PENANGANAN PENGELOLAAN PADA SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR PADA BADAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH SUB SEKRETARIAT KANTOR WALIKOTA MEDAN

Cover
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan surat masuk dan surat keluar di Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kantor Walikota Medan. Metode penulisan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis model interaktif yang menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Surat adalah sebuah alat komunikasi tertulis yang digunakan oleh pengirim untuk mengirimkan berita atau informasi kepada penerima, dalam pengelolaan surat di lingkungan pemeritahan ada dua surat yang perlu pengelolaan yaitu surat masuk dan surat keluar. Terdapat proses dalam kegiatan pengelolaan surat masuk yaitu mulai dari Tahap 1) penerimaan surat 2) penyortiran 3) pencatatan atau registrasi 4) distribusi 5) penyimpanan dan penemuan kembali dan surat keluar yaitu mulai dari tahap 1) Pembuatan Konsep Surat 2) Pengetikan Konsep Surat 3) Pengiriman Surat. Pada Badan Keuangan dan Aset Daerah Kantor Walikota Medan pengelolaan surat menyurat menggunakan sistem buku agenda, didalam instansi tersebut pengelolaan surat menyurat masih kurang baik pada kegiatan mengarsip surat.

URI :
https://repositori.unhar.ac.id/handle/1163/penanganan-pengelolaan-pada-surat-masuk-dan-surat-keluar-pada-badan-keuangan-dan-aset-daerah-sub-sekretariat-kantor-walikota-medan

Collections :
Tugas Akhir [1281]
View/Open
Peer Review
Author
ANANDA INDAH SABRINA
Fahlevi, Alvin
Metadata
Show Full Item Record