MEDIA PEMBELAJARAN SILSILAH MARGA ADAT BATAK TOBA BERBASIS ANIMASI MENGGUNAKAN ADOBE FLASH
Silsilah atau biasa yang disebut Tarombo oleh orang bersuku Batak adalah garis keturunan yang sudah menjadi adat bagi orang-orang untuk mengetahui silsilah atau hubungan kekerabatan. Tetapi, adat ini sudah mulai menghilang dari orang-orang suku Batak Toba karena data keluarga yang sulit dicari, silsilah yang mulai meluas, dan sedikitnya orang-orang yang mengetahui silsilahnya. Hal-hal tersebut menjadikan tarombo kehilangan daya tariknya dan menjadi latar belakang dari penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah membangun suatu sistem aplikasi yang akan menjadi media bagi para pengguna khususnya bersuku Batak Toba untuk dapat memiliki, membuat atau meneruskan silsilah keluarga serta memudahkan kita untuk mencari silsilah atau Tarombo marga dan keluarga.
Aplikasi ini dirancang menggunakan Adobe Flash CS6 yang memiliki kinerja cukup bagus. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam pengembangan sistem adalah metode studi kepustakaan, yaitu mengumpulkan data-data yang mendukung yang mempunyai kaitan dengan penelitian seperti dari media sosial, website-website atau sumber lainnya. Berdasarkan hasil pengujian, aplikasi silsilah maraga ini sukses berjalan di atas sistem operasi Windows 10. Penelitian ini menghasilkan suatu aplikasi dengan fungsi utama sebagai media yang membutuhkan informasi mengenai silsilah marga Batak Toba, khususnya marga Sinambela serta memberikan kemudahan dan kecepatan yang diinginkan.
Kata Kunci :Batak Toba, Tarombo, Adobe Flash CS6, Sinambela
URI :
https://repositori.unhar.ac.id/handle/531/media-pembelajaran-silsilah-marga-adat-batak-toba-berbasis-animasi-menggunakan-adobe-flash
Collections :
Skripsi [1281]
URI :
https://repositori.unhar.ac.id/handle/531/media-pembelajaran-silsilah-marga-adat-batak-toba-berbasis-animasi-menggunakan-adobe-flash
Collections :
Skripsi [1281]
View/Open
Peer Review
Author
Sinambela, Rini RahmadaniHarahap, Herlina