Submit Dates

Jump to a point in the index:
Now showing items 1-20 of 249

MENUMBUH KEMBANGKAN INTENSI KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONSTEKTUAL

Bulan, Tapi Rondang Ni () 2014

Penelitian ini dilandasi pemikiran bahwa pada saat ini pemerintah sedang giatnya mendorong masyarakat untuk berwirausaha. Salah satu upaya tersebut adalah dengan memasukan kewirausahaan pada kurikulum di seluruh Program Studi pada Perguruan Tinggi dan tingkat SMK. Permasalahannya adalah model pembelajaran pemodelan yang bagaimana yang bisa meningkatkan intensi kewirausahaan yang tinggi khususnya pada tingkat mahasiswa. Sejalan dengan itu maka penelitian ini bertujuan penganalisaan Model Pembelajaran Kontekstual melalui sebuah modul dan rencana pembelajaran kewirausahaan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yaitu penelitian yang dilakukan oleh dosen bekerja sama dengan peneliti (atau dilakukan oleh dosen sendiri yang juga bertindak sebagai peneliti) di kelas dengan penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan proses dan praktis pembelajaran. Penelitian dilakukan di berbagai perguruan tinggi baik swasta maupun negeri yang berdomisili di Kota Medan dan sekitarnya. Secara lebih khusus, perguruan tinggi negeri yang terlibat adalah Universitas Negeri Medan (UNIMED) dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sumatera Utara, sedangkan perguruan tinggi swasta meliputi Universitas Islam Sumatera Utara (UISU). Universitas Dharma Agung (UDA) dan Universitas Panca Budi (UNPAB). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas serta evaluasi dan analisis yang dilakukan pembelajaran kewirausahaan dengan model pendekatan konstektual dapat meningkatkan intensi yang tinggi bagi mahasiswa untuk menjadi seorang wirausahaan yang tangguh dan berkualitas, selain itu model pendekatan konstektual melahirkan kesiapan-kesiapan diri baik pada dosen pengampu maupun mahasiswa, masing-masing pihak yang terlibat sama-sama saling menyiapkan diri sebelum berdiskusi baik kelompok maupun kelas.

PEMANFAATAN METODE KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN GUNA PENINGKATAN ATENSI

Bulan, Tapi Rondang Ni () 2015

The influence of entrepreneurship education has been considered as one of the important factors to grow and develop the passion, spirit and enterpreneurual behavior among the younger generation. However, both state universitas and private universitas, as a provider of higher education can not be expected to be able to provide learning to students and college graduated to be able to play that role it is, more due to the lack of a learning model that corresponds to the condition that the student based on the results of previous studies found that the learning model modeling has become a model of enterpreneurual learning are considered appropriate by the student. Thus, the learning model, has a strong feasibility to be compiled and presenter in the form of module learning model. The purpose of this follow-up study is analyzing and modeling as the design of the learning model that has been arranged through a module and learning plants as a lecturer guide of the proposed model of enterpreneurial learning. This study used a qualitative approach This research is a classroom action research. The results of the study show that contextual teaching method ia able to improve the achievement of agreed target,contextual approach model application techniques stimulate a readiness to lectures of and students where both parties prepare themselves before discussion. the use of proops in the running contextual model is amust and cannot be separated froem the contextual model itself. In general can be concluded that visible results of the learning process with contextual approach raises that value of high intention among the students.

Pengembangan Wirausaha Ibu Rumah Tangga Mandiri Di Kota Medan

Bulan, Tapi Rondang Ni () 2018

Pengembangan Wirausaha Ibu Rumah Tangga Mandiri Di Kota Medan

Pengembangan Manajemen Penasaran (Lanjutan)

aditi,bunga (),lioni indrayani (),fedrico zamzani syahputra bahagia () 2019

Pemasaran (marketing) sebagai sebuah ilmu sebenarnya sudah dikenal sejak abad ke-19. Pada fase awal perkembangannya ilmu marketing mencakup tiga elemen pokok yaitu advertising, selling, and distribution. Kemudian seiring perkembangan jaman unsur-unsur lainnya mulai ditambahkan seperti konsumsi, perilaku konsumen, perilaku pasar, dan lainnya.

Innovation Product and Halal Labelization In Buying Repurchase

aditi,bunga () 2019

Indonesia merupakan negara yang sedang berkembang memiliki banyak Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). UMKM memiliki peranan yang sangat vital didalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Inovasi produk dan dan labelisasi halal terhadap Minat beli ulang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi. Metode analisis data yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda dengan menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan Inovasi produk dan Labelisasi halal secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang. Secara parsial masing-masing Inovasi produk dan Labelisasi halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang. Harga sebagai variabel moderating yang dapat memperkuat pengaruh inovasi produk dan labelisasi halal Terhadap Minat beli ulang di UMKM Kabupaten Langkat

UNDERSTANDING OF CONTRUCT INDICATORS FORMING DIMENSIONS OF BUSINESS STRATEGY AND CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT IN INDUSTRY REVOLUTION 4.0

hafizah, aditi, bunga, hermansyur ,muda iskandar () 2019

Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan berbagai strategi bisnis dalam customer relationship management di era revolusi industri 4.0. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian yang digunakan sebagai deskriptif analitis. Teknik pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan, yang dilakukan dengan membaca buku dan jurnal literatur tentang Strategi Bisnis, Manajemen Hubungan Pelanggan, dan Revolusi Industri 4.0. Tulisan ini untuk menanamkan strategi bisnis dalam manajemen hubungan pelanggan di revolusi industri 4.0

Pengaruh Ketanggapan, Diskon harga dan Bukti Fisik Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Sikap Konsumen Sebagai Variabel Moderating Pada PT. Gojek Medan

aditi,bunga (),hermansyur () 2019

Kepuasan konsumen merupakan suatu wujud dari perasaan konsumen terhadap suatu produk atau jasa apakah sesuai dengan yang diharapkan. Tercapainya kepuasan konsumen merupakan salah satu tujuan utama yang ingin dicapai setiap perusahaan Industri online yang semakin kompetitif, memberikan gambaran kepada pelaku industri online dapat menawarkan produk yang tepat kepada para konsumen, dengan ketanggapan yang terbaik , diskon harga dan mereka yang terkenal. Oleh karena itu, perlu adanya pemahaman mengenai target pasar atau konsumen yang akan dilayani karena merupakan hal yang sangat penting dalam meningkatkan kegiatan bisnis. Semakin ketatnya persaingan bisnis saat ini mengakibatkan perusahaan dihadapkan pada tantangan untuk dapat mempertahankan kelangsungan hidup. Salah satunya PT GO-JEK di Kota Medan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Ketanggapan, Diskon Harga dan Bukti fisik Terhadap Kepuasan konsumen dengan sikap konsumen sebagai variabel moderating Pada PT GOJEK di Kota Medan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi. Metode analisis data yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda dengan menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan Ketanggapan, Diskon Harga dan Bukti fisik secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan konsumen pada PT GO-JEK di Kota Medan. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial Ketanggapan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan konsumen pada PT GO-JEK di Kota Medan. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial Diskon Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan konsumen pada PT GO-JEK di Kota Medan. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial Bukti fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan konsumen pada PT GO-JEK di Kota Medan. Koefisien determinasi (R2) dari variabel Ketanggapan, Diskon Harga dan Bukti fisik mampu menjelaskan Kepuasan konsumen PT GO-JEK di Kota Medan sebesar 70,8% sedangkan sisanya sebesar 29,2% dijelaskan oleh variabelvariabel independen yang tidak diteliti. Sikap konsumen sebagai variabel moderating yang dapat memperkuat pengaruh Ketanggapan, Diskon Harga dan Bukti fisik Terhadap Kepuasan konsumen pada PT GO-JEK di Kota Medan.

PENGUATAN KINERJA PEMASARAN MELALUI PENGEMBANGAN INOVASI DAN KREATIVITAS PADA WIRAUSAHA MUDA (STUDI PADA FAKULTAS EKONOMI BISNIS UNIVERSITAS HARAPAN MEDAN)

Manurung, Maesi Dora () 2019

Perkembangan bisnis UKM dari waktu ke waktu mengalami peningkatan yang stabil. Namun, di dalam perjalanannya untuk berkembang lebih maju, para pelaku bisnis UKM tidak lepas dari kendala-kendala. Rata-rata kendala yang dihadapi oleh pelaku bisnis di Universitas Harapan Medan tidak mengetahui strategi dan inovasi yang tepat untuk mengembangkan bisnis mereka. Hal tersebut diungkapkan oleh beberapa pelaku bisnis yang dilakukan oleh peneliti pada waktu pra survey primer. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengembangan inovasi dan kreativitas berpengaruh baik secara parsial maupun simultan terhadap kinerja pemasaran bagi wirausaha muda Fakultas Ekonomi Bisnis di Universitas Harapan Medan Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah wirausaha muda yang ada di Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Harapan Medan sebanyak 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, kreativitas berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran dan pengembangan inovasi dan kreativitas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran Kata kunci : Pengembangan Inovasi, Kreativitas, Kinerja Pemasaran

PENGARUH LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA PADA KARYAWAN PT. BANK RAKYAT INDONESIA, TBK KANWIL MEDAN

Purba, Yani Yohana () 2019

Karyawan merupakan sumber daya yang penting bagi organisasi, karena memiliki bakat, tenaga, dan kreativitas yang sangat dibutuhkan oleh organisasi untuk mencapai tujuannya, karena itulah perlu adanya sumber daya manusia yang berkualitas dan mempunyai loyalitas yang tinggi, dalam rangka meningkatkan produktivitas perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja di PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk Kanwil Medan. Sampel penelitian sebanyak 168 orang pegawai dipilih dengan metode sampel jenuh, sementara data dikumpulkan menggunakan kuisioner untuk kemudian dianalisis dengan Structural Equation Modelling (SEM) melalui aplikasi SPSS AMOS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan secara parsial antara Lingkungan Kerja Fisik terhadap Kepuasan Kerja Pegawai, dan Lingkungan Kerja Non Fisik terhadap Kepuasan Kerja. Kata kunci: Lingkungan kerja, Kompensasi, Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja

FAKTOR PENENTU KEEFEKTIFAN TRANSFER PELATIHAN DITINJAU DARI SELF EFFICACY, LINGKUNGAN KERJA, DUKUNGAN ATASAN DAN DESAIN PELATIHAN PADA KARYAWAN GARUDA PLAZA HOTEL MEDAN

Rosada, Fikha () 2019

Penelitian dilakukan pada Hotel Garuda Plaza Medan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh self efficacy, lingkungan kerja, dukungan atasan dan desain pelatihan terhadap keefektifan transfer pelatihan. Populasi penelitian adalah karyawan yang bekerja di Hotel Garuda Plaza Medan pada bulan Maret 2019 sebanyak 241 karyawan, pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling sehingga jumlah sampel penelitian sebanyak 71 responden. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan teknik analisis data digunakan adalah regresi linear berganda, asumsi klasik, dan uji kelayakan model. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial lingkungan kerja, dukungan atasan dan desain pelatihan tidak berpengaruh signifikan terhadap keefektifan transfer pelatihan, self efficacy berpengaruh signifikan terhadap keefektifan transfer pelatihan pada Hotel Garuda Plaza Medan. Secara simultan menunjukkan efikasi diri, lingkungan kerja, dukungan atasan dan desain pelatihan bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keefektifan transfer pelatihan pada Hotel Garuda Plaza Medan. Efikasi diri, lingkungan kerja, dukungan atasan dan desain pelatihan mempunyai hubungan yang kuat terhadap transfer pelatihan yang terdapat di Hotel Garuda Plaza Medan. Nilai koefisien adjusted R square (R2) sebesar 0,609 ini menunjukkan bahwa transfer pelatihan dapat dijelaskan oleh efikasi diri, lingkungan kerja, dukungan atasan dan desain pelatihan sebesar 60,90%, dan sisanya sebesar 39,10% dapat dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak diteliti. Kata kunci: Transfer Pelatihan, Self Efficacy, Lingkungan Kerja, Dukungan Atasan dan Desain Pelatihan

PENGARUH JENIS PEKERJAAN WAJIB PAJAK, MODERNISASI SISTEM ADMINISTRASI PERPAJAKAN DAN SANKSI PAJAK TERHADAP MOTIVASI WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI PADA KPP PRATAMA MEDAN POLONIA

Depari, Rapta Abed Nego () 2019

Motivasi wajib pajak orang pribadi akan lebih tinggi dengan adanya sanksi pajak apabila wajib pajak secara sengaja tidak membayar pajak dengan cara menutupi harta kekayaannya. Perlunya pemeriksaan pajak yang dilakukan aparat pajak memiliki kemungkinan mempengaruhi motivasi wajib pajak orang pribadi dalam membayar pajak penghasilan. Sistem pekerjaan wajib pajak, modernisasi sistem administrasi perpajakan, dan sanksi pajak tidak lain merupakan pagar penjaga agar wajib pajak tetap berada pada koridor peraturan perpajakan. Selain itu penegakan hukum ini menjadi upaya untuk menciptakan keadilan melalui penerapan peraturan perpajakan secara fair, konsisten dan konsekuen, nilai-nilai yang dituntut pada era masa depan. Sehingga tujuan utamanya adalah untuk menguji dan meningkatkan tax compliance seorang wajib pajak, berarti pemeriksaan merupakan interaksi antara pemeriksa dengan wajib pajak. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 22.481 dan sampel penelitian ini adalah 100 wajib pajak dengan metode slovin. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi wajib pajak orang pribadi KPP Pratama Medan Polonia dapat terjadi bila memperhatikan jenis pekerjaan wajib pajak, modernisasi sistem administrasi perpajakan dan sanksi pajak secara bersama-sama. Hasil penelitian ini menerima hipotesis (Ha) yang menyatakan bahwa jenis pekerjaan wajib pajak, modernisasi sistem administrasi perpajakan dan sanksi pajak secara simultan berpengaruh terhadap motivasi wajib pajak orang pribadi. Artinya semakin sadar betapa pentingnya pajak, semakin tinggi jenis pekerjaan wajib pajak, modernisasi sistem administrasi perpajakan dan sanksi pajak maka semakin cepat KPP Pratama dalam melaporkan hasil wajib pajak ke masyarakat. Kata Kunci : Jenis Pekerjaan Wajib Pajak, Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan, Sanksi Pajak, Motivasi Wajib Pajak Orang Pribadi

PENGARUH CURRENT RATIO, TOTAL ASSET TURN OVER, PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP RETURN ON ASSET PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BEI

Vernando, Edward Yusuf () 2019

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh current ratio, total asset turnover, pertumbuhan penjualan dan debt to equity ratio terhadap return on asset pada perusahaan food and beverage yang terdaftar di BEI periode tahun 2014 – 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2017 sebanyak 18 perusahaan. Setelah melewati tahap purposive sampling, maka sampel yang layak digunakan sebanyak 14 perusahaan food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data sekunder menggunakan metode dokumentasi diperoleh dari laporan keuangan tahunan yang dipublikasikan. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini dengan analisis regresi berganda, uji hipotesis yaitu koefisien determinan, uji F, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan current ratio (CR), total assets turn over (TATO), pertumbuhan penjualan, debt to equity ratio (DER) tidak berpengaruh terhadap return on assets (ROA). Secara parsial terdapat pengaruh current ratio dan total assets turn over berpengaruh terhadap return on assets (ROA). Sedangkan pertumbuhan penjualan dan debt to equity ratio tidak berpengaruh terhadap return on assets (ROA). Kata Kunci : Current Ratio, Total Asset Turn Over, PertumbuhanPenjualan, Debt To Equity, Return On Asset

ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN, PENGALAMAN PEMBELIAN ONLINE, KESADARAN MEREK DAN LOYALITAS MEREK TERHADAP MINAT BELI DENGAN PROMOSI SEBAGAI PEMODERASINYA (STUDI PADA KONSUMEN TRAVELOKA DI KOTA MEDAN)

Sembiring, Sri Febriani () 2019

Traveloka memberikan berbagai kenyamanan kepada konsumen dengan sistem pemesaran tiket pesawat, travel dan reservasi hotel yang cepat, pembayaran yang mudah dan aman, sehingga memberikan berbagai pilihan harga tiket, travel dan hotel sesuai dengan budget konsumen. Selain itu Traveloka memberikan informasi mengenai lokasi atau tempat rekomendasi hotel, dan tempat wisata. Berbagai pelayanan yang diberikan Traveloka dimaksudkan untuk memberikan kualitas pelayanan yang terbaik terhadap konsumen sehingga diharapkan dapat memberikan kepuasan bagi konsumen. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kepercayaan, pengalaman pembelian Online, kesadaran merek, loyalitas merek berpengaruh baik secara parsial maupun secara simultan terhadap minat beli dan untuk mengetahui apakah kepercayaan, pengalaman pembelian Online, kesadaran merek, loyalitas merek berpengaruh terhadap minat beli yang dimoderasi oleh promosi Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah berjumlah tidak diketahui sehingga menggunakan metode sampel yang digunakan yaitu rumus Purba yaitu menjadi 100 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan MRA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kepercayaan, pengalaman pembelian Online dan loyalitas merek berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli, hanya variabel kesadaran merek tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli pada Traveloka dan secara bersama-sama variabel kepercayaan, pengalaman pembelian Online, kesadaran merek dan loyalitas merek berpengaruh signifikan terhadap minat beli pada Traveloka. Promosi memberi efek memperkuat pengaruh kepercayaan, pengalaman pembelian Online dan kesadaran merek terhadap minat beli dan variabel promosi memberi efek memperlemah loyalitas merek terhadap minat beli. Kata kunci : Kepercayaan, Pengalaman Pembelian Online, Kesadaran Merek, Loyalitas Merek, Minat Beli dan Promosi

PENGARUH PENERAPAN GOOD GOVERNANCE, AUDIT KINERJA DAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH TERHADAP AKUNTABILITAS KEUANGAN DINAS PERHUBUNGAN KOTA MEDAN

Khardila, Widya () 2019

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui good governace, audit kinerja, dan standar akuntansi pemerintah terhadap akuntabilitas keuangan.Variabel good governace, audit kinerja, dan standar akuntansi pemerintah sebagai variabel independen dan akuntabilitas keuangan sebagai variabel dependen. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 30 staff yang terlibat dalam pengelolaan keuangan. Penelitian ini dilakukan di Dinas Perhubungan UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor Amplas dan Pinang Baris Medan. Penelitian ini menggunakan data primer. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode sensus/survei untuk mendapatkan data dari responden digunakan instrumen penelitian berupa kuisioner. Data dianalisis dengan menggunakan model kausal (causal research). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa good governace, audit kinerja, dan standar akuntansi pemerintah berpengaruh terhadap akuntabilitas keuangan. Kata kunci: Good Governace, Audit Kinerja, Standar Akuntansi Pemerintah, dan Akuntabilitas Keuangan.

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, MOTIVASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI RUMAH SAKIT ISLAM MALAHAYATI MEDAN

Rizal,Sandi Latmansyah () 2019

Dari penelitian awal yang peneliti lakukan. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan dan potensi pegawai adalah dengan terus memberikan sistem gaya kepemimpinan yang tepat, meningkatkan motivasi para pegawai dan komunikasi yang berjalan dua arah antara pegawai dan pimpinan. Gaya kepemimpinan merupakan salah satu faktor terpenting dalam pengimplementasian di lapangan, karena tanpa adanya campur tangan dari pimpinan maka segala pekerjaan yang dilaksanakan akan menjadi rumit sehingga dibutuhkan pengawasan dari pimpinan agar dalam pelaksanaannya lebih mudah terselesaikan. Begitu juga dengan motivasi, dimana Pegawai perlu dimotivasi agar bisa menyelesaikan setiap beban kerja yang diberikan kepadanya. Tanpa motivasi yang tinggi dari pimpinan, maka setiap pekerjaan menjadi terkendala dan tidak efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi dan komunikasi terhadap produktivitas kerja pegawai Rumah Sakit Islam Malahayati Medan baik secara parsial maupun simultan. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah orang dan sampel yang diambil menggunakan teknik slovin menjadi 75 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap produktivitas kerja pegawai, motivasi berpengaruh secara signifikan terhadap Produktivitas kerja pegawai, komunikasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap produktivitas kerja pegawai serta secara simultan variabel gaya kepemimpinan, motivasi dan komunikasi berpengaruh signifikan terhadap produktivitas keija pegawai pada Rumah Sakit Islam Malahayati Medan

PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM RANGKA MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN YANG DIMEDIASI OLEH SEMANGAT KERJA PADA PT. UNILEVER INDONESIA TBK

Prabella,Eggy () 2019

Penelitian ini dilandaskan pada pemikiran bahwa untuk mewujudkan cita-cita organisasi atau perusahaan karena memiliki karyawan dengan kinerja yang baik. Oleh karena itu kinerja karyawan menjadi salah satu masalah besar bagi manajemen sumber daya manusia di perusahaan. Dalam penelitian ini, peneliti berkesempatan untuk meneliti salah satu cabang, yaitu PT. Unilever Indonesia Tbk Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengembangan SDM terhadap kinerja karyawan dengan semangat kerja sebagai pemediasi pada PT. Unilever Indonesia Tbk Medan. Penelitian ini dilakukan di PT. Unilever Indonesia Tbk Medan. Jumlah sampel penelitian adalah 171 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis 1 dan 2 melalui uji secara parsial diterima yang berarti pengembangan berpengaruh siginifikan terhadap semangat kerja dan semangat kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Di sisi lain, hipotesis 3 ditolak dilihat dari hasil uji parsial yang berarti pengembangan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Sementara itu, hipotesis 4 diterima dilihat dari uji parsial dan uji simultan sehingga didapatkan bahwa pengembangan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan yang dimediasi oleh semangat kerja

PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN LIKUIDITAS TERHADAP KUALITAS LABA DENGAN CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR PADA BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2014-2017.

Zakiul,Fuad () 2019

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari struktur modal, likuiditas, terhadap kualitas laba dengan corporate governance sebagai variabel moderating pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Corpotate governance terbagi dalam 2 yaitu komisaris independen dan komite audit. Struktur modal diukur dengan Leverage. Dan likuiditas diukur dengan current ratio. Populasi pada penelitian ini yaitu perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI yaitu berjumlah 56 perusahaan. Sampel yang diambil berdasarkan metode Purposive sampling, dengan sampel sebanyak 228 dengan periode 4 tahun. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi moderating (MRA). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh variabel yang ada memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas laba sehingga dapat dijelaskan bahwa adanya setiap variabel memiliki pengaruh dapat meningkatkan kualitas laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI selama 2014-2017. Corporate governance yaitu variabel komite audit dan komisaris independen berdasarkan hasil pengujian tidak dapat dijadikan sebagai variabel moderasi dikarenakan hasil pengujian tidak memenuhi syarat untuk menjadi variabel moderasi untuk perusahaan manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2017. Kata Kunci :Struktur Modal, Likuiditas, Komite Audit, Komisaris Independen, Corporate Governance.

PENGARUH EARNING PER SHARE (EPS) DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP PRICE TO BOOK VALUE DENGAN DEBT TO EQUITY RATIO SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Anggrani,Dinda Wahyuni () 2019

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh earning per share dan kebijakan dividen terhadap price to book value secara parsial pada perusahaan makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia. Untuk mengetahui apakah debt to equity ratio memoderasi hubungan antara earning per share dan kebijakan dividen terhadap price to book value secara parsial pada perusahaan makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 12 perusahaan selama kurun waktu penelitian 5 tahun sehingga memiliki data observasi sebanyak 60 sampel. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan Moderated Regression Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa earning per share tidak berpengaruh signifikan terhadap price to book value. Kebijakan dividen berpengaruh signifikan terhadap price to book value. Secara bersama-sama variabel earning per share dan kebijakan dividen tidak berpengaruh terhadap price to book value. Debt to equity ratio memberi efek memperlemah pengaruh earning per share terhadap price to book value. Debt to equity ratio memberi efek memperlemah pengaruh kebijakan dividen terhadap price to book value

PENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKAN DAN SANKSI ADMINISTRASI TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DENGAN SOSIALISASI PERPAJAKAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING DI KPP PRATAMA MEDAN BELAWAN

Cahaya,Nur () 2019

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguji pengetahuan perpajakan, sanksi administrasi, sosialisasi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak sebagai variabel moderating. Populasi dalam penelitia ini adalah keseluruhan wajib pajak orang pribadi yang berjumlah 34.569 pada KPP Pratama Medan Belawan dan Sampel penelitian sebanyak 100 responden, Jenis penelitian adalah asosiatif. Teknik analilis data menggunakan Uji MRA. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan perpajakan berpengaruh signifikan terhadap kepatughan wajib pajak, sanksi administrasi berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, sosialisasi perpajakan tidak memoderasi pengetahuan perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak, sosialisasi perpajakan memoderasi pengaruh sanksi administrasi terhadap kepatuhan wajib pajak

ANALISA PERBANDINGAN SIKAP KERJA KARYAWAN PRIA DAN WANITA SEBAGAI UMPAN BALIK BAGI PERUSAHAAN PADA PT. RADJA ANGKUT INDONESIA

Bulele,Agustina () 2019

Sikap kerja karyawan satu dengan karyawan lain sangatlah berbeda-beda. Perbedaan itu tidak terlepas dari lingkungan pekerjaan. PT. Radja Angkut Indonesia merupakan suatu perusahaan yang bergerak dibidang jasa, dimana karyawan PT. Radja Angkut Indonesia memiliki 130 karyawan pria dan 20 karyawan wanita. Karyawan pria yang lebih banyak dari pada karyawan wanita, oleh karena itu penelitian ini bertujuan mengetahui adakah perbedaan sikap kerja karyawan pria dan karyawan wanita sebagai upaya bagi perusahaan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif. Penelitian ini dilakukan di PT. Radja Angkut Indonesia yang menyebar kuesioner kepada 150 responden, pengujian hipotesis peneltian ini menggunakan teknik uji-t alat bantu SPSS ( statistic product and service ) versi 20. Hasil penelitian ini membuktikan: terdapat perbedan yang signifikan antara sikap kerja karyawan pria dan karyawan wanita pada indikator kejujuran, kedisiplinan, partisipasi dan tanggung jawab dalam kelompok sedangkan pada indiktor partisipasi dalam kelompok tidak terdapat perbeda