ANALISA GETARAN MENGGUNAKAN BANTALAN MESIN (ENGINE MOUNTING) BERBAHAN DASAR KOMBINASI DUA PER SPIRAL DAN KARET ALAMI PADA TOYOTA AVANZA
Ide pemakaian 2 per spiral di dalam engine mounting mesin mobil Toyota jenis Avanza dan karet alam yang di
uji pada saat mesin berputar 1000 Rpm dengan memasang sensor getaran pada posisi chasis mobil dengan
posisi sumbu x, sumbu y dan sumbu z. Dengan amplitude (simpangan) rata-rata 1,297459 mm kecepatan
getaran-34,38497 m/s (tanda negatif menunjukkan arah kecepatan) serta percepatan-13750,7 m/s2
. Untukposisi
sumbu y besar simpangan rata-rata adalah 1,693312 mm, kecepatan -44,8757 mm/s dana percepatan -17946
mm/s2
. Sementara untuk posisi sensor dengan sumbu z besar simpangan rata-rata dengan menggunakan metode
excel adalah 1,94592 mm, kecepatan -51,5703 mm/s dana percepatan -20623,2 mm/s2
.Untuk putaran mesin
1000 Rpm hasil perbandingan dari ketiga simpangan (amplitudo) getaran pada rangka bodi lebih kecil pada
posisi sumbu x dan sumbu y jika dibandingkan dengan posisi sumbu z,
URI :
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/7632
Collections :
Karya Ilmiah [1280]
URI :
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/7632
Collections :
Karya Ilmiah [1280]
View/Open
Similarity
Fulltext