PENERAPAN METODE MULTIFACTOR EVALUATION PROCESS UNTUK MENENTUKAN PROGRAM TELEVISI ANAK-ANAK TERBAIK

Cover
Televisi merupakan media elektronik yang sangat akrab bagi anak- anak, karena banyak film yang menayangkan program acara menarik untuk anak-anak. Media anak-anak, khususnya televisi, merupakan salah satu media penting bagi anak-anak dalam proses penyerapan (internalisasi) nilai-nilai sosial tertentu di masyarakat. Dalam Media televisi dapat menyajikan acara-acara tentang potret kehidupan dan perilaku sehari-hari baik dalam bentuk kisah nyata maupun dramati- sasi sesuai dengan tujuan yang dikehendaki. Program televisi yang bergenre anak-anak masih ada yang mengandung beberapa unsur kekerasan dan perilaku yang negatif. Hal ini harus dapat perhatian lebih dari orang tua agar anak-anak mereka terhindar dari perilaku yang menyimpang. Pemilihan program televisi yang baik untuk dilihat oleh anak-anak menjadi begitu penting guna menghindarkan anak-anak dari perilaku yang tidak sesuai dengan umur mereka. Anak-anak yang berlebihan menonton televisi dapat merusak perkembangan anak. Namun, ada juga program acara yang cocok untuk anak dan bahkan potensial untuk dijadikan sebagai media sosialisasi nilai-nilai pendidikan karakter bagi anak-anak. Hal tersebut dapat dipahami karena kekuatan televisi dapat meningkatkan antusiasme kepedulian, pengetahuan bahkan keinginan khalayak melalui setiap adegan, tayangan, gambar, suara, dan pesan-pesan yang disajikan. Berdasarkan berbagai program acara televisi yang tidak semua cocok untuk anak-anak maka perlu adanya bimbingan orang tua dalam menonton program acara televisi. Penelitian ini akan menganalisis tentang acara televisi terbaik yang dapat ditonton oleh anak dengan usia 13 tahun ke bawah. Metode multifactor Evalution Process memberi kemudahan untuk menentukan program televise anakanak terabik dan layak ditonton walaupun tanpa didampingi orangtua dan keluarga. Aplikasi berbasis web dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. Penelitian ini akan menggunakan 4 kriteria yaitu unsur pendidikan, unsur bahasa, unsur moral, dan unsur kekerasan. Selain kriteria, penelitian ini juga menggunakan 10 alternatif yang terdiri dari berbagai macam acara televisi anak dari berbagai statsiun televisi. Dengan menerapkan Penerapan Metode Multifactor Evalution Process untuk menentukan program televisi anak-anak terbaik menghasilkan tontonan televisi yang bermanfaat untuk anak usia 13 tahun ke bawah. Kata Kunci: Acara Televisi Anak, Sistem Penunjang Keputusan, MFEP.

URI :
https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/ijdsv/article/view/17599

Collections :
Skripsi [1121]
View/Open
Peer Review
Author
Depari, Mayang Andini S
Irvan
Metadata
Show Full Item Record