pihak birokrat pemerintah, pelanggan/konsumen. Keberhasilan sekretaris dalam berkomunikasi jelas menjadi good image dan cermin yang bernilai tinggi bagi perusahaan terlebih pimpinan yang didampingi oleh sekretaris. Secara langsung ataupun tidak langsung kehebatan sekretaris dalam berkomunikasi menjadi energy positif bagi pimpinan, hal ini terjadi karena kualitas komunikasi sekretaris dalam menjalankan tugas - tugasnya baik tugas rutin maupun tugas insidentalnya mampu membuat pimpinan puas dan bangga. Kepuasan dan kebanggaan pimpinan dirasakan karena berdasarkan hasil kerja sekretarisnya yang berkualitas yaitu tepat waktu, data-data lengkap akurat, tertata, jelas, membuat pimpinan mudah dan tepat membuat keputusan. Mutu keputusan-keputusan pimpinan pada Lembaga Multi Kompetensi Utama jelas menentukan kepercayaan dan kerjasama dengan banyak pihak, jadi mutu keputusan yang baik dengan meminimalisir kesalahan atau zero error pada saat implementasi keputusan dalam ranah operasional organisasi bisnis akan membawa dampak keuntungan bagi perusahaan. Kata kunci: Kualitas, Komunikasi, Keputusan

PERAN SEKRETARIS DALAM MENCIPTAKAN EFISIENSI KERJA DI BAGIAN PAYMENT COLLECTION & FINANCE PADA PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA REGIONAL 1 SUMATERA

Nadrah, Umi () 2019

Penelitian ini dilandaskan pada pemikiran bahwa sekretaris memegang peranan yang sangat penting dalam setiap kegiatan yang dilakukan oleh pimpinan. Pimpinan tidak akan melakukan kegiatannya dengan baik tanpa ada sekretaris yang membantunya, baik dalam hubungan surat menyurat ataupun memonitor jadwal pertemuan terhadap pihak lain bahkan dalam menangani administrasi perkantoran. Penelitian ini dilakukan pada PT Telekomunikasi Indonesia Regional 1 Sumatera Jln. H.M Yamin SH No. 2 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) syarat-syarat menjadi sekretaris (2) peran sekretaris (3) faktor yang mempengaruhi efisiensi kerja (4) peran sekretaris dalam menciptakan efisiensi kerja pada perusahaan. Untuk menyelesaikan penulisan paper ini, penulis menggunakan metode kualitatif yaitu dengan cara membaca buku-buku yang berhubungan dengan dunia Kesekretarisan dalam perusahaan. Kata Kunci : Sekretaris, dibagian Payment Collection & Finance pada PT Telekomunikasi Indonesia Regional 1 Sumatera

PERANAN DAN FUNGSI PUBLIC RELATION DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PADA PDAM TIRTANADI KOTA MEDAN

Safira, Rinanda () 2019

Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa PDAM Tirtanadi Kota Medan memegang peranan dan fungsi penting dalam peningkatan pelayanan publik. Perusahaan tidak dapat melakukan kegiatannya dengan baik tanpa ada dukungan dari pihak lain. PDAM Tirtanadi sangat berperan dalam meningkatkan pelayanan. Karena pelayanan mempunyai peran strategis dalam mencapai tujuan organisasi, agar perusahaan dapat mempertahankan citra positif dimata publik. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peranan dan fungsi dari seorang Public Relation dalam meningkatkan pelayanannya yang dilakukan pada PDAM Tirtanadi Kota Medan. Teori yang digunakan untuk menganalisis permasalahan peranan dan fungsi tersebut adalah tentang Publik Relations. Penelitian ini dilakukan di PDAM Tirtanadi Kota Medan khususnya dibagian Public Relations. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dan sekaligus menjadi kesimpulan antara lain bahwa public relation sangat berperan dalam peningkatkan pelayanan sehingga dapat memperlancar kegiatan pelaksanaannya pada Perusahaan daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Kota Medan yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa, maka perluas dan penambahan wawasan agar dapat meningkatan pelayanan. Kata kunci : peranan dan fungsi, peningkatan pelayanan

PERANAN DAN STRATEGI PUBLIC RELATION DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN DI PUSKESMAS RAWAT INAP TANJUNG MORAWA

Tanjung, Liana () 2024

Strategi pada hakikatnya adalah perencanaan ( planning ) dan manajemen (management) untuk mencapai tujuan. Fokus penelitian ini adalah bagaimana strategi Public Relation dalam pemulihan citra nama baik Puskes Tanjung Morawa. Paper ini dilatar belakangi bahwasanya Dalam bisnis ataupun lembaga sosial dibutuhkan sebuah media publikasi yang dimana dapat sangat membantu perusahaan dalam penyebaran informasi dan membentuk nama dan citra baik dari perusahaan. Saat ini perkembangan media sudah cukup pesat, dengan adanya kemajuan tehnologi maka berdampak pula dengan kemajuan media informasi. Tidak hanya media cetak dan elektronik, tetapi sudah ada media sosial yang dengan mudah dapat menjangkau audience dengan cepat, luas, mudah dan murah. Tidak perlu lagi membutuhkan biaya untuk cetak brosur, poster ataupun beriklan di koran-koran nasional dan beriklan di televisi yang biayanya cukup fantastis. Hal ini dapat mempermudah lembaga atau perusahaan kecil atau sosial untuk melakukan publikasi. Dengan demikian peranan dan fungsi seorang Public Relation jadi terbantu dan dapat terlihat. Hal ini lah yang dimanfaatkan juga oleh Puskesmas Rawat Inap Tanjung Morawa dalam mempublikasi setiap kegiatanya melalui social media seperti Instagram, dan Facebook. Tujuan dari Public Relation Puskesmas Rawat Inap Tanjung Morawa dalam menggunakan media sebagai media publikasi dan informasi, kiranya agar masyarakat dapat lebih pintar dan mengerti terkait banyak kurangnya ilmu Kesehatan yang bisa diterapkan untuk masyarakat awam. Kata kunci : Strategi Public Relation , Pelayanan Puskesmas Tanjung Morawa

PERANAN DAN TANGGUNG JAWAB SEKRETARIS DALAM MEMBANTU PEKERJAAN PIMPINAN DI GRAND MERCURE MEDAN ANGKASA

Ardina Purwanti () 2023

Penelitian ini dilandaskan pada pemikiran bahwa Sekretaris memegang peranan penting dalam setiap kegiatan yang dilakukan oleh pimpinan. Pimpinan tidak akan dapat melakukan kegiatannya dengan baik tanpa ada sekretaris yang membantunya, baik dalam hubungannya dengan surat menyurat ataupun memonitor jadwal pertemuan dengan pihak lain. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peranan dari seorang sekretaris dalam memperlancar tugas tugas pimpinan yang dilakukan pada perusahaan Grand Mercure Medan Angkasa (GMMA). Teori yang digunakan untuk menganalisis permasalahan peranan Sekretaris tersebut adalah tentang kesekretariatan. Pendekatanan penelitian yang digunakan adalah pendekatanan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dan sekaligus menjadi kesimpulan penelitian ini antara lain bahwa sekretaris sangat berperan dalam memperlancar tugas pimpinan, sehingga dapat memperlancar pelaksanaan kegiatan lainnya pada perusahaan Grand Mercure Medan Angkasa (GMMA). Oleh karena itu perusahaan Grand Mercure Medan Angkasa (GMMA) merupakan tempat atau penginapan yang disebut dengan nama lain Hotel, Hotel Angkasa hotel berbintang empat dan dibawah pimpinan para pengusaha investor lokal. Hotel Angkasa semakin lama semakin berkembang sehingga hotel tersebut berubah nama menjadi Hotel Grand Mercure Angkasa Medan dan merupakan salah satu hotel berbintang 5 yang ada di Medan

PERANAN PUBLIC RELATION DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PENERIMAAN PESERTA BARU PELATIHAN UJI KOMPETENSI DI LEMBAGA ULTI KOMPETENSI UTAMA

Antasya Fitria Rahma () 2023

Public Relation adalah bagian manajemen yang membangun dan mempertahankan hubungan yang baik dan bermanfaat antara organisasi dengan publik yang mempengaruhi kesuksesan atau kegagalan organisasi tersebut. Salah satu strategi membinan hubungan baik dengan pihak publik eksternal. Public Relation Lembaga Multi Kompetensi Utama adalah dengan mengadakan sosialisasi ke beberapa sekolah dan universitas, yang bertujuan untuk mencari calon peserta baru yang berkualitas dan berkompeten melalui jalur yang disediakan pihak lembaga. Hasil riset menunjukan keberhasilan Public Relation Lembaga Multi Kompetensi Utama dalam meningkatkan calon peserta baru melalui beberapa strartegi yang terdiri atas melakukan promosi, bersosialisasi kes setiap sekolah dan universitas, dan dilakukan setiap tahunnya. Kegiatan ini mendapat respon positif dari semua sekolah dan universitas serta calon peserta baru Lembaga Multi Kompetensi Utama

PERANAN PUBLIC RELATIONS DALAM MENINGKATKAN MEDIA KOMUNIKASI DI BADAN NARKOTIKA NASIONAL PROVINSI SUMATERA UTARA

RIDEN MANGADIL ROITO NAIBAHO () 2023

Judul penelitian ini adalah Peranan Public Relations dalam Meningkatkan Media Komunikasi di Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan Public Relations di lembaga Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Utara (BNNPROVSU) dalam menyampaikan suatu informasi kepada masyarakat, dengan dilakukannya penelitian tersebut peneliti akan lebih memahami bagaimana cara kerja Public Relations Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Utara dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat dan apa saja kendala yang dihadapi pada saat penyampaian sebuah informasi kepada masyarakat. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yakni dengan menyajikan data dalam bentuk deskripsi berupa naratif, kata-kata, ungkapan, pendapat dan gagasan yang dikumpulkan oleh peneliti dari berbagai sumber. Peneliti memperoleh data berdasarkan wawancara mendalam dengan para narasumber yang mampu untuk menjawab rumusan masalah yang dirangkum oleh peneliti. Dari hasil penelitian dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti, mengenai informasi yang di sampaikan public relations sangat berguna bagi masyarakat untuk tidak memakai narkoba karena narkoba dapat merusak kehidupan masyarakat dan dapat membuat penggunanya pun mati, oleh karena itu hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti sangat berguna bagi mayarakat untuk menjauhi narkoba

PERANAN SEKRETARIS DALAM MEMBANTU TUGAS PIMPINAN PADA DINAS TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA PROVINSI SUMATERA UTARA

Maja, Frastiwi Aulia () 2019

Sekretaris juga merupakan peran penting dalam pembantu pimpinan, dalam memulai serta menyediakan suatu pekerjaan. Seorang sekretaris profesional diharapkan bisa mengatasi kesibukan dan memecahkan kesulitan, memberi semangat kepada pimpinan, menyederhanakan cara penyelesaian pekerjaan, serta mempercepat proses penyesuian pekerjaan sehingga bisa tercapai hasil yang diharapkan perusahaan/instansi. Seorang sekretaris, ini sangat dipercaya oleh pimpinan untuk memegang rahasia perusahaan. Oleh karena peranan sekretaris sangatlah penting dan sekretaris juga tangan kanannya pimpinan, sekretaris juga harus bisa berkomunikasi dengan baik. Seorang sekretaris adalah orang yang diberikan sebuah kepercayaan dari seorang pimpinan dalam rangka membantu memperlancar pekerjaan, berkaitan dengan penyelenggaraan atau korespondesi, menerima infomasi yang terbaru, menjalin komunikasi yang baik dengan semua pihak yang terlibat dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Kata Kunci : Peranan Sekretaris, Membantu Pimpinan