ANALISIS PENERAPAN TAX PLANNING PAJAK PERTAMBAHAN NILAI (PPN) TERHUTANG PADA CV ARYA ADVERTISING
CV Arya Advertising memiliki jumlah PPN Terutang tahun 2020 yang tidak
merata, dimana tiap masa pajak cenderung mengalami kenaikan yang cukup drastis.
Hal ini dikarenakan perusahaan belum optimal dalam memaksimalkan pajak
masukan yang dapat dikreditkan sehingga pajak yang harus dibayarkan cukup
besar. Penelitian ini diharapkan mampu mengetahui faktor yang menyebabkan PPN
Terutang perusahaan sangat fluktuatif setiap bulannya, mengetahui strategi-strategi
yang masih mampu dioptimalkan dalam tax planning atas PPN, serta strategi tax
planning yang tepat agar efesiensi PPN dapat terealisasi. Metode analisis yang
digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis
data yang digunakan adalah data primer dan sekunder.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang menyebabkan PPN terutang
sangat fluktuatif dikarenakan perusahaan belum optimal dalam memaksimalkan
pajak masukannya. Selain itu beberapa strategi yang kurang dioptimalkan pada
perusahaan atas PPN adalah belum optimal dalam Efesiensi Pajak Keluaran dengan
Penundaan Faktur Pajak, Kurang efesiensi dalam perencanaan Pajak Masukan
dengan Penundaan Pengkreditan Pajak Masukan dan masih banyak melakukan
Pembelian BKP/JKP kepada Non PKP. Adapun strategi tax planning yang tepat
agar efesiensi Pajak Pertambahan Nilai dapat terealisasi dengan melakukan
Pembelian BKP/JKP kepada PKP saja maka hal tersebut dapat memperbesar Pajak
Masukan, sehingga PPN yang harus dibayar menjadi lebih sedikit.
Kata Kunci : Tax Planning, Pajak Pertambahan Nilai Terhutang
URI :
https://repositori.unhar.ac.id/handle/111/analisis-penerapan-tax-planning-pajak-pertambahan-nilai-ppn-terhutang-pada-cv-arya-advertising
Collections :
Skripsi [1281]
URI :
https://repositori.unhar.ac.id/handle/111/analisis-penerapan-tax-planning-pajak-pertambahan-nilai-ppn-terhutang-pada-cv-arya-advertising
Collections :
Skripsi [1281]
View/Open
Author
Zulfiani, AyuArief, Muhammad