SURVEI KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LAYANAN SERVICE AC MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA)

Kepuasan konsumen merupakan faktor utama dalambidang usaha jasa maupum barang. Upaya untuk mengetahui kepuasan konsumen pada tingkat kinerja dalam hal kualitas pelayanan yang terdapat pada PT. BEST saat ini dilakukan melalui survei kepuasan konsumen. Surveidilakukan secara manual dan bentuk wawancara belum berdasarkan kriteria-kriteria sebagai standar yang diperlukan untuk keseragaman materi survei sehingga mengalami kesulitan untuk melakukan analisa lebih lanjut. Oleh karena itu, dibutuhkan adanya sistem untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen dengan menerapkan metode analisis yang mempertimbangkan tingkat kinerja antara tingkat kepentingan atau harapan dari responden. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan metode IPA yang digunakan untuk mengetahui atribut yang perlu diperbaiki atau dikurangi berdasarkan letak pemetaan kuadrannya. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem yang mampu mengetahui tingkat kepuasan konsumen berdasarkan tingkat kinerja dan tingkat kepentingan serta atribut mana saja yang harus diperbaiki atau dikurangi. Kata Kunci :survei kepuasan pelanggan, waterfall, IPA, website

URI :
https://jurnal.unity-academy.sch.id/index.php/jirsi/article/view/73

Collections :
Skripsi [1281]
View/Open
Peer Review
Author
Shafira, Yumna
Zakir, Ahmad
Metadata
Show Full Item Record