dc.contributor.author | jimmi lauren siahaan, junaidi, fadly a. kurniawan | |
dc.date.accessioned | 2023-09-08 | |
dc.date.available | 2023-09-08 | |
dc.date.issued | 2022 | |
dc.identifier.uri |
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/5373
| |
dc.description.abstract |
Mobil diproduksi agar dapat memudahkan pekerjaan manusia, maka diharapkan komponen mobil didesain
secara efektif dan efisien serta menggunakan material komponen yang berkualitas dan tahan lama. Salah satu
jenis komponen mobil adalah connecting rod. Connecting rod adalah komponen yang berfungsi meneruskan
gerakan lurus dari piston menjadi gerakan putar pada crankshaft. Connecting rod sangat berpengaruh terhadap
performa mesin L300 diesel, maka harus memiliki kekuatan yang baik. Oleh karena itu penulis tertarik membuat
penelitian uji kekerasan bushing connecting rod bahan paduan aluminium dan bahan bronze dengan
perlakuanpanas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perb andingan tingkat kekerasan
connecting rod bahan aluminium dan bronze. Diawali dengan proses pengukuran nilai kekerasan bushing
connecting rod, proses perlakuan panas, pendinginan, dan melakukan pengukuran nilai kekerasan ulang.
Selanjutnya dilakukan analisa dan membandingkan nilai kekerasan bushing connecting rod bahan paduan
aluminium dan bahan bronze. Setelah dilakukan proses perlakuan panas (heattreatment) dengan suhu350°C dan
waktu 30 menit pada bushing connecting rod bahan paduan aluminium dan bronze mengalami peningkatan nilai
kekerasan dengan penggunaan media pendingin oli. Nilai rata-rata kekerasan bushing connecting rod bahan
paduan aluminium adalah 204 Kg/mm² dengan nilai rata-rata kenaikan nilai kekerasan 44.6 Kg/mm².
Sedangkan nilai rata-rata kekerasan Bushing connecting rodbahan bronze adalah 170.4 Kg/mm² dengan nilai
rata-rata kenaikan nilai kekerasan 25.6 Kg/mm². | en_US |
dc.language.iso | en | en_US |
dc.publisher | Universitas Harapan Medan | en_US |
dc.subject | bushing connecting rod | en_US |
dc.title | ANALISA KEKERASAN BUSHING CONNECTING ROD MENGGUNAKAN BAHAN PADUAN ALUMINIUM DAN BRONZE DENGAN SISTEM PERLAKUAN PANAS PADA MESIN MOBIL L300 DIESEL | en_US |
dc.type | Karya Ilmiah | en_US |