Issue Dates

Jump to a point in the index:
Now showing items 1-10 of 313

ANALISIS PENGGUNAAN ARUS KAS DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN STUDI KASUS PADA PT. ANGKASA PURA II MEDAN

Rendy Kurniawan () 2011

Penelitian ini dilandaskan pada pemikiran bahwa seberapa besar pengaruh pengelolaan kas yang kemudian dimanfaatkan dalam proses pengambilan keputusan guna memperlancar operasi perusahaan terhadap jalannya kegiatan operasional perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan. Oleh karenanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penyajian laporan arus kas pada perusahaan telah sesuai dengan ketentuan PSAK No. 2 dan bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana peranan laporan arus kas dalam pengambilan keputusan pada PT. Angkasa Pura II. Teori yang digunakan untuk menganalisis permasalahan tersebut adalah tentang penggunaan, laporan arus kas, dan pengambilan keputusan. Penelitian dilakukan di PT. Angkasa Pura II Medan khususnya dibagian keuangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan komparatif. Analisa data menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh dan sekaligus menjadi kesimpulan peneliian ini antara lain bahwa perusahaan telah menyusun laporan arus kas sesuai dengan PSAK No. 2 dan laporan arus kas berperan sebagai alat bantu untuk mengambil keputusan operasi, keputusan investasi dan keputusan pendanaan. Mengingat dewasa ini arus informasi yang mutakhir dan aktual tentang kondisi lingkungan internal dan eksternal perusahaan menjadi sangat penting, maka ada baiknya perusahaan mempertahankan dan mengembangkan penerapan laporan arus kas yang sesuai dengan PSAK No. 2 agar senantiasa dapat memperoleh informasi tentang kondisi keuangan perusahaan yang akurat, komperhensif, aktual dan terpercaya dan perusahaan sebaiknya menyajikan laporan arus kas dengan metode langsung dan tidak langsung karena laporan arus kas dari aktivitas operasional memiliki keunggulan masing-masing yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan informasi yang berbeda. Oleh sebab itu dalam pengambilan keputusan jangka pendek, hendaknya perusahaan lebih meningkatkan peranan informasi arus kas sebagai acuan.

MENUMBUH KEMBANGKAN INTENSI KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONSTEKTUAL

Bulan, Tapi Rondang Ni () 2014

Penelitian ini dilandasi pemikiran bahwa pada saat ini pemerintah sedang giatnya mendorong masyarakat untuk berwirausaha. Salah satu upaya tersebut adalah dengan memasukan kewirausahaan pada kurikulum di seluruh Program Studi pada Perguruan Tinggi dan tingkat SMK. Permasalahannya adalah model pembelajaran pemodelan yang bagaimana yang bisa meningkatkan intensi kewirausahaan yang tinggi khususnya pada tingkat mahasiswa. Sejalan dengan itu maka penelitian ini bertujuan penganalisaan Model Pembelajaran Kontekstual melalui sebuah modul dan rencana pembelajaran kewirausahaan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yaitu penelitian yang dilakukan oleh dosen bekerja sama dengan peneliti (atau dilakukan oleh dosen sendiri yang juga bertindak sebagai peneliti) di kelas dengan penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan proses dan praktis pembelajaran. Penelitian dilakukan di berbagai perguruan tinggi baik swasta maupun negeri yang berdomisili di Kota Medan dan sekitarnya. Secara lebih khusus, perguruan tinggi negeri yang terlibat adalah Universitas Negeri Medan (UNIMED) dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sumatera Utara, sedangkan perguruan tinggi swasta meliputi Universitas Islam Sumatera Utara (UISU). Universitas Dharma Agung (UDA) dan Universitas Panca Budi (UNPAB). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas serta evaluasi dan analisis yang dilakukan pembelajaran kewirausahaan dengan model pendekatan konstektual dapat meningkatkan intensi yang tinggi bagi mahasiswa untuk menjadi seorang wirausahaan yang tangguh dan berkualitas, selain itu model pendekatan konstektual melahirkan kesiapan-kesiapan diri baik pada dosen pengampu maupun mahasiswa, masing-masing pihak yang terlibat sama-sama saling menyiapkan diri sebelum berdiskusi baik kelompok maupun kelas.

PEMANFAATAN METODE KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN GUNA PENINGKATAN ATENSI

Bulan, Tapi Rondang Ni () 2015

The influence of entrepreneurship education has been considered as one of the important factors to grow and develop the passion, spirit and enterpreneurual behavior among the younger generation. However, both state universitas and private universitas, as a provider of higher education can not be expected to be able to provide learning to students and college graduated to be able to play that role it is, more due to the lack of a learning model that corresponds to the condition that the student based on the results of previous studies found that the learning model modeling has become a model of enterpreneurual learning are considered appropriate by the student. Thus, the learning model, has a strong feasibility to be compiled and presenter in the form of module learning model. The purpose of this follow-up study is analyzing and modeling as the design of the learning model that has been arranged through a module and learning plants as a lecturer guide of the proposed model of enterpreneurial learning. This study used a qualitative approach This research is a classroom action research. The results of the study show that contextual teaching method ia able to improve the achievement of agreed target,contextual approach model application techniques stimulate a readiness to lectures of and students where both parties prepare themselves before discussion. the use of proops in the running contextual model is amust and cannot be separated froem the contextual model itself. In general can be concluded that visible results of the learning process with contextual approach raises that value of high intention among the students.

Pengembangan Wirausaha Ibu Rumah Tangga Mandiri Di Kota Medan

Bulan, Tapi Rondang Ni () 2018

Pengembangan Wirausaha Ibu Rumah Tangga Mandiri Di Kota Medan

PENGUATAN KINERJA PEMASARAN MELALUI PENGEMBANGAN INOVASI DAN KREATIVITAS PADA WIRAUSAHA MUDA (STUDI PADA FAKULTAS EKONOMI BISNIS UNIVERSITAS HARAPAN MEDAN)

Manurung, Maesi Dora () 2019

Perkembangan bisnis UKM dari waktu ke waktu mengalami peningkatan yang stabil. Namun, di dalam perjalanannya untuk berkembang lebih maju, para pelaku bisnis UKM tidak lepas dari kendala-kendala. Rata-rata kendala yang dihadapi oleh pelaku bisnis di Universitas Harapan Medan tidak mengetahui strategi dan inovasi yang tepat untuk mengembangkan bisnis mereka. Hal tersebut diungkapkan oleh beberapa pelaku bisnis yang dilakukan oleh peneliti pada waktu pra survey primer. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengembangan inovasi dan kreativitas berpengaruh baik secara parsial maupun simultan terhadap kinerja pemasaran bagi wirausaha muda Fakultas Ekonomi Bisnis di Universitas Harapan Medan Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah wirausaha muda yang ada di Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Harapan Medan sebanyak 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, kreativitas berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran dan pengembangan inovasi dan kreativitas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran Kata kunci : Pengembangan Inovasi, Kreativitas, Kinerja Pemasaran

PENGARUH LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA PADA KARYAWAN PT. BANK RAKYAT INDONESIA, TBK KANWIL MEDAN

Purba, Yani Yohana () 2019

Karyawan merupakan sumber daya yang penting bagi organisasi, karena memiliki bakat, tenaga, dan kreativitas yang sangat dibutuhkan oleh organisasi untuk mencapai tujuannya, karena itulah perlu adanya sumber daya manusia yang berkualitas dan mempunyai loyalitas yang tinggi, dalam rangka meningkatkan produktivitas perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja di PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk Kanwil Medan. Sampel penelitian sebanyak 168 orang pegawai dipilih dengan metode sampel jenuh, sementara data dikumpulkan menggunakan kuisioner untuk kemudian dianalisis dengan Structural Equation Modelling (SEM) melalui aplikasi SPSS AMOS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan secara parsial antara Lingkungan Kerja Fisik terhadap Kepuasan Kerja Pegawai, dan Lingkungan Kerja Non Fisik terhadap Kepuasan Kerja. Kata kunci: Lingkungan kerja, Kompensasi, Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja

FAKTOR PENENTU KEEFEKTIFAN TRANSFER PELATIHAN DITINJAU DARI SELF EFFICACY, LINGKUNGAN KERJA, DUKUNGAN ATASAN DAN DESAIN PELATIHAN PADA KARYAWAN GARUDA PLAZA HOTEL MEDAN

Rosada, Fikha () 2019

Penelitian dilakukan pada Hotel Garuda Plaza Medan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh self efficacy, lingkungan kerja, dukungan atasan dan desain pelatihan terhadap keefektifan transfer pelatihan. Populasi penelitian adalah karyawan yang bekerja di Hotel Garuda Plaza Medan pada bulan Maret 2019 sebanyak 241 karyawan, pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling sehingga jumlah sampel penelitian sebanyak 71 responden. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan teknik analisis data digunakan adalah regresi linear berganda, asumsi klasik, dan uji kelayakan model. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial lingkungan kerja, dukungan atasan dan desain pelatihan tidak berpengaruh signifikan terhadap keefektifan transfer pelatihan, self efficacy berpengaruh signifikan terhadap keefektifan transfer pelatihan pada Hotel Garuda Plaza Medan. Secara simultan menunjukkan efikasi diri, lingkungan kerja, dukungan atasan dan desain pelatihan bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keefektifan transfer pelatihan pada Hotel Garuda Plaza Medan. Efikasi diri, lingkungan kerja, dukungan atasan dan desain pelatihan mempunyai hubungan yang kuat terhadap transfer pelatihan yang terdapat di Hotel Garuda Plaza Medan. Nilai koefisien adjusted R square (R2) sebesar 0,609 ini menunjukkan bahwa transfer pelatihan dapat dijelaskan oleh efikasi diri, lingkungan kerja, dukungan atasan dan desain pelatihan sebesar 60,90%, dan sisanya sebesar 39,10% dapat dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak diteliti. Kata kunci: Transfer Pelatihan, Self Efficacy, Lingkungan Kerja, Dukungan Atasan dan Desain Pelatihan

PENGARUH JENIS PEKERJAAN WAJIB PAJAK, MODERNISASI SISTEM ADMINISTRASI PERPAJAKAN DAN SANKSI PAJAK TERHADAP MOTIVASI WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI PADA KPP PRATAMA MEDAN POLONIA

Depari, Rapta Abed Nego () 2019

Motivasi wajib pajak orang pribadi akan lebih tinggi dengan adanya sanksi pajak apabila wajib pajak secara sengaja tidak membayar pajak dengan cara menutupi harta kekayaannya. Perlunya pemeriksaan pajak yang dilakukan aparat pajak memiliki kemungkinan mempengaruhi motivasi wajib pajak orang pribadi dalam membayar pajak penghasilan. Sistem pekerjaan wajib pajak, modernisasi sistem administrasi perpajakan, dan sanksi pajak tidak lain merupakan pagar penjaga agar wajib pajak tetap berada pada koridor peraturan perpajakan. Selain itu penegakan hukum ini menjadi upaya untuk menciptakan keadilan melalui penerapan peraturan perpajakan secara fair, konsisten dan konsekuen, nilai-nilai yang dituntut pada era masa depan. Sehingga tujuan utamanya adalah untuk menguji dan meningkatkan tax compliance seorang wajib pajak, berarti pemeriksaan merupakan interaksi antara pemeriksa dengan wajib pajak. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 22.481 dan sampel penelitian ini adalah 100 wajib pajak dengan metode slovin. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi wajib pajak orang pribadi KPP Pratama Medan Polonia dapat terjadi bila memperhatikan jenis pekerjaan wajib pajak, modernisasi sistem administrasi perpajakan dan sanksi pajak secara bersama-sama. Hasil penelitian ini menerima hipotesis (Ha) yang menyatakan bahwa jenis pekerjaan wajib pajak, modernisasi sistem administrasi perpajakan dan sanksi pajak secara simultan berpengaruh terhadap motivasi wajib pajak orang pribadi. Artinya semakin sadar betapa pentingnya pajak, semakin tinggi jenis pekerjaan wajib pajak, modernisasi sistem administrasi perpajakan dan sanksi pajak maka semakin cepat KPP Pratama dalam melaporkan hasil wajib pajak ke masyarakat. Kata Kunci : Jenis Pekerjaan Wajib Pajak, Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan, Sanksi Pajak, Motivasi Wajib Pajak Orang Pribadi

PENGARUH CURRENT RATIO, TOTAL ASSET TURN OVER, PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP RETURN ON ASSET PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BEI

Vernando, Edward Yusuf () 2019

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh current ratio, total asset turnover, pertumbuhan penjualan dan debt to equity ratio terhadap return on asset pada perusahaan food and beverage yang terdaftar di BEI periode tahun 2014 – 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2017 sebanyak 18 perusahaan. Setelah melewati tahap purposive sampling, maka sampel yang layak digunakan sebanyak 14 perusahaan food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data sekunder menggunakan metode dokumentasi diperoleh dari laporan keuangan tahunan yang dipublikasikan. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini dengan analisis regresi berganda, uji hipotesis yaitu koefisien determinan, uji F, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan current ratio (CR), total assets turn over (TATO), pertumbuhan penjualan, debt to equity ratio (DER) tidak berpengaruh terhadap return on assets (ROA). Secara parsial terdapat pengaruh current ratio dan total assets turn over berpengaruh terhadap return on assets (ROA). Sedangkan pertumbuhan penjualan dan debt to equity ratio tidak berpengaruh terhadap return on assets (ROA). Kata Kunci : Current Ratio, Total Asset Turn Over, PertumbuhanPenjualan, Debt To Equity, Return On Asset

ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN, PENGALAMAN PEMBELIAN ONLINE, KESADARAN MEREK DAN LOYALITAS MEREK TERHADAP MINAT BELI DENGAN PROMOSI SEBAGAI PEMODERASINYA (STUDI PADA KONSUMEN TRAVELOKA DI KOTA MEDAN)

Sembiring, Sri Febriani () 2019

Traveloka memberikan berbagai kenyamanan kepada konsumen dengan sistem pemesaran tiket pesawat, travel dan reservasi hotel yang cepat, pembayaran yang mudah dan aman, sehingga memberikan berbagai pilihan harga tiket, travel dan hotel sesuai dengan budget konsumen. Selain itu Traveloka memberikan informasi mengenai lokasi atau tempat rekomendasi hotel, dan tempat wisata. Berbagai pelayanan yang diberikan Traveloka dimaksudkan untuk memberikan kualitas pelayanan yang terbaik terhadap konsumen sehingga diharapkan dapat memberikan kepuasan bagi konsumen. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kepercayaan, pengalaman pembelian Online, kesadaran merek, loyalitas merek berpengaruh baik secara parsial maupun secara simultan terhadap minat beli dan untuk mengetahui apakah kepercayaan, pengalaman pembelian Online, kesadaran merek, loyalitas merek berpengaruh terhadap minat beli yang dimoderasi oleh promosi Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah berjumlah tidak diketahui sehingga menggunakan metode sampel yang digunakan yaitu rumus Purba yaitu menjadi 100 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan MRA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kepercayaan, pengalaman pembelian Online dan loyalitas merek berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli, hanya variabel kesadaran merek tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli pada Traveloka dan secara bersama-sama variabel kepercayaan, pengalaman pembelian Online, kesadaran merek dan loyalitas merek berpengaruh signifikan terhadap minat beli pada Traveloka. Promosi memberi efek memperkuat pengaruh kepercayaan, pengalaman pembelian Online dan kesadaran merek terhadap minat beli dan variabel promosi memberi efek memperlemah loyalitas merek terhadap minat beli. Kata kunci : Kepercayaan, Pengalaman Pembelian Online, Kesadaran Merek, Loyalitas Merek, Minat Beli dan Promosi