ANALISIS PERBANDINGAN MENGGUNAKAN METODE WASPAS (WEIGHT AGGREGATED SUM PRODUCT ASSESMENT) DAN AHP (ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS) PEMILIHAN APLIKASI SMARTPHONE UNTUK ANAK TINGKAT SD
Penggunaan aplikasi pada anak tingkat sekolah dasar sudah berdampak buruk dikarenakan, kecanduan dalam bermain game online, sosial media dan menghabiskan waktunya hanya dengan bermain aplikasi pada smartphone tersebut. Permasalahan pada penelitian ini adalah akibat buruk dari suatu aplikasi pada smartphone untuk anak tingkat sekolah dasar. Masa pandemi sekarang ini smartphone adalah alat yang di gunakan oleh anak dalam proses belajar, kebanyakan anak jaman sekarang banyak anak dibawah umur yang menyalahgunakan sebuah aplikasi yang ada pada smartphone tersebut, yang mengakibatkan mereka tidak lagi fokus dalam belajar melainkan kecanduan dalam menggunakan smartphone yaitu karena aplikasi yang disenangi mereka, akibatnya mereka malas belajar. Maka dari itu penulis merancang sebuah sistem pendukung keputusan tentang analisis perbandingan menggunakan dua metode yaitu metode WASPAS dan AHP dengan kriteria yang ditentukan. Kedua metode dibandingkan untuk mengetahui metode yang mana yang lebih efektif, mudah dan cepat dalam proses perhitungan yang dapat membantu dalam menentukan aplikasi pada smartphone yang baik di gunakan untuk anak di tingkat SD.
Kata Kunci: sistem, sekolah, aplikasi
URI :
https://jurnal.unity-academy.sch.id/index.php/jirsi/article/view/14
Collections :
Skripsi [1281]
URI :
https://jurnal.unity-academy.sch.id/index.php/jirsi/article/view/14
Collections :
Skripsi [1281]
View/Open
Peer Review
Author
Siregar, Emma YurispaKhairani, Sumi