Title

[0-9] A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
Now showing items 1-5 of 121

AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PELAPORAN ATAS PENGELOLAAN DANA ZAKAT, INFAK, DAN SEDEKAH DI YAYASAN AMAL SOSIAL ALJAMIYATUL WASHLIYAH MEDAN

Ningrum, Naviri Dwi () 2020

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan prinsip dari Yayasan Amal Sosial Al Jam’iyatul Washliyah Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data diperoleh dari hasil wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa sebagian besar prinsip transparansi yang diukur dengan indikator dari buku pedoman akuntabilitas pengelolaan bantuan kemanusiaan indonesia menyatakan bahwa Yayasan Amal Sosial Al Jam’iyatul Washliyah Medan telah menerapkan prinsip transparansi dengan indikator adanya informasi yang mudah dipahami oleh muzakki, adanya publikasi mengenai proses kegiatan dan detail keuangan yang diberikan langsung kepada muzakki. Selain itu, Yayasan Amal Sosial Al Jam’iyatul Washliyah Medan telah menerapkan prinsip akuntabilitas yang diukur dengan indikator dari Wahida (2015), tetapi pembuatan laporan keuangan belum sesuai dengan standar yang ada yaitu PSAK 109 tentang akuntansi zakat, karena laporan yang dibuat masih sederhana dengan kas basis, laporan keuangan berbasis kas adalah laporan keuangan yang hanya berisi pemasukan kas yang dinerima dari muzakki, dan pengeluaran untuk pengeluaran kas yang telah dilakukan.

AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PENGELOLAAN DANA INFAQ DAN SADAKAH DI BADAN KENAZIRAN MASJID AL-IKHLAS TAQWA MEDAN

Thamrin,Cintia Arinsa () 2019

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengelolaan dana infaq dan sedekah di Badan Kenaziran Masjid Al-Ikhlas Taqwa Medan serta Apakah proses pengelolaan dana infaq dan sedekah di Badan Kenaziran Masjid Al-Ikhlas Taqwa Medan sudah akuntabel dan transparan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para pengurus masjid dalam mengelola keuangan sudah cukup baik tetapi akuntabilitas laporan keuangan masjid masih kurang akuntabel karena laporan keuangan Masjid Al-Ikhlas Taqwa Medan hanya dicatat secara sederhana dengan pencatatan penerimaan dan pengeluaran kas yang dicatat menggunakan aplikasi Microsoft Excel dan belum sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku. Sedangkan transparansi laporan keuangan masjid telah cukup baik diterapkan dengan cara mengumumkan laporan keuangan masjid kepada para jamaah pada saat ba’da sholat jumat setiap minggu nya serta tersedianya mading masjid yang berisikan rincian laporan keuangan masjid sehingga mempermudah masyarakat untuk mengetahui informasi mengeai laporan keuangan Masjid Al-Ikhlas Taqwa Medan.

ANALISIS PENGARUH EARNINGS MANAGEMENT, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KOMISARIS INDEPENDEN DAN RETURN ON ASSETS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2012-2017

Rosi, Nashli Yulia () 2019

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Earnings Management, Kepemilikan Manajerial, Komisaris Independen dan Return On Assets terhadap nilai perusahaan pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Jumlah sampel sebanyak 11 perusahaan dari jumlah populasi sebanyak 36 perusahaan. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program software SPSS (Statistic Package for the Social Sciens) versi 24.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Earnings Management berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, kepemilikan manajerial pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, komisaris independen berpengaruh nrgatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, Return On Assets tidak berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara simultan Earnings Management, Kepemilikan Manajerial, Komisaris Independen dan Return On Assets secara bersama-sama berpengaruh dan signifikan terhadap nilai perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2017.

ANALISIS ANGGARAN BIAYA PRODUKSI SEBAGAI ALATPERENCANAAN DAN PENGAWASAN PRODUKSI PADA PT RIZKY FAZAR ADI PUTRA (PT RFAP)

Arbi, Nurul () 2019

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penggunaan anggaran biaya produksi sebagai alat perencanaan dan pengawasan biaya produksi pada PT Rizky Fazar Adi Putra (PT RFAP). Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi manajemen perusahaan mengenai peranan anggaran sebagai alat perencanaan dan pengawasan. Dalam skripsi ini penulis akan membandingkan antara anggaran yang telah disusun perusahaan dengan biaya produksi yang sesungguhnya terjadi serta melakukan analisa varians terhadap penyimpangan yang terjadi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan anggaran haruslah juga disertai dengan analisa varians yang lebih dalam untuk mengetahui penyebab terjadinya penyimpangan yang ada sehingga kedepannya dapat diambil langkah yang diperlukan untuk dapat menimbulkan varian yang tidak menguntungkan. Dengan demikian fungsi anggaran sebagai alat perencanaan dan pengawasan dapat lebih efektif dan efisien.

ANALISIS AUDIT KEPATUHAN STANDAR PELAYANAN MINIMUM ANGKUTAN KERETA API PENUMPANG DI STASIUN BESAR MEDAN

Khairunnisa, Nadia () 2022

ANALISIS AUDIT KEPATUHAN STANDAR PELAYANAN MINIMUM ANGKUTAN KERETA API PENUMPANG DI STASIUN BESAR MEDAN Penelitian merupakan penelitian deskriptif kualitatif bertujuan untuk mengetahui atau menggambarkan konsep dari apakah audit kepatuhan yang terdiri dari tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan PM Perhubungan Nomor 63 tahun 2019 sudah dijalankan sesuai standar pelayanan minimum angkutan kereta api penumpang di stasiun besar medan atau belum. Standar pelayanan minimum itu sendiri adalah ukuran minimum pelayanan yang harus dipenuhi oleh penyedia layanan dalam memberikan pelayanan kepada pengguna jasa yang harus dilengkapi sebagai kewajiban dan janji kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur. Penelitian ini mengambil 3 kriteria responden, yang terdiri dari divisi pelayanan pada PT KAI Divre 1 SU, divisi hukum pada PT KAI Divre 1 SU, dan para penumpang kereta api. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketaatan sebagai operator sarana perkeretapian terkait tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy dan PM Perhubungan Nomor 63 tahun 2019 dalam penerapan audit kepatuhan standar pelayanan minimum angkutan kereta api penumpang di stasiun besar medan untuk pemenuhan kepuasan penumpang, sudah dilakukan dengan baik, meskipun belum sepenuhnya dilakukan dan selanjutnya harus diperbaiki. Hal ini dapat dilihat dari tingkat kepuasan para penumpang yang masih terdapat temuan dan keluhan. Kata kunci : Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, Peraturan Menteri, Audit Kepatuhan, Standar Pelayanan.