ANALISA KEKERASAN DUDUKAN KATUP MENGGUNAKAN BAHAN LOGAM FERRODENGAN SISTEM PERLAKUAN PANASPADA MOBIL COLT DIESE
Mesin diesel merupakan mesin pembakaran yang melakukan proses pembakaran dengan menggunakan bahan
bakar solar, pada mesin diesel khususnya mesin mobil colt diesel sangat umum dan dikeluhkan oleh para
pengguna atau pengemudi karena mesin mobil colt diesel termasuk salah satu mesin mobil tua. Kebocoran
dudukan katup sangat rentan terjadi pada setiap mobil, akibatnya karena muatan melebihi kapasitas mobil
tersebut. Oleh karena itu, dudukan katup harus diganti dengan yang baru agar mobil dapat digunakan kembali.
Bidang mekanik dan pemesinan secara tidak langsung juga dituntut untuk berkembang pula untuk mengimbangi
dunia industri yang semakin maju.hal ini bertujuan untuk meningkatkan daya tahan material agar sesuai
dengan kinerja mesin yang diharapkan. Syarat umum material ialah mempunyai kekuatan, kekerasan, kekakuan,
dan pemeliharaannya. Proses pendinginan pada mobil colt diesel juga bisa dilakukan dengan pengoptimalan
fungsi oli sebagai pendingin. Langkah yang sudah di terapkan adalah pendinginan oli dengan mempergunakan
oli medistran sc. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan tingkat kekerasan atau
kekuatan dudukan katup bahan logam ferro. Diawali dengan proses pengukuran nilai kekerasan dudukan
katup, proses perlakuan panas, pendinginan dan melakukan perbandingan nilai kekerasan dudukan katup bahan
paduan logam ferro.
URI :
https://repositori.unhar.ac.id/handle/779/analisa-kekerasan-dudukan-katup-menggunakan-bahan-logam-ferrodengan-sistem-perlakuan-panaspada-mobil-colt-diese
Collections :
Prosiding [1281]
URI :
https://repositori.unhar.ac.id/handle/779/analisa-kekerasan-dudukan-katup-menggunakan-bahan-logam-ferrodengan-sistem-perlakuan-panaspada-mobil-colt-diese
Collections :
Prosiding [1281]
View/Open
Fulltext
Similarity
Author
richardo chonfu m. sinaga, junaidi, din aswan amran ritongaJunaidi