Submit Dates

Jump to a point in the index:
Now showing items 1-40 of 249

MENUMBUH KEMBANGKAN INTENSI KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONSTEKTUAL

Bulan, Tapi Rondang Ni () 2014

Penelitian ini dilandasi pemikiran bahwa pada saat ini pemerintah sedang giatnya mendorong masyarakat untuk berwirausaha. Salah satu upaya tersebut adalah dengan memasukan kewirausahaan pada kurikulum di seluruh Program Studi pada Perguruan Tinggi dan tingkat SMK. Permasalahannya adalah model pembelajaran pemodelan yang bagaimana yang bisa meningkatkan intensi kewirausahaan yang tinggi khususnya pada tingkat mahasiswa. Sejalan dengan itu maka penelitian ini bertujuan penganalisaan Model Pembelajaran Kontekstual melalui sebuah modul dan rencana pembelajaran kewirausahaan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yaitu penelitian yang dilakukan oleh dosen bekerja sama dengan peneliti (atau dilakukan oleh dosen sendiri yang juga bertindak sebagai peneliti) di kelas dengan penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan proses dan praktis pembelajaran. Penelitian dilakukan di berbagai perguruan tinggi baik swasta maupun negeri yang berdomisili di Kota Medan dan sekitarnya. Secara lebih khusus, perguruan tinggi negeri yang terlibat adalah Universitas Negeri Medan (UNIMED) dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sumatera Utara, sedangkan perguruan tinggi swasta meliputi Universitas Islam Sumatera Utara (UISU). Universitas Dharma Agung (UDA) dan Universitas Panca Budi (UNPAB). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas serta evaluasi dan analisis yang dilakukan pembelajaran kewirausahaan dengan model pendekatan konstektual dapat meningkatkan intensi yang tinggi bagi mahasiswa untuk menjadi seorang wirausahaan yang tangguh dan berkualitas, selain itu model pendekatan konstektual melahirkan kesiapan-kesiapan diri baik pada dosen pengampu maupun mahasiswa, masing-masing pihak yang terlibat sama-sama saling menyiapkan diri sebelum berdiskusi baik kelompok maupun kelas.

PEMANFAATAN METODE KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN GUNA PENINGKATAN ATENSI

Bulan, Tapi Rondang Ni () 2015

The influence of entrepreneurship education has been considered as one of the important factors to grow and develop the passion, spirit and enterpreneurual behavior among the younger generation. However, both state universitas and private universitas, as a provider of higher education can not be expected to be able to provide learning to students and college graduated to be able to play that role it is, more due to the lack of a learning model that corresponds to the condition that the student based on the results of previous studies found that the learning model modeling has become a model of enterpreneurual learning are considered appropriate by the student. Thus, the learning model, has a strong feasibility to be compiled and presenter in the form of module learning model. The purpose of this follow-up study is analyzing and modeling as the design of the learning model that has been arranged through a module and learning plants as a lecturer guide of the proposed model of enterpreneurial learning. This study used a qualitative approach This research is a classroom action research. The results of the study show that contextual teaching method ia able to improve the achievement of agreed target,contextual approach model application techniques stimulate a readiness to lectures of and students where both parties prepare themselves before discussion. the use of proops in the running contextual model is amust and cannot be separated froem the contextual model itself. In general can be concluded that visible results of the learning process with contextual approach raises that value of high intention among the students.

Pengembangan Wirausaha Ibu Rumah Tangga Mandiri Di Kota Medan

Bulan, Tapi Rondang Ni () 2018

Pengembangan Wirausaha Ibu Rumah Tangga Mandiri Di Kota Medan

Pengembangan Manajemen Penasaran (Lanjutan)

aditi,bunga (),lioni indrayani (),fedrico zamzani syahputra bahagia () 2019

Pemasaran (marketing) sebagai sebuah ilmu sebenarnya sudah dikenal sejak abad ke-19. Pada fase awal perkembangannya ilmu marketing mencakup tiga elemen pokok yaitu advertising, selling, and distribution. Kemudian seiring perkembangan jaman unsur-unsur lainnya mulai ditambahkan seperti konsumsi, perilaku konsumen, perilaku pasar, dan lainnya.

Innovation Product and Halal Labelization In Buying Repurchase

aditi,bunga () 2019

Indonesia merupakan negara yang sedang berkembang memiliki banyak Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). UMKM memiliki peranan yang sangat vital didalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Inovasi produk dan dan labelisasi halal terhadap Minat beli ulang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi. Metode analisis data yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda dengan menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan Inovasi produk dan Labelisasi halal secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang. Secara parsial masing-masing Inovasi produk dan Labelisasi halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang. Harga sebagai variabel moderating yang dapat memperkuat pengaruh inovasi produk dan labelisasi halal Terhadap Minat beli ulang di UMKM Kabupaten Langkat

UNDERSTANDING OF CONTRUCT INDICATORS FORMING DIMENSIONS OF BUSINESS STRATEGY AND CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT IN INDUSTRY REVOLUTION 4.0

hafizah, aditi, bunga, hermansyur ,muda iskandar () 2019

Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan berbagai strategi bisnis dalam customer relationship management di era revolusi industri 4.0. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian yang digunakan sebagai deskriptif analitis. Teknik pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan, yang dilakukan dengan membaca buku dan jurnal literatur tentang Strategi Bisnis, Manajemen Hubungan Pelanggan, dan Revolusi Industri 4.0. Tulisan ini untuk menanamkan strategi bisnis dalam manajemen hubungan pelanggan di revolusi industri 4.0

Pengaruh Ketanggapan, Diskon harga dan Bukti Fisik Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Sikap Konsumen Sebagai Variabel Moderating Pada PT. Gojek Medan

aditi,bunga (),hermansyur () 2019

Kepuasan konsumen merupakan suatu wujud dari perasaan konsumen terhadap suatu produk atau jasa apakah sesuai dengan yang diharapkan. Tercapainya kepuasan konsumen merupakan salah satu tujuan utama yang ingin dicapai setiap perusahaan Industri online yang semakin kompetitif, memberikan gambaran kepada pelaku industri online dapat menawarkan produk yang tepat kepada para konsumen, dengan ketanggapan yang terbaik , diskon harga dan mereka yang terkenal. Oleh karena itu, perlu adanya pemahaman mengenai target pasar atau konsumen yang akan dilayani karena merupakan hal yang sangat penting dalam meningkatkan kegiatan bisnis. Semakin ketatnya persaingan bisnis saat ini mengakibatkan perusahaan dihadapkan pada tantangan untuk dapat mempertahankan kelangsungan hidup. Salah satunya PT GO-JEK di Kota Medan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Ketanggapan, Diskon Harga dan Bukti fisik Terhadap Kepuasan konsumen dengan sikap konsumen sebagai variabel moderating Pada PT GOJEK di Kota Medan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi. Metode analisis data yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda dengan menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan Ketanggapan, Diskon Harga dan Bukti fisik secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan konsumen pada PT GO-JEK di Kota Medan. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial Ketanggapan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan konsumen pada PT GO-JEK di Kota Medan. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial Diskon Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan konsumen pada PT GO-JEK di Kota Medan. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial Bukti fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan konsumen pada PT GO-JEK di Kota Medan. Koefisien determinasi (R2) dari variabel Ketanggapan, Diskon Harga dan Bukti fisik mampu menjelaskan Kepuasan konsumen PT GO-JEK di Kota Medan sebesar 70,8% sedangkan sisanya sebesar 29,2% dijelaskan oleh variabelvariabel independen yang tidak diteliti. Sikap konsumen sebagai variabel moderating yang dapat memperkuat pengaruh Ketanggapan, Diskon Harga dan Bukti fisik Terhadap Kepuasan konsumen pada PT GO-JEK di Kota Medan.

PENGUATAN KINERJA PEMASARAN MELALUI PENGEMBANGAN INOVASI DAN KREATIVITAS PADA WIRAUSAHA MUDA (STUDI PADA FAKULTAS EKONOMI BISNIS UNIVERSITAS HARAPAN MEDAN)

Manurung, Maesi Dora () 2019

Perkembangan bisnis UKM dari waktu ke waktu mengalami peningkatan yang stabil. Namun, di dalam perjalanannya untuk berkembang lebih maju, para pelaku bisnis UKM tidak lepas dari kendala-kendala. Rata-rata kendala yang dihadapi oleh pelaku bisnis di Universitas Harapan Medan tidak mengetahui strategi dan inovasi yang tepat untuk mengembangkan bisnis mereka. Hal tersebut diungkapkan oleh beberapa pelaku bisnis yang dilakukan oleh peneliti pada waktu pra survey primer. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengembangan inovasi dan kreativitas berpengaruh baik secara parsial maupun simultan terhadap kinerja pemasaran bagi wirausaha muda Fakultas Ekonomi Bisnis di Universitas Harapan Medan Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah wirausaha muda yang ada di Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Harapan Medan sebanyak 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, kreativitas berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran dan pengembangan inovasi dan kreativitas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran Kata kunci : Pengembangan Inovasi, Kreativitas, Kinerja Pemasaran

PENGARUH LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA PADA KARYAWAN PT. BANK RAKYAT INDONESIA, TBK KANWIL MEDAN

Purba, Yani Yohana () 2019

Karyawan merupakan sumber daya yang penting bagi organisasi, karena memiliki bakat, tenaga, dan kreativitas yang sangat dibutuhkan oleh organisasi untuk mencapai tujuannya, karena itulah perlu adanya sumber daya manusia yang berkualitas dan mempunyai loyalitas yang tinggi, dalam rangka meningkatkan produktivitas perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja di PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk Kanwil Medan. Sampel penelitian sebanyak 168 orang pegawai dipilih dengan metode sampel jenuh, sementara data dikumpulkan menggunakan kuisioner untuk kemudian dianalisis dengan Structural Equation Modelling (SEM) melalui aplikasi SPSS AMOS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan secara parsial antara Lingkungan Kerja Fisik terhadap Kepuasan Kerja Pegawai, dan Lingkungan Kerja Non Fisik terhadap Kepuasan Kerja. Kata kunci: Lingkungan kerja, Kompensasi, Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja

FAKTOR PENENTU KEEFEKTIFAN TRANSFER PELATIHAN DITINJAU DARI SELF EFFICACY, LINGKUNGAN KERJA, DUKUNGAN ATASAN DAN DESAIN PELATIHAN PADA KARYAWAN GARUDA PLAZA HOTEL MEDAN

Rosada, Fikha () 2019

Penelitian dilakukan pada Hotel Garuda Plaza Medan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh self efficacy, lingkungan kerja, dukungan atasan dan desain pelatihan terhadap keefektifan transfer pelatihan. Populasi penelitian adalah karyawan yang bekerja di Hotel Garuda Plaza Medan pada bulan Maret 2019 sebanyak 241 karyawan, pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling sehingga jumlah sampel penelitian sebanyak 71 responden. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan teknik analisis data digunakan adalah regresi linear berganda, asumsi klasik, dan uji kelayakan model. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial lingkungan kerja, dukungan atasan dan desain pelatihan tidak berpengaruh signifikan terhadap keefektifan transfer pelatihan, self efficacy berpengaruh signifikan terhadap keefektifan transfer pelatihan pada Hotel Garuda Plaza Medan. Secara simultan menunjukkan efikasi diri, lingkungan kerja, dukungan atasan dan desain pelatihan bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keefektifan transfer pelatihan pada Hotel Garuda Plaza Medan. Efikasi diri, lingkungan kerja, dukungan atasan dan desain pelatihan mempunyai hubungan yang kuat terhadap transfer pelatihan yang terdapat di Hotel Garuda Plaza Medan. Nilai koefisien adjusted R square (R2) sebesar 0,609 ini menunjukkan bahwa transfer pelatihan dapat dijelaskan oleh efikasi diri, lingkungan kerja, dukungan atasan dan desain pelatihan sebesar 60,90%, dan sisanya sebesar 39,10% dapat dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak diteliti. Kata kunci: Transfer Pelatihan, Self Efficacy, Lingkungan Kerja, Dukungan Atasan dan Desain Pelatihan

PENGARUH JENIS PEKERJAAN WAJIB PAJAK, MODERNISASI SISTEM ADMINISTRASI PERPAJAKAN DAN SANKSI PAJAK TERHADAP MOTIVASI WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI PADA KPP PRATAMA MEDAN POLONIA

Depari, Rapta Abed Nego () 2019

Motivasi wajib pajak orang pribadi akan lebih tinggi dengan adanya sanksi pajak apabila wajib pajak secara sengaja tidak membayar pajak dengan cara menutupi harta kekayaannya. Perlunya pemeriksaan pajak yang dilakukan aparat pajak memiliki kemungkinan mempengaruhi motivasi wajib pajak orang pribadi dalam membayar pajak penghasilan. Sistem pekerjaan wajib pajak, modernisasi sistem administrasi perpajakan, dan sanksi pajak tidak lain merupakan pagar penjaga agar wajib pajak tetap berada pada koridor peraturan perpajakan. Selain itu penegakan hukum ini menjadi upaya untuk menciptakan keadilan melalui penerapan peraturan perpajakan secara fair, konsisten dan konsekuen, nilai-nilai yang dituntut pada era masa depan. Sehingga tujuan utamanya adalah untuk menguji dan meningkatkan tax compliance seorang wajib pajak, berarti pemeriksaan merupakan interaksi antara pemeriksa dengan wajib pajak. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 22.481 dan sampel penelitian ini adalah 100 wajib pajak dengan metode slovin. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi wajib pajak orang pribadi KPP Pratama Medan Polonia dapat terjadi bila memperhatikan jenis pekerjaan wajib pajak, modernisasi sistem administrasi perpajakan dan sanksi pajak secara bersama-sama. Hasil penelitian ini menerima hipotesis (Ha) yang menyatakan bahwa jenis pekerjaan wajib pajak, modernisasi sistem administrasi perpajakan dan sanksi pajak secara simultan berpengaruh terhadap motivasi wajib pajak orang pribadi. Artinya semakin sadar betapa pentingnya pajak, semakin tinggi jenis pekerjaan wajib pajak, modernisasi sistem administrasi perpajakan dan sanksi pajak maka semakin cepat KPP Pratama dalam melaporkan hasil wajib pajak ke masyarakat. Kata Kunci : Jenis Pekerjaan Wajib Pajak, Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan, Sanksi Pajak, Motivasi Wajib Pajak Orang Pribadi

PENGARUH CURRENT RATIO, TOTAL ASSET TURN OVER, PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP RETURN ON ASSET PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BEI

Vernando, Edward Yusuf () 2019

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh current ratio, total asset turnover, pertumbuhan penjualan dan debt to equity ratio terhadap return on asset pada perusahaan food and beverage yang terdaftar di BEI periode tahun 2014 – 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2017 sebanyak 18 perusahaan. Setelah melewati tahap purposive sampling, maka sampel yang layak digunakan sebanyak 14 perusahaan food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data sekunder menggunakan metode dokumentasi diperoleh dari laporan keuangan tahunan yang dipublikasikan. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini dengan analisis regresi berganda, uji hipotesis yaitu koefisien determinan, uji F, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan current ratio (CR), total assets turn over (TATO), pertumbuhan penjualan, debt to equity ratio (DER) tidak berpengaruh terhadap return on assets (ROA). Secara parsial terdapat pengaruh current ratio dan total assets turn over berpengaruh terhadap return on assets (ROA). Sedangkan pertumbuhan penjualan dan debt to equity ratio tidak berpengaruh terhadap return on assets (ROA). Kata Kunci : Current Ratio, Total Asset Turn Over, PertumbuhanPenjualan, Debt To Equity, Return On Asset

ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN, PENGALAMAN PEMBELIAN ONLINE, KESADARAN MEREK DAN LOYALITAS MEREK TERHADAP MINAT BELI DENGAN PROMOSI SEBAGAI PEMODERASINYA (STUDI PADA KONSUMEN TRAVELOKA DI KOTA MEDAN)

Sembiring, Sri Febriani () 2019

Traveloka memberikan berbagai kenyamanan kepada konsumen dengan sistem pemesaran tiket pesawat, travel dan reservasi hotel yang cepat, pembayaran yang mudah dan aman, sehingga memberikan berbagai pilihan harga tiket, travel dan hotel sesuai dengan budget konsumen. Selain itu Traveloka memberikan informasi mengenai lokasi atau tempat rekomendasi hotel, dan tempat wisata. Berbagai pelayanan yang diberikan Traveloka dimaksudkan untuk memberikan kualitas pelayanan yang terbaik terhadap konsumen sehingga diharapkan dapat memberikan kepuasan bagi konsumen. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kepercayaan, pengalaman pembelian Online, kesadaran merek, loyalitas merek berpengaruh baik secara parsial maupun secara simultan terhadap minat beli dan untuk mengetahui apakah kepercayaan, pengalaman pembelian Online, kesadaran merek, loyalitas merek berpengaruh terhadap minat beli yang dimoderasi oleh promosi Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah berjumlah tidak diketahui sehingga menggunakan metode sampel yang digunakan yaitu rumus Purba yaitu menjadi 100 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan MRA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kepercayaan, pengalaman pembelian Online dan loyalitas merek berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli, hanya variabel kesadaran merek tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli pada Traveloka dan secara bersama-sama variabel kepercayaan, pengalaman pembelian Online, kesadaran merek dan loyalitas merek berpengaruh signifikan terhadap minat beli pada Traveloka. Promosi memberi efek memperkuat pengaruh kepercayaan, pengalaman pembelian Online dan kesadaran merek terhadap minat beli dan variabel promosi memberi efek memperlemah loyalitas merek terhadap minat beli. Kata kunci : Kepercayaan, Pengalaman Pembelian Online, Kesadaran Merek, Loyalitas Merek, Minat Beli dan Promosi

PENGARUH PENERAPAN GOOD GOVERNANCE, AUDIT KINERJA DAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH TERHADAP AKUNTABILITAS KEUANGAN DINAS PERHUBUNGAN KOTA MEDAN

Khardila, Widya () 2019

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui good governace, audit kinerja, dan standar akuntansi pemerintah terhadap akuntabilitas keuangan.Variabel good governace, audit kinerja, dan standar akuntansi pemerintah sebagai variabel independen dan akuntabilitas keuangan sebagai variabel dependen. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 30 staff yang terlibat dalam pengelolaan keuangan. Penelitian ini dilakukan di Dinas Perhubungan UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor Amplas dan Pinang Baris Medan. Penelitian ini menggunakan data primer. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode sensus/survei untuk mendapatkan data dari responden digunakan instrumen penelitian berupa kuisioner. Data dianalisis dengan menggunakan model kausal (causal research). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa good governace, audit kinerja, dan standar akuntansi pemerintah berpengaruh terhadap akuntabilitas keuangan. Kata kunci: Good Governace, Audit Kinerja, Standar Akuntansi Pemerintah, dan Akuntabilitas Keuangan.

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, MOTIVASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI RUMAH SAKIT ISLAM MALAHAYATI MEDAN

Rizal,Sandi Latmansyah () 2019

Dari penelitian awal yang peneliti lakukan. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan dan potensi pegawai adalah dengan terus memberikan sistem gaya kepemimpinan yang tepat, meningkatkan motivasi para pegawai dan komunikasi yang berjalan dua arah antara pegawai dan pimpinan. Gaya kepemimpinan merupakan salah satu faktor terpenting dalam pengimplementasian di lapangan, karena tanpa adanya campur tangan dari pimpinan maka segala pekerjaan yang dilaksanakan akan menjadi rumit sehingga dibutuhkan pengawasan dari pimpinan agar dalam pelaksanaannya lebih mudah terselesaikan. Begitu juga dengan motivasi, dimana Pegawai perlu dimotivasi agar bisa menyelesaikan setiap beban kerja yang diberikan kepadanya. Tanpa motivasi yang tinggi dari pimpinan, maka setiap pekerjaan menjadi terkendala dan tidak efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi dan komunikasi terhadap produktivitas kerja pegawai Rumah Sakit Islam Malahayati Medan baik secara parsial maupun simultan. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah orang dan sampel yang diambil menggunakan teknik slovin menjadi 75 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap produktivitas kerja pegawai, motivasi berpengaruh secara signifikan terhadap Produktivitas kerja pegawai, komunikasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap produktivitas kerja pegawai serta secara simultan variabel gaya kepemimpinan, motivasi dan komunikasi berpengaruh signifikan terhadap produktivitas keija pegawai pada Rumah Sakit Islam Malahayati Medan

PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM RANGKA MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN YANG DIMEDIASI OLEH SEMANGAT KERJA PADA PT. UNILEVER INDONESIA TBK

Prabella,Eggy () 2019

Penelitian ini dilandaskan pada pemikiran bahwa untuk mewujudkan cita-cita organisasi atau perusahaan karena memiliki karyawan dengan kinerja yang baik. Oleh karena itu kinerja karyawan menjadi salah satu masalah besar bagi manajemen sumber daya manusia di perusahaan. Dalam penelitian ini, peneliti berkesempatan untuk meneliti salah satu cabang, yaitu PT. Unilever Indonesia Tbk Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengembangan SDM terhadap kinerja karyawan dengan semangat kerja sebagai pemediasi pada PT. Unilever Indonesia Tbk Medan. Penelitian ini dilakukan di PT. Unilever Indonesia Tbk Medan. Jumlah sampel penelitian adalah 171 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis 1 dan 2 melalui uji secara parsial diterima yang berarti pengembangan berpengaruh siginifikan terhadap semangat kerja dan semangat kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Di sisi lain, hipotesis 3 ditolak dilihat dari hasil uji parsial yang berarti pengembangan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Sementara itu, hipotesis 4 diterima dilihat dari uji parsial dan uji simultan sehingga didapatkan bahwa pengembangan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan yang dimediasi oleh semangat kerja

PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN LIKUIDITAS TERHADAP KUALITAS LABA DENGAN CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR PADA BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2014-2017.

Zakiul,Fuad () 2019

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari struktur modal, likuiditas, terhadap kualitas laba dengan corporate governance sebagai variabel moderating pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Corpotate governance terbagi dalam 2 yaitu komisaris independen dan komite audit. Struktur modal diukur dengan Leverage. Dan likuiditas diukur dengan current ratio. Populasi pada penelitian ini yaitu perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI yaitu berjumlah 56 perusahaan. Sampel yang diambil berdasarkan metode Purposive sampling, dengan sampel sebanyak 228 dengan periode 4 tahun. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi moderating (MRA). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh variabel yang ada memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas laba sehingga dapat dijelaskan bahwa adanya setiap variabel memiliki pengaruh dapat meningkatkan kualitas laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI selama 2014-2017. Corporate governance yaitu variabel komite audit dan komisaris independen berdasarkan hasil pengujian tidak dapat dijadikan sebagai variabel moderasi dikarenakan hasil pengujian tidak memenuhi syarat untuk menjadi variabel moderasi untuk perusahaan manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2017. Kata Kunci :Struktur Modal, Likuiditas, Komite Audit, Komisaris Independen, Corporate Governance.

PENGARUH EARNING PER SHARE (EPS) DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP PRICE TO BOOK VALUE DENGAN DEBT TO EQUITY RATIO SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Anggrani,Dinda Wahyuni () 2019

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh earning per share dan kebijakan dividen terhadap price to book value secara parsial pada perusahaan makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia. Untuk mengetahui apakah debt to equity ratio memoderasi hubungan antara earning per share dan kebijakan dividen terhadap price to book value secara parsial pada perusahaan makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 12 perusahaan selama kurun waktu penelitian 5 tahun sehingga memiliki data observasi sebanyak 60 sampel. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan Moderated Regression Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa earning per share tidak berpengaruh signifikan terhadap price to book value. Kebijakan dividen berpengaruh signifikan terhadap price to book value. Secara bersama-sama variabel earning per share dan kebijakan dividen tidak berpengaruh terhadap price to book value. Debt to equity ratio memberi efek memperlemah pengaruh earning per share terhadap price to book value. Debt to equity ratio memberi efek memperlemah pengaruh kebijakan dividen terhadap price to book value

PENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKAN DAN SANKSI ADMINISTRASI TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DENGAN SOSIALISASI PERPAJAKAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING DI KPP PRATAMA MEDAN BELAWAN

Cahaya,Nur () 2019

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguji pengetahuan perpajakan, sanksi administrasi, sosialisasi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak sebagai variabel moderating. Populasi dalam penelitia ini adalah keseluruhan wajib pajak orang pribadi yang berjumlah 34.569 pada KPP Pratama Medan Belawan dan Sampel penelitian sebanyak 100 responden, Jenis penelitian adalah asosiatif. Teknik analilis data menggunakan Uji MRA. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan perpajakan berpengaruh signifikan terhadap kepatughan wajib pajak, sanksi administrasi berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, sosialisasi perpajakan tidak memoderasi pengetahuan perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak, sosialisasi perpajakan memoderasi pengaruh sanksi administrasi terhadap kepatuhan wajib pajak

ANALISA PERBANDINGAN SIKAP KERJA KARYAWAN PRIA DAN WANITA SEBAGAI UMPAN BALIK BAGI PERUSAHAAN PADA PT. RADJA ANGKUT INDONESIA

Bulele,Agustina () 2019

Sikap kerja karyawan satu dengan karyawan lain sangatlah berbeda-beda. Perbedaan itu tidak terlepas dari lingkungan pekerjaan. PT. Radja Angkut Indonesia merupakan suatu perusahaan yang bergerak dibidang jasa, dimana karyawan PT. Radja Angkut Indonesia memiliki 130 karyawan pria dan 20 karyawan wanita. Karyawan pria yang lebih banyak dari pada karyawan wanita, oleh karena itu penelitian ini bertujuan mengetahui adakah perbedaan sikap kerja karyawan pria dan karyawan wanita sebagai upaya bagi perusahaan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif. Penelitian ini dilakukan di PT. Radja Angkut Indonesia yang menyebar kuesioner kepada 150 responden, pengujian hipotesis peneltian ini menggunakan teknik uji-t alat bantu SPSS ( statistic product and service ) versi 20. Hasil penelitian ini membuktikan: terdapat perbedan yang signifikan antara sikap kerja karyawan pria dan karyawan wanita pada indikator kejujuran, kedisiplinan, partisipasi dan tanggung jawab dalam kelompok sedangkan pada indiktor partisipasi dalam kelompok tidak terdapat perbeda

Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Financial Leverage, dan Struktur Kepemilikan terhadap Income Smoothing pada Perusahaan Pariwisata yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2017

Syahputra Muhammad Dwi () 2019

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh Profitabilitas, likuiditas, financial leverage dan struktur kepemilikan terhadap income smoothing pada Perusahaan Pariwisata yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Jumlah populasi sebanyak 23 perusahaan terdapat 11 perusahaan dengan 6 tahun Pengamatan sehingga jumlah sample 66 sampel. Analisis data menggunakan Analisis regresi linier berganda. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program software SPSS (Statistic Package for the Social Sciens). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap income smoothing,likuiditas, financial leverage dan struktur kepemilikan tidak berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap income smoothing. Secara simultan Profitabilitas, likuiditas, financial leverage dan struktur kepemilikan secara bersama-sama berpengaruh dan signifikan terhadap income smoothing pada Perususahaan Pariwisata yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2017.

PENGELOLAAN TATA RUANG KANTOR PADA BIDANG KESEKRETARIATAN DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP PROVINSI SUMATERA UTARA

Sari, Astri Rahma () 2019

Penelitian ini dilandaskan pada pemikiran bahwa tata ruang kantor adalah penentuan mengenai kebutuhan-kebutuhan ruang dan suatu susunan yang praktis dari faktor praktis yang dianggap perlu bagi pelaksanaan kerja perkantoran dengan biaya yang layak. Dengan kata lain, arti tata ruang kantor dapat juga dinyatakan sebagai pengaturan dan penyusunan seluruh mesin kantor pada tempat yang tepat, sehingga pegawai dapat bekerja dengan mudah, nyaman, dan bebas untuk bergerak sehingga tercapai efisiensi. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengelolaan tata ruang kantor pada Bidang Kesekretariatan di Dinas Perpustakaan dann Arsip Provinsi Sumatera Utara. Teori yang digunakan untuk menganalisis permasalahan pengelolaan tata ruang tersebut adalah tentang penyusunan perabotan dan model ruangan yang digunakan. Penelitian dilakukan di Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Uara. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dan sekaligus menjadi kesimpulan penelitian ini antara lain bahwa perlu dikelola tata ruang kantor untuk mempelancar efektivitas kerja, sehingga dapat memberikan kenyamanan dalam bekerja pada pegawai. Oleh karena itu di Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara bahwa lokasi fisik atau tata ruang tempat orang bekerja mempunyai pengaruh terhadap produktivitas dan sikap antar karyawan satu dan yang lainnya. Kata kunci: tata ruang kantor

FUNGSI DAN PERANAN ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN PADA BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH PROVINSI SUMATERA UTARA

Mutiara, Savira Dwi () 2019

Penelitian ini berlandaskan pada pemikiran bahwa administrasi kepegawaian memegang fungsi dan peranan yang sangat penting dalam setiap kegiatan kantor yang berhubungan langsung dengan kehidupan sehari-hari para pegawai. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peranan dan fungsi administrasi kepegawaian pada Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sumatera Utara. Teori yang digunakan untuk menganalisis permasalahan peranan dan fungsi administrasi tersebut adalah tentang administrasi. Penelitian dilakukan di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sumatera Utara. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah semua pihak yang dapat memberikan informasi lengkap mengenai latar belakang dan keadaan sebenarnya dari administrasi kepegawaian. Hasil penelitian yang diperoleh dan sekaligus menjadi kesimpulan penelitian ini antara lain bahwa administrasi kepegawaian sangat besar peranan dan fungsinya dalam meningkatkan kinerja dalam suatu lingkup organisasi. Karena itu dapat dikatakan bahwa administrasi kepegawaian sangat erat sekali kaitannya dalam mendapatkan pegawai yang mempunyai/memiliki kinerja yang baik. Selain administrasi kepegawaian memiliki tujuan pengefektifan tenaga kerja manusia dalam penggunaannya dan menciptakan hubungan kerja yang menarik diantara anggota organisasi serta mengusahakan agar pengembangan individu-individu sebagai pegawai dalam organisasi tersebut dapat dijalankan secara maksimal. Kata kunci : administrasi, administrasi kepegawaian

PERANAN DAN FUNGSI PUBLIC RELATION DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PADA PDAM TIRTANADI KOTA MEDAN

Safira, Rinanda () 2019

Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa PDAM Tirtanadi Kota Medan memegang peranan dan fungsi penting dalam peningkatan pelayanan publik. Perusahaan tidak dapat melakukan kegiatannya dengan baik tanpa ada dukungan dari pihak lain. PDAM Tirtanadi sangat berperan dalam meningkatkan pelayanan. Karena pelayanan mempunyai peran strategis dalam mencapai tujuan organisasi, agar perusahaan dapat mempertahankan citra positif dimata publik. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peranan dan fungsi dari seorang Public Relation dalam meningkatkan pelayanannya yang dilakukan pada PDAM Tirtanadi Kota Medan. Teori yang digunakan untuk menganalisis permasalahan peranan dan fungsi tersebut adalah tentang Publik Relations. Penelitian ini dilakukan di PDAM Tirtanadi Kota Medan khususnya dibagian Public Relations. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dan sekaligus menjadi kesimpulan antara lain bahwa public relation sangat berperan dalam peningkatkan pelayanan sehingga dapat memperlancar kegiatan pelaksanaannya pada Perusahaan daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Kota Medan yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa, maka perluas dan penambahan wawasan agar dapat meningkatan pelayanan. Kata kunci : peranan dan fungsi, peningkatan pelayanan

PENTINGNYA KOMUNIKASI DALAM HUBUNGAN MASYARAKAT PADA PDAM TIRTANADI MEDAN

Utami, Rahayu () 2019

Penelitian ini dilandaskan pada pemikiran bahwa humas merupakan bentuk kegiatan dan sekaligus suatu proses komunikasi hubungan kontak antar manusia baik individu maupun kelompok. Sebab tanpa adanya komunikasi tidak mungkin akan terjadi interaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana pentingnya komunikasi dalam hubungan masyarakat pada PDAM Tirtanadi Medan. Teori yang digunakan untuk menganalisis komunikasi dalam humas tersebut adalah tentang komunikasi. Penelitian dilakukan di PDAM Tirtanadi Medan Khususnya di bagian public relations (humas). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dan sekaligus menjadi kesimpulan penelitian ini antara lain bahwa komunikasi sangat penting dalam kehumasan, sehingga dapat memperlancar pelaksanaan kegiatan lainnnya pada PDAM Tirtanadi Medan. Oleh karena PDAM Tirtanadi Medan merupakan institusi yang melayani masyarakat dalam hal memberikan informasi, maka perlu adanya penambahan wawasan terhadap kehumasan mengenai pentingnya komunikasi, sehingga humas dapat juga menjelaskan tentang komunikasi kepada tamu yang datang. Kata kunci : komunikasi, hubungan masyarakat

PERAN SEKRETARIS DALAM MENCIPTAKAN EFISIENSI KERJA DI BAGIAN PAYMENT COLLECTION & FINANCE PADA PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA REGIONAL 1 SUMATERA

Nadrah, Umi () 2019

Penelitian ini dilandaskan pada pemikiran bahwa sekretaris memegang peranan yang sangat penting dalam setiap kegiatan yang dilakukan oleh pimpinan. Pimpinan tidak akan melakukan kegiatannya dengan baik tanpa ada sekretaris yang membantunya, baik dalam hubungan surat menyurat ataupun memonitor jadwal pertemuan terhadap pihak lain bahkan dalam menangani administrasi perkantoran. Penelitian ini dilakukan pada PT Telekomunikasi Indonesia Regional 1 Sumatera Jln. H.M Yamin SH No. 2 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) syarat-syarat menjadi sekretaris (2) peran sekretaris (3) faktor yang mempengaruhi efisiensi kerja (4) peran sekretaris dalam menciptakan efisiensi kerja pada perusahaan. Untuk menyelesaikan penulisan paper ini, penulis menggunakan metode kualitatif yaitu dengan cara membaca buku-buku yang berhubungan dengan dunia Kesekretarisan dalam perusahaan. Kata Kunci : Sekretaris, dibagian Payment Collection & Finance pada PT Telekomunikasi Indonesia Regional 1 Sumatera

TATA KEARSIPAN PADA DIVISI PRODUKSI MIE PT SIANTAR TOP, TBK MEDAN

Lestari, Samida () 2019

Arsip merupakan dokumen yang dikelola oleh perusahaan berskala besar maupun kecil. Penanganan arsip memerlukan kaidah yang tepat agar nilai informasi yang dikandung bisa terpelihara untuk digunakan bila diperlukan. Penanganan arsip secara elektronik saat ini menjadi trend bagi perusahaan-perusahaan yang mulai memberi perhatian kepada usaha pelestarian lingkungan dalam konsep paperless-office, yang dilakukan kantor atau organisasi tempatnya bekerja dalam kegiatan pelestarian dan penyelamatan lingkungan. Paper ini akan membahas bagaimana peran sekretaris dalam menangani arsip secara elektronik sebagai usaha inovatif tenaga kerja profesional di bidang administrasi perkantoran. Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan menganalisa sistem kearsipan serta teknologi informasi dalam penanganan arsip elektronik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tenaga administrasi atau misalnya seorang sekretaris mampu melakukan inovasi untuk menangani arsip secara elektronik berbentukan teknologi informasi dengan tetap mengikuti kaidah yang berlaku dalam tata kearsipan. Kata Kunci : Arsip, Sekretaris

PERANAN SEKRETARIS DALAM MEMBANTU TUGAS PIMPINAN PADA DINAS TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA PROVINSI SUMATERA UTARA

Maja, Frastiwi Aulia () 2019

Sekretaris juga merupakan peran penting dalam pembantu pimpinan, dalam memulai serta menyediakan suatu pekerjaan. Seorang sekretaris profesional diharapkan bisa mengatasi kesibukan dan memecahkan kesulitan, memberi semangat kepada pimpinan, menyederhanakan cara penyelesaian pekerjaan, serta mempercepat proses penyesuian pekerjaan sehingga bisa tercapai hasil yang diharapkan perusahaan/instansi. Seorang sekretaris, ini sangat dipercaya oleh pimpinan untuk memegang rahasia perusahaan. Oleh karena peranan sekretaris sangatlah penting dan sekretaris juga tangan kanannya pimpinan, sekretaris juga harus bisa berkomunikasi dengan baik. Seorang sekretaris adalah orang yang diberikan sebuah kepercayaan dari seorang pimpinan dalam rangka membantu memperlancar pekerjaan, berkaitan dengan penyelenggaraan atau korespondesi, menerima infomasi yang terbaru, menjalin komunikasi yang baik dengan semua pihak yang terlibat dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Kata Kunci : Peranan Sekretaris, Membantu Pimpinan

PROSEDUR PENGELOLAAN SURAT UNTUK MEMPERLANCAR PROSES PENYAMPAIAN INFORMASI PADA DINAS TENAGA KERJA PROVINSI SUMATERA UTARA

Sari, Anggi Puspita () 2019

Surat adalah merupakan alat komunikasi tertulis yang berisi informasi yang di sampaikan dari satu pihak kepada pihak lainnya yang mempunyai keperluan (Perseorangan maupun organisasi). Penanganan surat merupakan hal yang sangat penting terlebih pada instansi seperti pada Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Utara yang berhubungan dengan banyak instansi, perusahaan maupun perorangan yang sangat membutuhkan informasi dari Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Utara. Dalam kegiatan surat menyurat pada suatu organisasi atau instansi, surat dapat mencapai tujuan dalam kegiatan berorganisasi. Penelitian dilakukan pada Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Utara khususnya di bagian umum dan kepegawaian. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian yang diproleh dan sekaligus menjadi kesimpulan penelitian ini antara lain bahwa surat memegang peranan penting dalam proses penyampaian informasi, sehingga dapat memperlancar pelaksanaan administrasi pada Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Utara, maka dari itu dalam kesempatan pengamatan yang dilaksanakan kali ini akan dijelaskan prosedur pengelolaan surat yang diharapkan dapat memperlancar proses penyampaian informasi, khususnya dalam pengurusan administrasi instansi pemerintah yang semakin dituntut kelancaran administrasinya untuk membantu keefektifan kinerja dan terpenuhinya kebutuhan masyarakat. Kata Kunci : surat, penyampaian informasi

PROSEDUR PENGELOLAAN SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR PADA PT PD PAJA PINANG

Fiannisa, Yasinta () 2019

Surat merupakan suatu alat komunikasi tertulis yang bertujuan untuk menyampaikan suatu maksud yang ditujukan kepada pihak lain. Pengelolaan surat pada suatu organisasi atau instansi yang tepat dan cermat akan menghasilkan suatu komunikasi yang baik dalam setiap kegiatan operasional di organisasi atau instansi dengan pihak lain yang berkepentingan. Tujuan dari pengamatan ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengeloaan surat masuk dan surat keluar di PT PD Paja Pinang. Dari hasil pengamatan, dapat diketahui pengelolaan surat masuk dan surat keluar di PT PD Paja Pinang yaitu dengan tahapan surat masuk dimulai dari penerimaan surat, penyortiran surat, pembukaan dan pengeluaran surat dari sampul, pembacaan surat, pencatatan surat, penyertaan lembar disposisi, pencatatan buku ekspedisi intern, pendistribusian surat, penggolongan surat, penyampaian surat, dan tindak lanjut surat setelah dari pimpinan. Surat keluar dimulai dari penyiapan konsep surat, pengelompokan surat, pencatatan surat, dan penyampaian atau pendistribusian surat. Kata Kunci : Surat masuk, Surat keluar, Pengeolaan surat.

PENGARUH ROLE CONFLICT DAN KELELAHAN EMOSIONAL TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI STUDI KASUS PADA PTPN III MEDAN

Sihotang, Nurcahaya () 2019

Penelitian ini dilandaskan pada pemikiran bahwa keberhasilan suatu perusahaan selain karena memiliki karyawan yang dibutuhkan perusahaan juga dipengaruhi oleh kepuasan kerja dan komitmen organisasi. Oleh Karen itu kepuasan kerja dan komitmen organisasi menjadi salah satu masalah Karena berpengaruh terhadap kelangsungan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh role conflict dan kelelahan emosional terhadap kepuasan kerja dan komitmen organisasi studi kasus pada PTPN III Medan. Penelitian dilakukan di PTPN III Medan yang merupakan perusahaan yang bergerak dibidang perkebunan, pengelolaan, dan pemasaran hasil perkebunan yang berlokasi di Jl. Sei batang Hari No. 2 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PTPN III Medan. Sampel penelitian sebanyak 132 responden. Teknik pegambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis jalur dengan SPSS. Hasil penelitian yang dan diperoleh sekaligus menjadi kesimpulan penelitian ini antara lain role conflict mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan dengan nilai thitung>ttabel, 10,734 > 1,656 pada sig. 0,000 < 0,05. Kelelahan emosional tidak mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja dengan nilai thitung > ttabel, 1,430 < 1,656 pada sig. 0,155 > 0.05. role conflict mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi dengan nilai thitung > ttabel, 4,562 > 1,656 pada sig. 0,000 < 0,05. Kelelahan emosional mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi dengan nilai thitung > ttabel, 2,635 > 1,656 pada sig. 0,009 < 0,05. Role conflict, kelelahan emosional dan kepuasan kerja mempunyai hubungan yang kuat dengan komitmen organisasi. sementara itu, komitmen organisasi di PTPN III Medan mampu dijelaskan oleh role conflict, kelelahan emosional dan kepuasan kerja sebesar 74% dan sisanya 26% dapat diperoleh oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata kunci: Role Conflict, Kelelahan Emosional, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi.

PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2015 - 2017

Fauzi, Muhammad () 2019

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Komite Audit, Dewan Komisaris Independen, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikian Institusional, dan Ukuran Perusahaan terhadap Kinerja Keuangan Perbankan yang terdaftar di BEI periode 2015-2017. Populasi adalah perusahaan perbankan dengan pemilihan sampel melalui purposive sampling. Terdapat 16 perusahaan yang memenuhi kriteria sampel penelitian, dengan 3 tahun pengamatan, sehingga total sampel dalam penelitian ini yaitu 48 perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Komite Audit berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Keuangan. (2) Dewan Komisaris Independen berpengaruh tidak signifikan terhadap Kinerja Keuangan. (3) Kepemilikan Manajerial berpengaruh tidak signifikan terhadap Kinerja Keuangan. (4) Kepemilikan Institusional berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Keuangan. (5) Ukuran Perusahaan berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Keuangan. Kata Kunci : Good Corporate Governance, Ukuran Perusahaan, Kinerja Keuangan

ANALISIS PENGARUH BEBAN PAJAK TANGGUHAN, AKRUAL DISKRESIONER, PERENCANAAN PAJAK DAN ARUS KAS OPERASI TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI

Sitorus, Selina Damena () 2019

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beban pajak tangguhan, akrual diskresioner, perencanaan pajak dan arus kas operasi terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang ter daftar di BEI. Penelitian ini dilakukan di Bursa Efek Indonesia pada perusahaan manufaktur yang terdaftar. Populasi pada penelitian ini sebanyak 100, dengan sampel sebanyak 68 perusahaan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan uji statistik deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan adalah: beban pajak tangguhan, akrual diskresioner, perencanaan pajak dan arus kas operasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang ter daftar di BEI.

PENGARUH KESADARAN PERPAJAKAN, PEMAHAMAN PERATURAN PERPAJAKAN, DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DENGAN PREFERENSI RISIKO SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA KPP PRATAMA MEDAN KOTA

Sabrina Vivien () 2019

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran perpajakan, pemahaman peraturan perpajakan dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi dengan preferensi risiko sebagai variabel moderatingyang dilakukan di KPP Pratama Medan Kota.Penelitian ini dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Kota terhadap wajib pajak yang terdaftar. Populasi pada penelitian ini sebanyak 157.390, dengan sampel sebanyak 100 orang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakanuji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkankesadaran perpajakan, pemahaman peraturan perpajakan dan sanksi perpajakan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi tetapi tidak berpengaruh terhadap variabel preferensi risiko.

PENGARUH PENGALAMAN KERJA, EFIKASI DIRI DAN KOMPENSASI TERHADAP PRESTASI KERJA YANG DIMODERASI OLEH MOTIVASI KERJA PADA PT. TIRTA INVESTAMA MEDAN

Anggraini,: Yulia () 2019

Penelitian ini dilakukan pada PT. Tirta Investama Medan. Tujuan penelitian yakni untuk menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan pengalaman kerja, efikasi diri dan kompensasi terhadap prestasi kerja karyawan. Penelitian menggunakan asosiatif, populasi penelitian adalah karyawan yang bekerja di PT. Tirta Investama Medan pada tahun 2019 sebanyak 110 orang dan pengambilan sampel dengan cara sampel sensus sehingga jumlah sampel yang digunakan sebanyak 110 responden. Sumber data menggunakan data primer dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis dan uji MRA dengan metode interaksi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman kerja, efikasi diri dan kompensasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja karyawan. Sedangkan secara parsial menunjukkan bahwa efikasi diri dan kompensasi berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja, pengalaman kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja karyawan di PT. Tirta Investama Medan. Nilai koefisien adjusted R square (R2) sebesar 0,789 ini menunjukkan bahwa prestasi kerja karyawan mampu dijelaskan oleh pengalaman kerja, efikasi diri dan kompensasi sebesar 78,9% dan sisanya sebesar 21,1% dijelaskan oleh variabel lainnya diluar lingkup penelitian yang tidak dilakukan

KEPUASAN GAJI DAN PENEMPATAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA SERTA DAMPAKNYA TERHADAP TURNOVER INTENTION KARYAWAN PADA PT. BRI MEDAN

:Wiranti Citra () 2019

Fenomena yang terjadi di dalam perusahaan, seperti: para pimpinan tidak mengetahui dan meyakini tujuan organisasi, adanya pembentukan satuan organisasi yang tidak berlandaskan pada pengembangan volume kerja, terjadinya perangkapan tugas pada satu bagian sedangkan di bagian lain terjadi kekosongan pekerjaan, sempitnya pendelegasian wewenang, dan masih banyak lagi. Salah satu sarana agar organisasi dapat berjalan dengan baik dan struktur organisasi yang bersangkutan sehat dan efisien maka mereka harus melaksanakan asas-asas organisasi. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah berjumlah 102 orang, dan dengan menggunakan teknik penarikan sampel jenuh diperoleh sampel sebesar 102 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kepuasan gaji terhadap turnover intention karyawan, terdapat pengaruh penempatan kerja terhadap turnover intention karyawan, tidak terdapat pengaruh kepuasan gaji terhadap kepuasan kerja karyawan, tidak terdapat pengaruh penempatan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan, terdapat pengaruh turnover intention karyawan terhadap kepuasan kerja karyawan, tidak terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan kepuasan gaji terhadap kepuasan kerja karyawan melalaui turnover intention karyawan dan tidak terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan penempatan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan melalaui turnover intention karyawan

MENINGKATKAN POSITIF WORD OF MOUTH MELALUI BRAND AMBASSADOR, TAGLINE, IKLAN TELEVISI DENGAN BRAND AWARENESS SEBAGAI PEMEDIASINYA (STUDI PADA KONSUMEN PRODUK WARDAH)

Nabilah,: Lastri () 2019

Penelitian ini dilandaskan pada pemikiran bahwa kegiatan pemasaran memegang peranan penting dalam meningkatkan volume penjualan perusahaan. Dalam aktivitas pemasaran diperlukan strategi yang dijalankan perusahaan untuk mencapai target penjualan yang telah ditetapkan. Oleh karenanya peneliti bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh positif word of mouth melalui brand ambassador, tagline, iklan televisi dengan brand awareness sebagai pemediasinya yang dilakukan kepada konsumen produk wardah di lotte mart center point medan. Penelitian dilakukan di Pt. Lotte Mart Center Point Medan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah asosiatif deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini pengunjung lotte mart yang jumlahnya tidak dapat diketahui dengan pasti. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuisioner yang dinilai dengan skala likert yang masing-masing sudah diuji coba dan memenuhi syarat valliditas dan reliabilitas. Anallisa data menggunakan structural equation modelling (SEM). Hasil penelitian yang diperoleh dan sekaligus menjadi kesimpulan penelitian ini antara lain bahwa brand ambassador, tagline, iklan televisi berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness. Brand ambassador, tagline, iklan televisi berpengaruh positif dan signifikan terhadap positif word of mouth. Brand awareness memediasi brand ambassador, tagline, iklan terhadap positif word of mouth. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian ini dapat diterima.

PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DENGAN TIPE KEPRIBADIAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PUSAT PENELITIAN KELAPA SAWIT PPKS/RISPA MEDAN

Setiawan, Deni () 2019

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara budaya organisasi dan komitmen organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior dan untuk mengetahui pengaruh tipe kepribadian memperkuat atau memperlemah hubungan budaya organisasi dan komitmen organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah karyawan Pusat Penelitian Kelapa Sawit PPKS/RISPA Medan yang berjumlah 740 orang dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 88 orang dengan menggunakan metode slovin. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah regresi dan MRA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior, komitmen organisasi tidak berpengaruh terhadap organizational citizenship behavior, tipe kepribadian memperkuat hubungan antara komitmen organisasi terhadap organizational citizenship behavior, dan tipe kepribadian memperkuat hubungan antara budaya organisasi terhadap organizational citizenship behavior

PENGARUH KEBIJAKAN TAX AMNESTY, SISTEM E-FILING, PERANAN KONSULTAN PAJAK DAN KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI YANG DIMODERASI ACCOUNT REPRESENTATIVE PADA KPP PRATAMA MEDAN TIMUR

Hutauruk, Lusiana () 2019

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan Kebijakan Tax Amnesty, Sistem e-filling, Peranan Konsultan Pajak dan Kesadaran Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi yang dimoderasi oleh Account Representative pada KPP Medan Timur. Populasi penelitian adalah wajib pajak orang pribadi yang terdaftar dan menyampaikan SPT Tahunan pada tahun 2018 sebanyak 98.785 wajib pajak orang pribadi, pengambilan sampel yaitu random sampling dengan rumus Slovin sehingga jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data dengan cara survei memberikan kuesioner kepada responden. Teknik analisis data yaitu regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan uji MRA (Moderating Regression Analysis). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial tax amnesty dan kesadaran wajib pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, sedangkan sistem e-filing dan peranan konsultan pajak tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Secara simultan tax amnesty, sistem e-filing, peranan konsultan pajak, kesadaran wajib pajak dan account representative bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepatuhanw wajib pajak di Kpp Pratama Medan Timur.

PENGARUH ETOS KERJA, KOMITMEN ORGANISASI DAN EMPLOYEE ENGAGEMENT TERHADAP KINERJA (STUDI PADA PEGAWAI SAMSAT MEDAN SELATAN)

Baharsyah, Hakhiky () 2019

Penelitian ini dilandaskan pada pemikiran bahwa evaluasi kinerja pegawai memegang peranan penting dalam meningkatkan mutu pelayanan publik. Untuk meningkatkan kinerja pegawai perlu dianalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja tersebut. Oleh karenanya penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh etos kerja, komitmen organisasi dan employee engagement terhadap kinerja (studi pada pegawai SAMSAT Medan Selatan). Teori yang digunakan untuk menganalisis permasalahan tersebut adalah tentang etos kerja, komitmen organisasi, employee engagement dan kinerja. Penelitian ini dilakukan di SAMSAT Medan Selatan yaitu seluruh pegawai yang berjumlah 72 orang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Analisa data menggunakan asumsi klasik dan persamaan regresi berganda. Hasil penelitian yang diperoleh dan sekaligus menjadi kesimpulan penelitian ini antara lain secara parsial dan simultan etos kerja, komitmen organisasi dan employee engagement berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Oleh karenanya untuk meningkatkan kinerja pegawai, maka SAMSAT Medan Selatan perlu mengadakan pembaharuan aplikasi pengolahan data yang dibutuhkan oleh pegawai. Hal ini agar mempermudah sekaligus mengefisiensikan pekerjaan pegawai dalam melayani masyarakat. Kata Kunci : Etos Kerja, Komitmen Organisasi, Employee Engagement dan Kinerja