Title

[0-9] A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
Now showing items 1-100 of 19

FUNGSI DAN PERANAN ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN PADA BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH PROVINSI SUMATERA UTARA

Mutiara, Savira Dwi () 2019

Penelitian ini berlandaskan pada pemikiran bahwa administrasi kepegawaian memegang fungsi dan peranan yang sangat penting dalam setiap kegiatan kantor yang berhubungan langsung dengan kehidupan sehari-hari para pegawai. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peranan dan fungsi administrasi kepegawaian pada Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sumatera Utara. Teori yang digunakan untuk menganalisis permasalahan peranan dan fungsi administrasi tersebut adalah tentang administrasi. Penelitian dilakukan di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sumatera Utara. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah semua pihak yang dapat memberikan informasi lengkap mengenai latar belakang dan keadaan sebenarnya dari administrasi kepegawaian. Hasil penelitian yang diperoleh dan sekaligus menjadi kesimpulan penelitian ini antara lain bahwa administrasi kepegawaian sangat besar peranan dan fungsinya dalam meningkatkan kinerja dalam suatu lingkup organisasi. Karena itu dapat dikatakan bahwa administrasi kepegawaian sangat erat sekali kaitannya dalam mendapatkan pegawai yang mempunyai/memiliki kinerja yang baik. Selain administrasi kepegawaian memiliki tujuan pengefektifan tenaga kerja manusia dalam penggunaannya dan menciptakan hubungan kerja yang menarik diantara anggota organisasi serta mengusahakan agar pengembangan individu-individu sebagai pegawai dalam organisasi tersebut dapat dijalankan secara maksimal. Kata kunci : administrasi, administrasi kepegawaian

HUBUNGAN TATA RUANG KANTOR DENGAN KOMUNIKASI ANTAR PEGAWAI PADA SUB BAGIAN UMUM DAN KEPEGAWAIAN DI DINAS TENAGA KERJA PROVINSI SUMATERA UTARA

Utari, Resty () 2019

Tata ruang kantor adalah pengaturan rungan serta penyusunan alat dan perabot kantor sesuai luas lantai tersedia yang dapat memberikan kepuasan dan kenyamanan pegawai saat bekerj sehingga kantor tidak hanya sebagai tempat penyimpanan peralatna saja, tetapi juga bisa membuat pegawai maupun tamu yang datang merasa nyaman dengan ruangan kantor tersebut. Perencanaan ruangan (space planning) merupakan sebuah aktivitas bersifat kontinu. Penataan ulang ruang kantor perlu dilakukan apabil layout yang sudah ada menghambat pegawai dalam melakukan pekerjaan, dan tata ruang perlu disegarkan kembali sehingga tidak kotor, monoton, atau membosankan bagi pegawai. Struktur organisasi telah berkembang kompleks dan job description semakin banyak yang membutuhkan lebih banyak pegawai baru untuk mendudukinya sehingga layout kantor harus bisa mendukung perubahan tersebut. Salah satu faktor yang mempengaruhi produktivitas pegawai dalam bekerja adalah tata ruang kantor. Setiap pegawai menginginkan ruangan kerja yang dapat memberikan keamanan, kemudahan, dan kenyamanan pada diri saat bekerja. Untuk itulah diperlukan penataan yang baik mulai dari penempatan seluruh peralatan dan furniture kantor yang dibutuhkan sampai dengan pengaturan lingkunagn fisik ruangan tersebut. Kata kunci : Tata ruang kantor, Produktivitas kerja pegawai

MODEL KINERJA KARYAWAN PT. ANGKASA PURA PERSERO (STUDI BANDING PADA ETNIS JAWA DAN ETNIS BATAK)

Yunita () 2019

PT. Angkasa Pura Persero memiliki jumlah karyawan dengan berbagai macam latar belakang etnis yang berbeda. Karyawan yang ada di PT. Angkasa Pura Persero lebih banyak etnis Batak dan Jawa. Hal ini juga dapat dilihat dari jumlah karyawan yang ada di PT. Angkasa Pura Persero. Nilai kineija karyawan etnis batak pada umumnya adalah mereka menganggap kerja sebagai suatu proses yang membutuhkan ketekunan dan melakukan kerja sebagai bentuk ibadah. Nilai kinerja yang dimiliki etnis batak tidak terlepas dari budaya yang ditanamkan turun temurun dimana ada sifat lebih memiliki tanggung jawab yang tinggi serta tekun dalam bekerja dan berani untuk mengkritik suatu pekerjaan yang dilakukannya. Hal ini berbeda dengan nilai kinerja yang dimiliki etnis Jawa yang secara umum lebih ulet dalam bekerja, dimana mereka memiliki sifat yang rajin dan pekerja keras dalam melaksanakan pekerjaannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh komitmen dan budaya individu terhadap kinerja karyawan pada PT. Angkasa Pura (Persero) II Cabang KNIA. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 243 orang dengan menggunakan teknik slovin. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komitmen berpengaruh terhadap kinerja karyawan, budaya individu berpengaruh terhadap kinerja karyawan dan komitmen dan budaya individu berpengaruh terhadap kinerja karyawan secara simultan.

PENERAPAN PENGELOLAAN ARSIP DINAMIS PADA PT. BANK SUMUT KANTOR CABANG TEMBUNG

Irsan, Addina Salsabila () 2021

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pengelolaan arsip dinamis pada PT. Bank Sumut Kantor Cabang Tembung yang sudah optimal. Peranan arsip yang sangat penting bagi kelangsungan suatu organisasi yaitu sebagai bukti tertulis dari kegiatan dan berfungsi sebagai pedoman pengambilan keputusan, maka arsip harus disimpan dengan sistem penyimpanan yang sistematis dan efektif, agar arsip yang disimpan dan suatu saat dibutuhkan dapat dengan mudah ditemukan kembali. Metode penelitian yang digunakan dalam Tugas Akhir ini adalah metode kualitatif dan pemecahan masalah secara deduktif. Metode kualitatif adalah metode pendekatan masalah dengan berdasarkan uraian yang tidak berwujud angka atau memperoleh pemahaman secara mendalam. Pemecahan masalah secara deduktif yaitu dengan cara mengkaji topic-topik secara umum terkait dengan pembahasan yang diambil dari bahan-bahan pustaka kemudian ditarik kesimpulan secara khusus. Kata kunci : Arsip, Pengelolaan Arsip Dinamis

PENGELOLAAN SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR PADA DINAS TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA PROVINSI. SUMATERA UTARA

Pratiwi, Windi () 2019

Pengelolaan surat msasuk dan surat keluar merupakan kegiatan yang mempermudah pekerjaan dalam suatu intansi atau organiasi. Surat masuk merupakan semua jenis surat yang diterima oleh instansi maupun yang diterima dari pihak lain. Surat keluar merupakan surat yang dikeluarkan oleh Instansi. Sebuah intansi memiliki banyak surat masuk dan surat keluar, dengan banyaknya surat masuk dan surat keluar maka memerlukan pengelolaan supaya semua surat masuk dan surat keluar dapat tersusun dan dapat digunakan jika dibutuhkan. Maka oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk medesripsikan bagaimana pengelolaan surat masuk dan surat keluar yang dilakukan di Dinas Tanaman Pangan Dan Hortikultura Provinsi Sumatera utara. Teori yang di gunakan untuk menganalisis permasalahan tentang surat menyurat adalah tentang pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar. Penelitian dilakukan di Kantor Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dan sekaligus menjadi kesimpulan penelitian ini antara lain bahwa pengelolaan surat masuk dan surat keluar dalam setiap instansi melalui beberapa tahap tersebut sering menghadapi kendala yang menyebabkan terhambatnya pengelolaan surat masuk dan surat keluar dikantor Dinas Tanaman Pangan Dan Hortikultura.Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar di Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura masing memiliki kekurangan karena harus melalui beberapa meja terlebi dahulu baru akan sampai ke kepala Dinas dan kepala Sub bagian lalu ke pegawai,Terkadang penyampaian surat kepada kepegawaian agak lambat cara pengiriman suratnya melalui tahap-tahap Arsip yang di pinjam lupa dikembalikan menyebabkan arsipnya bahkan hilang. Terpaksa pihak bagian surat menyurat membuat arsip yang baru melihat dokumen” yang telah tersimpan. Maka saran yang penulis yaitu perlu penekanan pemberian motivasi terhadap proses pengelolaan surat masuk dan surat keluar.

PENGELOLAAN SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR PADA KANTOR FAKULTAS EKONOMI BISNIS UNIVERSITAS HARAPAN MEDAN

Rahmawani, Putri () 2023

Surat adalah lembaran yang berisi informasi atau pesan tertulis yang dikirim dari satu pihak kepada pihak lain yang dibuat dan diterima oleh suatu organisasi yang berguna dalam operasional organisasi. Pengelolaan surat menyurat pada suatu organisasi merupakan hal yang penting dalam manajemen organisasi untuk penyampaian informasi. Dalam pengelolaan surat menyurat banyak aspek yang harus diperhatikan untuk mencegah terjadinya kerusakan, ketidaksampaian, maupun kehilangan surat yang berguna sebagai arsip penting ketika diperlukan Metode penelitian yang digunakan pada penelitian adalah analisis deskriptif melalui sumber data penelitian yaitu primer berupa hasil wawancara dan observasi serta sumber sekunder berupa literatur dari website, jurnal, buku dan penelitian sebelumnya yang mendukung pengamatan terkait penelitian. Berdasarkan hasil Penelitian Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar pada bagian Administrasi Perkantoran di Kantor Fakultas Ekonomi Bisnis - Universitas Harapan Medan dimulai dengan Penerimaan, Penyortiran, Pembukuan, dan Pencatatan, Pengarahan dan Pendistribusian surat masuk pengurusan surat keluarnya meliputi pembuatan, pemeriksaan, penandatanganan, dan pencatatan surat keluar

PENGELOLAAN TATA RUANG KANTOR PADA BIDANG KESEKRETARIATAN DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP PROVINSI SUMATERA UTARA

Sari, Astri Rahma () 2019

Penelitian ini dilandaskan pada pemikiran bahwa tata ruang kantor adalah penentuan mengenai kebutuhan-kebutuhan ruang dan suatu susunan yang praktis dari faktor praktis yang dianggap perlu bagi pelaksanaan kerja perkantoran dengan biaya yang layak. Dengan kata lain, arti tata ruang kantor dapat juga dinyatakan sebagai pengaturan dan penyusunan seluruh mesin kantor pada tempat yang tepat, sehingga pegawai dapat bekerja dengan mudah, nyaman, dan bebas untuk bergerak sehingga tercapai efisiensi. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengelolaan tata ruang kantor pada Bidang Kesekretariatan di Dinas Perpustakaan dann Arsip Provinsi Sumatera Utara. Teori yang digunakan untuk menganalisis permasalahan pengelolaan tata ruang tersebut adalah tentang penyusunan perabotan dan model ruangan yang digunakan. Penelitian dilakukan di Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Uara. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dan sekaligus menjadi kesimpulan penelitian ini antara lain bahwa perlu dikelola tata ruang kantor untuk mempelancar efektivitas kerja, sehingga dapat memberikan kenyamanan dalam bekerja pada pegawai. Oleh karena itu di Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara bahwa lokasi fisik atau tata ruang tempat orang bekerja mempunyai pengaruh terhadap produktivitas dan sikap antar karyawan satu dan yang lainnya. Kata kunci: tata ruang kantor

PENTINGNYA KOMUNIKASI DALAM HUBUNGAN MASYARAKAT PADA PDAM TIRTANADI MEDAN

Utami, Rahayu () 2019

Penelitian ini dilandaskan pada pemikiran bahwa humas merupakan bentuk kegiatan dan sekaligus suatu proses komunikasi hubungan kontak antar manusia baik individu maupun kelompok. Sebab tanpa adanya komunikasi tidak mungkin akan terjadi interaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana pentingnya komunikasi dalam hubungan masyarakat pada PDAM Tirtanadi Medan. Teori yang digunakan untuk menganalisis komunikasi dalam humas tersebut adalah tentang komunikasi. Penelitian dilakukan di PDAM Tirtanadi Medan Khususnya di bagian public relations (humas). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dan sekaligus menjadi kesimpulan penelitian ini antara lain bahwa komunikasi sangat penting dalam kehumasan, sehingga dapat memperlancar pelaksanaan kegiatan lainnnya pada PDAM Tirtanadi Medan. Oleh karena PDAM Tirtanadi Medan merupakan institusi yang melayani masyarakat dalam hal memberikan informasi, maka perlu adanya penambahan wawasan terhadap kehumasan mengenai pentingnya komunikasi, sehingga humas dapat juga menjelaskan tentang komunikasi kepada tamu yang datang. Kata kunci : komunikasi, hubungan masyarakat

PERAN KUALITAS KOMUNIKASI SEKRETARIS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KEPUTUSAN PIMPINAN LEMBAGA MULTI KOMPETENSI UTAMA MEDAN

Pertiwi, Anna () 2021

Keahlian komunikasi sekretaris pada Lembaga Multi Kompetensi Utama dalam berkomunikasi akan sangat terlihat pada keberhasilan sekretaris dalam berkomunikasi dengan banyak pihak di organisasi bisnis seperti dengan pimpinan, karyawan, partner kerja perusahaan, pihak birokrat pemerintah, pelanggan/konsumen. Keberhasilan sekretaris dalam berkomunikasi jelas menjadi good image dan cermin yang bernilai tinggi bagi perusahaan terlebih pimpinan yang didampingi oleh sekretaris. Secara langsung ataupun tidak langsung kehebatan sekretaris dalam berkomunikasi menjadi energy positif bagi pimpinan, hal ini terjadi karena kualitas komunikasi sekretaris dalam menjalankan tugas - tugasnya baik tugas rutin maupun tugas insidentalnya mampu membuat pimpinan puas dan bangga. Kepuasan dan kebanggaan pimpinan dirasakan karena berdasarkan hasil kerja sekretarisnya yang berkualitas yaitu tepat waktu, data-data lengkap akurat, tertata, jelas, membuat pimpinan mudah dan tepat membuat keputusan. Mutu keputusan-keputusan pimpinan pada Lembaga Multi Kompetensi Utama jelas menentukan kepercayaan dan kerjasama dengan banyak pihak, jadi mutu keputusan yang baik dengan meminimalisir kesalahan atau zero error pada saat implementasi keputusan dalam ranah operasional organisasi bisnis akan membawa dampak keuntungan bagi perusahaan. Kata kunci: Kualitas, Komunikasi, Keputusan

PERAN SEKRETARIS DALAM MENCIPTAKAN EFISIENSI KERJA DI BAGIAN PAYMENT COLLECTION & FINANCE PADA PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA REGIONAL 1 SUMATERA

Nadrah, Umi () 2019

Penelitian ini dilandaskan pada pemikiran bahwa sekretaris memegang peranan yang sangat penting dalam setiap kegiatan yang dilakukan oleh pimpinan. Pimpinan tidak akan melakukan kegiatannya dengan baik tanpa ada sekretaris yang membantunya, baik dalam hubungan surat menyurat ataupun memonitor jadwal pertemuan terhadap pihak lain bahkan dalam menangani administrasi perkantoran. Penelitian ini dilakukan pada PT Telekomunikasi Indonesia Regional 1 Sumatera Jln. H.M Yamin SH No. 2 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) syarat-syarat menjadi sekretaris (2) peran sekretaris (3) faktor yang mempengaruhi efisiensi kerja (4) peran sekretaris dalam menciptakan efisiensi kerja pada perusahaan. Untuk menyelesaikan penulisan paper ini, penulis menggunakan metode kualitatif yaitu dengan cara membaca buku-buku yang berhubungan dengan dunia Kesekretarisan dalam perusahaan. Kata Kunci : Sekretaris, dibagian Payment Collection & Finance pada PT Telekomunikasi Indonesia Regional 1 Sumatera

PERANAN DAN FUNGSI PUBLIC RELATION DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PADA PDAM TIRTANADI KOTA MEDAN

Safira, Rinanda () 2019

Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa PDAM Tirtanadi Kota Medan memegang peranan dan fungsi penting dalam peningkatan pelayanan publik. Perusahaan tidak dapat melakukan kegiatannya dengan baik tanpa ada dukungan dari pihak lain. PDAM Tirtanadi sangat berperan dalam meningkatkan pelayanan. Karena pelayanan mempunyai peran strategis dalam mencapai tujuan organisasi, agar perusahaan dapat mempertahankan citra positif dimata publik. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peranan dan fungsi dari seorang Public Relation dalam meningkatkan pelayanannya yang dilakukan pada PDAM Tirtanadi Kota Medan. Teori yang digunakan untuk menganalisis permasalahan peranan dan fungsi tersebut adalah tentang Publik Relations. Penelitian ini dilakukan di PDAM Tirtanadi Kota Medan khususnya dibagian Public Relations. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dan sekaligus menjadi kesimpulan antara lain bahwa public relation sangat berperan dalam peningkatkan pelayanan sehingga dapat memperlancar kegiatan pelaksanaannya pada Perusahaan daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Kota Medan yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa, maka perluas dan penambahan wawasan agar dapat meningkatan pelayanan. Kata kunci : peranan dan fungsi, peningkatan pelayanan

PERANAN DAN STRATEGI PUBLIC RELATION DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN DI PUSKESMAS RAWAT INAP TANJUNG MORAWA

Tanjung, Liana () 2024

Strategi pada hakikatnya adalah perencanaan ( planning ) dan manajemen (management) untuk mencapai tujuan. Fokus penelitian ini adalah bagaimana strategi Public Relation dalam pemulihan citra nama baik Puskes Tanjung Morawa. Paper ini dilatar belakangi bahwasanya Dalam bisnis ataupun lembaga sosial dibutuhkan sebuah media publikasi yang dimana dapat sangat membantu perusahaan dalam penyebaran informasi dan membentuk nama dan citra baik dari perusahaan. Saat ini perkembangan media sudah cukup pesat, dengan adanya kemajuan tehnologi maka berdampak pula dengan kemajuan media informasi. Tidak hanya media cetak dan elektronik, tetapi sudah ada media sosial yang dengan mudah dapat menjangkau audience dengan cepat, luas, mudah dan murah. Tidak perlu lagi membutuhkan biaya untuk cetak brosur, poster ataupun beriklan di koran-koran nasional dan beriklan di televisi yang biayanya cukup fantastis. Hal ini dapat mempermudah lembaga atau perusahaan kecil atau sosial untuk melakukan publikasi. Dengan demikian peranan dan fungsi seorang Public Relation jadi terbantu dan dapat terlihat. Hal ini lah yang dimanfaatkan juga oleh Puskesmas Rawat Inap Tanjung Morawa dalam mempublikasi setiap kegiatanya melalui social media seperti Instagram, dan Facebook. Tujuan dari Public Relation Puskesmas Rawat Inap Tanjung Morawa dalam menggunakan media sebagai media publikasi dan informasi, kiranya agar masyarakat dapat lebih pintar dan mengerti terkait banyak kurangnya ilmu Kesehatan yang bisa diterapkan untuk masyarakat awam. Kata kunci : Strategi Public Relation , Pelayanan Puskesmas Tanjung Morawa

PERANAN SEKRETARIS DALAM MEMBANTU TUGAS PIMPINAN PADA DINAS TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA PROVINSI SUMATERA UTARA

Maja, Frastiwi Aulia () 2019

Sekretaris juga merupakan peran penting dalam pembantu pimpinan, dalam memulai serta menyediakan suatu pekerjaan. Seorang sekretaris profesional diharapkan bisa mengatasi kesibukan dan memecahkan kesulitan, memberi semangat kepada pimpinan, menyederhanakan cara penyelesaian pekerjaan, serta mempercepat proses penyesuian pekerjaan sehingga bisa tercapai hasil yang diharapkan perusahaan/instansi. Seorang sekretaris, ini sangat dipercaya oleh pimpinan untuk memegang rahasia perusahaan. Oleh karena peranan sekretaris sangatlah penting dan sekretaris juga tangan kanannya pimpinan, sekretaris juga harus bisa berkomunikasi dengan baik. Seorang sekretaris adalah orang yang diberikan sebuah kepercayaan dari seorang pimpinan dalam rangka membantu memperlancar pekerjaan, berkaitan dengan penyelenggaraan atau korespondesi, menerima infomasi yang terbaru, menjalin komunikasi yang baik dengan semua pihak yang terlibat dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Kata Kunci : Peranan Sekretaris, Membantu Pimpinan

PERANAN SEKRETARIS DALAM MENUNJANG KINERJA PEGAWAI PADA AKADEMI MARITIM INDONESIA (AMI) MEDAN

Mustika, Rika () 2019

Tulisan ini bertujuan untuk menguraikan syarat-syarat menjadi sekretaris, peranan sekretaris, faktor yang mempengaruh iefisiensi kerja, peranan sekretaris dalam menciptakan efisiensi kerja perusahaan pada Akademi Maritim Indonesia (AMI) Medan. Metode pengkajian yang digunakan dalam paper ini dengan pendekatan secara kualitatif dan pemecahan masalah secara deduktif. Pendekatan secara kualitatif yaitu pendekatan masalah dengan berdasarkan uraian yang tidak berwujud angka. Pemecahan masalah secara deduktif yaitu dengan cara mengkaji topik–topik secara umum terkait dengan pembahasan yang diambil dari bahan- bahan pustaka kemudian ditarik kesimpulan secara khusus. Hasil pembahasan menjelaskan bahwa syarat-syarat menjadi sekretaris cukup beragam dan seorang sekretaris harus mempunyai banyak keunggulan, syarat menjadi sekretaris antara lain : syarat pengetahuan, syarat keterampilan, syarat kepribadian. Peranan sekretaris cukup beragam, seperti : penjaga perusahaan, pengelola informasi, tangan kanan pimpinan, pemegang rahasia, penasehat untuk dimintakan pendapat, penghubung atau humas, dan sebagai perawat atau pelindung. Faktor-faktor yang mempengaruhi efisiensi kerja antara lain : kedisiplinan, tanggung jawab, dan etika dalam bekerja. Sekretaris harus dapat menjalankan perannya dengan baik dan seefisien mungkin untuk meningkatkan citra perusahaan dan mutu perusahaan. Kata kunci: Peranan Sekretaris dan Kinerja Pegawai

PROSEDUR PENGELOLAAN SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR PADA PT PD PAJA PINANG

Fiannisa, Yasinta () 2019

Surat merupakan suatu alat komunikasi tertulis yang bertujuan untuk menyampaikan suatu maksud yang ditujukan kepada pihak lain. Pengelolaan surat pada suatu organisasi atau instansi yang tepat dan cermat akan menghasilkan suatu komunikasi yang baik dalam setiap kegiatan operasional di organisasi atau instansi dengan pihak lain yang berkepentingan. Tujuan dari pengamatan ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengeloaan surat masuk dan surat keluar di PT PD Paja Pinang. Dari hasil pengamatan, dapat diketahui pengelolaan surat masuk dan surat keluar di PT PD Paja Pinang yaitu dengan tahapan surat masuk dimulai dari penerimaan surat, penyortiran surat, pembukaan dan pengeluaran surat dari sampul, pembacaan surat, pencatatan surat, penyertaan lembar disposisi, pencatatan buku ekspedisi intern, pendistribusian surat, penggolongan surat, penyampaian surat, dan tindak lanjut surat setelah dari pimpinan. Surat keluar dimulai dari penyiapan konsep surat, pengelompokan surat, pencatatan surat, dan penyampaian atau pendistribusian surat. Kata Kunci : Surat masuk, Surat keluar, Pengeolaan surat.

PROSEDUR PENGELOLAAN SURAT UNTUK MEMPERLANCAR PROSES PENYAMPAIAN INFORMASI PADA DINAS TENAGA KERJA PROVINSI SUMATERA UTARA

Sari, Anggi Puspita () 2019

Surat adalah merupakan alat komunikasi tertulis yang berisi informasi yang di sampaikan dari satu pihak kepada pihak lainnya yang mempunyai keperluan (Perseorangan maupun organisasi). Penanganan surat merupakan hal yang sangat penting terlebih pada instansi seperti pada Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Utara yang berhubungan dengan banyak instansi, perusahaan maupun perorangan yang sangat membutuhkan informasi dari Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Utara. Dalam kegiatan surat menyurat pada suatu organisasi atau instansi, surat dapat mencapai tujuan dalam kegiatan berorganisasi. Penelitian dilakukan pada Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Utara khususnya di bagian umum dan kepegawaian. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian yang diproleh dan sekaligus menjadi kesimpulan penelitian ini antara lain bahwa surat memegang peranan penting dalam proses penyampaian informasi, sehingga dapat memperlancar pelaksanaan administrasi pada Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Utara, maka dari itu dalam kesempatan pengamatan yang dilaksanakan kali ini akan dijelaskan prosedur pengelolaan surat yang diharapkan dapat memperlancar proses penyampaian informasi, khususnya dalam pengurusan administrasi instansi pemerintah yang semakin dituntut kelancaran administrasinya untuk membantu keefektifan kinerja dan terpenuhinya kebutuhan masyarakat. Kata Kunci : surat, penyampaian informasi

TATA CARA PENYIMPANAN ARSIP PADA KANTOR BADAN PENGELOLAAN PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH SUMATERA UTARA

Hafiz, Mhd () 2019

Arsip adalah catatan rekaman kegiatan atau sumber informasi dengan berbagai macam bentuk yang dibuat oleh lembaga, organisasi maupun perseorangan dalam rangka pelaksanaan kegiatan. Sistem kearsipan yang diselenggarakan secara optimal akan memperlancar kegiatan dan tujuan lembaga, organisasi, badan maupun perseorangan. Penanganan arsip merupakan hal penting pada instansi seperti pada Kantor Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Sumatera Utara yang berhubungan dengan banyak perusahaan maupun perorangan yang sangat membutuhkan informasi dari Kantor Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Sumatera Utara.Dalam kegiatan kearsipan pada suatu organisasi atau instansi, arsip memiliki fungsi sebagai penunjang aktivitas administrasi, alat pengambil keputusan, bukti pertanggungjawaban, sumber informasi, dan wahana komunikasi.Penelitian dilakukan pada Kantor Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Sumatera Utara khususnya di bagian umum dan kepegawaian. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian yang diproleh dan sekaligus menjadi kesimpulan penelitian ini antara lain bahwa tata cara penyimpanan arsip secara baik termasuk hal yang sangat penting dalam proses penyimpanan informasi yang dapat di pertanggungjawabkan, sehingga dapat memperlancar pelaksanaan kegiatan arsip pada Kantor Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Sumatera Utara, maka dari itu dalam kesempatan yang dilaksanakan kali ini akan dijelaskan tata cara penyimpanan arsip yang diharapkan dapat memperlancar kegiatan dan tujuan lembaga, organisasi, badan maupun perseorangan untuk membantu keefektifan kinerja dan terpenuhinya kebutuhan perusahaan. Kata Kunci : arsip, fungsi penyimpanan

TATA KEARSIPAN PADA DIVISI PRODUKSI MIE PT SIANTAR TOP, TBK MEDAN

Lestari, Samida () 2019

Arsip merupakan dokumen yang dikelola oleh perusahaan berskala besar maupun kecil. Penanganan arsip memerlukan kaidah yang tepat agar nilai informasi yang dikandung bisa terpelihara untuk digunakan bila diperlukan. Penanganan arsip secara elektronik saat ini menjadi trend bagi perusahaan-perusahaan yang mulai memberi perhatian kepada usaha pelestarian lingkungan dalam konsep paperless-office, yang dilakukan kantor atau organisasi tempatnya bekerja dalam kegiatan pelestarian dan penyelamatan lingkungan. Paper ini akan membahas bagaimana peran sekretaris dalam menangani arsip secara elektronik sebagai usaha inovatif tenaga kerja profesional di bidang administrasi perkantoran. Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan menganalisa sistem kearsipan serta teknologi informasi dalam penanganan arsip elektronik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tenaga administrasi atau misalnya seorang sekretaris mampu melakukan inovasi untuk menangani arsip secara elektronik berbentukan teknologi informasi dengan tetap mengikuti kaidah yang berlaku dalam tata kearsipan. Kata Kunci : Arsip, Sekretaris

Urgensi Penataan Layout Kantor Dalam Upaya Menigkatkan Efektifitas Kerja Karyawan PT.Telkom Pada Bagian Maintenance

Utami, Nadya () 2023

Tata ruang kantor merupakan kegiatan dalam merancang ruang kantor dan peralatan-nya sesuai dengan syarat dan biaya memadai. Perancangan ruang kantor ini merupakan untuk meningkatkan kinerja karyawan dalam mencapai tujuan perusahaan. Tata ruang kantor saling mempengaruhi terhadap kinerja karywan dikarenakan ruangan tersebutlah yang nantinya akan ditempati oleh karyawan dan dipakai untuk melakukan kegiatan mencapai tujuan perusahaan. Tata ruang kantor merupakan nilai tambah untuk perusahaan terhadap orang-orang yang melihat perusahaan dari bagian eksternal perusahaan. Tata ruang kantor yang baik secara tidak langsung akan membuat hubungan antara perusahaan dan orang eksternal dapat kesan pertama yaitu perusahaan yang nyaman dan baik. Dengan demikian tata ruang kantor merupakan salah satu yang mempengaruhi ke-efektifan kinerja karyawan perusahaan.