AUGMENTED REALITY PENGENALAN LINGKUNGAN KAMPUS II UNIVERSITAS HARAPAN MEDAN DENGAN METODE MARKERLESS
Cover
ABSTRAK
Media promosi memberikan sebuah penjelasan kepada calon pelanggan tentang barang atau jasa yang akan ditawarkan kepada calon konsumen. Proses promosi dapat dilakukan dengan berbagai macam salah satunya yaitu brosur. Universitas Harapan Medan menggunakan brosur sebagai salah satu media promosi yang sampai saat ini masih dilakukan. Untuk menarik perhatian calon mahasiswa dapat menyisipkan teknologi Augmented Reality (AR) pada brosur agar menjadi lebih menarik dan interaktif. Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan untuk membangun aplikasi ini yaitu metode waterfall. Perancangan sistem menggunakan UML (Unified Modelling Language). Penelitian ini memanfaatkan teknologi Markerless yaitu dengan menampilkan gedung dari Kampus 2 Universitas Harapan Medan. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan Unity 3D dan Vuforia Engine, sedangkan untuk bahasa pemrograman menggunakan C#. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi Augmented Reality yang dapat digunakan pada smartphone Android. Aplikasi ini menyajikan informasi bagaimana bentuk dari gedung kampus 2 Universitas Harapan Medan sebagai media promosi.
Kata Kunci: Media Promosi, Augmented Reality, Markerless, Unity, Vuforia
URI :
https://ejournal.catuspata.com/index.php/jkdn/index
Collections :
Skripsi [1281]
URI :
https://ejournal.catuspata.com/index.php/jkdn/index
Collections :
Skripsi [1281]
View/Open
Fulltext
Peer Review
Author
Wulanigrum, HediningtiasLubis, Ihsan