Title
Now showing items 1-40 of 284
NOISE REMOVAL PADA CITRA DIGITAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE ACTIVE CONTOUR
Setyansyah, Randika () 2021Gangguan pada citra, terutama citra digital dapat disebabkan oleh noise sehingga mengakibatkan penurunan kualitas citra tersebut. Restorasi citra merupakan teknik yang digunakan untuk memperoleh kembali citra asal dari suatu citra yang terdegradasi. Restorasi ditujukan agar informasi yang terdapat pada sebuah citra digital menjadi lebih baik/jelas. Proses restorasi dilakukan karena kualitas citra kabur atau karena derau yang terdapat di dalam citra. Derau merupakan permasalahan utama yang dijumpai dalam pemrosesan citra digital. Proses restorasi citra digital selalu melibatkan algoritma penapisan yang mampu menekan derau yang terdapat pada citra. Metode active contour adalah salah satu pendekatan untuk segmentasi, dimana metode ini menggunakan kurva tertutup yang dapat bergerak melebar ataupun menyempit. Proses active contour merupakan proses yang mengambil sebagian sinyal frekuensi tertentu dan membuang sinyal pada frekuensi lain. Sebuah inisialisasi kurva diletakkan di luar dari objek yang akan disegmentasi, kemudian melalui proses iterasi kurva tersebut akan bergerak mendekati batasan dari objek hingga akhirnya mendapati batasan objek. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah sistem khusus restorasi karakter pada citra digital dengan menggunakan metode active contour. Hasil Implemnetasi menunjukkan bahwa metode active contour dapat digunakan untuk merestorasi citra dengan baik, hal ini dapat dari citra hasil restorasi, kondisi citra yang sudah diberi noise dapat mendekati data awal. Kata kunci : restorasi, karakter, citra digital, active contour
IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY BOOK (ARBOOK) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MIKROKONTROLER ELEKTRONIKA DASAR BERBASIS ANDROID
Lubis, Arif Rahman () 2023Saat ini, masih banyak sistem pembelajaran yang masih menggunakan dengan cara manual seperti membaca buku dan presentasi, maka dari itu hadirlah sebuah teknologi yang berbaisi Augmented Reality Book yang dapat mempermudah mahasiswa memahami materi mikrokontroller. Augmented Reality adalah salah satu teknologi yang sedang ramai dikembangkan dan diterapkan pada saat ini. Aplikasi ini merupakan pengenalan teknologi Augmented Reality tentang alat-alat mikrokontroller elektronika dasar sebagai media pembelajaran. Dari hasil imlepementasi ini peneliti menghasilkan sebuah aplikasi yang berbasis android yang dapat menampilkan gambar 3D Ketika di scan dengen beberapa tahap yaitu menginstal aplikasi ARbook di Smartphone android kemudian melakukan scan marker pada sebuah buku dan menghasilkan objek 3D pada aplikasi Augmented Reality Book. Katakunci : Augmented Reality book, media pembelajaran
ANALISA PERBANDINGAN METODE ARITHMETIC MEAN FILTERING DAN METODE KONVOLUSI PADA CITRA BERNOISE
Algama, Bella () 2023Pengambilan citra sering sekali mengalami gangguan yang dapat disebabkan oleh kesalahan lensa kamera ataupun kotoran yang ada dicitra. Gangguan tersebut disebut noise atau derau. Noise membuat suatu citra tidak terlihat jelas dan merusak kualitas suatu gambar.terdapat banyak jenis noise pada citra,salah satunya noise salt and pepper. Noise ini akan memberikan bintik hitam dan putih pada gambar seperti taburan garam yang disebabkan adanya error bit ketika pengiriman data, ataupun kerusakan pada tempat penyimpanan sehingga diperlukannya filtering pada citra untuk meningkatkan kualitas gambar yang lebih baik dibandingkan citra awalnya. Teknik filtering yang digunakan untuk citra bernoise yaitu arithmetic mean filter dan konvolusi. Arithmetic mean filtering meningkatkan kualitas gamabar dengan menggantikan nilai piksel dengan nilai rata-rata piksel tetangganya sedangkan teknik konvolusi citra dengan memberi nilai baru pada masing-masing piksel dengan melakukan beberapa fungsi perhitungan dari piksel tersebut dengan piksel disekitarnya. Untuk mengukur noise yang difilter telah mengalami penurunan digunakannya parameter MSE dan PSNR. Hasil yang diperoleh melalui MSE dan PSNR yang lebih bagus digunakan dalam mereduksi noise adalah arithmetic mean filter. Arithmetic mean filter membuat gambar yang bernoise salt and pepper mengalami penurunan dilihat dari nilai PSNR yang dihasilkan lebih tinggi yaitu 52% dibandingkan nilai PSNR konvolusi 47%. Kata kunci: citra, salt and pepper, derau, mean dan konvolusi.
ANALISIS IMPLEMENTASI DENGAN APLIKASI OWASP ZAP DALAM MENCARI KERETANAN WEBSITE
Hasibuan, Abdul Fattah () 2022Keamanan website sering kali diabaikan oleh para developer termasuk website kecil atau website profile perusahaan yang mempunyai data yang mungkin bisa dicuri oleh para pihak yang tidak bertanggung jawab. Diperlukannya selft test guna untuk mengetahui celah keamanan yang kemungkinan bisa diserang. Maka dari itu vulnerability assessement diperlukan dalam mencari celah keamanan. Vulnerability Assessment (VA) adalah proses pemindaian sistem untuk mengetahui keretanan dan celah yang ada pada sebuah sistem website, celah ini memberikan backdoor ke penyerang untuk dapat menyerang sistem korban. Owasp-zap merupakan aplikasi yang dapat mencari sebuah celah keamanan yang terdapat pada sistem website, setelah informasi mengenai celah didapatkan maka developer dapat melakukan berubahan atau menambahkan skript terhadap sebuah sistem agar celah keamanan dapat diatasi guna menjaga integritas data dari serangan pihak yang tidak bertanggung jawab. Kata Kunci: OWASP, OWASP-ZAP, Vulnerabillity, Website, Backdoor.
IMPLEMENTASI METODE SMART (SIMPLE MULTI ATTRIBUTE RATING TEHNIQUE) UNTUK MENENTUKAN PENERIMA BEASISWA BIDIKMISI (Studi Kasus: SMA Negeri 2 Moro’o Kabupaten Nias Barat Pemerintah Provinsi Sumatera Utara)
Waruwu, Riskiman () 2023Beasiswa bidikmisi adalah program bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi sampai lulus tepat waktu. SMA Negeri 2 Moro’o Kabupaten Nias Barat adalah salah satu sekolah yang menjalankan program beasiswa Bidikmisi, proses seleksi berlangsung selama tiga minggu hingga satu bulan, dengan proses seleksi yang memakan waktu hingga satu bulan tentu saja hal ini kurang efisien. Selain itu dikhawatirkan penilaian yang dihasilkan bersifat subjektif, dimana penilaian berdasarkan kepentingan pribadi sehingga menyebabkan beasiswa tidak tepat sasaran. Tujuan penelitian ini yaitu membangun sistem pendukung keputusan untuk menentukan penerima beasiswa Bidikmisi menggunakan bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic dengan metode SMART (Simple Multi Attribute Rating Technique) pada SMA Negeri 2 Moro’o Kabupaten Nias Barat. Dari sistem yang telah dirancang menggunakan bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic dapat memberikan informasi yang lebih tepat, karena sudah menggunakan metode SMART (Simple Multy Attribut Rating Technique), sehingga tidak ada lagi keraguan dalam mengambil sebuah keputusan. Aplikasi yang di rancang mampu mempermudah pihak SMA Negeri 2 Moro’o Kabupaten Nias Barat dalam menentukan penerimaan beasiswa Bidikmisi. Kata Kunci: Beasiswa Bidikmisi, Sistem Pendukung Keputusan, Microsoft Visual Basic, Metode SMART (Simple Multi Attribute Rating Technique).
3D ANIMASI PENTINGNYA MENJAGA KESEHATAN DI ERA ENDEMI
Dalimunthe, Khairunnisa () 2022Pada tahun 2020 menunjukkan banyaknya kasus kematian akibat dari Covid-19. Virus ini merupakan kasus pneumonia misterius yang pertama kali dilaporkan di Wuhan, Provinsi Hubei. Covid-19 masuk ke Indonesia pada tanggal 2 Maret 2020, dimana terdapat dua kasus. Karena kurangnya pemahaman masyarakat di era endemi sekarang ini, hal ini menjadi motivasi penulis untuk membuat video animasi sebagai sarana edukasi di masyarakat dengan menggunakan aplikasi Blender. Dengan memanfaatkan media animasi, masyarakat diharapkan mampu meningkatkan kesadaran diri untuk selalu menjaga kesehatan di era endemi sekarang ini. Kata Kunci: Covid-19, Video Animasi, Endemi
ALAT BANTU JALAN PENYANDANG DISABILITAS GANDA (DEAFBLIND) DENGAN PERINGATAN GETARAN BERBASIS MIKROKONTROLER
Witjati, Nizmaldy Astoro () 2023Indra penglihatan merupakan sumber informasi vital yang sangat penting bagi manusia, hanya saja tidak sedikit orang yang mengalami ganguan pada penglihatannya. Tunanetra adalah istilah umum yang dipakai untuk menggambarkan keadaan seseorang yang mengalami hambatan atau gangguan pada kemampuan penglihatannya. Karena fungsi indra penglihatannya menurun maka penyadang tunanetra memaksimalkan fungsi indra yang lain seperti indra peraba, penciuman, pendengaran, dan lain-lain. Akan tetapi ada juga penyandang tunanetra yang menderita kelainan seperti hilang nya indra pendengaran (tunarungu) yang biasanya disebut disabilitas ganda (deafblind). Dapat dipahami bahwa bila seseorang mengalami gangguan pada indra penglihatannya dan indra pendengarannya (deafblind), maka aktivitasnya jadi sangat terbatas, karena informasi yang didapat akan lebih berkurang dibandingkan dengan seseorang dengan penglihatan dan pendengaran yang normal. Pada umumnya penyandang tunanetra menggunakan tongkat sebagai alat bantu jalan untuk membantu pergerakan saat berjalan, oleh sebab itu, dibuatlah alat bantu jalan yang dapat mendeteksi benda atau halangan yang ada di depan menggunakan sensor ultrasonik yang berbasis mikrokontroller arduino nano, dengan output keluaran getaran sebagai peringatan kepada penderita disabilitas. Tujuan alat ini untuk mempermudah penyandang disabilitas ganda (deafblind) dalam mendeteksi halangan yang ada di depan pada saat berjalan. Hasil yang didapat dari alat ini berkerja dengan sesuai dan stabil dengan yang diharapkan, dibuktikan dengan tingat keberhasilan pendeteksian yang sebesar 99,26 % dan tingkat kesalahan yang sangat minim sebesar 0.74%, dan hasil kenyamanan penggunaan tongkat yang dilakukan oleh pengguna (deafblind) mencapai 70,83% dengan kriteria nyaman. Kata Kunci : Disabilitas Ganda, Sensor Ultrasonik, Arduino Nano
ALAT PENYELEKSI KELAYAKAN UDANG EKSPOR BERDASARKAN SUHU BERBASIS ARDUINO
Wiratama, Muhammad Ridho () 2021Perkembangan penggunaan teknologi di dunia industri sedang berkembang dengan pesatnya, hal itu membuat alat dan mesin konvensional mulai ditinggalkan kemudian beralih ke alat dan mesin yang lebih modern dengan pengontrolan bersifat otomatis, sehingga membantu tenaga kerja untuk lebih optimal dalam bekerja. Penyeleksian barang merupakan kegiatan yang banyak dilakukan di dunia industry dalam proses kegiatan ekspor impor, seperti mengelompokkan berdasarkan suhu. Sebelumnya beberapa penyeleksian objek udang dilakukan secara manual, proses ini sangat tidak efisien karena memerlukan banyak waktu dan tenaga. Mikrokontroler ATmega32(Arduino Uno) berfungsi sebagai pusat kontrol system, sensor suhu inframerah dengan seri MLX90614 yang berfungsi mendeteksi besaran suhu, Motor DC sebagai penggerak konveyor, sensor IR medeteksi objek udang yang lewat dan membuat kompayer berhenti kemudian sensor suhu akan mendeteksi besaran suhu objek udang tersebut dan menampilkan nilai suhu pada LCD 20x4. Motor servo sebagai pemilah membentuk partisi atau gerbang menunjukkan kearah mana objek udang akan diposisikan. Melalui tahapan proses perancangan mekanik dan pemograman sistem dengan menggunakan program dari Arduino IDE, serta hasil dari pengujian dan analisa data didapatkan sistem yang dapat bekerja dengan baik dan kontinu. Meskipun sistem dirancang hanya berupa prototype namun dengan menggunakan perangkat dengan standar industri bisa diaplikasikan dalam mendukung kerja dalam bidang industri yang otomatis dan efisien. Kata kunci: Udang, Ekspor, Mikrokontroler, Arduino Uno, MLX90614, Motor DC
ALGORITMA AES 128 DALAM MENGENKRIPSIKAN BERKAS BANSOS PADA KECAMATAN TIGABINANGA BERBASIS WEB
Tarigan, Yusril Agita Prayoga () 2023Kecamatan Tiga Binanga adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Karo, Propinsi Sumatera Utara yang merupakan salah satu daerah penghasil jagung terbesar di Kabupaten Karo.Dengan jumlah luas wilayah 160,38 km2 dan pada tanggal 24 Februari 2021 tercatat memiliki jumlah penduduk 20.346 jiwa dan kepadatan mencapai 127 jiwa/km2. Membuat kecamatan menjadi salah satu kecamatan yang cukup padat penduduk. Dari sebagian banyak kegiatan yang dilakukan di Tigabinanga, kegiatan pembagian bansos merupakan kegiatan yang sering dilakukan untuk membantu masyarakat. Kegiatan pembagian bansos semakin sering dilakukan karena banyak masyarakat yang terdampak dari wabah Virus Covid 19. Semakin berkembangnya teknologi saat ini menyebabkan proses penyimpanan data file dapat diambil dan mengganti isi dari data file tersebut dengan data palsu oleh orang atau kelompok yang tidak bertanggung jawab, oleh karena itu dibutuhkan keamanan dalam penyimpanan data dan kerahasiaan data tersebut. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menanggulangi hal tersebut adalah dengan menggunakan teknik kriptografi.Dalam menangani masalah akan terjadinya informasi bocor yang akan disimpan, maka diperlukan aplikasi pengamanan data yang dapat mengamankan data file yang dimiliki. Dengan Algoritma AES (Advanced Encryption Standard) 128, aplikasi ini dibuat dengan bahasa pemograman PHP berbasis web. Dengan optimasi algoritma AES 128 dalam mengenkripsi data file bansos kecamatan Tigabinanga berbais web dihariapkan dapat mengamankan kerahasiaan data pada file bansos pada kecamatan Tigabinanga dari terjadinya kebocoran informasi atau pencurian data oleh orang lain. Setelah proses enkripsi sudah dilakukan akan mengeluarkan output yang tentunya tidak bisa dibaca atau tidak dapat dibuka kembali oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Kata Kunci : Tigabinanga, bansos, covid-19, algoritma AES 128, php
ALGORITMA FP-GROWTH DALAM TEKNIK DATA MINING UNTUK MENDAPATKAN POLA PENYEBARAN COVID-19
Syahputra, Irham () 2021Pandemi COVID-19 telah menjadi tragedi kemanusiaan abad ini. Seluruh negara di dunia sedang berpacu dengan waktu untuk melawan penyebaran dan dampak mematikan dari virus ini. Dalam menganalisa pola penyebaran covid-19 dibutuhkan sebuah Teknik data mining yang merupakan proses menganalisa data dari perspektif yang berbeda dan menyimpulkannya menjadi informasi-informasi penting yang dapat digunakan, Dalam Teknik data mining diperlukan algoritma sehingga pola penyebaran covid-19 dapat dianalisa lebih baik, salah satu algoritma yang digunakan pada penelitian ini ialah algoritma FP-Growth yang merupakan salah satu algoritma untuk menentukan himpunan data yang sering muncul. Tujuan dari penelitian ini Dapat menentukan pola penyebaran virus COVID-19 sehingga dapat menjadi informasi bagi masyarakat. Hasil yang di harapkan dari penelitian ini adalah dapat mengetahui kinerja dari implementasi algoritma fp-growth untuk mendapatkan pola penyebaran Covid-19 yang nantinya dapat diinformasikan kepada masyarakat berbasis website. Kata Kunci : Covid-19. Pola. Data mining
ANALISA DAN PERANCANGAN UI/UX DESIGN MENGGUNAKAN METODE PERFORMANCE METRIC PADA WEBSITE LAB.SCARPE
Humaira, Ade Putri () 2022Perancangan design UI/UX (User Interface/User Experience) adalah sebuah rancangan yang dilakukan untuk meningkatkan branding dari sebuah toko online untuk mendapatkan banyak perhatian dari kalangan masyarakat sehingga dapat memperoleh pangsa yang lebih besar. UI/UX merupakan salah satu perkembangan teknologi yang dapat memanfaatkan sarana digital untuk memperkenalkan suatu produk yang akan ditawarkan kepada costumer. Penelitian ini ditujukan untuk membantu meningkatkan branding dari sebuah toko, serta mengetahui kinerja/performance dari website tersebut setelah menggunakan UI/UX. Diharapkan dengan rancangan desain UI/UX pada website Lab.Scarpe dapat meningkatkan branding dari website serta memudahkan pengguna/customer untuk bertransaksi pada website tersebut. Kata Kunci: User Interface, User Experience, Performance Metric, Website, Lab.Scarpe
ANALISA HISTOGRAM DAN PSNR PADA CITRA TRUE COLOR DALAM PENGAMANAN TEKS MENGGUNAKAN SPREAD SPECTRUM DAN LSB
Humayrah, Rika () 2021Pengamanan pesan teks yang bersifat rahasia sangat penting untuk menjaga isi pesan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab . Untuk itu pentingnya kesadaran dalam hal keamanan data pada era digtal saat ini di tandai dengan berkembangnya aplikasi keamanan data. Pada penelitian ini akan dilakukan analisa histogram dan PSNR terhadap suatu aplikasi keamanan data. Tujuan dari analisa ini untuk mengetahui perubahan histogram dan nilai PSNR dari gambar yang telah disisipkan pesan teks. Hasil penyisipan pesan pada citra true color menggunakan metode spread spectrum dan least significant bit secara visual tidak terlihat ada perubahan. Jumlah karakter yang disisipkan mempengaruhi grafik histogram, semakin besar jumlah karakter yang disisipkan maka semakin terlihat perubahan grafik pada histogram. Stego image yang dihasilkan memenuhi kriteria fidelity dan recovery. Dibuktikan dari nilai PSNR yang dihasilkan yaitu PSNR > 30db. Perubahan ekstensi image menjadi salah satu faktor hasil nilai PSNR. Dibuktikan dengan ekstensi image .jpg memiliki MSE paling rendah yaitu 0,00251 dan PSNR paling tinggi yaitu 74,12625db. Kata kunci: Steganografi, Histogram, PSNR, Spread Spectrum, LSB.
ANALISA KOMBINASI CHAIN CODE DAN SINGLE LINKAGE CLUSTERING DALAM MENGIDENTIFIKASI KARAKTER
Pulungan, Ainun Naimah () 2021Pengenalan karakter (Optical Character Recognition) merupakan salah satu cabang dari pengenalan pola. Salah satu metode pengenalan pola yang saat ini banyak digunakan adalah Single Linkage Clustering dan Chain Code yang sistem kerjanya seperti otak manuasia yang dapat mengenali pola setelah mendapat training atau pelatihan terhadap beberapa contoh yang diberikan terlebih dahulu.Tugas akhir ini lebih berfokus pada pengenalan pola pada karakter. Untuk mendapatkan pola pada setiap karakter diperlukan beberapa fitur dari karakter itu sendiri. Fitur yang diambil pada sebuah karakter meliputi Perimeter, Area, Shape Factor, Roundness bagi SLC dan Chain Map bagi Chain Code. Pengambilan fitur menggunakan metode Single Linkage Clustering dan Chain Code untuk dapat membedakan bentuk-bentuk segmennya sesuai dengan parameter yang diberikan. Kata Kunci = Single Linkage Clustering, Chain Code, OCR, Pengenalan pola.
ANALISA KOMPARATIF KINERJA METODE MEAN FILTER, MEDIAN FILTER, DAN ALPHA-TRIMMED MEAN FILTER PADA NOISE REDUCTION SPECKLE DAN RAYLEIGH
Nasution, Riza Putri Salsabila () 2021Citra mempunyai peranan yang sangat penting dalam menunjang penyampaian informasi, namun terkadang tidak diikuti oleh baiknya kualitas citra yang ada. Sering kali pada citra ditemukan gangguan, misalnya citra mengalami derau (noise), sehingga diperlukan metode untuk mereduksi noise yang terdapat pada citra. Restorasi citra merupakan teknik dalam memperbaiki citra yang telah mengalami degradasi atau kerusakan seperti noise. Salah satu teknik pada restorasi citra adalah filtering. Teknik filtering yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan membandingkan kinerja dari metode Mean Filter, Median Filter, dan Alpha-Trimmed Mean Filter dalam mereduksi noise sehingga dapat ditentukan metode mana yang lebih baik diterapkan dalam restorasi citra, khusunya citra yang mengandung speckle noise dan rayleigh noise. Parameter yang digunakan untuk menganalisa pengaruh speckle noise dan rayleigh noise terhadap komparatif kinerja metode filtering adalah MSE, PSNR serta waktu proses (running time) pada saat reduksi noise. Adapun tujuan dari penelitian untuk memperbaiki kualitas citra yang terkena noise dengan melakukan proses filtering menggunakan metode Mean Filter, Median Filter dan Alpha-Trimmed Mean Filter. Hasil pengujian jika dilihat secara visual, kinerja metode Mean Filter dan Median Filter dalam mereduksi speckle noise maupun rayleigh noise menghasilkan kualitas citra yang hampir sama dibandingkan dengan metode Alpha-Trimmed Mean Filter. Akan tetapi jika dilihat berdasarkan parameter MSE, PSNR dan Running Time maka kinerja metode Alpha-Trimmed Mean Filter yang paling bagus dalam mereduksi speckle noise maupun rayleigh noise. Kata Kunci : Reduksi Noise, Speckle Noise, Rayleigh Noise, Mean Filter, Median Filter, Alpha-Trimmed Mean Fiter, MSE, PSNR
ANALISA PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN WAKTU PROSES PERHITUNGAN METODE SAW DAN WP DALAM SPK MENENTUKAN SISWA BERPRESTASI
Sihombing, Ermayani () 2022ABSTRAK Siswa berprestasi adalah impian setiap siswa disekolah, menonjol diantara siswa-siswi lainnya dan dikirim untuk mengikuti lomba dengan membawa nama sekolah tentu akan menjadi sebuah kebanggaan. Proses penentuan siswa berprestasi yang masih menggunakan sistem manual yang sebetulnya kurang efektif dalam penentuan siswa berprestasi. Maka dari itu penulis merancang sebuah sistm pendukung keputusan analisa perbandingan antara dua metode yaitu metode Simple Additive Weighting (SAW) dan Weight Product (WP) dengan kriteria yang telah ditentukan. Kedua metode ini dibandingkan untuk mengetahui metode mana yang lebih efektif dalam waktu proses perhitungannya yang diharapkan dapat membantu dalam menentukan siswa berprestasi. Kata Kunci: SPK, SAW, WP, Prestasi, Sekolah
ANALISA PERBANDINGAN PERFORMANSI ROUTING EIGRP MENGGUNAKAN IPV4 DAN IPV6
Baiduri, Dewi Novianda () 2020Pemilihan routing protocol EIGRP mengklaim memiliki convergence time yang cepat yang perannya sangat vital dalam menangani kondisi topologi jaringan yang berubah. Alasan lainnya adalah secara teoritis EIGRP merupakan satu-satunya routing protocol yang memiliki fitur backup route dan penentuan metric-nya menggunakan perhitungan yang kompleks berbasis pengalamatan IPv6 dan IPv4. Metodologi Penelitian yang digunakan yaitu studi literatur, analisis dan perancangan sistem perancangan simulasi routing EIGRP pada IPv4 dan IPv6, implementasi sistem dengan aplikasi Cisco Packet Tracer, uji coba dan implementasi, dan penyusunan laporan penelitian. Berdasarkan pengujian ping pada IP V4 diperoleh total average 40ms dan pada IP V6 diperoleh 45ms, sehingga dapat disimpulkan bahwa berdasarkan pengujian ping, IP V4 lebih cepat 5ms dalam mengirim paket. Sedangkan dalam pengujian Tracert/Traceroute pada IP V4 diperoleh Average PC0 2.86ms, PC1 3.96ms, R1 1.55ms, dan R4 1.55ms, sedangkan pada IP V6 diperoleh Average PC0 3.33ms, PC1 3.93ms, R1 6.22ms, dan R4 2.55ms, sehingga dapat disimpulkan waktu yang dibutuhkan IP V4 untuk mengirim paket lebih cepat dibandingkan IP V6. Kata kunci: IP Address, Internet Protocol version 4 (IPv4), Internet Protocol version 6 (IPv6), Tracert, Ping, Parameter Ping, Traceroute, Routing EIGRP
ANALISIS ALGORITMA BACKPROPAGATION UNTUK MENGIDENTIFIKASI MAHASISWA YANG DROP OUT DARI KAMPUS
Syahputra, Irfan () 2021Drop out merupakan salah satu bentuk dari kegagalan mahasiswa dalam mengikuti proses pendidikan pada pergururan tinggi. Banyaknya mahasiswa drop out selain merugikan bagi pribadi/individu, juga merugikan institusi perguruan tinggi itu sendiri. Oleh karena itu, perlu dilakukan kajian untuk mencari penyebab atau faktor–faktor yang mempengaruhi mahasiswa drop-out sehingga dapat dijadikan informasi yang bermanfaat bagi keberhasilan pendidikan di perguruan tinggi. Metode jaringan saraf tiruan backpropagation merupakan model matematis yang digunakan untuk melakukan identifikasi dan klasifikasi berdasarkan pelatihan dan pembelajaran yang dilakukan. Pada penelitian ini, metode jaringan saraf tiruan backpropagation digunakan dalam mengidentifikasi faktor – faktor penyebab drop out yang dialami oleh mahasiswa dengan melakukan pembelajaran terhadap data – data atribut mahasiswa drop out. Implementasi jaringan saraf tiruan backpropagation yang dilakukan pada penelitian ini menghasilkan hasil yang cukup baik dimana jaringan saraf tiruan backpropagation dapat menghasilkan faktor penyebab drop out yang tepat sesuai dengan atribut mahasiswa yang diberikan. Kata Kunci: Kecerdasan Buatan, Jaringan Saraf Tiruan, Backpropagation, Perguruan Tinggi, Mahasiswa, Drop Out.
ANALISIS DETEKSI CORONA VIRUS DENGAN MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING
Zulla, Hafiz () 2021Virus ini dinamakan dengan Covid-19 atau Corona Virustelah memberikan dampak dan gejala yang dapat mamatikan manusia dengan berbagai kompilasi penyakit yang dihidap. Masalah yang terjadi adalah kepanikan masyarakat yang enggan keluar rumah serta takut akan terpapar Corona Virus untuk melakukan kegiatan sehari-hari bahkan untuk berobat kerumah sakit dengan gejala-gejala yang menyerupai gejala dari paparan Corona Virus. Ditambah banyaknya rumah sakit yang menjadi penuh diakibatkan penagangan Corona Virus yang menjadi proritas utama dari pada penangan penyakit-penyakit ringan masyarakat pada umumnya. Oleh sebab itu dibutuhkanya sebuah aplikasi sistem pakar mendiagnosis gejala dari penyakit Covid-19 atau Corona Virus. Sistem pakar juga memerlukan sebuah metode yang dapat beroperasi, dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah ForwardChaining, metode ForwardChaining memecahkan setiap gejala yang muncul dan meneruskan kegejala selanjutnya dalam satu rule yang sama sehingga terbentuklah sebuah pohon keputusan. Pemanfaatan sistem pakar pada aplikasi dapat membantu para penderta gejala yang hendak mendiagnosis gejala dari Covid-19 atau Corona Virusdengan lebih mudah dan fleksibel dari pada harus menemui dokter. Hasil akhir pada penelitian ini adalah aplikasi mampu menampilkan penyakit dari gejala Covid- 19 atau Corona Virusyang dimasukan dengan cepat dan akurat sesuai metode ForwardChaining. Kata Kunci : Sistem pakar, Covid-19, Corona,Forward Chaining
ANALISIS IMPLEMENTASI LARAVEL 9 PADA WEBSITE E-BOOK DALAM MENGATASI N+1 PROBLEM SERTA MENGATASI PENYERANGAN CSRF DAN XSS
Lubis, M. Mahdi Maulana () 2022Di era digital saat ini penggunaan website sangat meningkat pesat masyarakat menyukai segala hal yang instan bahkan dalam hal membaca buku, mereka lebih memilih membaca e-book dari pada membaca buku secara konvensional. Oleh karena itu dibitihkan sebuah website yang mampu mengolah data secara cepat sehingga pembaca tidak akan menunggu lama saat ingin mencari buku ataupun jurnal yang mereka ingikan. Selain itu website juga menyimpan data para pembaca dan menyimpannya, namun banyak sekali oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang menggunakan data mereka secara illegal maka dibutuhkan pengamanan lebih lanjut bagi kenyamanan para pembaca, oleh karena itu peneliti akan menganalisa penyelesaian permasalahan keamanan website dari penyerangan xss dan csrf serta N+1 problem menggunakan Laravel apakah memiliki pengaruh terhadap website e-book ataukah tidak sama sekali Kata kunci : Website, E-book, XSS, CSRF, N+1 Problem
ANALISIS KEAMANAN JARINGAN DARI SERANGAN MAN IN THE MIDDLE ATTACK DNS SPOOFING PADA JARINGAN WIRELESS
Pangestu, Teguh () 2022Pada zaman sekarang ini, wireless banyak digunakan pada perusahaan, institusi, persekolahan, dan lain sebagainya untuk akses cepat berinteraksi dalam mengirim data, mengakses situs web, dan interaksi lainnya. Dalam akses berkomunikasi dengan jaringan wireless ditemukan celah bagi orang yang tidak bertanggung jawab melakukan kegiatan illegal, kegiatan illegal yaitu seperti man in the middle attack DNS spoofing. Jika kegiatan kejahatan itu terjadi maka bagaimana cara mencegah kejahatan atau serangan tersebut. Dan hasil dari penyerangan di dapatkan berdasarkan 7 kali pengujian dengan menghitung quality of service (QOS) yaitu packet loss dengan hasil serangan 1 model 1 dengan packet loss 0,154%, serangan 2 model 1 dengan packet loss 0,234%, serangan 3 model 1 dengan packet loss 0.291%, serangan 1 model 2 dengan packet loss 0,173%, serangan 2 model 2 dengan packet loss 0,128%, serangan 3 model 2 dengan packet loss 0,028%, serangan 4 model 2 dengan packet loss 0,231%, yang dapat diartikan serangan ini dapat berjalan dengan baik. Untuk mencegah daripada kegiatan illegal tersebut, terlebih dahulu untuk mengetahui teknik cara serangan itu berjalan pada jaringan wireless, dengan menggunakan ettercap pada kali linux. Dan bagi pengguna akses jaringan wireless tersebut, untuk mengetahui bahwa pengguna terkena dampak serangan, dapat memanfaatkan wireshark dalam memantau traffic jaringan, dan dicegah dengan memblokir penyerang dengan firewall iptables yang dibentuk di sistem pengguna yaitu ubuntu yang terhubung dengan jaringan wireless. Kata Kunci : kali linux, ubuntu, jaringan wireless, ettercap, man in the middle attack, DNS spoofing, wireshark, iptables
Analisis Klasifikasi Mobil Pada Gardu Tol Otomatis Menggunakan Convolutional Neural Network (CNN)
S.BR.Banurea, Adinda Titania () 2022ABSTRAK Konsep kota cerdas (smart city) menjadi isu yang paling penting dalam aspek pengembangan kota-kota yang ada didunia. Dimana kota harus menjanjikan hidup yang lebih nyaman, teratur, sehat dan efisien. Smart transportation merupakan salah satu konsep perencanaan pembentukan smart city yang paling penting untuk meningkatkan ekonomi perkotaan. Dengan adanya smart transportation informasi lalu lintas pun dapat dengan mudah didapatkan oleh pengguna jalan, termasuk jalan tol. Masalah kemacetan dijalan tol disebabkan oleh pengguna yang harus berhenti dan melakukan pembayaran jalan tol. Dikarenakan beberapa GTO di Indonesia masih memiliki sensor yang sering kali gagal dalam mendeteksi truk gandeng. Untuk mengatasi masalah tersebut, dibuat sebuah sistem untuk membandingkan antara Pre-trained Alexnet dan Mobilenetv2 untuk mendapatkan akurasi yang terbaik dalam mengenali jenis-jenis mobil ataupun truk yang akan memasuki jalan tol dengan digunakannya metode Convolutional Neural Network (CNN). Setelah dilakukan pengujian , didapatkaannya kesimpulan bahwa metode yang diberikan berhasil dalam mengidentifikasikan jenis mobil berdasar bentuknya dan mendapatkan akurasi Alexnet sebesar 92,71% dan Mobilenetv2 93,98%. Kata Kunci: Tol Otomatis, Klasifikasi mobil, Deep learning, Convolutional Neural Network (CNN), Alexnet, Mobilenetv2.
ANALISIS KOMBINASI VERTICAL PROJECTION PROFILE (VPP) DAN TOP DOWN PROFILE (TDP) DALAM SEGMENTASI KARAKTER PADA APLIKASI OCR
Pratiwi, Amelia () 2021Segmentasi pada citra digital adalah sebuah proses untuk memisahkan sebuah obyek dari background atau latar, sehingga obyek tersebut dapat diproses untuk keperluan yang lain. Seiring dengan berkembangnya teknologi pada aplikasi yang memproses citra digital maka proses segmentasi menjadi semakin diperlukan. VPP dan TDP adalah pemrosesan segmentasi citra yang menggunakan pemetaan terhadap citra yang berbeda dari data citra digital dan melakukan proses segemntasi terhadap frekuensi data piksel yang di temukan. Proses ini memberikan kemudahan tersendiri bagi proses segmentasi dikarenakan proses pembacaan yang ringan dan juga memudahkan sistem dengan proses yang sederhana. Kata Kunci : Kombinasi, Segmentasi, Vertical Profile Projection (VPP), Top Down Profile (TDP), Optical Character Recognition (OCR)
ANALISIS PEMANFAATAN TEKNIK SERANGAN DDOS PADA MIKROTIK CLOUD DAN MELAKUKAN UPAYA PENANGANANNYA
Surya, Syahendra () 2023Layanan internet memiliki manfaat yang banyak dan digunakan secara luas, namun juga memiliki kekurangan yang dapat dimanfaatkan oleh hacker untuk melakukan serangan seperti DDoS. Salah satu solusi untuk mengelola dan mengontrol jaringan internet adalah dengan menggunakan MikroTik CHR (Cloud Hosted Router), yaitu solusi router virtual yang disediakan oleh MikroTik. CHR dirancang untuk dapat dijalankan pada berbagai platform virtualisasi seperti VMware, VirtualBox, Hyper-V, dan Cloud seperti Amazon Web Services, Google Cloud Platform, dan Microsoft Azure.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Teknik serangan DDoS digunakan dan di terapkan pada platform Mikrotik CHR dan strategi upaya pengamananya yang dapat digunakan untuk melindungi MikroTik CHR dari serangan DDoS yang dapat menyebabkan gangguan layanan dan kerugian finansial dan penangananya. Penelitian ini hanya berfokus pada serangan DDoS pada MikroTik CHR dan strataegi keamanan yang dapat melindunginya dari serangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa strategi keamanan yang efektif termasuk mengkonfigurasi firewall, mengaktifkan fitur protection, serta melakukan pemantauan dan pembaruan perangkat lunak secara teratur. Kesimpulannya, MikroTik CHR dapat dilindungi dari serangan DDoS dengan strategi keamanan yang tepat, dan perlu memperhatikan pemantauan keamanan yang ketat, pembaruan perangkat lunak, dan strategi keamanan yang terintegrasi dan komprehensif untuk melindungi MikroTik CHR dari serangan DDoS. Kata Kunci: Mikrotik, Firewall, CHR, DDoS
ANALISIS PENCARIAN LOKASI EKSPANSI PEMBUKAAN CABANG TRUST VAPE STORE GUNA MEMBANGUN CITRA BRAND MENGGUNAKAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DENGAN PERBANDINGAN METODE WASPAS DAN MAUT
Ardiansah () 2022Vape atau disebut juga dengan rokok elektik sangat banyak diminati pada saat ini dikarenakan selain hemat biaya dan ramah lingkungan. Cara kerja Vape ini sendiri adalah dengan cara memanaskan cairan yang Bernama liquid sehingga menghasilkan uap, liquid ini memiliki beberapa varian rasa yaitu coklat, vanilla, dan strawberry maka dari itu Vape ini cukup banyak diminati oleh kau manak muda. Sehingga membuat banyak orang beralih dari rokok tembakau ke rokok elektrik atau Vape, dengan tingginya peminat dari Vape atau rokok elektrik ini membuat Trust Vape Store ingin membuka cabang dibeberapa tempat guna membangun citra brand. Atas dasar masalah tersebut, maka dengan memilih bidang keilmuan sistem pendukung keputusan dengan mengadopsi metode WASPAS dan MAUT untuk pemilihan cabang Trust Vape Store ini mampu menyelesaikan masalah dengan kriteria-kriteria yang sesuai dengan standar kualifikasi dari Trust Vape Store. Hasil akhir dari penelitian ini adalah terciptanya aplikasi sistem pendukung keputusan yang mengadopsi metode WASPAS dan MAUT yang mampu menjawab permasalahan yang ada pada Trust Vape Store untuk mengambil keputusan dalam pemiliha lokasi ekspansi pembukaan cabang Trust Vape Store guna membangun citra brand menggunkan sistem pendukung keputusan dengan metode WASPAS dan MAUT. Kata Kunci : Trust Vape Store, Sistem Pendukung Keputusan,Vape
ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI E-SAMSAT UNTUK PENDATAAN KENDERAAN MENUNGGAK PAJAK DI SAMSAT MEDAN SELATAN DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS
Aulia, Andre () 2022Aplikasi e-Samsat merupakan sautu program untuk meningkatkan kualitas sistem pelayanan dan mempermudah sistem pelayanan dengan menggunakan alat elektronik. Pendataan kenderaan yang menunggak pajak kenderaan bermotor diaksed dalam aplikasi e-Samsat yang hanya dapat diakses oleh admin Samsat. Sehingga pembayaran pajak tunggakan pajak kenderaan dilakukan dengan manual. Untuk mengetahui kepuasan masyarakat terhadap kinerja petugas Samsat Medan selatan diberikan kuesioner yang harus diisi oleh masyarakat dan dikembalikan langsung kepada petugas Samsat. Untuk mengananilsa data digunakan metode Importance Performance Analysis. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa Kepuasan pengguna dilihat dari hasil nilai persepsi dan harapan dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis atau analisis kuadran adalah terlihat 4 (empat) variabel indikator yang digunakan dalam menganalisa kuesioner pelanggan yang memiliki rata-rata tertinggi yaitu trust, user satisfaction, citizen support, Intent to Reuse. Indikator terting terdapat pada user satisfaction yaitu kepuasan pengguna terhadap performa petugas Samsat Medan Selatan serta sisanya terdapat 1 indikator yang berasal dari dimensi intent to reuse yaitu: rekomendasi Samsat Medan Selatan kepada orang lain. indikator yang membutuhkan perbaikan terdapat pada 1 indikator efficiency. Faktor ini menjadi prioritas utama perbaikan atau peningkatan kualitas layanan karena pada kuadran A terdapat faktor penting atau faktor yang diharapkan pengguna teteapi kinerja layanan petugas Samsat Medan Selatan masih belum maksimal sehingga dirasa belum memuaskan pelanggan (masyarakat). Kata Kunci: Analisis, Aplikasi, e-Samsat, Pajak, Kenderaan Bermotor, Importance Performance Analysis
ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA ROUTING OSPF MULTI AREA IP VERSI 4 DAN ROUTING OSPF V3 IP VERSI 6 PADA MIKROTIK OS SIMULASI GNS3
Pratama, Almayadi () 2021Jaringan skala besar dan multi area dengan router-router yang cukup banyak tentu sangat merepotkan apabila tidak ada manajemen protokol routing yang sesuai. Salah satu protokol routing yang handal untuk melakukan distribusi routing dengan router-router yang cukup banyak adalah protokol Open Shortest Path First (OSPF). Akan tetapi terdapat 2 jenis OSPF pada IP versi 4 dan IP versi 6, dimana pada IP versi 6 OSPF dikembangkan menjadi OSPF V3, sehingga menyulitkan pihak admin jaringan untuk menentukan mana kualitas OSPF yang lebih baik dalam melakukan routing protokol. Oleh sebab itu pada penelitian ini dilakukan perbandingan dengan simulasi GNS3 untuk menentukan protokol routing terbaik antara OSPF IP versi 4 dan OSPF V3 IP versi 6. Berdasarkan hasil perbandingan OSPF pada multi area, didapati routing OSPF V3 pada IPv6 lebih unggul dari OSPF IPv4 dari semua parameter terutama pada waktu delay untuk IPv4 496ms, IPv6 438ms dan packet loss untuk IPv4 19,74% sedangkan IPv6 11,97%. Kata Kunci: Routing, OSPF, OSPF V3, IPv4, IPv6
ANALISIS PERBANDINGAN KOMPRESI HALF BYTE DAN BYTE PAIR ENCODING PADA FILE BYNARI ATAU TEKS
Prasetyo, Dedek () 2021File teks merupakan file yang berisi informasi-informasi dalam bentuk teks. Data yang berasal dari dokumen pengolah kata, angka yang digunakan dalam perhitungan, nama dan alamat dalam basis data merupakan contoh masukan data teks yang terdiri dari karakter, angka dan tanda baca. Proses berkirim pesan atau teks kini sudah menjadi kebutuhan setiap orang melalui berbagai platform media yang ada sebagai bentuk pesan visual. Besarnya ukuran transmisi teks tentu terkadang menjadi kendala, belum lagi bandwith juga menjadi masalah bagi pengguna dalam proses pengiriman. Salah satu solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut ialah dengan memanfaatkan teknik pemampatan atau kompresi. Kompresi data adalah sebuah metode yang mendukung teknologi dalam pemanfaatan jaringan untuk pengiriman data, akses data, maupun penggunaan data. Beberapa dari sekian banyak algoritma kompresi yang dinyatakan baik untuk diterapkan pada kompresi data berbasis teks adalah Byte Pair dan Half Byte. Algoritma Half-Byte meman-faatkan empat bit sebelah kiri yang sering sama secara berurutan terutama pada file-file text. Algoritma Byte Pair Encoding merupakan sebuah algoritma kompresi teks sederhana yang didasarkan oleh substitusi pola. Kedua algoritma ini memandaatkan kemiripan data sebagai proses kompresi. Analisis perbandingan akan dilakukan berdasarkan hasil kompresi, rasio, dan waktu proses dalam penentuan algoritma mana yang lebih optimal. Kata Kunci : kompresi, teks, Byte Pair, Half Byte.
ANALISIS PERBANDINGAN KOMPRESI TERNARY COMMA CODE DAN HUFFMAN ENCODING PADA FILE CITRA DIGITAL DENGAN EXTENSI .BMP
Hildayani, Cory Dwi () 2022ABSTRAK Kompresi merupakan suatu teknik untuk mengecilkan suatu ukuran pada gambar. Beberapa teknik kompresi yang dapat digunakan untuk mengkompres suatu gambar adalah algoritma Ternary Comma Code dan Huffman. Besarnya ukuran gambar pada file citra .bmp menjadi masalah bagi pengguna dalam proses pengiriman. Salah satu solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut ialah dengan memanfaatkan teknik kompresi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan kompresi Algoritma Ternary Comma Code dan Huffman dengan objek waktu, hasil kompresi dan juga ukuran data, hasil kompresi menunjukkan bahwasannya Algoritma Huffman Encoding memiliki efisiensi yang lebih tinggi dibandingkan Ternary Comma Code Encoding dalam hal waktu kompresi, hasil kompresi dan juga size data citra digital. Kata kuci : Ternary Comma Code, Huffman,Citra Dgital .Bmp.
ANALISIS PERBANDINGAN KUALITAS DAN KECEPATAN TRANSFER DATA PADA PENGGUNAAN SMARTPHONE
Natasa, Sara () 2023Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat proses pengiriman data komunikasi semakin cepat. Transfer data atau komunikasi data adalah pertukaran data antara dua perangkat atau lebih melalui media transmisi misalnya sperti kabel atau pun tanpa kabel. Komunikasi data juga dapat didefinisikan suatu proses pengiriman dan penerimaan data secara elektronik dari dua atau lebih alat yang terhubung ke dalam sebuah jaringan melalui suatu media. Penelitian ini bertujuan untuk dapat membandingkan smartphone-smartphone yang diuji dalam pengujian kualitas dan kecepatan transfer data tersebut sehingga menghasilkan data perbandingan antara keempat smartphone tersebut dengan menggunakan provider Telkomsel 4G LTE dan setiap smartphone yang diuji memiliki ruang penyimpanan yang berbeda,CPU yang berbeda juga serta GPU yang berbeda juga. Sehingga pengujian ini mendapatkan hasil dimana salah satu smartphone yang diuji memiliki kualitas file yang di terima sangat bagus kualitasnya. Kata kunci: smartphone, 4G LTE, transfer data, Nperf, OneDrive, kecepatan, kualitas, perbandingan, waktu, analisis.
ANALISIS PERBANDINGAN MENGGUNAKAN METODE WASPAS (WEIGHT AGGREGATED SUM PRODUCT ASSESMENT) DAN AHP (ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS) PEMILIHAN APLIKASI SMARTPHONE UNTUK ANAK TINGKAT SD
Siregar, Emma Yurispa () 2022Penggunaan aplikasi pada anak tingkat sekolah dasar sudah berdampak buruk dikarenakan, kecanduan dalam bermain game online, sosial media dan menghabiskan waktunya hanya dengan bermain aplikasi pada smartphone tersebut. Permasalahan pada penelitian ini adalah akibat buruk dari suatu aplikasi pada smartphone untuk anak tingkat sekolah dasar. Masa pandemi sekarang ini smartphone adalah alat yang di gunakan oleh anak dalam proses belajar, kebanyakan anak jaman sekarang banyak anak dibawah umur yang menyalahgunakan sebuah aplikasi yang ada pada smartphone tersebut, yang mengakibatkan mereka tidak lagi fokus dalam belajar melainkan kecanduan dalam menggunakan smartphone yaitu karena aplikasi yang disenangi mereka, akibatnya mereka malas belajar. Maka dari itu penulis merancang sebuah sistem pendukung keputusan tentang analisis perbandingan menggunakan dua metode yaitu metode WASPAS dan AHP dengan kriteria yang ditentukan. Kedua metode dibandingkan untuk mengetahui metode yang mana yang lebih efektif, mudah dan cepat dalam proses perhitungan yang dapat membantu dalam menentukan aplikasi pada smartphone yang baik di gunakan untuk anak di tingkat SD. Kata Kunci: sistem, sekolah, aplikasi
ANALISIS PERBANDINGAN METODE WP DAN SAW PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PERSEDIAAN MEREK SEPATU PADA 45 SECOND SHOES
Fuady, Qoshwie () 2022Sepatu merupakan salah satu unit kebutuhan sandang manusia yang berfungsi sebagai alas kaki hingga sebagai penunjang aktivitas sehari-hari. Hal inilah yang mendorong semakin pesatnya bisnis di bidang penjualan sepatu. Manajer toko sepatu harus menyediakan berbagai jenis sepatu dengan keunggulan tertentu yang dibutuhkan masyarakat sehingga mampu bersaing dengan toko sepatu lain. Maka dari itu akan dibuat penelitian sistem pendukung keputusan untuk menentukan merek sepatu yang akan dijadikan persediaan berikutnya sehingga terjadinya keseimbangan pendapatan dan pengeluaran dengan tujuan memperbanyak merek sepatu yang akan menjadi kandidat pemenang dalam perangkingan sistem pendukung keputusan, dan tidak memperbarui atau mengurangi persediaan merek sepatu bagi merek sepatu yang paling rendah rangkingnya agar menghemat modal bagi sang pemilik toko dan terjadinya keefektifan penjualan sepatu. Adapun sistem pendukung keputusan yang akan dibuat ini menggunakan 2 metode yaitu menggunakan metode SAW dan metode WP, meskipun kedua metode ini sama-sama relevan dan efektif tetapi ada beberapa hal yang membedakan kedua metode ini, sehingga akan dicari analisis mengenai metode mana yang lebih efektif untuk membuat sistem pendukung keputusan dalam menentukan persediaan merek sepatu berikutnya. Kata kunci : Sistem Pendukung Keputusan, SAW, WP, Persediaan merek sepatu
ANALISIS PERBANDINGAN RENDERING ANIMASI 3D DENGAN METODE CYCLES DAN WORKBENCH PADA APLIKASI BLENDER
Sari, Aswita () 2021Teknologi berkembang begitu cepat hal ini disebabkan oleh banyaknya kebutuhan manusia dalam mengolah informasi agar informasi tersebut dapat tersampaikan secara cepat dan tepat yang dapat dikerjaan didalam maupun di luar jam kerja. Salah satu perkembangan teknologi yang semakin dilirik adalah animasi yang sekarang berkembang menjadi tiga dimensi (3D). Animasi yang dibuat seolah menjadi sangat nyata. Salah satu aplikasi yang banyak digunakan untuk membuat sebuah animasi 3D adalah Blender. Blender merupakan aplikasi Open Source yang digunakan untuk membangun dan membuat animasi 3D. Pada rendering Blender, terdapat 2 teknik yang umum digunakan yaitu Render Cycles dan Render Workbench. Oleh karena itu pada penelitian sekarang akan menggunakan sebuah video simulasi 3D menghadapi gempa bumi dimana objek-objek 3D dan scene yang terdapat pada simulasi 3D menghadapi gempa bumi akan diberikan komposisi yang berbeda untuk memperoleh materi perbandingan. hasil analisis tersebut dapat memberikan solusi 3D Architectural Designer dan 3D Modeling Specialist serta bidang bidang pekerjaan yang terkait dengan proses Rendering dan Simulasi 3D menghadapi gempa bumi dapat digunakan sebagai informasi bagi masyarakat Kata Kunci :Blender, Workbench, Cycles, Animation, 3D Graphics
ANALISIS PERBANDINGAN SISTEM KEAMANAN JARINGAN MENGGUNAKAN SURICATA DAN NETFILTER SEBAGAI NETWORK INTRUSION DETECTION SYSTEM
Siregar, Marco Yosep () 2022Pertumbuhan Internet dan jaringan komputer meningkat sangat pesat saat ini memberikan kemudahan bagi pengguna komputer untuk berbagi sumber daya dan informasi melalui jaringan. Ini bisa sangat berbahaya jika pengguna tidak meningkatkan keamanan jaringan. Berbagai ancaman di teknologi seperti serangan virus dapat dihindari dengan memaksimalkan identifikasi celah keamanan jaringan dan layanan dari kemungkinan serangan. Suricata adalah ids yang dapat mendeteksi ancaman serangan jaringan aktivitas yang dibantu dengan aturan yang ada. Untuk mengatasi permasalahan diatas maka digunakan sebuah aplikasi cisco packet tracer adalah metode yang tepat untuk merancang sebuah sistem keamanan jaringan. Hasil dari pengujian mendapatkan hasil optimal dari hasil serangan terdeteksi oleh log sistem deteksi intrusi (IDS) Suricata di dir /var/log/suricata/fast.log, konfigurasi suricata tidak hanya untuk mendeteksi, sehingga bisa juga untuk melakukan eksekusi drop bila ada aktifitas mencurigakan dengan menggunakan netfilter dimana hasil pengujian menunjukkan bahwa intrusion prevention system pada server dapat bekerja dengan baik, efisien. Hal ini dapat terlihat dengan akuratnya pemblokiran intrusi dengan local rules yang telah dibuat dan tidak terjadinya system crash pada saat pengujian berlangsung. Kata Kunci: Intrusion Detection System, Intrusion Prevention System, Suricata, Netfilter, Cisco Packet Tracer.
ANALISIS PERBANDINGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PADA RENTANG KELOMPOK USIA PASIEN DI PUSKESMAS MENGGUNAKAN METODE WEIGHT PRODUCT DAN TOPSIS
Prasetio, Rizky Ainul () 2022Rentang kelompok usia pasien merupakan kategori usia penduduk berdasarkan kelompok kesejahteraanya. Kelompok usia bertujuan untuk melihat kelompok kesejahteraan tertentu yang di dominasi oleh kelompok usia yang relatif produktif atau di dominasi oleh kelompok usia non produktif contohnya seperti anak - anak atau lanjut usia. Adapun beberapa kriteria yang di gunakan untuk perhitungan sistem pendukung keputusan yaitu rentang usia, jenis kegiatan, dan kategori jumlah. Dalam hal ini peneliti ingin merancang dan membuat suatu aplikasi sistem pendukung keputusan dengan menggunakan perbandingan metode WP dan metode topsis yang bertujuan untuk menentukan rentang kelompok usia pasien yang berkunjung terbanyak di puskesmas. Peneliti akan melakukan penelitian di Puskesmas Desa Lama dengan judul “Analisis Perbandingan Sistem Pendukung Keputusan Pada Rentang Kelompok Usia Pasien Di Puskesmas Menggunakan Metode Weight Product Dan Topsis”. Kata Kunci : analisis, perbandingan, usia pasien, metode weight product, metode topsis
ANALISIS PERBANDINGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN GURU TERBAIK MENGGUNAKAN METODE TOPSIS DAN METODE WASPAS Studi kasus: SD Negeri No.101211 Aek Batang Paya
Ritonga, Hanna () 2022Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan untuk para siswa sebagai generasi penerus bangsa dibutuhkan guru yang berkompeten dalam memberikan pendidikan kepada siswa. Tugas guru adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didiknya. Sistem pendukung keputusan di dunia pendidikan dipandang sebagai asset penting untuk menunjang kelancaran dan keakuratan dalam pencapaian suatu tujuan. SD Negeri No.101211 Aek Batang Paya belum memiliki sistem pendukung keputusan untuk membantu Kepala Sekolah dalam melakkan pemilihan guru terbaik, pengambilan keputusan secara manual akan menghasilkan penilaian yang tidak objektif sehingga tidak tepat. Maka dari itu penulis merancang sebuah sitem pendukung keputusan analisis perbandingan antara dua metode yaitu metode metode TOPSIS dan metode WASPAS dengan kriteria yang ditentukan. Kedua metode ini dibandingkan untuk mengetahui metode mana yang lebih efektif, mudah dan cepat dalam proses perhitungannya yang diharapkan dapat membantu dalam menentukan guru terbaik. Kata Kunci: Guru, Sekolah, Sistem Pendukung Keputusan, Topsis, Waspas
ANALISIS PERFORMA OWNCLOUD DAN PYDIO PADA APLIKASI LAYANAN CLOUD STORAGE
Mendrofa, Vinsensius Elman () 2022Analisis perbandingan performa owncloud dan pydio mengacu pada pengujian kinerja aplikasi layanan cloud storage berbasis sumber terbuka dengan mengidentifikasikan penggunaan konsumsi sumber daya dan teknis penggunaan jaringan antara dua layanan cloud sebagai tolok ukur bagi pengguna serta dapat dijadikan sebagai landasan untuk memilih aplikasi cloud storage yang sesuai kriteria untuk menyimpan data. Pengujian perbandingan performa dilakukan dengan mengunggah sebuah file pada layanan cloud, kemudian untuk penggunaan sumber daya akan dipantau menggunakan netdata, dan untuk teknis penggunaan jaringan akan dipantau menggunakan wireshark. Untuk hasil pengujian performa layanan owncloud dan pydio, dari segi penggunaan dan konsumsi sumber daya, owncloud lebih ringan dibandingkan dengan pydio. Pada teknis penggunaan jaringan keduanya memiliki kriteria tingkatan yang sama. Namun untuk tampilan antarmuka pengguna, pydio memiliki tampilan yang menarik serta mudah untuk digunakan. Kata Kunci: analisis, perbandingan, layanan, identifikasi.
ANALISIS TEKNIK CAMERA MOVEMENT SEBAGAI EFEKTIVITAS PENGGABUNGAN HASIL VIDEO PROMOSI RANGKAIAN BUNGA TANGAN
Lubis, Mieska Rachmadina () 2022Videografi menjadi salah satu bentuk promosi yang banyak digunakan pelaku usaha untuk mengenalkan produk yang dijual. Pada penelitian ini penulis menemukan adanya permasalahan pada objek penelitian yang berupa pelaku usaha jasa terhadap hasil video promosi yang tidak efektif, maka pada penelitian ini penulis membantu menemukan kriteria dan teknik pergerakan kamera yang dapat diterapkan untuk mencapai hasil video yang efektif dan sesuai yang diharapkan, pemilihan teknik pergerakan video yang tepat juga dapat mendukung keserasian pada proses penggabungan video. Kata kunci : Pergerakan Kamera, Video, efektif
ANIMASI 3D MANUAL BREW KOPI MENGGUNAKAN TEKNIK FRENCH PRESS
Wartini () 2021Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihluskan menjadi bubuk kopi. Kopi merupakan salah satu jenis tanaman perkebunan yang sudah lama dibudidayakan dan memiliki nilai jual yang tinggi. Kemajuan teknologi dalam bidang informasi sangat berkembang pesat pada saat ini, terutama informasi dalam bidang animasi. Animasi adalah kumpulan gambar yang disusun secara berurutan biasanya disebut frame, dalam satu frame terdiri dari satu gambar yang jika disususun berurutan maka terlihat seperti bergerak. Penggunaan media animasi dibuat khususnya untuk mengetahui cara penyeduhan kopi secara manual menggunakan teknik french press agar dapat menambah pengetahuan bagi seseorang yang ingin membuat kopi sendiri atau hanya ingin mengetahui cara penyeduhan kopi secara manual menggunakan french press tersebut, karena kopi merupakan minuman yang sangat populer di seluruh dunia terutama di Indonesia. Informasi mengenai penyeduhan kopi secara manual menggunakan teknik french press ini dikemas dengan animasi 3D serta dibuat menggunakan aplikasi 3Ds Max dan metode Frame by frame, dimana seluruh gerakan dari animasi diatur menggunakan frame. Kata kunci : Animasi 3D, Kopi, French press, 3Ds Max, Frame by frame
ANIMASI 3D PEMBUATAN MEDIA TANAM SISTEM AKUAPONIK SEBAGAI EDUKASI BERTANI
Pratama, Yogi () 2022Saat ini banyak masyarakat Indonesia khusus nya daerah perkotaan yang ingin sekali Bertani namun tidak memiliki lahan yang cukup luas. Hal ini dikarenakan minim nya pengetahuan masyarakat dalam metode Bertani. Ada berbagai macam metode Bertani, diantaranya adalah dengan metode sistem akuaponik. Sarana multimedia berbasis animasi dapat digunakan sebagai salah satu media penyampaian informasi, Penelitian ini memanfaat kan animasi 3D sebagai inovasi dalam mengajarkan cara pembuatan Akuaponik. Animasi 3D ini di rancang menggunakan software blender. Proses perancangan dimulai dari menentukan ide cerita, pembuatan storyboard, pemodelan objek, pemberian tekstur, menggerakkan animasi, rendering, sampai dengan proses penyuntingan. Hasil akhir dari animasi ini berupa video yang dilengkapi dengan musik latar, audio, dan teks penjelasan. Animasi 3D pembuatan sistem Akuaponik sebagai edukasi Bertani diharapkan dapat menjadi solusi dalam mengatasi keterbatasan lahan pertanian. Kata Kunci : Animasi 3D, blender, akuaponik
ANIMASI 3D PROSEDUR PENGIRIMAN BARANG SEBAGAI MEDIA PROMOSI MENGGUNAKAN SOFTWARE BLENDER
W.I, Indah Bustari () 2021ABSTRAK Era globalisasi selalu berganti dari segi pengetahuan setiap tahunnya. Salah satunya dengan hadirnya teknologi sebagai alat untuk mempermudah pekerjaan manusia. Pemanfaatan teknologi yang sudah ada kemudian dikembangkan ke dalam informasi. Tanpa adanya informasi, mungkin manusia tidak tahu bagaimana cara mengetahui dan bahkan menggunakan teknologi sebagai tempat informasi. Salah satu informasi yang bisa didapatkan melalui teknologi yaitu video. Pada video ini, akan menampilkan rancangan animasi 3D prosedur pengiriman barang sebagai media promosi menggunakan blender. Dengan adanya rancangan animasi 3D ini, dapat dimanfaatkan sebagai inovasi pengembangan dan pengetahuan. Rancangan model 3D ini dibuat menggunakan software blender. Dari rancangan tersebut, akan diberikan animasi dan diimplementasikan menjadi video. Proses perancangan dimulai dari identifikasi perangkat keras dan perangkat lunak, storyboard dan sketsa, pemodelan objek, pemberian tekstur, pemberian animasi, rendering, sampai dengan proses penyuntingan. Hasil akhir dari video dapat digunakan sebagai promosi kepada masyarakat ataupun pihak tertentu. Kata Kunci : model 3D, blender, pengiriman barang, promosi.