The Effect of Experiential Marketing on Customer Loyalty with Satisfaction as an Intervening Variables
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan kewirausahaan, kepribadian wirausaha, dan faktor eksternal terhadap keberhasilan usaha kecil menengah di Pasar Malam Medan. Kuesioner disebarkan kepada 88 pelaku UKM di Pasar Malam Medan. Model yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda dan diproses menggunakan SPSS versi 22.0. Berdasarkan hasil analisis uji-t diketahui bahwa pengetahuan kewirausahaan dan kepribadian wirausaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha, sedangkan faktor eksternal (X3) berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keberhasilan usaha. Kemudian hasil analisis dengan menggunakan uji F diketahui bahwa ketiga variabel bebas yaitu pengetahuan kewirausahaan, kepribadian wirausaha, dan faktor eksternal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha. Hasil analisis dengan menggunakan koefisien determinasi menunjukkan bahwa 20,6% keberhasilan usaha dapat diperoleh dan dijelaskan oleh pengetahuan kewirausahaan, kepribadian wirausaha, dan faktor eksternal. Sedangkan sisanya 79,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
URI :
https://enrichment.iocspublisher.org/index.php/enrichme nt/article/view/41/32
Collections :
Karya Ilmiah [1281]
URI :
https://enrichment.iocspublisher.org/index.php/enrichme nt/article/view/41/32
Collections :
Karya Ilmiah [1281]
View/Open
Similarity
Peer Review
Fulltext
Author
desy suryaaditi,bunga
saragih, megasari gusandra
Junita, Audia