Title

[0-9] A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
Now showing items 1-40 of 249

A REVIEW OF GOVERNMENT INTERVENTIONS PROMOTING SMALLHOLDER DEVELOPMENT IN INDONESIA

Bulan, Tapi Rondang Ni () 2022

Oil palm against a background of widespread poverty in the outer islands, where a large, very poor rural population that was not technically conversant with high input agriculture lived side by side with a prosperous commercial estate plantation sector. While many smallholders in these regions cultivated trees including oil palm as a spread effect from estates, their stands have tended to be low-yielding and land-extensive, providing low returns per unit of area compared to large plantation. Development of smallholders needs to occur alongside large oil palm expansion programs which is driven by large plantation companies. As this review, the productivity of independent smallholders is less than 50% of large plantations. Smallholder yields can be improved via PIR type schemes through a 60:40 scheme (60% for plasma and 40% for the nucleus estate). Though current partnership scheme (20:80) is less effective and difficult to accept, it has created many land disputes. Under 60:40 schemes, estate will accommodate both smallholder expectations for oil palm cultivation as well as estate economies of scale. This will provide companies with a social license to operate and ensure company viability over the longer term. Policies and schemes can help secure the rights, resources and livelihoods of the rural poor.

AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PELAPORAN ATAS PENGELOLAAN DANA ZAKAT, INFAK, DAN SEDEKAH DI YAYASAN AMAL SOSIAL ALJAMIYATUL WASHLIYAH MEDAN

Ningrum, Naviri Dwi () 2020

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan prinsip dari Yayasan Amal Sosial Al Jam’iyatul Washliyah Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data diperoleh dari hasil wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa sebagian besar prinsip transparansi yang diukur dengan indikator dari buku pedoman akuntabilitas pengelolaan bantuan kemanusiaan indonesia menyatakan bahwa Yayasan Amal Sosial Al Jam’iyatul Washliyah Medan telah menerapkan prinsip transparansi dengan indikator adanya informasi yang mudah dipahami oleh muzakki, adanya publikasi mengenai proses kegiatan dan detail keuangan yang diberikan langsung kepada muzakki. Selain itu, Yayasan Amal Sosial Al Jam’iyatul Washliyah Medan telah menerapkan prinsip akuntabilitas yang diukur dengan indikator dari Wahida (2015), tetapi pembuatan laporan keuangan belum sesuai dengan standar yang ada yaitu PSAK 109 tentang akuntansi zakat, karena laporan yang dibuat masih sederhana dengan kas basis, laporan keuangan berbasis kas adalah laporan keuangan yang hanya berisi pemasukan kas yang dinerima dari muzakki, dan pengeluaran untuk pengeluaran kas yang telah dilakukan.

AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PENGELOLAAN DANA INFAQ DAN SADAKAH DI BADAN KENAZIRAN MASJID AL-IKHLAS TAQWA MEDAN

Thamrin,Cintia Arinsa () 2019

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengelolaan dana infaq dan sedekah di Badan Kenaziran Masjid Al-Ikhlas Taqwa Medan serta Apakah proses pengelolaan dana infaq dan sedekah di Badan Kenaziran Masjid Al-Ikhlas Taqwa Medan sudah akuntabel dan transparan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para pengurus masjid dalam mengelola keuangan sudah cukup baik tetapi akuntabilitas laporan keuangan masjid masih kurang akuntabel karena laporan keuangan Masjid Al-Ikhlas Taqwa Medan hanya dicatat secara sederhana dengan pencatatan penerimaan dan pengeluaran kas yang dicatat menggunakan aplikasi Microsoft Excel dan belum sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku. Sedangkan transparansi laporan keuangan masjid telah cukup baik diterapkan dengan cara mengumumkan laporan keuangan masjid kepada para jamaah pada saat ba’da sholat jumat setiap minggu nya serta tersedianya mading masjid yang berisikan rincian laporan keuangan masjid sehingga mempermudah masyarakat untuk mengetahui informasi mengeai laporan keuangan Masjid Al-Ikhlas Taqwa Medan.

ANALISA PERBANDINGAN SIKAP KERJA KARYAWAN PRIA DAN WANITA SEBAGAI UMPAN BALIK BAGI PERUSAHAAN PADA PT. RADJA ANGKUT INDONESIA

Bulele,Agustina () 2019

Sikap kerja karyawan satu dengan karyawan lain sangatlah berbeda-beda. Perbedaan itu tidak terlepas dari lingkungan pekerjaan. PT. Radja Angkut Indonesia merupakan suatu perusahaan yang bergerak dibidang jasa, dimana karyawan PT. Radja Angkut Indonesia memiliki 130 karyawan pria dan 20 karyawan wanita. Karyawan pria yang lebih banyak dari pada karyawan wanita, oleh karena itu penelitian ini bertujuan mengetahui adakah perbedaan sikap kerja karyawan pria dan karyawan wanita sebagai upaya bagi perusahaan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif. Penelitian ini dilakukan di PT. Radja Angkut Indonesia yang menyebar kuesioner kepada 150 responden, pengujian hipotesis peneltian ini menggunakan teknik uji-t alat bantu SPSS ( statistic product and service ) versi 20. Hasil penelitian ini membuktikan: terdapat perbedan yang signifikan antara sikap kerja karyawan pria dan karyawan wanita pada indikator kejujuran, kedisiplinan, partisipasi dan tanggung jawab dalam kelompok sedangkan pada indiktor partisipasi dalam kelompok tidak terdapat perbeda

ANALISIS PENGARUH EARNINGS MANAGEMENT, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KOMISARIS INDEPENDEN DAN RETURN ON ASSETS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2012-2017

Rosi, Nashli Yulia () 2019

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Earnings Management, Kepemilikan Manajerial, Komisaris Independen dan Return On Assets terhadap nilai perusahaan pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Jumlah sampel sebanyak 11 perusahaan dari jumlah populasi sebanyak 36 perusahaan. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program software SPSS (Statistic Package for the Social Sciens) versi 24.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Earnings Management berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, kepemilikan manajerial pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, komisaris independen berpengaruh nrgatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, Return On Assets tidak berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara simultan Earnings Management, Kepemilikan Manajerial, Komisaris Independen dan Return On Assets secara bersama-sama berpengaruh dan signifikan terhadap nilai perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2017.

ANALISIS ANGGARAN BIAYA PRODUKSI SEBAGAI ALATPERENCANAAN DAN PENGAWASAN PRODUKSI PADA PT RIZKY FAZAR ADI PUTRA (PT RFAP)

Arbi, Nurul () 2019

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penggunaan anggaran biaya produksi sebagai alat perencanaan dan pengawasan biaya produksi pada PT Rizky Fazar Adi Putra (PT RFAP). Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi manajemen perusahaan mengenai peranan anggaran sebagai alat perencanaan dan pengawasan. Dalam skripsi ini penulis akan membandingkan antara anggaran yang telah disusun perusahaan dengan biaya produksi yang sesungguhnya terjadi serta melakukan analisa varians terhadap penyimpangan yang terjadi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan anggaran haruslah juga disertai dengan analisa varians yang lebih dalam untuk mengetahui penyebab terjadinya penyimpangan yang ada sehingga kedepannya dapat diambil langkah yang diperlukan untuk dapat menimbulkan varian yang tidak menguntungkan. Dengan demikian fungsi anggaran sebagai alat perencanaan dan pengawasan dapat lebih efektif dan efisien.

ANALISIS AUDIT KEPATUHAN STANDAR PELAYANAN MINIMUM ANGKUTAN KERETA API PENUMPANG DI STASIUN BESAR MEDAN

Khairunnisa, Nadia () 2022

ANALISIS AUDIT KEPATUHAN STANDAR PELAYANAN MINIMUM ANGKUTAN KERETA API PENUMPANG DI STASIUN BESAR MEDAN Penelitian merupakan penelitian deskriptif kualitatif bertujuan untuk mengetahui atau menggambarkan konsep dari apakah audit kepatuhan yang terdiri dari tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan PM Perhubungan Nomor 63 tahun 2019 sudah dijalankan sesuai standar pelayanan minimum angkutan kereta api penumpang di stasiun besar medan atau belum. Standar pelayanan minimum itu sendiri adalah ukuran minimum pelayanan yang harus dipenuhi oleh penyedia layanan dalam memberikan pelayanan kepada pengguna jasa yang harus dilengkapi sebagai kewajiban dan janji kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur. Penelitian ini mengambil 3 kriteria responden, yang terdiri dari divisi pelayanan pada PT KAI Divre 1 SU, divisi hukum pada PT KAI Divre 1 SU, dan para penumpang kereta api. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketaatan sebagai operator sarana perkeretapian terkait tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy dan PM Perhubungan Nomor 63 tahun 2019 dalam penerapan audit kepatuhan standar pelayanan minimum angkutan kereta api penumpang di stasiun besar medan untuk pemenuhan kepuasan penumpang, sudah dilakukan dengan baik, meskipun belum sepenuhnya dilakukan dan selanjutnya harus diperbaiki. Hal ini dapat dilihat dari tingkat kepuasan para penumpang yang masih terdapat temuan dan keluhan. Kata kunci : Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, Peraturan Menteri, Audit Kepatuhan, Standar Pelayanan.

ANALISIS IMPLEMENTASI STRATEGI PERENCANAAN PAJAK (TAX PLANNING) SEBAGAI UPAYA PENGHEMATAN BEBAN PAJAK PENGHASILAN (STUDI KASUS PADA CV REZEKI TIGA DARA)

Faradilla, Dyni Annisa () 2021

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi strategi perencanaan pajak sebagai upaya penghematan beban pajak penghasilan CV Rezeki Tiga Dara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, wawancara, dan studi pustaka. Analisis data dengan menganalisis laporan keuangan komersial, merekonsiliasi fiskal, menganalisis laporan laba rugi fiskal, dan membuat tax planning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CV Rezeki Tiga Dara telah menerapkan perencanaan pajak namun, belum maksimal sehingga penghematan yang didapatkan hanya sedikit. Penerapan perencanaan pajak tersebut melalui pengarahan beban iklan pribadi direktur utama menjadi beban iklan perusahaan seluruhnya.

ANALISIS INTENSI PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK DITINJAU DARI PERSEPSI ATRIBUT DAN PERSEPSI BEHAVIORAL CONTROL (STUDI KASUS PADA MAHASISWA/I PENGGUNA OVO DI FEB UNIVERSITAS HARAPAN MEDAN)

Trinata, Adzra Hafizha () 2019

E-money merupakan salah satu alternatif alat pembayaran yang berbeda dengan kartu kredit ataupun debit. Prinsip orang yang memiliki e-money adalah menyimpan sejumlah uang pada media elektronik, namun tingkat pemahaman masyarakat terhadap e-money masih belum baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis intensi penggunaan uang elektronik ditinjau dari persepsi atribut dan persepsi behavioral control pada mahasiswa/i pengguna ovo di FEB Universitas Harapan Medan. Penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif dengan unit analisis Mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Harapan Medan. Dengan menggunakan data primer diperoleh dari 200 mahasiswa yang menggunakan ovo sebagai uang elektronik. Dengan metode structural equation modelling (SEM) menggunakan bantuan AMOS versi 22. Hasil penelitian pertama ini menunjukkan bahwa Persepsi Atribut berpengaruh tidak signifikan terhadap Intensi Penggunaan. Hal tersebut ditegaskan dengan Nilai Probabilitas Persepsi Atribut terhadap Intensi Penggunaan sebesar 0.126 yang lebih besar dari 0,05 (0,126 > 0,05). Begitupula dengan hasil penelitian kedua menunjukkan bahwa Persepsi Behavioral Control berpengaruh tidak signifikan terhadap Intensi Penggunaan. Hal tersebut ditunjukkan dengan Nilai Probabilitas Persepsi Behavioral Control terhadap Intensi Penggunaan sebesar 0,988 yang lebih besar dari 0,05 (0.988 > 0,05).

ANALISIS LAPORAN KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA PERUSAHAAN PADA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA III (PERSERO)

Utama , Rio Alif () 2019

Analisis laporan keuangan dalam penelitian ini diukur berdasarkan rasio-rasio keuangan perusahaan yang terbagi dari rasio profitabilitas, rasio likuiditas, rasio aktivitas, rasio solvabilitas. Berdasarkan data dari laporan keuangan PT Perkebunan Nusantara III (Persero) Medan yang diambil selama empat tahun yang dimulai dari tahun 2012-2015. Rumusan masalah didalam penelitian ini adalah bagaimana kinerja keuangan yang diukur dengan rasio profitabilitas, rasio aktivitas, rasio likuiditas dan rasio solvabilitas dan apakah faktor penyebab belum tercapainya kinerja keuangan sesuai standar keputusan menteri BUMN Nomor:KEP-100/MBU/2002. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja keuangan PT Perkebunan Nusantara III (Persero) yang diukur dengan rasio profitabiltas, rasio aktivitas, rasio likuiditas dan rasio solvabilitas dan mengetahui faktor penyebab belum tercapainya kinerja keuangan sesuai standar keputusan menteri BUMN Nomor: KEP-100/MBU/2002. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif, sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan studi dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisa dan deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja keuangan PT Perkebunan Nusantara III (Persero) yang diukur dengan menggunakan rasio-rasio keuangan berdasarkan standar keputusan meneteri BUMN Nomor:KEP-100/MBU/2002 kurang memenuhi standar BUMN.

ANALISIS PENERAPAN TAX PLANNING PAJAK PERTAMBAHAN NILAI (PPN) TERHUTANG PADA CV ARYA ADVERTISING

Zulfiani, Ayu () 2021

CV Arya Advertising memiliki jumlah PPN Terutang tahun 2020 yang tidak merata, dimana tiap masa pajak cenderung mengalami kenaikan yang cukup drastis. Hal ini dikarenakan perusahaan belum optimal dalam memaksimalkan pajak masukan yang dapat dikreditkan sehingga pajak yang harus dibayarkan cukup besar. Penelitian ini diharapkan mampu mengetahui faktor yang menyebabkan PPN Terutang perusahaan sangat fluktuatif setiap bulannya, mengetahui strategi-strategi yang masih mampu dioptimalkan dalam tax planning atas PPN, serta strategi tax planning yang tepat agar efesiensi PPN dapat terealisasi. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang menyebabkan PPN terutang sangat fluktuatif dikarenakan perusahaan belum optimal dalam memaksimalkan pajak masukannya. Selain itu beberapa strategi yang kurang dioptimalkan pada perusahaan atas PPN adalah belum optimal dalam Efesiensi Pajak Keluaran dengan Penundaan Faktur Pajak, Kurang efesiensi dalam perencanaan Pajak Masukan dengan Penundaan Pengkreditan Pajak Masukan dan masih banyak melakukan Pembelian BKP/JKP kepada Non PKP. Adapun strategi tax planning yang tepat agar efesiensi Pajak Pertambahan Nilai dapat terealisasi dengan melakukan Pembelian BKP/JKP kepada PKP saja maka hal tersebut dapat memperbesar Pajak Masukan, sehingga PPN yang harus dibayar menjadi lebih sedikit. Kata Kunci : Tax Planning, Pajak Pertambahan Nilai Terhutang

ANALISIS PENERAPAN TAX PLANNING UNTUK MEMINIMALKAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI TERUTANG PADA PERUSAHAAN MANUFACTURING DAN ENGINEERING (STUDI PENELITIAN: PT PANIN MAS MEDAN)

Jayanti, Larissa () 2021

ABSTRAK PT Panin Mas Medan memiliki jumlah Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Tahun 2020 yang sangat fluktuatif setiap bulannya dan jumlah hutang PPN yang cukup besar. Untuk meminimalkan jumlah PPN terutangnya perusahaan perlu melakukan Tax Planning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan perencanaan pajak (Tax Planning) yang tepat untuk meminimalkan jumlah PPN Terutang pada perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pajak menggunakan penundaan pengkreditan Pajak Masukan mampu meratakan PPN terutang sedangkan saat menerapkan pembelian BKP/JKP dengan PKP mampu meminimalkan PPN terutang sebesar 53,24% dan dengan menggunakan penundaan pembuatan faktur pajak mampu menghindari sanksi administrasi serta denda bunga pajak sebesar 2% dari jumlah pajak terutang. Kata Kunci: Tax Planning, Pajak Pertambahan Nilai

ANALISIS PENGAKUAN, PENGUKURAN, PENGUNGKAPAN DAN PELAPORAN PENDAPATAN BERDASARKAN PSAK NO. 23 PADA PT. PEGADAIAN (Persero)

Desinta, Nadya () 2019

Pendapatan merupakan kata kunci yang berpengaruh terhadap laporan labarugi dan neraca. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengakuan, pengukuran, pengungkapan dan pelaporan pendapatan berdasarkan PSAK No. 23. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pengakuan pendapatan pada PT. Pegadaian diakui pada saat kas atau setara kas diterima dan dicatat. Pengukuran pendapatan dicatat sebesar penerimaan kas yang diterima atau sebesar nilai wajar imbalan yang diberikan untuk memperolah pendapatan tersebut. Pengungkapan dan pelaporan pendapatan dilakukan berdasarkan pos masing-masing pendapatan. Pengakuan, pengukuran, pengungkapan dan pelaporan pendapatan pada PT. Pegadaian telah sesuai dengan PSAK No.23.

ANALISIS PENGARUH BEBAN PAJAK TANGGUHAN, AKRUAL DISKRESIONER, PERENCANAAN PAJAK DAN ARUS KAS OPERASI TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI

Sitorus, Selina Damena () 2019

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beban pajak tangguhan, akrual diskresioner, perencanaan pajak dan arus kas operasi terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang ter daftar di BEI. Penelitian ini dilakukan di Bursa Efek Indonesia pada perusahaan manufaktur yang terdaftar. Populasi pada penelitian ini sebanyak 100, dengan sampel sebanyak 68 perusahaan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan uji statistik deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan adalah: beban pajak tangguhan, akrual diskresioner, perencanaan pajak dan arus kas operasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang ter daftar di BEI.

ANALISIS PENGARUH HARGA SAHAM, VOLUME PERDAGANGAN, VOLATILITAS SAHAM TERHADAP BID-ASK SPREAD PADA MASA SEBELUM DAN SESUDAH STOCK SPLIT PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Ningrum, Yasinta () 2022

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Pengaruh Harga Saham, Volume Perdagangan, Volatilitas Saham Terhadap Bid-Ask Spread Pada Masa Sebelum Dan Sesudah Stock Split Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Eefek Indonesia Tahun 2015-2019. Populasi dan sampel yang dalam penelitian ini, yaitu 24 Perusahaan. dengan sampel 23 Perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil pada penelitian ini menunjukkan Harga Saham tidak berpengaruh signifikan terhadap Bid Ask Spread masa sebelum dan sesudah stock split. Volume Perdagangan berpengaruh signifikan terhadap Bid Ask Spread masa sebelum dan sesudah stock split. Votalitas Saham berpengaruh signifikan terhadap Bid Ask Spread masa sebelum dan sesudah stock split. Untuk variabel kepuasan dan kepercayaan tidak memoderasi secara signifikan antara variabel kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. Harga Saham, Volume Perdagangan dan Votalitas Saham secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Bid Ask Spread. Kata Kunci : Harga Saham, Volume Perdagangan, Volatilitas saham, Bid-Ask Spread, Preferred Customer.

ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN, PENGALAMAN PEMBELIAN ONLINE, KESADARAN MEREK DAN LOYALITAS MEREK TERHADAP MINAT BELI DENGAN PROMOSI SEBAGAI PEMODERASINYA (STUDI PADA KONSUMEN TRAVELOKA DI KOTA MEDAN)

Sembiring, Sri Febriani () 2019

Traveloka memberikan berbagai kenyamanan kepada konsumen dengan sistem pemesaran tiket pesawat, travel dan reservasi hotel yang cepat, pembayaran yang mudah dan aman, sehingga memberikan berbagai pilihan harga tiket, travel dan hotel sesuai dengan budget konsumen. Selain itu Traveloka memberikan informasi mengenai lokasi atau tempat rekomendasi hotel, dan tempat wisata. Berbagai pelayanan yang diberikan Traveloka dimaksudkan untuk memberikan kualitas pelayanan yang terbaik terhadap konsumen sehingga diharapkan dapat memberikan kepuasan bagi konsumen. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kepercayaan, pengalaman pembelian Online, kesadaran merek, loyalitas merek berpengaruh baik secara parsial maupun secara simultan terhadap minat beli dan untuk mengetahui apakah kepercayaan, pengalaman pembelian Online, kesadaran merek, loyalitas merek berpengaruh terhadap minat beli yang dimoderasi oleh promosi Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah berjumlah tidak diketahui sehingga menggunakan metode sampel yang digunakan yaitu rumus Purba yaitu menjadi 100 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan MRA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kepercayaan, pengalaman pembelian Online dan loyalitas merek berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli, hanya variabel kesadaran merek tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli pada Traveloka dan secara bersama-sama variabel kepercayaan, pengalaman pembelian Online, kesadaran merek dan loyalitas merek berpengaruh signifikan terhadap minat beli pada Traveloka. Promosi memberi efek memperkuat pengaruh kepercayaan, pengalaman pembelian Online dan kesadaran merek terhadap minat beli dan variabel promosi memberi efek memperlemah loyalitas merek terhadap minat beli. Kata kunci : Kepercayaan, Pengalaman Pembelian Online, Kesadaran Merek, Loyalitas Merek, Minat Beli dan Promosi

ANALISIS PENGARUH KONFLIK PERAN DAN AMBIGUITAS PERAN TERHADAP STRES KERJA KARYAWAN PADA PT. TIGARAKSA SATRIA

Azis, Farhan () 2019

Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan asosiatif untuk mengetahui hubunga variabel X (bebas) terhadap variabel Y (terikat). Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif, yakni menguji dan menganalisis data dengan perhitungan angka-angka dan kemudian menarik kesimpulan dari pengujian tersebut dengan alat uji korelasi product moment dan korelasi berganda tetapi dalam praktiknya pengolahan data penelitian ini tidak diolah secara manual,namun menggunakan software statistik SPSS 24. Berdasarkan hasil yang diperoleh thitung = 5,328 > ttabel 2,036 maka H0 ditolak dan H1 diterima untuk variabel konflik peran. Dengan demikian, secara parsial bahwa variabel konflik peran berpengaruh signifikan terhadap stres kerja pegawai pada PT. Tigaraksa satria. Berdasarkan hasil uji t thitung = 7,017 > ttabel 2,036 yang diperoleh maka H0 dan H1 diterima untuk variabel ambiguitasa peran. Dengan demikian, secara parsial bahwa variabel ambiguitas peran berpengaruh signifikan terhadap stres kerja pegawai pada PT. Tigaraksa satria. Berdasarkan Fhitung ( 9,883) > Ftabel 3,29 dapat disimpulkan bahwa secara simultan konflik peran dan ambiguitasa peran berpengaruh signifikan terhadap stres kerja pegawai PT. Tigaraksa satria. Koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai 0,831 (83,1%) artinya 83,1% variabel konflik peran (X1) dan ambiguitasa peran (X2) dapat menjelaskan variabel stres kerja (Y) sedangkan sisanya 16,9% dijelaskan oleh variabel lain di luar peneliti. Kata Kunci : Konflik peran, Ambiguitas peran, Stres kerja

ANALISIS PENGARUH PENGEMBANGAN KARIR DAN KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA SERTA IMPLIKASINYA PADA KOMITMEN ORGANISASI PT.PERKEBUNAN NUSANTARA II (PERSERO) TANJUNG MORAWA.

Tsabbitha, Siti Hediati () 2019

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengembangan karir dan kompensasi secara parsial dan simultan terhadap kepuasan kerja serta implikasinya pada komitmen organisasi. asosiatif dengan pendekatan kuantitatif, populasi pada penelitian ini adalah karyawan yang bekerja di PT.Perusahaan Nusantara II (persero) Tanjung Morawa sebanyak 392 orang, dan pengambilan sampel secara acak sehingga sampel yang digunakan sebanyak 198 responden. Sumber data yaitu data primer dengan teknik pengumpulan data yaitu, kuisioner. Teknik analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur. Berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan, dapat disimpulkan bahwa (1) Pengembangan Karir berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Kerja. (2) Kompensasi berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Kerja. (3) Pegembangan Karir berpengaruh secara signifikan terhadap Komitmen Organisasi. (4) Kompensasi berpegaruh secara signifikan terhadap Komitmen Organisasi. (5) Kepuasan Kerja berpengaruh secara signifikan terhadap Komitmen Organisasi. (6) Pengembangan Karir berpengaruh secara signifikan terhadap Komitmen Organisasi melalui Kepuasan Kerja. (7) Kompensasi secara signifikan terhadap Komitmen Organisasi melalui Kepuasan Kerja. Kata kunci : Pengembangan Karir, Kompensasi, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi.

Analisis Perbedaan Kinerja Keuangan Perbankan Syariah yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Periode 2013-2017. (Studi Kasus pada PT. Bank Syariah Mandiri dan PT. Bank BRIsyariah).

Sulastri () 2019

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti, menganalisis, dan membuktikan secara empiris tentang perbedaan kinerja keuangan perbankan syariah antara PT. Bank Syariah Mandiri dan PT. Bank BRIsyariah periode 2013-2017. Penelitian inimerupakan penelitian empiris dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berupa laporan keuangan publikasi yang diperoleh melalui situs www.ojk.go.id serta situs resmi masing-masing bank. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode RGEC (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings, Capital) dengan rasio NPF, FDR, GCG, ROA, BOPO, dan CAR. Teknik analisis dilakukan untuk melihat perbedaan antara PT. Bank Syariah Mandiri dan PT. Bank BRIsyariah periode 2013-2017 adalah analisis ujibeda/Independent Sample t-Test. Analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara kinerja keuangan PT. Bank Syariah Mandiri dan PT. Bank BRIsyariah periode 2013-2017. Kata Kunci :Metode RGEC dan Independent Sample t-Test

ANALISIS PERLAKUAN AKUNTANSI TERHADAP BAGI HASIL BANK SYARIAH DITINJAU DARI SISTEM PENDANAAN & LAPORAN KEUANGAN PADA BANK MUAMALAT CABANG MEDAN

Yulianto, Eko () 2019

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan akuntansi bagi hasil dan bagi hasil pada Bank Muamalat Cabang Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data diperoleh melalui wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk merupakan usaha yang bergerak di bidang lembaga jasa keuangan dengan menerapkan prinsip syariah dalam menjalankan operasionalnya. Produk pendanaan yang digunakan adalah prinsip Wadiah (deposito) dan Mudharabah (bagi hasil). Teknologi yang digunakan Bank Muamalat sangat canggih yaitu adanya sistem online untuk kebutuhan nasabah, dan dalam sistem ini dijamin sangat aman untuk melindungi data nasabah.

ANALISIS RASIO LIKUIDITAS, RASIO SOLVABILITAS RASIO AKTIFITAS DAN RASIO PROFITABILITAS UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA PT. LESTARI KARYA PERIODE 2013-2017

Nisya,Bella Ayu () 2019

Penelitian ini dilandaskan pada pemikiran bahwa Penilaian kinerja keuangan merupakan sumber informasi penting karena akan menunjukkan hasil operasi keuangan dan posisi keuangan yang telah dicapai. Informasi yang didapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan baik oleh manajemen perusahaan maupun pihak eksternal. Karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja keuangan pada PT. Lestari Karya. Teori yang digunakan untuk mengalisis permasalahan tersebut adalah dengan rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio aktifitas dan rasio profotabilitas. Penelitian dilakukan di PT. Lestari Karya. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif-deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh dan sekaligus menjadi kesimpulan penelitian ini antara lain rasio likuiditas dalam keadaan sangat baik pada proyeksi rasio lancar dan rasio cepat namun kurang baik pada kas rasio, rasio Solvabilitas dalam keadaan sangat baik yang diproyeksikan melalui debt to asset ratio dan debt to equity ratio, rasio aktivitas dalam keadaan kurang baik yang diproyeksikan melalui perputaran asset tetap dan perputaran total asset, rasio Profitabilitas dalam keadaan kurang baik yang diproyeksikan melalui Return on Investment (RoI) dan Return on Equity (RoE). Sebaiknya perusahaan menggunakan sumber daya manusia yang profesional dalam kegiatan sehingga dapat meningkatkan kinerja perusahaan yang akan berdampak secara positif dalam memperoleh laba yang lebih maksimal

Analysis of Company Performance and Its Influence Through Balanced Scorecard Using Intervening Variables of Work Climate in Medan City and Surrounding Areas

rosita (),zulia hanum (),julita (),aditi,bunga (),ade gunawan () 2023

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur kinerja perusahaan di kota Medan dan lingkungannya dengan penerapan Balanced Scorecard (BSC) agar semakin meningkat persaingan melalui variabel intervening iklim kerja yang membedakan masing-masing perusahaan. Itu desain penelitian adalah penelitian kebijakan dengan menggunakan kuantitatif teknik analisis menggunakan aplikasi Lisrel SEM, dengan sampel 100.

Buku Ajar Kewirausahaan Kompetensi Wirausaha Sukses

aditi,bunga (),henny pratiwi (),soni hestukoro (),deni faisal mirza () 2022

Buku Ajar ini menggambarkan wirausaha secara luas adalah seseorang yang berani mengambil risiko dengan memanfaatkan sumber daya untuk menyampaikan nilai kepada masyarakat. Materi yang dibahas dalam buku ini meliputi: Bab I. Pengertian Kewirausahaan Bab 2. Konsep Dasar Kewirausahaan Bab 3. Motivasi Wirausaha Bab 4. Mengenal Peluang Usaha Bab 5. Manfaat dan Keuntungan Berwirausaha Bab 6. Kategori Pelaku Usaha Menurut Modal Usaha Bab 7. Tips Memilih Jenis Usaha Bab 8. Inovasi dan Diversifikasi Product UMKM Bab 9. Analisis Pasar Bab 10. Kelayakan Usaha UMKM Bab 11. Membangkitkan Ide Bisnis Bab 12. Klasifikasi Usaha Bab 13. Mengembangkan Sikap Wirausaha Bab 14. Kompetensi Untuk Wirausaha Sukses Bab 15. Proposal Bisnis Bab 16. Bisnis Model Canvas Bab 17. Pemasaran Digital

Buku Ajar Pengantar Bisnis Dasar Dasar Membangun Bisnis

mas intan purba (),aditi,bunga (),estianti elyana (),taufiq risal (),hasmidiniarty () 2022

Buku Ajar Pengantar Bisnis Dasar-Dasar Membangun bisnis membahas bagaimana merencanakan, membuat bisnis, mengelola bisnis dengan baik, agar nantinya mahasiswa dan pembaca buku ini dapat mengetahui lebih detail hal- hal yang berkaitan dengan bisnis. Materi yang dibahas dalam buku ini meliputi: Bab I. Lingkungan Dalam Usaha Bisnis Bab 2. Bisnis Imitasi Bab 3. Membuat Bisnis Sampingan Bab 4. Bisnis Waralaba dan Bisnis Keluarga Bab 5. Strategi Pemasaran Bab 6. Target Pasar Pencapaian Dalam Pemasaran Bab 7. Product Dengan Inovasi Baru Bab 8. Pengembangan Pasar Bab 9. Kebijakan Harga Bab 10. Komunikasi Bisnis Bab 11. Promosi Bisnis Bab 12. Perilaku Konsumen Bab 13. Impulsive Buying Dalam Bisnis Bab 14. Peluang Pasar Bab 15. Manajemen Perubahan

Buku strategi Pemasaran Digital Menguasai Dunia Online

aditi,bunga () 2024

Buku yang berjudul “Strategi Pemasaran Digital Menguasai Dunia Online” menjelajahi peran penting strategi pemasaran digital dalam menguasai dunia online. Materi yang di bahas dalam buku ini meliputi: Bab 1. Pendahuluan Pemasaran Digital Bab 2. Strategi Dasar Pemasaran Digital Bab 3. SEO (Search Engine Optimization) Bab 4. SEM (Search Engine Marketing) Bab 5. Pemasaran Konten Bab 6. Pemasaran Media Sosial Bab 7. Email Marketing Bab 8. Pemasaran Video Bab 9. Influencer Marketing Bab 10. Pemasaran Afiliasi Bab 11. Pemasaran Mobile Bab 12. Analisis dan Pelaporan Dalam Pemasaran Digital Bab 13. Masa Depan Pemasaran Digital

Correspondencing Author: Empirical Causality of Employee Work Productivity

Bulan, Tapi Rondang Ni () 2022

Objectives: This study aims to determine the relationship between superior-subordinate communication on work productivity with work enthusiasm and positive work attitudes as mediating variables at the Department of Transportation of North Sumatra Province. Methodology: This research uses associative research type with quantitative paradigm. The population and sample used in this study, namely all employees/staff at the Department of Transportation of North Sumatra Province, totaling 118 staff. The saturated sampling technique is used to determine the research sample. Path analysis research design is used as an analytical tool to determine the direct or indirect relationship, between independent and dependent variables. Descriptive statistics are also used to discuss the research findings in greater depth. Primary data were processed using IBM SPSS 23 software. Finding: The superior-subordinate communication has a positive significant impact on work productivity either directly or indirectly through work enthusiasm and positive work attitudes. The results justify the significant contribution of superior-subordinate to work enthusiasm. Conclusion: The results of research related to superior-subordinate communication relations, work enthusiasm, and positive work attitudes towards work productivity in general have shown good conditions. However, in particular, there needs to be a better improvement regarding the communication relations between superiors and subordinates, work enthusiasm, and positive work attitudes of employees to increase the work productivity of employees at the Department of Transportation of North Sumatra Province.

DAMPAK PENERAPAN E-FILING, PENGETAHUAN PERPAJAKAN DAN SISTEM ADMINISTRASI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM PENYAMPAIAN SPT TAHUNAN DENGAN KUALITAS PELAYANAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KPP PRATAMA MEDAN TIMUR

Rahmah, Annisa Aulia () 2020

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan e-filing terhadap kualitas pelayanan, untuk mengetahui pengaruh pengetahuan perpajakan terhadap kualitas pelayanan, untuk mengetahui pengaruh sistem administrasi perpajakan terhadap kualitas pelayanan, untuk mengetahui pengaruh penerapan e-filing terhadap kepatuhan wajib pajak dalam penyampaian SPT Tahunan, untuk mengetahui pengaruh pengetahuan perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak dalam penyampaian SPT Tahunan, untuk mengetahui pengaruh sistem administrasi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak dalam penyampaian SPT Tahunan, untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan memediasi pengaruh penerapan e-filing terhadap kepatuhan wajib pajak dalam penyampaian SPT Tahunan, untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan memediasi pengaruh pengetahuan perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak dalam penyampaian SPT Tahunan dan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan memediasi pengaruh sistem administrasi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak dalam penyampaian SPT Tahunan. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah berjumlah 58.958 dengan sampel sebanyak 100 responden menggunakan rumus slovin. Teknik analisis yang digunakan adalah Path Analisys. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan e-filing tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, pengetahuan perpajakan tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak, sistem administrasi perpajakan berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak, kualitas pelayanan tidak memediasi hubungan antara penerapan e-filing terhadap kepatuhan wajib pajak, kualitas pelayanan tidak memediasi hubungan antara pengetahuan perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak dan kualitas pelayanan tidak memediasi hubungan antara sistem administrasi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak pada KPP Pratama Medan Timur.

DETERMINASI HARGA SAHAM PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2016-2020

Zalukhu, Linda Ratnasari () 2022

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh return on assets, earning per share dan debt to equity ratio terhadap harga saham pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian asosiatif kausal dan jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif. Data yang digunakan diperoleh dari laporan keuangan perusahaan yang telah diaudit pada Bursa Efek Indonesia selama periode penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi linier berganda data panel. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan pertambangan periode 2016-2020, yang berjumlah 46 perusahaan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 185 perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa return on assets berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap harga saham, earning per share berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham, debt to equity ratio berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap harga saham. return on assets, earning per share dan debt to equity ratio secara simultan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap harga saham. Kata kunci: Return On Assets, Earning Per Share,Debt To Equity Ratio, Harga Saham

DETERMINASI KEMAUAN WAJIB PAJAK UMKM UNTUK MEMBAYAR PAJAK SETELAH DIBERLAKUKANNYA PERATURAN PEMERINTAH NO. 23 TAHUN 2018 DENGAN KESADARAN WAJIB PAJAK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KPP PRATAMA MEDAN POLONIA

Sari,Indah Permata () 2019

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pengetahuan perpajakan dan sosialisasi perpajakan terhadap kemauan wajib pajak dengan kesadaran wajib pajak sebagai variabel intervening. Jenis penelitian adalah asosiatif, dengan data primer, yaitu dengan menggunakan kuesioner. Populasi penelitian ini adalah wajib pajak di KPP Pratama Medan Polonia. Teknik analisis data menggunakan uji Sobel Test, uji asumsi klasik, analisis jalur dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa secara parsial pengetahuan perpajakan dengan nilai koefisien thitung>ttabel (3,425>0,1984) pada signifikansi 0,001<0,05, sosialisasi perpajakan dengan nilai koefisien thitung>ttabel (8,038>0,1984) pada signifikansi 0,000<0,05 berpengaruh signifikan terhadap kesadaran wajib pajak. Artinya bahwa pengetahuan dan sosialisasi yang baik dapat mempengaruhi kesadaran wajib pajak. Pengetahuan perpajakan dengan nilai koefisien thitung>ttabel (2,855>0,1985) pada signifikansi 0,005<0,05 berpengaruh signifikan terhadap kemauan wajib pajak, sedangkan sosialisasi perpajakan dengan nilai koefisien thitung<ttabel (0,144<0,1985) pada signifikansi 0,886>0,05 tidak berpengaruh signifikan terhadap kemauan wajib pajak. Kesadaran wajib pajak memediasi pengaruh pengetahuan perpajakan dan sosialisasi perpajakan terhadap kemauan wajib pajak dengan nilai koefisien thitung>ttabel dengan nilai sebesar 5,708>0,1985 pada signifikan 0,000<0,05. Artinya bahwa dengan adanya kesadaran wajib pajak dapat mempengaruhi pengetahuan perpajakan dan sosialisasi perpajakan terhadap kemauan wajib pajak dalam membayar pajak. Pengetahuan perpajakan dan sosialisasi perpajakan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kesadaran wajib pajak dan kemauan wajib pajak di KPP Pratama Medan Polonia. Pada koefisien determinasi, nilai koefisien adjusted R square (R2) adalah sebesar 0,641 ini menunjukkan bahwa kemauan wajib pajak di KPP Pratama Medan Polonia dapat dijelaskan oleh pengetahuan perpajakan, sosialisasi perpajakan dan kesadaran wajib pajak sebesar 64,1% dan sisanya sebesar 35,9% dapat dijelaskan oleh variabel lainnya.

DETERMINASI KINERJA KARYAWANPADA PT. TIRTA INVESTAMA MEDAN

Lubis, M. Fachmi () 2019

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan kepribadian, komitmen organisasi, komunikasi organisasi dan kompetensi terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini dilakukan pada PT. Tirta Investama Medan. Dalam penelitian ini populasi yaitu karyawan yang bekerja di PT. Tirta Investama Medan pada tahun 2019 sebanyak 110 orang dan seluruh populasi dijadikan sebagai sampel sehingga jumlah sampel penelitian sebanyak 110 responden. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan menunjukkan kepribadian, komitmen organisasi, komunikasi organisasi dan kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Secara parsial menunjukkan bahwa kepribadian, komitmen organisasi dan komunikasi organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, sedangkan kompetensi berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja karyawan di PT. Tirta Investama Medan. Pada koefisien determinasi menunjukkan bahwa kepribadian, komitmen organisasi, komunikasi organisasi dan kompetensi mempunyai hubungan yang sangat kuat terhadap kinerja karyawan. Nilai koefisien adjusted R square (R2) sebesar 0,703 ini menunjukkan bahwa kinerja karyawan di PT. Tirta Investama Medan mampu dijelaskan oleh kepribadian, komitmen organisasi, komunikasi organisasi dan kompetensi sebesar 70,3% dan sisanya sebesar 29,7% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak diteliti

E-Commerce And Social Media For Improving Business Performance

aditi,bunga (),ayu sartika pane (),muller tamba (),sopi pentana (),hasmidiniarty () 2023

Ada masalah dalam menjaga kinerja bisnis, seperti tingkat penjualan atau laba diidentifikasi sebagai hasil transformasi digital. Situasi pascapandemi terus menghadirkan hambatan, menghalangi pelaku korporasi untuk memulihkan penjualan sepenuhnya tingkat sebelum pandemi. Kehadiran perusahaan-perusahaan baru semakin marak, menciptakan persaingan antar pelaku usaha. Kondisi ini memberikan dampak negatif pertunjukan. Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan salah satunya prioritas transformasi karena merupakan pendorong penting stabilitas perekonomian nasional, termasuk pengembangan UMKM di Kota Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis dampak e-commerce, media sosial, dan digital transformasi kinerja bisnis, sejalan dengan perluasan internet dan potensi penerapannya untuk pengembangan perusahaan. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling digunakan untuk memilih UMKM (n=121) di Kota Medan, dengan fokus pada makanan dan minuman, sektor fesyen, dan otomotif. Sebagai ide, Pemko Medan mungkin bisa membantu dengan transformasi digital dengan memanfaatkan e-commerce dan media sosial. Perluasan ekosistem digital seperti e-commerce, media sosial, dan transformasi digital melengkapi pertumbuhan ekonomi lokal, menghargai pemberdayaan masyarakat dalam UMKM, dan menghargai keahlian budaya lokal. Kolaborasi ini sesuai dengan cita-cita pembangunan berkelanjutan.

EFEK QUALITY OF WORK LIFE TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN LAMA KERJA SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI PADA PT. PLN (PERSERO) UIP3B SUMATERA UPT MEDAN)

Bulan, Tapi Rondang Ni () 2021

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Quality of Work Life terhadap Kinerja Karyawan dengan Lama Kerja sebagai variabel moderating pada perusahaan PT. PLN (Persero) UIP3B Sumatera UPT Medan. Metode analisis pada penelitian ini adalah uji analisis regresi moderasi untuk mengetahui apakah variabel moderating akan memperkuat atau memperlemah hubungan antara variabel independen dan variabel dependen yang diteliti. Seluruh populasi yang menjadi sampel, yaitu 130 orang pegawai pada perusahaan PT. PLN (Persero) UIP3B Sumatera UPT Medan. Hasil penelitian ini menyatakan Quality of Work Life memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan, sehingga dapat disimpulkan bahwa Lama Kerja merupakan variabel moderating yang memperkuat terhadap hubungan antara Quality of Work Life dengan Kinerja Karyawan. Kata Kunci: Kualitas kehidupan kerja, kinerja karyawan, lama kerja

Empirical Causality of Employee Work Productivity

Bulan, Tapi Rondang Ni () 2022

Objectives: This study aims to determine the relationship between superior-subordinate communication on work productivity with work enthusiasm and positive work attitudes as mediating variables at the Department of Transportation of North Sumatra Province. Methodology: This research uses associative research type with quantitative paradigm. The population and sample used in this study, namely all employees/staff at the Department of Transportation of North Sumatra Province, totaling 118 staff. The saturated sampling technique is used to determine the research sample. Path analysis research design is used as an analytical tool to determine the direct or indirect relationship, between independent and dependent variables. Descriptive statistics are also used to discuss the research findings in greater depth. Primary data were processed using IBM SPSS 23 software. Finding: The superior-subordinate communication has a positive significant impact on work productivity either directly or indirectly through work enthusiasm and positive work attitudes. The results justify the significant contribution of superior-subordinate to work enthusiasm. Conclusion: The results of research related to superior-subordinate communication relations, work enthusiasm, and positive work attitudes towards work productivity in general have shown good conditions. However, in particular, there needs to be a better improvement regarding the communication relations between superiors and subordinates, work enthusiasm, and positive work attitudes of employees to increase the work productivity of employees at the Department of Transportation of North Sumatra Province.

Entrepreneurial Knowledge, Entrepreneur Personality, External factors, and Business Success

aditi,bunga (),hermansyur (),chairunnisa,t. lyza tahura (), hendriarto,prasetyono (),suyar,annisha suvero () 2021

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan kewirausahaan, kepribadian wirausaha, dan faktor eksternal terhadap keberhasilan usaha kecil menengah di Pasar Malam Medan. Kuesioner disebarkan kepada 88 pelaku UKM di Pasar Malam Medan. Model yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda dan diproses menggunakan SPSS versi 22.0. Berdasarkan hasil analisis uji-t diketahui bahwa pengetahuan kewirausahaan dan kepribadian wirausaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha, sedangkan faktor eksternal (X3) berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keberhasilan usaha. Kemudian hasil analisis dengan menggunakan uji F diketahui bahwa ketiga variabel bebas yaitu pengetahuan kewirausahaan, kepribadian wirausaha, dan faktor eksternal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha. Hasil analisis dengan menggunakan koefisien determinasi menunjukkan bahwa 20,6% keberhasilan usaha dapat diperoleh dan dijelaskan oleh pengetahuan kewirausahaan, kepribadian wirausaha, dan faktor eksternal. Sedangkan sisanya 79,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

ENTREPRENEURIAL KNOWLEDGE, ENTREPRENEURIAL PERSONALITY, EXTERNAL FACTORS, AND BUSINESS SUCCESS

aditi,bunga (),hermansyur (),chairunnisa,t. lyza tahura (), hendriarto,prasetyono (),suyar,annisha suvero () 2021

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan kewirausahaan, kepribadian wirausaha, dan faktor eksternal terhadap keberhasilan usaha kecil menengah di Pasar Malam Medan. Kuesioner disebarkan kepada 88 pelaku UKM di Pasar Malam Medan. Model yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda dan diproses menggunakan SPSS versi 22.0. Berdasarkan hasil analisis uji-t diketahui bahwa pengetahuan kewirausahaan dan kepribadian wirausaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha, sedangkan faktor eksternal (X3) berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keberhasilan usaha. Kemudian hasil analisis dengan menggunakan uji F diketahui bahwa ketiga variabel bebas yaitu pengetahuan kewirausahaan, kepribadian wirausaha, dan faktor eksternal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha. Hasil analisis dengan menggunakan koefisien determinasi menunjukkan bahwa 20,6% keberhasilan usaha dapat diperoleh dan dijelaskan oleh pengetahuan kewirausahaan, kepribadian wirausaha, dan faktor eksternal. Sedangkan sisanya 79,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini

ETOS KERJA ETNIS INDIA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI PEMEDIASINYA PADA YAYASAN MISSI GURDWARA MEDAN

Lase, Ninsin Cemarlian () 2019

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh etos kerja etnis India terhadap kepuasan kerja, untuk mengetahui pengaruh tidak langsung etos kerja etnis India melalui kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi dan untuk mengetahui pengaruh etos kerja etnis India secara langsung terhadap komitmen organisasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah karyawan Yayasan Missi Gurdwara Medan yang berjumlah 100 orang dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 orang dengan menggunakan boring sample. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis path. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etos kerja etnis India berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Kepuasan kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasi. Tidak terdapat pengaruh langsung antara etos kerja etnis India terhadap komitmen organisasi melalui kepuasan kerja karyawan

Factors Affecting Purchase Decisions at Koetaradja Coffe Binjai

aditi,bunga (),hafizah (),suyar,annisha suvero (), hendriarto,prasetyono () 2021

Analisis penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah faktor psikologis, situasional dan sosial secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Koetaradja Coffee Binjai. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode asosiatif dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 92 responden. Pengumpulan data primer menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor psikologis secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Koetaradja Coffee Binjai. Faktor situasional secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Koetaradja Coffee Binjai. Faktor sosial secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Koetaradja Coffee Binjai. Faktor psikologis, situasional dan sosial secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Koetaradja Coffee Binjai. Adjusted R Square 0,710 atau determinasi 71% sisanya 29% merupakan faktor lain di luar model.

Factors Affecting Purchase Decisions at Koetaradja Coffee Binjai

aditi,bunga ,hafizah,suyar annisha suvero,hendriarto, prasetyono hendriarto () 2021

Analisis penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah faktor psikologis, situasional dan sosial secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Koetaradja Coffee Binjai. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode asosiatif dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 92 responden. Pengumpulan data primer menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor psikologis secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Koetaradja Coffee Binjai. Faktor situasional secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Koetaradja Coffee Binjai. Faktor sosial secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Koetaradja Coffee Binjai. Faktor psikologis, situasional dan sosial secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Koetaradja Coffee Binjai. Adjusted R Square 0,710 atau determinasi 71% sisanya 29% merupakan faktor lain di luar model.

FAKTOR PENENTU KEEFEKTIFAN TRANSFER PELATIHAN DITINJAU DARI SELF EFFICACY, LINGKUNGAN KERJA, DUKUNGAN ATASAN DAN DESAIN PELATIHAN PADA KARYAWAN GARUDA PLAZA HOTEL MEDAN

Rosada, Fikha () 2019

Penelitian dilakukan pada Hotel Garuda Plaza Medan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh self efficacy, lingkungan kerja, dukungan atasan dan desain pelatihan terhadap keefektifan transfer pelatihan. Populasi penelitian adalah karyawan yang bekerja di Hotel Garuda Plaza Medan pada bulan Maret 2019 sebanyak 241 karyawan, pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling sehingga jumlah sampel penelitian sebanyak 71 responden. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan teknik analisis data digunakan adalah regresi linear berganda, asumsi klasik, dan uji kelayakan model. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial lingkungan kerja, dukungan atasan dan desain pelatihan tidak berpengaruh signifikan terhadap keefektifan transfer pelatihan, self efficacy berpengaruh signifikan terhadap keefektifan transfer pelatihan pada Hotel Garuda Plaza Medan. Secara simultan menunjukkan efikasi diri, lingkungan kerja, dukungan atasan dan desain pelatihan bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keefektifan transfer pelatihan pada Hotel Garuda Plaza Medan. Efikasi diri, lingkungan kerja, dukungan atasan dan desain pelatihan mempunyai hubungan yang kuat terhadap transfer pelatihan yang terdapat di Hotel Garuda Plaza Medan. Nilai koefisien adjusted R square (R2) sebesar 0,609 ini menunjukkan bahwa transfer pelatihan dapat dijelaskan oleh efikasi diri, lingkungan kerja, dukungan atasan dan desain pelatihan sebesar 60,90%, dan sisanya sebesar 39,10% dapat dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak diteliti. Kata kunci: Transfer Pelatihan, Self Efficacy, Lingkungan Kerja, Dukungan Atasan dan Desain Pelatihan

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BEI

Mazhura, Tengku () 2019

Suatu perusahaan didirikan untuk mencapai keuntungan terutama dalam mengahasilkan laba. Tetapi pada umumnya perusahaan tidak hanya berfokus untuk menghasilkan laba saja melainkan juga meningkatkan nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh debt to equity ratio (DER), ukuran perusahaan, dan current ratio (CR) terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 73 perusahaan dan sampel penelitian ini sebanyak 40 perusahaan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pedekatan kausalitas. Teknik analisis data menggunakan uji Analisis Jalur (Path Analysis). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa DER tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. CR berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. DER tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan melalui profitabilitas. Ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan melalui profitabilitas. CR tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan melalui profitabilitas. Kata Kunci: Profitabilitas, Nilai Perusahaan, DER, Ukuran Perusahaan, CR.