PENERAPAN METODE MABAC DALAM MENENTUKAN KOPI TERLARIS BERDASARKAN TINGKAT HARGA PADA PERUSAHAAN KOPI KENANGAN
Kopi Kenangan merupakan perusahaan minuman kopi yang didirikan di Indonesia pada tahun 2017 oleh Edward Tirtanata, James Prananto dan Cynthia Chaerunnisa. Pada saat ini kopi kenangan telah membuka outlet sebanyak 230 outlet di seluruh Indonesia. Berbagai menu telah disajikan pada kopi kenangan khususnya pada kopi kenangan yang terletak di kota Medan hingga saat ini sebanyak 60 menu yang telah tersedia. Banyaknya menu yang telah disajikan terkadang orang yang baru ingin membeli produk kopi kenangan masih bingung dalam memilih produk kopi kenangan yang best seller dalam produk kopi mereka, ditambah belum adanya suatu sistem dalam menentukan kopi yang terlaris pada kopi kenangan. Berangkat dari permasalahan diatas, penulis tertarik untuk membuat suatu sistem pendukung keputusan dalam menentukan produk kopi yang terlaris berdasarkan tingkat harga dan penjualan. Sistem pendukung keputusan sendiri merupakan sebuah sistem yang mampu memberikan kemampuan baik kemampuan pemecahan masalah maupun kemampuan mengatasi masalah semi-terstruktur. Metode sistem keputusan yang digunakan metode mabac yang mana merupakan metode perbandingan multikriteria. Metode ini dipilih karena, perusahaan jasa dengan metode lain multi-kriteria pengambilan keputusan dan penelitian ini menghasilkan produk kopi kenangan Thai tea berhasil menghasilkan produk terbaik dengan nilai perhitungan 0.331616
Kata Kunci : Mabac, Kopi Kenangan, Sistem Pendukung Keputusan
URI :
http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/algoritma/article/view/15368
Collections :
Skripsi [1347]
URI :
http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/algoritma/article/view/15368
Collections :
Skripsi [1347]
View/Open
Peer Review
Author
Hidayat, AprizalSiregar, Dodi