Issue Dates

Jump to a point in the index:
Now showing items 1-40 of 128

PENGUATAN KINERJA PEMASARAN MELALUI PENGEMBANGAN INOVASI DAN KREATIVITAS PADA WIRAUSAHA MUDA (STUDI PADA FAKULTAS EKONOMI BISNIS UNIVERSITAS HARAPAN MEDAN)

Manurung, Maesi Dora () 2019

Perkembangan bisnis UKM dari waktu ke waktu mengalami peningkatan yang stabil. Namun, di dalam perjalanannya untuk berkembang lebih maju, para pelaku bisnis UKM tidak lepas dari kendala-kendala. Rata-rata kendala yang dihadapi oleh pelaku bisnis di Universitas Harapan Medan tidak mengetahui strategi dan inovasi yang tepat untuk mengembangkan bisnis mereka. Hal tersebut diungkapkan oleh beberapa pelaku bisnis yang dilakukan oleh peneliti pada waktu pra survey primer. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengembangan inovasi dan kreativitas berpengaruh baik secara parsial maupun simultan terhadap kinerja pemasaran bagi wirausaha muda Fakultas Ekonomi Bisnis di Universitas Harapan Medan Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah wirausaha muda yang ada di Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Harapan Medan sebanyak 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, kreativitas berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran dan pengembangan inovasi dan kreativitas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran Kata kunci : Pengembangan Inovasi, Kreativitas, Kinerja Pemasaran

PENGARUH LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA PADA KARYAWAN PT. BANK RAKYAT INDONESIA, TBK KANWIL MEDAN

Purba, Yani Yohana () 2019

Karyawan merupakan sumber daya yang penting bagi organisasi, karena memiliki bakat, tenaga, dan kreativitas yang sangat dibutuhkan oleh organisasi untuk mencapai tujuannya, karena itulah perlu adanya sumber daya manusia yang berkualitas dan mempunyai loyalitas yang tinggi, dalam rangka meningkatkan produktivitas perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja di PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk Kanwil Medan. Sampel penelitian sebanyak 168 orang pegawai dipilih dengan metode sampel jenuh, sementara data dikumpulkan menggunakan kuisioner untuk kemudian dianalisis dengan Structural Equation Modelling (SEM) melalui aplikasi SPSS AMOS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan secara parsial antara Lingkungan Kerja Fisik terhadap Kepuasan Kerja Pegawai, dan Lingkungan Kerja Non Fisik terhadap Kepuasan Kerja. Kata kunci: Lingkungan kerja, Kompensasi, Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja

FAKTOR PENENTU KEEFEKTIFAN TRANSFER PELATIHAN DITINJAU DARI SELF EFFICACY, LINGKUNGAN KERJA, DUKUNGAN ATASAN DAN DESAIN PELATIHAN PADA KARYAWAN GARUDA PLAZA HOTEL MEDAN

Rosada, Fikha () 2019

Penelitian dilakukan pada Hotel Garuda Plaza Medan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh self efficacy, lingkungan kerja, dukungan atasan dan desain pelatihan terhadap keefektifan transfer pelatihan. Populasi penelitian adalah karyawan yang bekerja di Hotel Garuda Plaza Medan pada bulan Maret 2019 sebanyak 241 karyawan, pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling sehingga jumlah sampel penelitian sebanyak 71 responden. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan teknik analisis data digunakan adalah regresi linear berganda, asumsi klasik, dan uji kelayakan model. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial lingkungan kerja, dukungan atasan dan desain pelatihan tidak berpengaruh signifikan terhadap keefektifan transfer pelatihan, self efficacy berpengaruh signifikan terhadap keefektifan transfer pelatihan pada Hotel Garuda Plaza Medan. Secara simultan menunjukkan efikasi diri, lingkungan kerja, dukungan atasan dan desain pelatihan bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keefektifan transfer pelatihan pada Hotel Garuda Plaza Medan. Efikasi diri, lingkungan kerja, dukungan atasan dan desain pelatihan mempunyai hubungan yang kuat terhadap transfer pelatihan yang terdapat di Hotel Garuda Plaza Medan. Nilai koefisien adjusted R square (R2) sebesar 0,609 ini menunjukkan bahwa transfer pelatihan dapat dijelaskan oleh efikasi diri, lingkungan kerja, dukungan atasan dan desain pelatihan sebesar 60,90%, dan sisanya sebesar 39,10% dapat dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak diteliti. Kata kunci: Transfer Pelatihan, Self Efficacy, Lingkungan Kerja, Dukungan Atasan dan Desain Pelatihan

ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN, PENGALAMAN PEMBELIAN ONLINE, KESADARAN MEREK DAN LOYALITAS MEREK TERHADAP MINAT BELI DENGAN PROMOSI SEBAGAI PEMODERASINYA (STUDI PADA KONSUMEN TRAVELOKA DI KOTA MEDAN)

Sembiring, Sri Febriani () 2019

Traveloka memberikan berbagai kenyamanan kepada konsumen dengan sistem pemesaran tiket pesawat, travel dan reservasi hotel yang cepat, pembayaran yang mudah dan aman, sehingga memberikan berbagai pilihan harga tiket, travel dan hotel sesuai dengan budget konsumen. Selain itu Traveloka memberikan informasi mengenai lokasi atau tempat rekomendasi hotel, dan tempat wisata. Berbagai pelayanan yang diberikan Traveloka dimaksudkan untuk memberikan kualitas pelayanan yang terbaik terhadap konsumen sehingga diharapkan dapat memberikan kepuasan bagi konsumen. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kepercayaan, pengalaman pembelian Online, kesadaran merek, loyalitas merek berpengaruh baik secara parsial maupun secara simultan terhadap minat beli dan untuk mengetahui apakah kepercayaan, pengalaman pembelian Online, kesadaran merek, loyalitas merek berpengaruh terhadap minat beli yang dimoderasi oleh promosi Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah berjumlah tidak diketahui sehingga menggunakan metode sampel yang digunakan yaitu rumus Purba yaitu menjadi 100 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan MRA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kepercayaan, pengalaman pembelian Online dan loyalitas merek berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli, hanya variabel kesadaran merek tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli pada Traveloka dan secara bersama-sama variabel kepercayaan, pengalaman pembelian Online, kesadaran merek dan loyalitas merek berpengaruh signifikan terhadap minat beli pada Traveloka. Promosi memberi efek memperkuat pengaruh kepercayaan, pengalaman pembelian Online dan kesadaran merek terhadap minat beli dan variabel promosi memberi efek memperlemah loyalitas merek terhadap minat beli. Kata kunci : Kepercayaan, Pengalaman Pembelian Online, Kesadaran Merek, Loyalitas Merek, Minat Beli dan Promosi

ANALISA PERBANDINGAN SIKAP KERJA KARYAWAN PRIA DAN WANITA SEBAGAI UMPAN BALIK BAGI PERUSAHAAN PADA PT. RADJA ANGKUT INDONESIA

Bulele,Agustina () 2019

Sikap kerja karyawan satu dengan karyawan lain sangatlah berbeda-beda. Perbedaan itu tidak terlepas dari lingkungan pekerjaan. PT. Radja Angkut Indonesia merupakan suatu perusahaan yang bergerak dibidang jasa, dimana karyawan PT. Radja Angkut Indonesia memiliki 130 karyawan pria dan 20 karyawan wanita. Karyawan pria yang lebih banyak dari pada karyawan wanita, oleh karena itu penelitian ini bertujuan mengetahui adakah perbedaan sikap kerja karyawan pria dan karyawan wanita sebagai upaya bagi perusahaan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif. Penelitian ini dilakukan di PT. Radja Angkut Indonesia yang menyebar kuesioner kepada 150 responden, pengujian hipotesis peneltian ini menggunakan teknik uji-t alat bantu SPSS ( statistic product and service ) versi 20. Hasil penelitian ini membuktikan: terdapat perbedan yang signifikan antara sikap kerja karyawan pria dan karyawan wanita pada indikator kejujuran, kedisiplinan, partisipasi dan tanggung jawab dalam kelompok sedangkan pada indiktor partisipasi dalam kelompok tidak terdapat perbeda

PENGARUH ROLE CONFLICT DAN KELELAHAN EMOSIONAL TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI STUDI KASUS PADA PTPN III MEDAN

Sihotang, Nurcahaya () 2019

Penelitian ini dilandaskan pada pemikiran bahwa keberhasilan suatu perusahaan selain karena memiliki karyawan yang dibutuhkan perusahaan juga dipengaruhi oleh kepuasan kerja dan komitmen organisasi. Oleh Karen itu kepuasan kerja dan komitmen organisasi menjadi salah satu masalah Karena berpengaruh terhadap kelangsungan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh role conflict dan kelelahan emosional terhadap kepuasan kerja dan komitmen organisasi studi kasus pada PTPN III Medan. Penelitian dilakukan di PTPN III Medan yang merupakan perusahaan yang bergerak dibidang perkebunan, pengelolaan, dan pemasaran hasil perkebunan yang berlokasi di Jl. Sei batang Hari No. 2 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PTPN III Medan. Sampel penelitian sebanyak 132 responden. Teknik pegambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis jalur dengan SPSS. Hasil penelitian yang dan diperoleh sekaligus menjadi kesimpulan penelitian ini antara lain role conflict mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan dengan nilai thitung>ttabel, 10,734 > 1,656 pada sig. 0,000 < 0,05. Kelelahan emosional tidak mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja dengan nilai thitung > ttabel, 1,430 < 1,656 pada sig. 0,155 > 0.05. role conflict mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi dengan nilai thitung > ttabel, 4,562 > 1,656 pada sig. 0,000 < 0,05. Kelelahan emosional mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi dengan nilai thitung > ttabel, 2,635 > 1,656 pada sig. 0,009 < 0,05. Role conflict, kelelahan emosional dan kepuasan kerja mempunyai hubungan yang kuat dengan komitmen organisasi. sementara itu, komitmen organisasi di PTPN III Medan mampu dijelaskan oleh role conflict, kelelahan emosional dan kepuasan kerja sebesar 74% dan sisanya 26% dapat diperoleh oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata kunci: Role Conflict, Kelelahan Emosional, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi.

PENGARUH PENGALAMAN KERJA, EFIKASI DIRI DAN KOMPENSASI TERHADAP PRESTASI KERJA YANG DIMODERASI OLEH MOTIVASI KERJA PADA PT. TIRTA INVESTAMA MEDAN

Anggraini,: Yulia () 2019

Penelitian ini dilakukan pada PT. Tirta Investama Medan. Tujuan penelitian yakni untuk menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan pengalaman kerja, efikasi diri dan kompensasi terhadap prestasi kerja karyawan. Penelitian menggunakan asosiatif, populasi penelitian adalah karyawan yang bekerja di PT. Tirta Investama Medan pada tahun 2019 sebanyak 110 orang dan pengambilan sampel dengan cara sampel sensus sehingga jumlah sampel yang digunakan sebanyak 110 responden. Sumber data menggunakan data primer dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis dan uji MRA dengan metode interaksi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman kerja, efikasi diri dan kompensasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja karyawan. Sedangkan secara parsial menunjukkan bahwa efikasi diri dan kompensasi berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja, pengalaman kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja karyawan di PT. Tirta Investama Medan. Nilai koefisien adjusted R square (R2) sebesar 0,789 ini menunjukkan bahwa prestasi kerja karyawan mampu dijelaskan oleh pengalaman kerja, efikasi diri dan kompensasi sebesar 78,9% dan sisanya sebesar 21,1% dijelaskan oleh variabel lainnya diluar lingkup penelitian yang tidak dilakukan

KEPUASAN GAJI DAN PENEMPATAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA SERTA DAMPAKNYA TERHADAP TURNOVER INTENTION KARYAWAN PADA PT. BRI MEDAN

:Wiranti Citra () 2019

Fenomena yang terjadi di dalam perusahaan, seperti: para pimpinan tidak mengetahui dan meyakini tujuan organisasi, adanya pembentukan satuan organisasi yang tidak berlandaskan pada pengembangan volume kerja, terjadinya perangkapan tugas pada satu bagian sedangkan di bagian lain terjadi kekosongan pekerjaan, sempitnya pendelegasian wewenang, dan masih banyak lagi. Salah satu sarana agar organisasi dapat berjalan dengan baik dan struktur organisasi yang bersangkutan sehat dan efisien maka mereka harus melaksanakan asas-asas organisasi. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah berjumlah 102 orang, dan dengan menggunakan teknik penarikan sampel jenuh diperoleh sampel sebesar 102 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kepuasan gaji terhadap turnover intention karyawan, terdapat pengaruh penempatan kerja terhadap turnover intention karyawan, tidak terdapat pengaruh kepuasan gaji terhadap kepuasan kerja karyawan, tidak terdapat pengaruh penempatan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan, terdapat pengaruh turnover intention karyawan terhadap kepuasan kerja karyawan, tidak terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan kepuasan gaji terhadap kepuasan kerja karyawan melalaui turnover intention karyawan dan tidak terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan penempatan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan melalaui turnover intention karyawan

MENINGKATKAN POSITIF WORD OF MOUTH MELALUI BRAND AMBASSADOR, TAGLINE, IKLAN TELEVISI DENGAN BRAND AWARENESS SEBAGAI PEMEDIASINYA (STUDI PADA KONSUMEN PRODUK WARDAH)

Nabilah,: Lastri () 2019

Penelitian ini dilandaskan pada pemikiran bahwa kegiatan pemasaran memegang peranan penting dalam meningkatkan volume penjualan perusahaan. Dalam aktivitas pemasaran diperlukan strategi yang dijalankan perusahaan untuk mencapai target penjualan yang telah ditetapkan. Oleh karenanya peneliti bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh positif word of mouth melalui brand ambassador, tagline, iklan televisi dengan brand awareness sebagai pemediasinya yang dilakukan kepada konsumen produk wardah di lotte mart center point medan. Penelitian dilakukan di Pt. Lotte Mart Center Point Medan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah asosiatif deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini pengunjung lotte mart yang jumlahnya tidak dapat diketahui dengan pasti. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuisioner yang dinilai dengan skala likert yang masing-masing sudah diuji coba dan memenuhi syarat valliditas dan reliabilitas. Anallisa data menggunakan structural equation modelling (SEM). Hasil penelitian yang diperoleh dan sekaligus menjadi kesimpulan penelitian ini antara lain bahwa brand ambassador, tagline, iklan televisi berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness. Brand ambassador, tagline, iklan televisi berpengaruh positif dan signifikan terhadap positif word of mouth. Brand awareness memediasi brand ambassador, tagline, iklan terhadap positif word of mouth. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian ini dapat diterima.

PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DENGAN TIPE KEPRIBADIAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PUSAT PENELITIAN KELAPA SAWIT PPKS/RISPA MEDAN

Setiawan, Deni () 2019

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara budaya organisasi dan komitmen organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior dan untuk mengetahui pengaruh tipe kepribadian memperkuat atau memperlemah hubungan budaya organisasi dan komitmen organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah karyawan Pusat Penelitian Kelapa Sawit PPKS/RISPA Medan yang berjumlah 740 orang dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 88 orang dengan menggunakan metode slovin. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah regresi dan MRA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior, komitmen organisasi tidak berpengaruh terhadap organizational citizenship behavior, tipe kepribadian memperkuat hubungan antara komitmen organisasi terhadap organizational citizenship behavior, dan tipe kepribadian memperkuat hubungan antara budaya organisasi terhadap organizational citizenship behavior

PENGARUH ETOS KERJA, KOMITMEN ORGANISASI DAN EMPLOYEE ENGAGEMENT TERHADAP KINERJA (STUDI PADA PEGAWAI SAMSAT MEDAN SELATAN)

Baharsyah, Hakhiky () 2019

Penelitian ini dilandaskan pada pemikiran bahwa evaluasi kinerja pegawai memegang peranan penting dalam meningkatkan mutu pelayanan publik. Untuk meningkatkan kinerja pegawai perlu dianalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja tersebut. Oleh karenanya penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh etos kerja, komitmen organisasi dan employee engagement terhadap kinerja (studi pada pegawai SAMSAT Medan Selatan). Teori yang digunakan untuk menganalisis permasalahan tersebut adalah tentang etos kerja, komitmen organisasi, employee engagement dan kinerja. Penelitian ini dilakukan di SAMSAT Medan Selatan yaitu seluruh pegawai yang berjumlah 72 orang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Analisa data menggunakan asumsi klasik dan persamaan regresi berganda. Hasil penelitian yang diperoleh dan sekaligus menjadi kesimpulan penelitian ini antara lain secara parsial dan simultan etos kerja, komitmen organisasi dan employee engagement berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Oleh karenanya untuk meningkatkan kinerja pegawai, maka SAMSAT Medan Selatan perlu mengadakan pembaharuan aplikasi pengolahan data yang dibutuhkan oleh pegawai. Hal ini agar mempermudah sekaligus mengefisiensikan pekerjaan pegawai dalam melayani masyarakat. Kata Kunci : Etos Kerja, Komitmen Organisasi, Employee Engagement dan Kinerja

PENGARUH PERSEPSI KARYAWAN DALAM PENGGUNAAN ABSENSI FINGERPRINT DAN PENGAWASAN TERHADAP DISIPLIN KERJA KARYAWAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA DINAS PERUMAHAN, KAWASAN PERMUKIMAN DAN PENATAAN RUANG KOTA MEDAN

Irawan, Rafiqah Qanitah () 2019

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh stress kerja dan konflik peran secara parsial terhadap komitmen organisasi pada Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang Kota Medan dan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepuasan kerja karyawan memoderasi hubungan stress kerja dan konflik peran dengan komitmen organisasi pada Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang Kota Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah karyawan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang Kota Medan yang berjumlah 685 orang dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 87 orang dengan menggunakan metode slovin. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah regresi dan MRA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Stress kerja tidak berpengaruh secara signifikan terhadap komitmen organisasi, sedangkan konflik peran berpengaruh secara signifikan terhadap komitmen organisasi. Secara bersama-sama variabel stress kerja dan konflik peran berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasi. Kemampuan variabel stress kerja dan konflik peran menjelaskan variabel terikat (komitmen organisasi) adalah sebesar 0,368 atau sama dengan 36,8%, sedangkan sisanya sebesar 0,632 atau sama dengan 63,2% dijelaskan oleh variabel yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.

PENGARUH KONFLIK PERAN DAN AMBIGUITAS PERAN TERHADAP KEPUASAN KERJA DIMEDIASI OLEH KELELAHAN EMOSIONAL (STUDI PADA PEGAWAI SAMSAT MEDAN SELATAN)

Pranata, M.Risky () 2019

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan pekerjaan yaitu terwujudnya kepuasan kerja. Kepuasan kerja pegawai dapat dicapai apabila semua harapannya dapat dipenuhi dalam melaksanakan tugas pekerjaannya. Oleh karenanya penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh konflik peran dan ambiguitas peran terhadap kepuasan kerja dengan kelelahan emosional sebagai variabel mediasi (studi pada pegawai SAMSAT Medan Selatan). Teori yang digunakan untuk menganalisis permasalahan tersebut adalah tentang konflik peran, ambiguitas peran, kepuasan kerja dan kelelahan emosional. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dan analisis jalur. Penelitian ini dilakukan di SAMSAT Medan Selatan yaitu seluruh pegawai yang berjumlah 72 orang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data primer berasal dari penyebaran kuesioner. Hasil penelitian ini antara lain secara parsial dan simultan konflik peran dan ambiguitas peran berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja dan kelelahan emosional baik secara langsung maupun melalui mediasi kelelahan emosional. Oleh karenanya untuk meningkatkan kepuasan kerja dan meminimalisir kelelahan emosional, maka SAMSAT Medan Selatan perlu memberikan pengarahan secara periodik dalam menjelaskan rencana kerja baik jangka pendek, menengah, maupun panjang. Kata Kunci : Konflik Peran, Ambiguitas Peran, Kepuasan Kerja dan Kelelahan Emosional.

PENGARUH PELATIHAN, BEBAN KERJA DAN LEADER MEMBER EXCHANGE TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL PADA PT. CENTREPARK CITRA CORPORA CABANG MEDA

Pohan, Raja Ahmar () 2019

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelatihan, beban kerja dan leader member exchange terhadap komitmen organisasional pada PT. Centrepark Citra Corpora Cabang Medan baik secara parsial dan simultan. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah karyawan PT. Centrepark Citra Corpora Cabang Medan yang berjumlah 87 orang dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 87 orang dengan menggunakan sampel jenuh. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional. Beban kerja tidak berpengaruh terhadap komitmen organisasional. Leader member exchange berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional. Secara bersama-sama variabel pelatihan, beban kerja dan leader member exchange berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasional.

PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN, KONTRAK PSIKOLOGIS, KOMITMEN ORGANISASI, MOTIVASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PADA PT. SURIATAMA MAHKOTA KENCANA MEDAN

Sitohang, Frilia Magdalena () 2019

Penelitian ini dilandaskan pada pemikiran tipe kepribadian, kontrak psikologis, komitmen organisasi, motivasi, dan kepuasan kerja memegang peranan penting dalam meningkatkan organizational citizenship behavior untuk kesuksesan perusahaan. Dalam meningkatkan organizational citizenship behavior diperlukan beberapa strategi yang dijalankan perusahaan untuk mencapai visi misi yang telah ditetapkan perusahaan. Oleh karenanya penelitian ini bertujuan untuk melakukan studi menegenai organizational citizenship behavior dari tipe kepribadian, kontrak psikologis, komitmen organisasi, motivasi, dan kepuasan kerja. Penelitian ini dilakukan di PT Suriatama Mahkota Kencana Medan dengan menggunakan sampel sebanyak 77 orang karyawan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Adapun teknik pengambilan data dengan menggunakan skala likert. Hasil penelitian yang diperoleh dan sekaligus menjadi kesimpulan pada penelitian ini antara lain bahwa tipe kepribadian, kontrak psikologis, komitmen organisasi, motivasi, dan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior. Oleh karena itu diharapkan agar perusahaan tetap meningkatkan tipe kepribadian, kontrak psikologis, komitmen organisasi, motivasi, dan kepuasan kerja untuk meningkatkan organizational citizenship behavior agar perusahaan dapat berjalan lebih baik daripada sebelumnya Kata kunci: Tipe Kepribadian, Kontrak Psikologis, Komitmen Organisasi, Motivasi, Kepuasan kerja, Organizational Citizenship Behavior

ANALISIS PENGARUH KONFLIK PERAN DAN AMBIGUITAS PERAN TERHADAP STRES KERJA KARYAWAN PADA PT. TIGARAKSA SATRIA

Azis, Farhan () 2019

Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan asosiatif untuk mengetahui hubunga variabel X (bebas) terhadap variabel Y (terikat). Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif, yakni menguji dan menganalisis data dengan perhitungan angka-angka dan kemudian menarik kesimpulan dari pengujian tersebut dengan alat uji korelasi product moment dan korelasi berganda tetapi dalam praktiknya pengolahan data penelitian ini tidak diolah secara manual,namun menggunakan software statistik SPSS 24. Berdasarkan hasil yang diperoleh thitung = 5,328 > ttabel 2,036 maka H0 ditolak dan H1 diterima untuk variabel konflik peran. Dengan demikian, secara parsial bahwa variabel konflik peran berpengaruh signifikan terhadap stres kerja pegawai pada PT. Tigaraksa satria. Berdasarkan hasil uji t thitung = 7,017 > ttabel 2,036 yang diperoleh maka H0 dan H1 diterima untuk variabel ambiguitasa peran. Dengan demikian, secara parsial bahwa variabel ambiguitas peran berpengaruh signifikan terhadap stres kerja pegawai pada PT. Tigaraksa satria. Berdasarkan Fhitung ( 9,883) > Ftabel 3,29 dapat disimpulkan bahwa secara simultan konflik peran dan ambiguitasa peran berpengaruh signifikan terhadap stres kerja pegawai PT. Tigaraksa satria. Koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai 0,831 (83,1%) artinya 83,1% variabel konflik peran (X1) dan ambiguitasa peran (X2) dapat menjelaskan variabel stres kerja (Y) sedangkan sisanya 16,9% dijelaskan oleh variabel lain di luar peneliti. Kata Kunci : Konflik peran, Ambiguitas peran, Stres kerja

SEMANGAT KERJA GENDER DITINJAU DARI KEPUASAN, KOMPENSASI, PELATIHAN DAN PROMOSI (STUDI PADA PT. PDAM TIRTANADI)

Wulandari, Anggelista () 2019

Penelitian ini dilakukan pada PT. PDAM Tirtanadi yang bergerak di bidang penyediaan air minum bagi kebutuhan masyarakat di kota Medan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui secara parsial dan simultan semangat kerja gender di tinjau dari kepuasan kerja, kompensasi, pelatihan dan promosi. Penelitian menggunakan korelasional, dengan jumlah populasi adalah karyawan yang bekerja di PT. PDAM Tirtanadi pada tahun 2018 sebanyak 125 orang. Pengambilan sampel dengan rumus Slovin sehingga jumlah sampel sebanyak 95 responden. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dengan teknik pengumpulan data yakni survei. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kepuasan kerja dan promosi berpengaruh signifikan terhadap semangat kerja gender, sedangkan kompensasi dan pelatihan tidak berpengaruh signifikan terhadap semangat kerja gender. Secara simultan menunjukkan bahwa kepuasan kerja, kompensasi, pelatihan dan dan promosi berpengaruh signifikan terhadap semangat kerja gender di PT. PDAM Tirtanadi Medan. Kepuasan kerja, kompensasi, pelatihan dan dan promosI mempunyai hubungan yang kuat terhadap semangat kerja gender karyawan pada PT. PDAM Tirtanadi Medan. Nilai koefisien adjusted R square (R2) sebesar 0,598 ini menunjukkan bahwa semangat kerja gender dapat dijelaskan kepuasan kerja, kompensasi, pelatihan dan promosi jabatan sebesar 59,8% dan sisanya sebesar 40,2% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata kunci: Kepuasan Kerja, Kompensasi, Pelatihan, Promosi, Semangat Kerja.

SERVANT LEADERSHIP DAN KARAKTERISTIK PEKERJAAN SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL YANG DIMODERASI OLEH EMPLOYEE ENGAGEMENT PADA PT. SUCOFINDO MEDAN

Zuhro, Riza () 2019

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh servant leadership dan karakteristik pekerjaan terhadap komitmen organisasional pada PT. Sucofindo Medan secara parsial. Untuk mengetahui pengaruh employee engagement memperkuat servant leadership dan karakteristik pekerjaan terhadap komitmen organisasional pada PT. Sucofindo Medan secara parsial. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 149 orang dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 60 orang dengan menggunakan metode slovin. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan MRA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa servant leadership berpengaruh signifikan terhadap employee engagement pada PT. Sucofindo Medan. Karakteristik pekerjaan tidak berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasional pada PT. Sucofindo Medan. Employee engagement tidak memperkuat hubungan antara servant leadership terhadap komitmen organisasional pada PT. Sucofindo Medan. Employee engagement tidak memperkuat hubungan antara karakteristik pekerjaan terhadap komitmen organisasional pada PT. Sucofindo Medan.

ETOS KERJA ETNIS INDIA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI PEMEDIASINYA PADA YAYASAN MISSI GURDWARA MEDAN

Lase, Ninsin Cemarlian () 2019

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh etos kerja etnis India terhadap kepuasan kerja, untuk mengetahui pengaruh tidak langsung etos kerja etnis India melalui kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi dan untuk mengetahui pengaruh etos kerja etnis India secara langsung terhadap komitmen organisasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah karyawan Yayasan Missi Gurdwara Medan yang berjumlah 100 orang dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 orang dengan menggunakan boring sample. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis path. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etos kerja etnis India berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Kepuasan kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasi. Tidak terdapat pengaruh langsung antara etos kerja etnis India terhadap komitmen organisasi melalui kepuasan kerja karyawan

Pengembangan Manajemen Penasaran (Lanjutan)

aditi,bunga (),lioni indrayani (),fedrico zamzani syahputra bahagia () 2019

Pemasaran (marketing) sebagai sebuah ilmu sebenarnya sudah dikenal sejak abad ke-19. Pada fase awal perkembangannya ilmu marketing mencakup tiga elemen pokok yaitu advertising, selling, and distribution. Kemudian seiring perkembangan jaman unsur-unsur lainnya mulai ditambahkan seperti konsumsi, perilaku konsumen, perilaku pasar, dan lainnya.

DETERMINASI KINERJA KARYAWANPADA PT. TIRTA INVESTAMA MEDAN

Lubis, M. Fachmi () 2019

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan kepribadian, komitmen organisasi, komunikasi organisasi dan kompetensi terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini dilakukan pada PT. Tirta Investama Medan. Dalam penelitian ini populasi yaitu karyawan yang bekerja di PT. Tirta Investama Medan pada tahun 2019 sebanyak 110 orang dan seluruh populasi dijadikan sebagai sampel sehingga jumlah sampel penelitian sebanyak 110 responden. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan menunjukkan kepribadian, komitmen organisasi, komunikasi organisasi dan kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Secara parsial menunjukkan bahwa kepribadian, komitmen organisasi dan komunikasi organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, sedangkan kompetensi berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja karyawan di PT. Tirta Investama Medan. Pada koefisien determinasi menunjukkan bahwa kepribadian, komitmen organisasi, komunikasi organisasi dan kompetensi mempunyai hubungan yang sangat kuat terhadap kinerja karyawan. Nilai koefisien adjusted R square (R2) sebesar 0,703 ini menunjukkan bahwa kinerja karyawan di PT. Tirta Investama Medan mampu dijelaskan oleh kepribadian, komitmen organisasi, komunikasi organisasi dan kompetensi sebesar 70,3% dan sisanya sebesar 29,7% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak diteliti

ANALISIS INTENSI PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK DITINJAU DARI PERSEPSI ATRIBUT DAN PERSEPSI BEHAVIORAL CONTROL (STUDI KASUS PADA MAHASISWA/I PENGGUNA OVO DI FEB UNIVERSITAS HARAPAN MEDAN)

Trinata, Adzra Hafizha () 2019

E-money merupakan salah satu alternatif alat pembayaran yang berbeda dengan kartu kredit ataupun debit. Prinsip orang yang memiliki e-money adalah menyimpan sejumlah uang pada media elektronik, namun tingkat pemahaman masyarakat terhadap e-money masih belum baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis intensi penggunaan uang elektronik ditinjau dari persepsi atribut dan persepsi behavioral control pada mahasiswa/i pengguna ovo di FEB Universitas Harapan Medan. Penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif dengan unit analisis Mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Harapan Medan. Dengan menggunakan data primer diperoleh dari 200 mahasiswa yang menggunakan ovo sebagai uang elektronik. Dengan metode structural equation modelling (SEM) menggunakan bantuan AMOS versi 22. Hasil penelitian pertama ini menunjukkan bahwa Persepsi Atribut berpengaruh tidak signifikan terhadap Intensi Penggunaan. Hal tersebut ditegaskan dengan Nilai Probabilitas Persepsi Atribut terhadap Intensi Penggunaan sebesar 0.126 yang lebih besar dari 0,05 (0,126 > 0,05). Begitupula dengan hasil penelitian kedua menunjukkan bahwa Persepsi Behavioral Control berpengaruh tidak signifikan terhadap Intensi Penggunaan. Hal tersebut ditunjukkan dengan Nilai Probabilitas Persepsi Behavioral Control terhadap Intensi Penggunaan sebesar 0,988 yang lebih besar dari 0,05 (0.988 > 0,05).

PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, KEADILAN ORGANISASI, MOTIVASI KERJA, DISIPLIN KERJA DAN KOMPETENSI TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI PADA PT TELKOMSEL DISTRIBUTOR CENTER AKAR DAYA MANDIRI

Aditia, Fiqri () 2019

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap komitmen organisasi, untuk mengetahui keadilan organisasi terhadap komimen organisasi, untuk mengetahui motivasi kerja terhadap komitmen organisasi, untuk mengetahui disiplin kerja terhadap komitmen organisasi, dan untuk mengetahui kompetensi secara simultan terhadap komitmen organisasi pada PT Telkomsel Distributor Center Akar Daya Mandiri. Populasi pada penelitian ini berjumlah 117 orang, dan pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel yaitu seluruh karyawan PT Telkomsel Distributor Center Akar Daya Mandiri yang berjumlah karyawan tetap. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan wawancara. Teknik analisi data yaitu regresi linier berganda, uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heterokedastisitas. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa secara simultan Budaya organisasi memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap komitmen organisasi karena mempunyai nilai koefisien thitung > ttabel 0,320 > 1,658 pada signifikan 0,750 < 0,05, sedangkan Keadilan organisasi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Komitmen organisasi karena mempunyai nilai koefisien thitung > ttabel – 1.403 > 1,658 pada signifikan 0,163 < 0,05, sedangkan Motivasi kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap komitmen organisasi karena mempunyai nilai koefisien thitung > ttabel 3,472 > 1,658 pada signifikan 0,001 > 0,05, sedangkan Disiplin kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap komitmen organisasi karena mempunyai nilai koefisien thitung > ttabel , 4,346 > 1,658 pada signifikan 0,000 > 0,05, sedangkan Kompetensi memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap komitmen organisasi karena mempunyai nilai koefisien thitung > ttabel 0,749 > 1,658 pada signifikan 0,456 < 0,05. R Square yaitu sebesar 0,440 dan sisasnya sbesar 64% dapat dijelaskan oleh variable lainnya yang diteliti

ANALISIS PENGARUH PENGEMBANGAN KARIR DAN KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA SERTA IMPLIKASINYA PADA KOMITMEN ORGANISASI PT.PERKEBUNAN NUSANTARA II (PERSERO) TANJUNG MORAWA.

Tsabbitha, Siti Hediati () 2019

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengembangan karir dan kompensasi secara parsial dan simultan terhadap kepuasan kerja serta implikasinya pada komitmen organisasi. asosiatif dengan pendekatan kuantitatif, populasi pada penelitian ini adalah karyawan yang bekerja di PT.Perusahaan Nusantara II (persero) Tanjung Morawa sebanyak 392 orang, dan pengambilan sampel secara acak sehingga sampel yang digunakan sebanyak 198 responden. Sumber data yaitu data primer dengan teknik pengumpulan data yaitu, kuisioner. Teknik analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur. Berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan, dapat disimpulkan bahwa (1) Pengembangan Karir berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Kerja. (2) Kompensasi berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Kerja. (3) Pegembangan Karir berpengaruh secara signifikan terhadap Komitmen Organisasi. (4) Kompensasi berpegaruh secara signifikan terhadap Komitmen Organisasi. (5) Kepuasan Kerja berpengaruh secara signifikan terhadap Komitmen Organisasi. (6) Pengembangan Karir berpengaruh secara signifikan terhadap Komitmen Organisasi melalui Kepuasan Kerja. (7) Kompensasi secara signifikan terhadap Komitmen Organisasi melalui Kepuasan Kerja. Kata kunci : Pengembangan Karir, Kompensasi, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi.

PENGARUH SUPERVISI, ABSENSI FINGERPRINT, DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP DISIPLIN KERJA PADA RUMAH SAKIT UMUM SARAH MEDAN

Sugiono () 2019

Sumber daya manusia merupakan salah satu bagian dari kemajuan ilmu pembangunan dan teknologi, serta ilmu manajemen yang lebih berfokus kepada pengaturan peranan sumber daya manusia di dalam suatu organisasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh supervisi terhadap disiplin kerja, untuk mengetahui pengaruh absensi finger print terhadap disiplin kerja dan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap disiplin kerja pada Rumah Sakit Umum Sarah Medan. Populasi pada penelitian ini berjumlah 89 orang, dan pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel yaitu seluruh karyawan non medis Rumah Sakit Umum sarah Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda, uji normalitas, uji multikolineritas dan uji heteroskedastisitas. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa supervisi berpengaruh signifikan terhadap disiplin Kerja. Besarnya kontribusi supervisi dalam mempengaruhi disiplin kerja karyawan sebesar 0,396, absensi fingerprint berpengaruh signifikan terhadap disiplin kerja karyawan. Besarnya kontribusi absensi fingerprint dalam mempengaruhi disiplin kerja adalah sebesar 60,10%, Budaya Organisasi berpengaruh signifikan terhadap disiplin kerja karyawan. Besarnya kontribusi budaya organisasi dalam mempengaruhi disiplin kerja adalah sebesar 47,40%, Supervisi, Absensi Fingerprint dan budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap disiplin kerja. Kemampuan Supervisi, Absensi Fingerprint dan budaya organisasi menjelaskan disiplin kerja adalah sebesar 39,30% sedangkan sisanya sebesar 60.70% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak masuk ke dalam model penelitian ini.

Innovation Product and Halal Labelization In Buying Repurchase

aditi,bunga () 2019

Indonesia merupakan negara yang sedang berkembang memiliki banyak Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). UMKM memiliki peranan yang sangat vital didalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Inovasi produk dan dan labelisasi halal terhadap Minat beli ulang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi. Metode analisis data yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda dengan menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan Inovasi produk dan Labelisasi halal secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang. Secara parsial masing-masing Inovasi produk dan Labelisasi halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang. Harga sebagai variabel moderating yang dapat memperkuat pengaruh inovasi produk dan labelisasi halal Terhadap Minat beli ulang di UMKM Kabupaten Langkat

UNDERSTANDING OF CONTRUCT INDICATORS FORMING DIMENSIONS OF BUSINESS STRATEGY AND CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT IN INDUSTRY REVOLUTION 4.0

hafizah, aditi, bunga, hermansyur ,muda iskandar () 2019

Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan berbagai strategi bisnis dalam customer relationship management di era revolusi industri 4.0. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian yang digunakan sebagai deskriptif analitis. Teknik pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan, yang dilakukan dengan membaca buku dan jurnal literatur tentang Strategi Bisnis, Manajemen Hubungan Pelanggan, dan Revolusi Industri 4.0. Tulisan ini untuk menanamkan strategi bisnis dalam manajemen hubungan pelanggan di revolusi industri 4.0

Pengaruh Ketanggapan, Diskon harga dan Bukti Fisik Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Sikap Konsumen Sebagai Variabel Moderating Pada PT. Gojek Medan

aditi,bunga (),hermansyur () 2019

Kepuasan konsumen merupakan suatu wujud dari perasaan konsumen terhadap suatu produk atau jasa apakah sesuai dengan yang diharapkan. Tercapainya kepuasan konsumen merupakan salah satu tujuan utama yang ingin dicapai setiap perusahaan Industri online yang semakin kompetitif, memberikan gambaran kepada pelaku industri online dapat menawarkan produk yang tepat kepada para konsumen, dengan ketanggapan yang terbaik , diskon harga dan mereka yang terkenal. Oleh karena itu, perlu adanya pemahaman mengenai target pasar atau konsumen yang akan dilayani karena merupakan hal yang sangat penting dalam meningkatkan kegiatan bisnis. Semakin ketatnya persaingan bisnis saat ini mengakibatkan perusahaan dihadapkan pada tantangan untuk dapat mempertahankan kelangsungan hidup. Salah satunya PT GO-JEK di Kota Medan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Ketanggapan, Diskon Harga dan Bukti fisik Terhadap Kepuasan konsumen dengan sikap konsumen sebagai variabel moderating Pada PT GOJEK di Kota Medan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi. Metode analisis data yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda dengan menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan Ketanggapan, Diskon Harga dan Bukti fisik secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan konsumen pada PT GO-JEK di Kota Medan. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial Ketanggapan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan konsumen pada PT GO-JEK di Kota Medan. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial Diskon Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan konsumen pada PT GO-JEK di Kota Medan. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial Bukti fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan konsumen pada PT GO-JEK di Kota Medan. Koefisien determinasi (R2) dari variabel Ketanggapan, Diskon Harga dan Bukti fisik mampu menjelaskan Kepuasan konsumen PT GO-JEK di Kota Medan sebesar 70,8% sedangkan sisanya sebesar 29,2% dijelaskan oleh variabelvariabel independen yang tidak diteliti. Sikap konsumen sebagai variabel moderating yang dapat memperkuat pengaruh Ketanggapan, Diskon Harga dan Bukti fisik Terhadap Kepuasan konsumen pada PT GO-JEK di Kota Medan.

MEMBENTUK EMOSI POSITIF MELALUI STIMULI LINGKUNGAN DAN FAKTOR SOSIAL SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KECENDERUNGAN SHOPAHOLIC (STUDI PADA FAKULTAS EKONOMI BISNIS UNIVERSITAS HARAPAN MEDAN)

Nasution, Ika Priska () 2019

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah stimuli lingkungan dan faktor sosial berpengaruh terhadap emosi positif secara parsial, untuk mengetahui apakah stimuli lingkungan dan emosi positif berpengaruh terhadap kecenderungan shopaholic dan untuk mengetahui apakah faktor sosial dan emosi positif berpengaruh terhadap kecenderungan shopaholic. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa/i yang kecenderungan shopaholic di Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Harapan Medan. Besarnya sampel yang diambil dalam penelitian adalah 100 orang dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan model regresi dan residual. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa stimuli lingkungan berpengaruh signifikan terhadap emosi positif. Stimuli Lingkungan tidak berpengaruh signifikan terhadap kecendrungan shopaholic. Faktor Sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap Emosi Positif. Faktor sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap kecendrungan shopaholic. Emosi positif berpengaruh signifikan terhadap kecendrungan shopaholic. Tidak terdapat pengaruh signifikan stimuli lingkungan terhadap Kecenderungan Shopaholic melalui Emosi Positif. Tidak terdapat pengaruh signifikan faktor sosial terhadap Kecenderungan Shopaholic melalui Emosi Positif. Kata kunci : Stimuli Lingkungan, Faktor Sosial, Kecendrungan Shopaholic, Emosi Positif.

PENGARUH EMPLOYEE ENGAGEMENT, QUALITY OF WORK LIFE, DAN KEPERCAYAAN PADA PIMPINAN TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR PADA PT ASURANSI JIWASRAYA (PERSERO) MEDAN

Nasution, Boris Stevan D () 2019

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Employee Engagement, Quality of Work Life, dan Kepercayaan pada pimpinan terhadap Organizational Citizenship Behaviour pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Medan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh karyawan yang bekerja di PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Medan yang berjumlah 140 orang dengan sampel yang diambil 100 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner dan wawancara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka H1 diterima untuk variabel Employee Engagement dengan alpha 1%. Dengan demikian, secara parsial bahwa variabel Employee Engagement berpengaruh signifikan terhadap Organizational Citizenship Behaviour pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Medan. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka H2 ditolak untuk variabel Quality of Work Life. Dengan demikian, secara parsial bahwa variabel Quality of Work Life tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Organizational Citizenship Behaviour pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Medan. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka H3 ditolak untuk variabel Kepercayaan pada Pimpinan. Dengan demikian, secara parsial bahwa variabel Kepercayaan pada pimpinan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Organizational Citizenship Behaviour pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Medan. Dapat disimpulkan bahwa H4 secara simultan Employee Engagement, Quality of Work Life, dan Kepercayaan pada Pimpinan tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap Organizational Citizenship Behaviour pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Medan. Untuk hasil Koefisien Determinasi (R), diperoleh nilai 0,243 (24%). Artinya, Koefisien Reliabilitas terhadap hasil Uji Regresi ini termasuk kedalam kategori rendah, yaitu berkisar diantara 0,20-0,399. Kata Kunci : Employee Engagement, Quality of Work Life, Kepercayaan pada Pimpinan, Organizational Citizenship Behaviour

PENGARUH LINGKUNGAN KERJA TERHADAP DISIPLIN KERJA DAN SEMANGAT KERJA PEGAWAI PADA DINAS PERIKANAN DAN KELAUTAN PROVINSI SUMATERA UTARA

Putri, Intan Diana () 2019

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh lingkungan kerja terhadap disiplin kerja, pengaruh lingkungan kerja terhadap semangat kerja dan pengaruh tidak langsung lingkungan kerja terhadap semangat kerja melalui disiplin kerja pada pegawai Dinas Perkanan dan Kelautan Provinsi Sumatera Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear berganda dan sobel. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 130 orang pegawai Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumatera Utara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan Kerja tidak berpengaruh terhadap Disiplin Kerja pegawai Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumatera Utara. Lingkungan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Semangat Kerja pegawai Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumatera Utara. Disiplin Kerja tidak berpengaruh terhadap Semangat Kerja pegawai Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumatera Utara. Tidak terdapat pengaruh tidak langsung antara Lingkungan Kerja terhadap Semangat Kerja melalui Disiplin Kerja. Kata Kunci: Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja, Semangat Kerja

PEMETAAN ALUMNI FAKULTAS EKONOMI BISNIS UNIVERSITAS HARAPAN MEDAN DEMI PERCEPATAN PENCAPAIAN VISI DAN MISI

Azis, Abdul () 2019

Penelitian ini melibatkan alumni dalam rangka untuk mendapatkan informasi maupun masukan-masukan dari alumni Fakultas Ekonomi Bisnis karena, alumni merupakan hasil produk dari Perguruan Tinggi. Kualitas alumni menunjukkan kualitas dari Perguruan Tinggi tersebut. Untuk mengetahui kualitas lulusan tidak cukup hanya melihat dari output-nya saja, misalnya dari kemampuan, keterampilan dan sikap formal yang diwujudkan dalam Indeks Prestasi (IP). Akan tetapi suatu Perguruan Tinggi juga harus melihat seberapa besar lulusan Perguruan Tinggi tersebut mampu berkiprah dalam pembangunan sesuai dengan relevansi pendidikannya dapat dilakukan upaya penelusuran terhadap lulusannya (tracer study). Tracer Study merupakan studi yang bertujuan untuk memperoleh informasi lulusan yang sudah bekerja maupun yang belum bekerja. Dimana sampel yang diambil pada penelitian ini adalah sebanyak 102 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Data dilakukan dengan pengolahan data kuantitatif dengan cara: editing, coading dan entry data dan pembersihan data. Penelitian ini berkesimpulan bahwa keterserapan lulusan menunjukkan bahwa semua responden telah bekerja, masa tunggu lulusan menyatakan 14% telah bekerja sebelum lulus, 70% satu sampai enam bulan, 13% tujuh sampai duabelas bulan dan 3% mendapatkan pekerjaan setelah lulus satu tahun. Jenis pekerjaan menunjukkan bahwa lulusan bekerja di perusahaan swasta 74%, 14% wiraswasta, dan 12% di instansi pemerintah. Kesesuaian bidang kerja 77% menyatakan sangat sesuai, 19% menjawab sesuai dan 4% cukup sesuai. Pendapatan lulusan 25% menyatakan berpenghasilan Rp 1.000.000 – Rp 2.500.000, 71% menyatakan berpenghasilan Rp 2.500.000 – Rp 5.000.000, 4% menyatakan berpenghasilan Rp 5.000.001 – Rp 10.000.000, dan untuk pendapatan dibawah Rp 1.000.000 dan diatas Rp 10.000.000 tidak ada yang menjawab. Kompetensi yang dibutuhkan lulusan terdiri dari kompetensi integritas, kepemimpinan, marketing, bahasa inggris, dan teknologi informasi. Ekstrakurikuler yang dibutukan adalah BEM/HMJ dan UKM. Kepuasan stakeholder bahwa kemampuan bahasa inggris, teknologi informasi, berkomunikasi kepemipinan dan kerjasama dalam tim 50% baik dan 50% lagi cukup baik. Kata Kunci : Alumni, Ekstrakurikuler, Kompetensi, Keterserapan, Masa Tunggu, Kesesuaian pekerjaan, Gaji, dan Kepuasan Stakeholder

PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KETERIKATAN KARYAWAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN POWER DISTANCE SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PDAM TIRTANADI CABANG MEDAN

Hijrianty, Erwina Anugrah () 2019

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah efikasi diri dan keterikatan karyawan berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada PDAM Tirtanadi Cabang Medan secara parsial dan untuk mengetahui apakah power distance memoderasi pengaruh efikasi diri dan keterikatan karyawan terhadap kinerja karyawan pada PDAM Tirtanadi Cabang Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah karyawan PDAM Tirtanadi Cabang Medan yang berjumlah 149 orang dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 149 orang dengan menggunakan teknik penelitian populasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah regresi dan MRA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Keterikatan karyawan tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Power distance memperkuat hubungan antara efikasi diri dengan kinerja karyawan pada PDAM Tirtanadi Cabang Medan. Power distance memperkuat hubungan antara keterikatan karyawan dengan kinerja karyawan pada PDAM Tirtanadi Cabang Medan. Kata kunci : Efikasi Diri, Keterikatan Karyawan, Kinerja Karyawan dan Power Distance

PENGARUH KOMUNIKASI, KERJASAMA KELOMPOK DAN KREATIVITAS TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA MEDAN

Farhan, Muhammad () 2019

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh komunikasi dan kerjasama kelompok secara parsial terhadap kinerja karyawan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Medan dan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepuasan kerja karyawan memoderasi hubungan komunikasi dan kerjasama kelompok dengan kinerja karyawan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah karyawan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Medan yang berjumlah 685 orang dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 87 orang dengan menggunakan metode slovin. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah regresi dan MRA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunikasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan, sedangkan kerjasama kelompok berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan. Secara bersama-sama variabel komunikasi dan kerjasama kelompok berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Kemampuan variabel komunikasi dan kerjasama kelompok menjelaskan variabel terikat (kinerja karyawan) adalah sebesar 0,368 atau sama dengan 36,8%, sedangkan sisanya sebesar 0,632 atau sama dengan 63,2% dijelaskan oleh variabel yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. Kata kunci : Komunikasi, Kerjasama Kelompok, Kreativitas, Kinerja karyawan

PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, STRESS KERJA DAN KONFLIK KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR PELAYANAN KEKAYAAN NEGARA DAN LELANG MEDAN

Pramesti, Sahvira Cahya () 2019

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh budaya organisasi, stres kerja dan konflik kerja terhadap kinerja pegawai pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Medan baik secara parsial maupun secara simultan. Jenis penelitian ini adalah penelitian penelitian asosiatif yang bersifat kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah karyawan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Medan yang berjumlah 48 orang dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 48 orang dengan menggunakan metode sampel jenuh. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya organisasi berpengaruh secara nyata terhadap kinerja pegawai. Stress kerja tidak berpengaruh secara nyata terhadap kinerja pegawai. Konflik kerja tidak berpengaruh secara nyata terhadap kinerja pegawai. Budaya organisasi, stress kerja dan konflik kerja mempunyai hubungan yang signifikan secara simultan terhadap kinerja pegawai. Kata kunci : Budaya Organisasi, Stress Kerja, Konflik Kerja, Kinerja Pegawai

PENGARUH SATISFACTION, TRUST, PERCEIVED USEFULNESS DAN PERCEIVED ENJOYMENT TERHADAP REPURCHASE INTENTION PADA OJEK ONLINE (STUDI KASUS PADA PELANGGAN GRAB)

Rahayu, Fuji () 2019

Penelitian ini dilandaskan pada pemikiran bahwa kegiatan pemasaran memegang peranan penting dalam meningkatkan volume penjualan perusahaan. Dalam aktivitas pemasaran diperlukan strategi yang dijalankan perusahaan untuk mencapai target penjualan yang telah ditetapkan. Oleh karenanya peneliti ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh Satisfaction,Trust, Perceived Usefulness, Perceived Enjoyment terhadap Repurchase Intention pada ojek online pelanggan Grab diMedan. Penelitian dilakukan di Wilayah Kelurahan Siti Rejo I, kota Medan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah asosiatif . Populasi penelitian ini pelanggan Grab yang jumlahnya tidak dapat diketahui dengan pasti. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuisioner yang dinilai dengan skala likert yang masing-masing sudah diuji coba dan memenuhi syarat valliditas dan reliabilitas. Anallisa data menggunakan Statistical Package Social Sciences (SPSS). Hasil penelitian yang diperoleh dan sekaligus menjadi kesimpulan penelitian ini antara lain bahwa Satisfaction,Trust, Perceived Usefulness, Perceived Enjoyment berpengaruh positif dan signifikan terhadap Repurchase Intention. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian ini dapat diterima.

IMPULSIF BUYING TENDENCY SEBAGAI DAMPAK DARI STIMULUS LINGKUNGAN TOKO DENGAN PEMEDIASI EMOSI POSITIF (STUDI PADA MATAHARI DEPARTMENT STORE DI THAMRIN PLAZA MEDAN)

Ayu, Dhika Rara () 2019

Penelitian ini dilandaskan pada pemikiran bahwa kecenderungan perilaku berbelanja meluas yang terjadi di dalam pasar sehingga menjadi poin penting dalam pemasaran. Perilaku pembelian impulsif merupakan tantangan bagi para pelaku bisnis dimana mereka dituntut untuk menciptakan ketertarikan secara emosional seperti memancing gairah konsumen untuk membeli dan mengkonsumsi produk tersebut. Oleh karenanya peneliti ini bertujuan untuk mendeskripsikan Impulsif Buying Tendency sebagai dampak dari Stimulus Lingkungan Toko dengan pemediasi Emosi Positif studi pada Matahari Department Store di Thamrin Plaza Medan. Penelitian ini dilakukan di Thamrin Plaza Medan, di Jalan M.H.Thamrin, Sei Rengas II, Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian konsumen Matahari Department Store yang jumlahnya tidak dapat diketahui pasti. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuisioner yang dinilai dengan skala likert yang masing-masing sudah diuji coba dan memenuhi syarat valliditas dan reliabilitas. Anallisa data menggunakan Statistical Package Social Sciences (SPSS).Hasil penelitian yang diperoleh dan sekaligus menjadi kesimpulan penelitian ini antara lain bahwa impulsif buying berpengaruh signifikan terhadap lingkungan toko, impulsif buying berpengaruh signifikan terhadap emosi positif, emosi positif berpengaruh signifikan terhadap lingkungan toko, dan impulsive buying berpengaruh terhadap lingkungan toko melalui emosi positif sebagai variabel pemediasi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian ini dapat diterima. Kata kunci : Impulsif Buying Tendency, Lingkungan Toko, dan Emosi Positif.

PENGARUH LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PT BUGAK BRAWANG CEMERLANG

Fatrarozy, Marda () 2019

Penelitian ini dilandaskan bahwa sumber daya manusia merupakan faktor sentral dalam pengelolaan suatu perusahaan. Dalam mencapai tujuannya, suatu perusahaan memerlukan sumber daya manusia sebagai pengelola sistem karena sumber daya manusia yang kompeten dengan kinerja yang baik dapat menunjang keberhasilan bisnis. Oleh karenanya penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening. Teori yang digunakan untuk menganalisis permasalahan tersebut adalah tentang lingkungan kerja, kepuasan kerja, dan kinerja karyawan. Penelitian ini dilakukan di PT Bugak Brawang Cemerlang khusunya di bagian sumber daya manusia. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian yang diperoleh dan sekaligus menjadi kesimpulan penelitian ini antara lain bahwa lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening. Oleh karena itu, diharapkan agar perusahaan untuk tetap mempertahankan konsistensi terhadap lingkungan kerja dan kepuasan kerja agar kinerja karyawan bisa berjalan lebih efektif dan efisien. Kata Kunci : Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja, Kinerja Karyawan

SISTEM REKRUTMEN, PENGALAMAN KERJA DAN PENEMPATAN KERJA BERDAMPAK TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA PT. PDAM TIRTANADI DELI SERDANG

Syafril, Alfiqa () 2019

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan sistem rekrutmen, pengalaamn kerja dan penempatan kerja terhadap prestasi kerja karyawan. Penelitian ini dilakukan di PT. PDAM Tirtanadi Deli Serdang sebagai perusahaan daerah di kota Medan. Populasi penelitian adalah karyawan yang bekerja di PT. PDAM Tirtanadi Deli Serdang pada tahun 2018 sebanyak 125 orang, pengambilan sampel dengan cara sensus sehingga jumlah sampel sebanyak 125 responden. Teknik analisis data dengan regresi linear berganda dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem rekrutmen, pengalaman kerja dan penempatan kerja secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja karyawan. Nilai koefisien adjusted R Square sebesar 0,626, artinya sistem rekrutmen, pengalaman kerja dan penempatan kerja mampu menjelaskan prestasi kerja karyawan sebesar 62,6% dan sisanya 37,4% dapat dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak diteliti. Kata kunci:Sistem Rekrutmen, Pengalaman Kerja, Penempatan Kerja, Prestasi Kerja

PENGARUH PROMOSI JABATAN DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA DINAS PERIKANAN DAN KELAUTAN PROVINSI SUMATERA UTARA

Syafitri, Dwi Ayutifany () 2019

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan membuktikan pengaruh promosi jabatan terhadap prestasi kerja pada Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumatera Utara, pengaruh disiplin kerja terhadap prestasi kerja pada Dinas Perikanan Dan Kelautan Provinsi Sumatera Utara, komitmen organisasi memoderasi pengaruh yang signifikan antara promosi jabatan terhadap prestasi kerja pada Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumatera Utara, komitmen organisasi memoderasi pengaruh yang signifikan antara disiplin kerja terhadap prestasi kerja pada Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumatera Utara. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 130 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dan moderasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi jabatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja pegawai Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumatera Utara. Disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja pegawai Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumatera Utara. Komitmen organisasi mampu memperkuat pengaruh promosi jabatan secara signifikan terhadap prestasi kerja pegawai Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumatera Utara. Komitmen organisasi mampu memperkuat pengaruh disiplin kerja secara signifikan terhadap prestasi kerja pegawai Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumatera Utara. Kata Kunci: Promosi Jabatan, Disiplin Kerja, Prestasi Kerja, Komitmen Organisasi