PENINGKATAN KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK BERBANTUAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Cover
Tuntutan revolusi industri merubah tatanan dalam berbagai bidang, baik ekonomi, sosial dan
pendidikan khususnya. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi menjadi ciri utama pada era
digital ini. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam berwirausaha melalui
pembelajaran berbasis projek berbantuan teknologi informasi dan komunikasi. Penelitian menggunakan
disain eksperimen dengan membagi tiga kelompok responden yakni kelompok pembelajaran
konvensional (X0) sebagai kelompok kontrol dan dua kelompok eksperimen yakni pembelajaran
berbasis projek (X1) dan pembelajaran berbasis projek berbantuan TIK (X2). Analisis data
menggunakan teknik komparasi dengan Twoway-Anova. Hasil Penelitian membuktikan bahwa
pembelajaran kewirausahaan berbasis projek lebih efektif dibanding pembelajaran dengan pendekatan
konvensional, dan pembelajaran berbasis projek berbantuan TIK lebih unggul dari pembelajaran
berbasis projek (μ2> μ1> μ0). Temuan penelitian ini memperkuat penelitan terdahulu dan
merekomendasikan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran khususnya
dalam bidang kewirausahaan. Kompetensi hasil belajar akan lebih tinggi pada pembelajaran berbasis
projek berbantuan TIK dibanding model pembelajaran lainnya, seiring dengan tuntutan perilaku bisnis
dan kewirausahaan di era digital saat ini.
URI :
https://repositori.unhar.ac.id/handle/510/peningkatan-kompetensi-kewirausahaan-melalui-pembelajaran-berbasis-projek-berbantuan-teknologi-informasi-dan-komunikasi
Collections :
Karya Ilmiah [1281]
URI :
https://repositori.unhar.ac.id/handle/510/peningkatan-kompetensi-kewirausahaan-melalui-pembelajaran-berbasis-projek-berbantuan-teknologi-informasi-dan-komunikasi
Collections :
Karya Ilmiah [1281]
View/Open
Fulltext
Similarity
Author
Bulan, Tapi Rondang NiBulan , Tapi Rondang Ni