PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM, PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN, DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA ONLINE DENGAN SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial instagram, pembelajaran kewirausahaan, dan locus of control terhadap minat berwirausaha online dengan self efficacy sebagai variabel mediasi pada mahasiswa fakultas ekonomi bisnis universitas harapan medan stambuk 2018, 2019 dan 2020. Dalam penelitian ini menggunakan teknik path analysis yang berfungsi untuk menentukan arah variabel yang diteliti serta menganalisa seberapa signifikan pengaruh antara variabel independen dengan dependen baik secara langsung maupun tidak langsung melalui variabel mediasi. Dalam penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Seluruh populasi yang digunakan dalam penelitian ini ialah 200 responden Mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Harapan Medan Stambuk 2018, 2019, 2020 yang telah mengikuti mata kuliah kewirausahaan. Hasil penelitian untuk kategori memiliki usaha menunjukkan bahwa variabel penggunaan media sosial instagram tidak berpengaruh signifikan terhadap self efficacy. Pembelajaran kewirausahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap self efficacy. Locus of Control berpengaruh signifikan terhadap self efficacy. Penggunaan media sosial instagram tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha online. Pembelajaran kewirausahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha online.Locus of control berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha online. Self efficacy tidak berpengaruh signfikan terhadap minat berwirausaha online. Penggunaan media sosial instagram, pembelajaran kewirausahaan dan locus of control terhadap minat berwirausaha online melalui self efficacy adalah tidak signifikan. Untuk kategori tidak memiliki usaha menunjukkan bahwa variabel penggunaan media sosial instagram tidak berpengaruh signifikan terhadap self efficacy. Pembelajaran kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap self efficacy. Locus of Control berpengaruh signifikan terhadap self efficacy. Penggunaan media sosial instagram tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha online. Pembelajaran kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha online. Locus of control tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha online. Self efficacy berpengaruh signfikan terhadap minat berwirausaha online. Penggunaan media sosial instagram terhadap minat berwirausaha online melalui self efficacy adalah tidak signifikan. Pembelajaran kewirausahaan dan locus of control terhadap minat berwirausaha online melalui self efficacy adalah signifikan

URI :
https://repositori.unhar.ac.id/handle/884/pengaruh-penggunaan-media-sosial-instagram-pembelajaran-kewirausahaan-dan-locus-of-control-terhadap-minat-berwirausaha-online-dengan-self-efficacy-sebagai-variabel-mediasi

Collections :
Skripsi [1281]
View/Open
Fulltext
Peer Review
Author
Putri, Eka
Miraza, Zuwina
Metadata
Show Full Item Record