Manajemen Perkantoran

Now showing items 1-10 of 19

PENERAPAN PENGELOLAAN ARSIP DINAMIS PADA PT. BANK SUMUT KANTOR CABANG TEMBUNG

Irsan, Addina Salsabila () 2021

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pengelolaan arsip dinamis pada PT. Bank Sumut Kantor Cabang Tembung yang sudah optimal. Peranan arsip yang sangat penting bagi kelangsungan suatu organisasi yaitu sebagai bukti tertulis dari kegiatan dan berfungsi sebagai pedoman pengambilan keputusan, maka arsip harus disimpan dengan sistem penyimpanan yang sistematis dan efektif, agar arsip yang disimpan dan suatu saat dibutuhkan dapat dengan mudah ditemukan kembali. Metode penelitian yang digunakan dalam Tugas Akhir ini adalah metode kualitatif dan pemecahan masalah secara deduktif. Metode kualitatif adalah metode pendekatan masalah dengan berdasarkan uraian yang tidak berwujud angka atau memperoleh pemahaman secara mendalam. Pemecahan masalah secara deduktif yaitu dengan cara mengkaji topic-topik secara umum terkait dengan pembahasan yang diambil dari bahan-bahan pustaka kemudian ditarik kesimpulan secara khusus. Kata kunci : Arsip, Pengelolaan Arsip Dinamis

PERAN KUALITAS KOMUNIKASI SEKRETARIS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KEPUTUSAN PIMPINAN LEMBAGA MULTI KOMPETENSI UTAMA MEDAN

Pertiwi, Anna () 2021

Keahlian komunikasi sekretaris pada Lembaga Multi Kompetensi Utama dalam berkomunikasi akan sangat terlihat pada keberhasilan sekretaris dalam berkomunikasi dengan banyak pihak di organisasi bisnis seperti dengan pimpinan, karyawan, partner kerja perusahaan, pihak birokrat pemerintah, pelanggan/konsumen. Keberhasilan sekretaris dalam berkomunikasi jelas menjadi good image dan cermin yang bernilai tinggi bagi perusahaan terlebih pimpinan yang didampingi oleh sekretaris. Secara langsung ataupun tidak langsung kehebatan sekretaris dalam berkomunikasi menjadi energy positif bagi pimpinan, hal ini terjadi karena kualitas komunikasi sekretaris dalam menjalankan tugas - tugasnya baik tugas rutin maupun tugas insidentalnya mampu membuat pimpinan puas dan bangga. Kepuasan dan kebanggaan pimpinan dirasakan karena berdasarkan hasil kerja sekretarisnya yang berkualitas yaitu tepat waktu, data-data lengkap akurat, tertata, jelas, membuat pimpinan mudah dan tepat membuat keputusan. Mutu keputusan-keputusan pimpinan pada Lembaga Multi Kompetensi Utama jelas menentukan kepercayaan dan kerjasama dengan banyak pihak, jadi mutu keputusan yang baik dengan meminimalisir kesalahan atau zero error pada saat implementasi keputusan dalam ranah operasional organisasi bisnis akan membawa dampak keuntungan bagi perusahaan. Kata kunci: Kualitas, Komunikasi, Keputusan

PERANAN SEKRETARIS DALAM MENUNJANG KINERJA PEGAWAI PADA AKADEMI MARITIM INDONESIA (AMI) MEDAN

Mustika, Rika () 2019

Tulisan ini bertujuan untuk menguraikan syarat-syarat menjadi sekretaris, peranan sekretaris, faktor yang mempengaruh iefisiensi kerja, peranan sekretaris dalam menciptakan efisiensi kerja perusahaan pada Akademi Maritim Indonesia (AMI) Medan. Metode pengkajian yang digunakan dalam paper ini dengan pendekatan secara kualitatif dan pemecahan masalah secara deduktif. Pendekatan secara kualitatif yaitu pendekatan masalah dengan berdasarkan uraian yang tidak berwujud angka. Pemecahan masalah secara deduktif yaitu dengan cara mengkaji topik–topik secara umum terkait dengan pembahasan yang diambil dari bahan- bahan pustaka kemudian ditarik kesimpulan secara khusus. Hasil pembahasan menjelaskan bahwa syarat-syarat menjadi sekretaris cukup beragam dan seorang sekretaris harus mempunyai banyak keunggulan, syarat menjadi sekretaris antara lain : syarat pengetahuan, syarat keterampilan, syarat kepribadian. Peranan sekretaris cukup beragam, seperti : penjaga perusahaan, pengelola informasi, tangan kanan pimpinan, pemegang rahasia, penasehat untuk dimintakan pendapat, penghubung atau humas, dan sebagai perawat atau pelindung. Faktor-faktor yang mempengaruhi efisiensi kerja antara lain : kedisiplinan, tanggung jawab, dan etika dalam bekerja. Sekretaris harus dapat menjalankan perannya dengan baik dan seefisien mungkin untuk meningkatkan citra perusahaan dan mutu perusahaan. Kata kunci: Peranan Sekretaris dan Kinerja Pegawai

MODEL KINERJA KARYAWAN PT. ANGKASA PURA PERSERO (STUDI BANDING PADA ETNIS JAWA DAN ETNIS BATAK)

Yunita () 2019

PT. Angkasa Pura Persero memiliki jumlah karyawan dengan berbagai macam latar belakang etnis yang berbeda. Karyawan yang ada di PT. Angkasa Pura Persero lebih banyak etnis Batak dan Jawa. Hal ini juga dapat dilihat dari jumlah karyawan yang ada di PT. Angkasa Pura Persero. Nilai kineija karyawan etnis batak pada umumnya adalah mereka menganggap kerja sebagai suatu proses yang membutuhkan ketekunan dan melakukan kerja sebagai bentuk ibadah. Nilai kinerja yang dimiliki etnis batak tidak terlepas dari budaya yang ditanamkan turun temurun dimana ada sifat lebih memiliki tanggung jawab yang tinggi serta tekun dalam bekerja dan berani untuk mengkritik suatu pekerjaan yang dilakukannya. Hal ini berbeda dengan nilai kinerja yang dimiliki etnis Jawa yang secara umum lebih ulet dalam bekerja, dimana mereka memiliki sifat yang rajin dan pekerja keras dalam melaksanakan pekerjaannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh komitmen dan budaya individu terhadap kinerja karyawan pada PT. Angkasa Pura (Persero) II Cabang KNIA. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 243 orang dengan menggunakan teknik slovin. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komitmen berpengaruh terhadap kinerja karyawan, budaya individu berpengaruh terhadap kinerja karyawan dan komitmen dan budaya individu berpengaruh terhadap kinerja karyawan secara simultan.

PENGELOLAAN SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR PADA DINAS TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA PROVINSI. SUMATERA UTARA

Pratiwi, Windi () 2019

Pengelolaan surat msasuk dan surat keluar merupakan kegiatan yang mempermudah pekerjaan dalam suatu intansi atau organiasi. Surat masuk merupakan semua jenis surat yang diterima oleh instansi maupun yang diterima dari pihak lain. Surat keluar merupakan surat yang dikeluarkan oleh Instansi. Sebuah intansi memiliki banyak surat masuk dan surat keluar, dengan banyaknya surat masuk dan surat keluar maka memerlukan pengelolaan supaya semua surat masuk dan surat keluar dapat tersusun dan dapat digunakan jika dibutuhkan. Maka oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk medesripsikan bagaimana pengelolaan surat masuk dan surat keluar yang dilakukan di Dinas Tanaman Pangan Dan Hortikultura Provinsi Sumatera utara. Teori yang di gunakan untuk menganalisis permasalahan tentang surat menyurat adalah tentang pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar. Penelitian dilakukan di Kantor Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dan sekaligus menjadi kesimpulan penelitian ini antara lain bahwa pengelolaan surat masuk dan surat keluar dalam setiap instansi melalui beberapa tahap tersebut sering menghadapi kendala yang menyebabkan terhambatnya pengelolaan surat masuk dan surat keluar dikantor Dinas Tanaman Pangan Dan Hortikultura.Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar di Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura masing memiliki kekurangan karena harus melalui beberapa meja terlebi dahulu baru akan sampai ke kepala Dinas dan kepala Sub bagian lalu ke pegawai,Terkadang penyampaian surat kepada kepegawaian agak lambat cara pengiriman suratnya melalui tahap-tahap Arsip yang di pinjam lupa dikembalikan menyebabkan arsipnya bahkan hilang. Terpaksa pihak bagian surat menyurat membuat arsip yang baru melihat dokumen” yang telah tersimpan. Maka saran yang penulis yaitu perlu penekanan pemberian motivasi terhadap proses pengelolaan surat masuk dan surat keluar.

HUBUNGAN TATA RUANG KANTOR DENGAN KOMUNIKASI ANTAR PEGAWAI PADA SUB BAGIAN UMUM DAN KEPEGAWAIAN DI DINAS TENAGA KERJA PROVINSI SUMATERA UTARA

Utari, Resty () 2019

Tata ruang kantor adalah pengaturan rungan serta penyusunan alat dan perabot kantor sesuai luas lantai tersedia yang dapat memberikan kepuasan dan kenyamanan pegawai saat bekerj sehingga kantor tidak hanya sebagai tempat penyimpanan peralatna saja, tetapi juga bisa membuat pegawai maupun tamu yang datang merasa nyaman dengan ruangan kantor tersebut. Perencanaan ruangan (space planning) merupakan sebuah aktivitas bersifat kontinu. Penataan ulang ruang kantor perlu dilakukan apabil layout yang sudah ada menghambat pegawai dalam melakukan pekerjaan, dan tata ruang perlu disegarkan kembali sehingga tidak kotor, monoton, atau membosankan bagi pegawai. Struktur organisasi telah berkembang kompleks dan job description semakin banyak yang membutuhkan lebih banyak pegawai baru untuk mendudukinya sehingga layout kantor harus bisa mendukung perubahan tersebut. Salah satu faktor yang mempengaruhi produktivitas pegawai dalam bekerja adalah tata ruang kantor. Setiap pegawai menginginkan ruangan kerja yang dapat memberikan keamanan, kemudahan, dan kenyamanan pada diri saat bekerja. Untuk itulah diperlukan penataan yang baik mulai dari penempatan seluruh peralatan dan furniture kantor yang dibutuhkan sampai dengan pengaturan lingkunagn fisik ruangan tersebut. Kata kunci : Tata ruang kantor, Produktivitas kerja pegawai

PENGELOLAAN TATA RUANG KANTOR PADA BIDANG KESEKRETARIATAN DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP PROVINSI SUMATERA UTARA

Sari, Astri Rahma () 2019

Penelitian ini dilandaskan pada pemikiran bahwa tata ruang kantor adalah penentuan mengenai kebutuhan-kebutuhan ruang dan suatu susunan yang praktis dari faktor praktis yang dianggap perlu bagi pelaksanaan kerja perkantoran dengan biaya yang layak. Dengan kata lain, arti tata ruang kantor dapat juga dinyatakan sebagai pengaturan dan penyusunan seluruh mesin kantor pada tempat yang tepat, sehingga pegawai dapat bekerja dengan mudah, nyaman, dan bebas untuk bergerak sehingga tercapai efisiensi. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengelolaan tata ruang kantor pada Bidang Kesekretariatan di Dinas Perpustakaan dann Arsip Provinsi Sumatera Utara. Teori yang digunakan untuk menganalisis permasalahan pengelolaan tata ruang tersebut adalah tentang penyusunan perabotan dan model ruangan yang digunakan. Penelitian dilakukan di Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Uara. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dan sekaligus menjadi kesimpulan penelitian ini antara lain bahwa perlu dikelola tata ruang kantor untuk mempelancar efektivitas kerja, sehingga dapat memberikan kenyamanan dalam bekerja pada pegawai. Oleh karena itu di Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara bahwa lokasi fisik atau tata ruang tempat orang bekerja mempunyai pengaruh terhadap produktivitas dan sikap antar karyawan satu dan yang lainnya. Kata kunci: tata ruang kantor

FUNGSI DAN PERANAN ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN PADA BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH PROVINSI SUMATERA UTARA

Mutiara, Savira Dwi () 2019

Penelitian ini berlandaskan pada pemikiran bahwa administrasi kepegawaian memegang fungsi dan peranan yang sangat penting dalam setiap kegiatan kantor yang berhubungan langsung dengan kehidupan sehari-hari para pegawai. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peranan dan fungsi administrasi kepegawaian pada Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sumatera Utara. Teori yang digunakan untuk menganalisis permasalahan peranan dan fungsi administrasi tersebut adalah tentang administrasi. Penelitian dilakukan di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sumatera Utara. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah semua pihak yang dapat memberikan informasi lengkap mengenai latar belakang dan keadaan sebenarnya dari administrasi kepegawaian. Hasil penelitian yang diperoleh dan sekaligus menjadi kesimpulan penelitian ini antara lain bahwa administrasi kepegawaian sangat besar peranan dan fungsinya dalam meningkatkan kinerja dalam suatu lingkup organisasi. Karena itu dapat dikatakan bahwa administrasi kepegawaian sangat erat sekali kaitannya dalam mendapatkan pegawai yang mempunyai/memiliki kinerja yang baik. Selain administrasi kepegawaian memiliki tujuan pengefektifan tenaga kerja manusia dalam penggunaannya dan menciptakan hubungan kerja yang menarik diantara anggota organisasi serta mengusahakan agar pengembangan individu-individu sebagai pegawai dalam organisasi tersebut dapat dijalankan secara maksimal. Kata kunci : administrasi, administrasi kepegawaian

PERANAN DAN FUNGSI PUBLIC RELATION DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PADA PDAM TIRTANADI KOTA MEDAN

Safira, Rinanda () 2019

Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa PDAM Tirtanadi Kota Medan memegang peranan dan fungsi penting dalam peningkatan pelayanan publik. Perusahaan tidak dapat melakukan kegiatannya dengan baik tanpa ada dukungan dari pihak lain. PDAM Tirtanadi sangat berperan dalam meningkatkan pelayanan. Karena pelayanan mempunyai peran strategis dalam mencapai tujuan organisasi, agar perusahaan dapat mempertahankan citra positif dimata publik. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peranan dan fungsi dari seorang Public Relation dalam meningkatkan pelayanannya yang dilakukan pada PDAM Tirtanadi Kota Medan. Teori yang digunakan untuk menganalisis permasalahan peranan dan fungsi tersebut adalah tentang Publik Relations. Penelitian ini dilakukan di PDAM Tirtanadi Kota Medan khususnya dibagian Public Relations. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dan sekaligus menjadi kesimpulan antara lain bahwa public relation sangat berperan dalam peningkatkan pelayanan sehingga dapat memperlancar kegiatan pelaksanaannya pada Perusahaan daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Kota Medan yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa, maka perluas dan penambahan wawasan agar dapat meningkatan pelayanan. Kata kunci : peranan dan fungsi, peningkatan pelayanan

PENTINGNYA KOMUNIKASI DALAM HUBUNGAN MASYARAKAT PADA PDAM TIRTANADI MEDAN

Utami, Rahayu () 2019

Penelitian ini dilandaskan pada pemikiran bahwa humas merupakan bentuk kegiatan dan sekaligus suatu proses komunikasi hubungan kontak antar manusia baik individu maupun kelompok. Sebab tanpa adanya komunikasi tidak mungkin akan terjadi interaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana pentingnya komunikasi dalam hubungan masyarakat pada PDAM Tirtanadi Medan. Teori yang digunakan untuk menganalisis komunikasi dalam humas tersebut adalah tentang komunikasi. Penelitian dilakukan di PDAM Tirtanadi Medan Khususnya di bagian public relations (humas). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dan sekaligus menjadi kesimpulan penelitian ini antara lain bahwa komunikasi sangat penting dalam kehumasan, sehingga dapat memperlancar pelaksanaan kegiatan lainnnya pada PDAM Tirtanadi Medan. Oleh karena PDAM Tirtanadi Medan merupakan institusi yang melayani masyarakat dalam hal memberikan informasi, maka perlu adanya penambahan wawasan terhadap kehumasan mengenai pentingnya komunikasi, sehingga humas dapat juga menjelaskan tentang komunikasi kepada tamu yang datang. Kata kunci : komunikasi, hubungan masyarakat