PENINGKATAN KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK BERBANTUAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Cover
Tuntutan revolusi industri merubah tatanan dalam berbagai bidang, baik ekonomi, sosial dan pendidikan khususnya. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi menjadi ciri utama pada era digital ini. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam berwirausaha melalui pembelajaran berbasis projek berbantuan teknologi informasi dan komunikasi. Penelitian menggunakan disain eksperimen dengan membagi tiga kelompok responden yakni kelompok pembelajaran konvensional (X0) sebagai kelompok kontrol dan dua kelompok eksperimen yakni pembelajaran berbasis projek (X1) dan pembelajaran berbasis projek berbantuan TIK (X2). Analisis data menggunakan teknik komparasi dengan Twoway-Anova. Hasil Penelitian membuktikan bahwa pembelajaran kewirausahaan berbasis projek lebih efektif dibanding pembelajaran dengan pendekatan konvensional, dan pembelajaran berbasis projek berbantuan TIK lebih unggul dari pembelajaran berbasis projek (μ2> μ1> μ0). Temuan penelitian ini memperkuat penelitan terdahulu dan merekomendasikan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran khususnya dalam bidang kewirausahaan. Kompetensi hasil belajar akan lebih tinggi pada pembelajaran berbasis projek berbantuan TIK dibanding model pembelajaran lainnya, seiring dengan tuntutan perilaku bisnis dan kewirausahaan di era digital saat ini.

URI :
https://repositori.unhar.ac.id/handle/510/peningkatan-kompetensi-kewirausahaan-melalui-pembelajaran-berbasis-projek-berbantuan-teknologi-informasi-dan-komunikasi

Collections :
Karya Ilmiah [1121]
View/Open
Fulltext
Similarity
Author
Bulan, Tapi Rondang Ni
Bulan , Tapi Rondang Ni
Metadata
Show Full Item Record