PENGEMBANGAN DAN PERANCANGAN KEMASAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PRODUK JANGGELAN

Cover
Salah satu usaha yang dapat ditempuh dalam menghadapi persaingan perdagangan yang semakin tajam adalah kualitas desain kemasan. Berdasarkan prioritas karakteristik teknis diperoleh secara berurutan faktor-faktor pembangun desain kemasan dari nilai kuesioner respon responden terhadap kemasan produk janggelan yaitu, bahan/material, warna kemasan, ukuran dan bentuk kemasan, informasi produk kemasan, dan logo kemasan. Perancangan desain kemasan dapat diukur melalui nilai faktor dan level. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi nilai level adalah faktor A (box/kotak), faktor B (bambu rotan), faktor C (kuning kecoklatan), faktor D (merah), faktor E (putih hitam), faktor F (komposisi, halal, netto), dan faktor G (Tengah). Metode Taguchi diperoleh kombinasi level faktor yang dapat meningkatkan kualitas kemasan produk janggelan adalah kombinasi level faktor A1B2C1D1E1F1G2 (ukuran dan bentuk kemasan box/kotak dengan ukuran 15 x 15 cm, bahan/material kemasan bambu rotan dengan ukuran kecil, warna kemasan kuning kecoklatan dengan gradasi terang, warna tulisan informasi kemasan merah dengan gradasi terang, warna merk kemasan putih hitam dengan gradasi terang, informasi produk kemasan komposisi, halal, netto dengan ukuran sedang, dan letak logo kemasan tengah dengan ukuran sedang). Kata kunci : Daya tarik visual, Metode Taguchi, Kemasan, Janggelan

URI :
Jurnal Teknik Industri Terintegrasi (JUTIN) Volume 8 Nomor 2 Tahun 2025.

Collections :
Skripsi [1479]
View/Open
Fulltext
Peer Review
Author
Sarumpaet, Maritsa Debora
Harahap, Uun Novalia
Metadata
Show Full Item Record