Title
Now showing items 1-10 of 28
FUNGSI DAN PERANAN ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN PADA BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH PROVINSI SUMATERA UTARA
Mutiara, Savira Dwi () 2019Penelitian ini berlandaskan pada pemikiran bahwa administrasi kepegawaian memegang fungsi dan peranan yang sangat penting dalam setiap kegiatan kantor yang berhubungan langsung dengan kehidupan sehari-hari para pegawai. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peranan dan fungsi administrasi kepegawaian pada Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sumatera Utara. Teori yang digunakan untuk menganalisis permasalahan peranan dan fungsi administrasi tersebut adalah tentang administrasi. Penelitian dilakukan di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sumatera Utara. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah semua pihak yang dapat memberikan informasi lengkap mengenai latar belakang dan keadaan sebenarnya dari administrasi kepegawaian. Hasil penelitian yang diperoleh dan sekaligus menjadi kesimpulan penelitian ini antara lain bahwa administrasi kepegawaian sangat besar peranan dan fungsinya dalam meningkatkan kinerja dalam suatu lingkup organisasi. Karena itu dapat dikatakan bahwa administrasi kepegawaian sangat erat sekali kaitannya dalam mendapatkan pegawai yang mempunyai/memiliki kinerja yang baik. Selain administrasi kepegawaian memiliki tujuan pengefektifan tenaga kerja manusia dalam penggunaannya dan menciptakan hubungan kerja yang menarik diantara anggota organisasi serta mengusahakan agar pengembangan individu-individu sebagai pegawai dalam organisasi tersebut dapat dijalankan secara maksimal. Kata kunci : administrasi, administrasi kepegawaian
HUBUNGAN TATA RUANG KANTOR DENGAN KOMUNIKASI ANTAR PEGAWAI PADA SUB BAGIAN UMUM DAN KEPEGAWAIAN DI DINAS TENAGA KERJA PROVINSI SUMATERA UTARA
Utari, Resty () 2019Tata ruang kantor adalah pengaturan rungan serta penyusunan alat dan perabot kantor sesuai luas lantai tersedia yang dapat memberikan kepuasan dan kenyamanan pegawai saat bekerj sehingga kantor tidak hanya sebagai tempat penyimpanan peralatna saja, tetapi juga bisa membuat pegawai maupun tamu yang datang merasa nyaman dengan ruangan kantor tersebut. Perencanaan ruangan (space planning) merupakan sebuah aktivitas bersifat kontinu. Penataan ulang ruang kantor perlu dilakukan apabil layout yang sudah ada menghambat pegawai dalam melakukan pekerjaan, dan tata ruang perlu disegarkan kembali sehingga tidak kotor, monoton, atau membosankan bagi pegawai. Struktur organisasi telah berkembang kompleks dan job description semakin banyak yang membutuhkan lebih banyak pegawai baru untuk mendudukinya sehingga layout kantor harus bisa mendukung perubahan tersebut. Salah satu faktor yang mempengaruhi produktivitas pegawai dalam bekerja adalah tata ruang kantor. Setiap pegawai menginginkan ruangan kerja yang dapat memberikan keamanan, kemudahan, dan kenyamanan pada diri saat bekerja. Untuk itulah diperlukan penataan yang baik mulai dari penempatan seluruh peralatan dan furniture kantor yang dibutuhkan sampai dengan pengaturan lingkunagn fisik ruangan tersebut. Kata kunci : Tata ruang kantor, Produktivitas kerja pegawai
MODEL KINERJA KARYAWAN PT. ANGKASA PURA PERSERO (STUDI BANDING PADA ETNIS JAWA DAN ETNIS BATAK)
Yunita () 2019PT. Angkasa Pura Persero memiliki jumlah karyawan dengan berbagai macam latar belakang etnis yang berbeda. Karyawan yang ada di PT. Angkasa Pura Persero lebih banyak etnis Batak dan Jawa. Hal ini juga dapat dilihat dari jumlah karyawan yang ada di PT. Angkasa Pura Persero. Nilai kineija karyawan etnis batak pada umumnya adalah mereka menganggap kerja sebagai suatu proses yang membutuhkan ketekunan dan melakukan kerja sebagai bentuk ibadah. Nilai kinerja yang dimiliki etnis batak tidak terlepas dari budaya yang ditanamkan turun temurun dimana ada sifat lebih memiliki tanggung jawab yang tinggi serta tekun dalam bekerja dan berani untuk mengkritik suatu pekerjaan yang dilakukannya. Hal ini berbeda dengan nilai kinerja yang dimiliki etnis Jawa yang secara umum lebih ulet dalam bekerja, dimana mereka memiliki sifat yang rajin dan pekerja keras dalam melaksanakan pekerjaannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh komitmen dan budaya individu terhadap kinerja karyawan pada PT. Angkasa Pura (Persero) II Cabang KNIA. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 243 orang dengan menggunakan teknik slovin. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komitmen berpengaruh terhadap kinerja karyawan, budaya individu berpengaruh terhadap kinerja karyawan dan komitmen dan budaya individu berpengaruh terhadap kinerja karyawan secara simultan.
PENANGANAN PENGELOLAAN PADA SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR PADA BADAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH SUB SEKRETARIAT KANTOR WALIKOTA MEDAN
ANANDA INDAH SABRINA () 2023Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan surat masuk dan surat keluar di Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kantor Walikota Medan. Metode penulisan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis model interaktif yang menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Surat adalah sebuah alat komunikasi tertulis yang digunakan oleh pengirim untuk mengirimkan berita atau informasi kepada penerima, dalam pengelolaan surat di lingkungan pemeritahan ada dua surat yang perlu pengelolaan yaitu surat masuk dan surat keluar. Terdapat proses dalam kegiatan pengelolaan surat masuk yaitu mulai dari Tahap 1) penerimaan surat 2) penyortiran 3) pencatatan atau registrasi 4) distribusi 5) penyimpanan dan penemuan kembali dan surat keluar yaitu mulai dari tahap 1) Pembuatan Konsep Surat 2) Pengetikan Konsep Surat 3) Pengiriman Surat. Pada Badan Keuangan dan Aset Daerah Kantor Walikota Medan pengelolaan surat menyurat menggunakan sistem buku agenda, didalam instansi tersebut pengelolaan surat menyurat masih kurang baik pada kegiatan mengarsip surat.
PENANGANAN SURAT MENYURAT DI DIVISI SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) PERUMDA TIRTANADI SUMATERA UTARA
FARADILA TEHUAYO () 2023Setiap oganisasi, instansi atau perusahaan pasti melakukan aktivitas dan kegiatan yang berhubungan dengan surat. Salah satu kegiatan yang sangat penting bagi suatu perusahaan adalah kegiatan surat menyurat. Surat merupakan sarana komunikasi yang dapat memuat rahasia dan informasi yang diketahui penerima surat. Surat masih banyak digunakan karena informasi yang disampaikan sesuai dengan aslinya dan tidak ada penyingkatan istilah. Dengan adanya surat memudahkan berbagai pihak untuk melakukan komunikasi secara tertulis pada perusahaan baik pemerintahan maupun swasta.maka oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penanganan surat masuk dan keluar yang di lakukan di PERUMDA Tirtanadi Sumatera utara. Penelitian di lakukan pada Divisi Sumber Daya Manusia PERUMDA Tirtanadi Sumatera Utara, pendekatan yang di lakukan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanganan surat masuk dan surat keluar di Divisi Sumber Daya Manusia PERUMDA Tirtanadi Sumatera Utara belum dilaksanakan secara optimal disebabkan oleh : (1) petugas tidak menyortir surat masuk berdasarkan klasifikasi surat biasa maupun penting, (2) kurangnya jumlah personil atau sumber daya manusia dalam penanganan surat; (3) terbatasnya peralatan penyimpanan surat atau dokumen terutama filing cabinet; (4) terbatasnya ruang penyimpanan surat sehingga bertambahnya volume surat secara terus menerus mengakibatkan tempat dan peralatan penyimpanan yang tersedia tidak dapat menampung surat; (5) belum tercukupinya sarana ruang kantor yang memadai. Cara mengatasi masalah dalam pengelolaan surat masuk dan surat keluar yaitu : (1) penambahan ruang penyimpanan surat bagi Divisi Sumber Daya Manusia (2) penambahan jumlah fasilitas penyimpanan surat yaitu filing cabinet, (3) memberikan pelatihan khusus pengelolaan surat masuk dan surat keluar kepada pegawai Divisi Sumber Daya Manusia
PENERAPAN PENGELOLAAN ARSIP DINAMIS PADA PT. BANK SUMUT KANTOR CABANG TEMBUNG
Irsan, Addina Salsabila () 2021Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pengelolaan arsip dinamis pada PT. Bank Sumut Kantor Cabang Tembung yang sudah optimal. Peranan arsip yang sangat penting bagi kelangsungan suatu organisasi yaitu sebagai bukti tertulis dari kegiatan dan berfungsi sebagai pedoman pengambilan keputusan, maka arsip harus disimpan dengan sistem penyimpanan yang sistematis dan efektif, agar arsip yang disimpan dan suatu saat dibutuhkan dapat dengan mudah ditemukan kembali. Metode penelitian yang digunakan dalam Tugas Akhir ini adalah metode kualitatif dan pemecahan masalah secara deduktif. Metode kualitatif adalah metode pendekatan masalah dengan berdasarkan uraian yang tidak berwujud angka atau memperoleh pemahaman secara mendalam. Pemecahan masalah secara deduktif yaitu dengan cara mengkaji topic-topik secara umum terkait dengan pembahasan yang diambil dari bahan-bahan pustaka kemudian ditarik kesimpulan secara khusus. Kata kunci : Arsip, Pengelolaan Arsip Dinamis
Pengaruh keseimbangan kerja terhadap kinerja pegawai biro administrasi pimpinan kantor gubernur sumatera utara
Dini Oktaviana () 2023Penelitian ini dilakukan pada Biro Administrasi Pimpinan Kantor Gubernur Provinsi Sumatera. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sork life balance dan kinerja pegawai Biro Administrasi Pimpinan Kantor Gubernur Provinsi Sumatera baik secara parsial maupun simultan. Adapun populasi penelitian ini adalah 55 pegawai. Metode penentu sampel pada penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dengan menentukan kriteria-kriteria tertentu. Metode analisis data yang digunakan adalah analisi regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial work life balance berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada Biro Administrasi Pimpinan Kantor Gubernur Provinsi Sumatera. Secara simultan work life balance memiliki pengaruh terhadap kinerja pegawai pada Biro Administrasi Pimpinan Kantor Gubernur Provinsi Sumatera.
PENGELOLAAN ARSIP PADA PT. PD. PAJA PINANG BAGIAN KANTOR DAN UMUM
SAHRUN RAMAHDAN () 2023Pengelolaan arsip merupakan salah satu tugas penting dari suatu organisasi, karena dengan pengelolaan arsip yang baik data dan dokumen yang disimpan pada tempat-tempat tertentu akan mudah diperoleh kembali apabila suatu waktu diperlukan.. Manfaat arsip bagi suatu organisasi antara lain berisi informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan dan juga dapat dijadikan sebagai alat bukti apabila terjadi masalah serta dapat dijadikan alat pertanggungjawaban menajemen. Arsip dapat bermanfaat secara optimal bagi organisasi apabila dikelola dengan tertib dan teratur, namun sebaliknya apabila arsip dikelola dengan tidak tertib akan menimbulkan masalah bagi suatu organisasi. Buruknya pengelolaan arsip disebuah kantor akan menyebabkan sulitnya menemukan informasi yang telah disimpan dan akhirnya dapat menghambat tahapan proses pekerjaan selanjutnya. Data yang digunakan penulis dalam penelitian ini yaitu data primer. Data primer pada penelitian ini hasil dari observasi atau pengamatan langsung yang dilakukan penulis di tempat penelitian dan wawancara dengan staf yang bekerja pada tempat penelitian penulis tersebut. Sistem penyimpanan kantor menggunakan asas sentralisasi dan desentralisasi untuk memudahkan dalam pengelolaan arsipa, dan dibantu dengan pencatatan di buku agenda. Pelaksanaan pengeloaan arsip yang ada di Bagian Kantor dan Umum masih menggunakan sistem manual sehingga keamanan berkas dapat terjaga dengan baik. Sistem penyimpan arsip di Bagian Kantor dan Umum menggunakan sistem tanggal (chronological system) yaitu sistem penyimpanan surat yang didasarkan kepada tanggal surat diterima pada surat masuk dan tanggal surat dikirim pada surat keluar. Sistem penyimpanan arsip di kantor sudah berjalan dengan baik, hanya saja masih banyak berkas berkas yang menumpuk dimeja, karena tidak tersedianya rak arsip yang cukup, dan tidak adanya petugas kearsipan khusus sehingga penyusunan arsip sering terabaikan
PENGELOLAAN SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR PADA DINAS TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA PROVINSI. SUMATERA UTARA
Pratiwi, Windi () 2019Pengelolaan surat msasuk dan surat keluar merupakan kegiatan yang mempermudah pekerjaan dalam suatu intansi atau organiasi. Surat masuk merupakan semua jenis surat yang diterima oleh instansi maupun yang diterima dari pihak lain. Surat keluar merupakan surat yang dikeluarkan oleh Instansi. Sebuah intansi memiliki banyak surat masuk dan surat keluar, dengan banyaknya surat masuk dan surat keluar maka memerlukan pengelolaan supaya semua surat masuk dan surat keluar dapat tersusun dan dapat digunakan jika dibutuhkan. Maka oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk medesripsikan bagaimana pengelolaan surat masuk dan surat keluar yang dilakukan di Dinas Tanaman Pangan Dan Hortikultura Provinsi Sumatera utara. Teori yang di gunakan untuk menganalisis permasalahan tentang surat menyurat adalah tentang pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar. Penelitian dilakukan di Kantor Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dan sekaligus menjadi kesimpulan penelitian ini antara lain bahwa pengelolaan surat masuk dan surat keluar dalam setiap instansi melalui beberapa tahap tersebut sering menghadapi kendala yang menyebabkan terhambatnya pengelolaan surat masuk dan surat keluar dikantor Dinas Tanaman Pangan Dan Hortikultura.Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar di Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura masing memiliki kekurangan karena harus melalui beberapa meja terlebi dahulu baru akan sampai ke kepala Dinas dan kepala Sub bagian lalu ke pegawai,Terkadang penyampaian surat kepada kepegawaian agak lambat cara pengiriman suratnya melalui tahap-tahap Arsip yang di pinjam lupa dikembalikan menyebabkan arsipnya bahkan hilang. Terpaksa pihak bagian surat menyurat membuat arsip yang baru melihat dokumen” yang telah tersimpan. Maka saran yang penulis yaitu perlu penekanan pemberian motivasi terhadap proses pengelolaan surat masuk dan surat keluar.
PENGELOLAAN SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR PADA KANTOR FAKULTAS EKONOMI BISNIS UNIVERSITAS HARAPAN MEDAN
Rahmawani, Putri () 2023Surat adalah lembaran yang berisi informasi atau pesan tertulis yang dikirim dari satu pihak kepada pihak lain yang dibuat dan diterima oleh suatu organisasi yang berguna dalam operasional organisasi. Pengelolaan surat menyurat pada suatu organisasi merupakan hal yang penting dalam manajemen organisasi untuk penyampaian informasi. Dalam pengelolaan surat menyurat banyak aspek yang harus diperhatikan untuk mencegah terjadinya kerusakan, ketidaksampaian, maupun kehilangan surat yang berguna sebagai arsip penting ketika diperlukan Metode penelitian yang digunakan pada penelitian adalah analisis deskriptif melalui sumber data penelitian yaitu primer berupa hasil wawancara dan observasi serta sumber sekunder berupa literatur dari website, jurnal, buku dan penelitian sebelumnya yang mendukung pengamatan terkait penelitian. Berdasarkan hasil Penelitian Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar pada bagian Administrasi Perkantoran di Kantor Fakultas Ekonomi Bisnis - Universitas Harapan Medan dimulai dengan Penerimaan, Penyortiran, Pembukuan, dan Pencatatan, Pengarahan dan Pendistribusian surat masuk pengurusan surat keluarnya meliputi pembuatan, pemeriksaan, penandatanganan, dan pencatatan surat keluar