SIMULASI PENGGUNAAN TRANSPORTASI UMUM MENGGUNAKAN APLIKASI TEMAN BUS KOTA MEDAN BERBASIS ANIMASI 2 DIMENSI

Cover
Sarana dan prasarana termasuk bagian yang krusial dalam perkembangan dan pembangunan suatu daerah atau negara salah satunya transportasi umum bus yang berperan penting dalam sistem transportasi yang efisien. Transisi dari sistem konvensional ke digital tidak selalu mudah bagi masyarakat, terutama di kota Medan. Masyarakat mengalami kesulitan dalam menggunakan transportasi bus digital Trans Metro Deli untuk mendapatkan informasi rute dan jadwal bus, serta dalam melakukan pembayaran non-tunai yang sebelumnya menggunakan uang tunai berdasarkan dari hasil survei yang telah dilakukan. Untuk mengatasi masalah ini, dibuatnya video simulasi penggunaannya berbasis animasi 2 Dimensi dengan metode Motion Graphic menggunakan Adobe Flash CS6. Motion Graphic, merupakan ilmu desain grafis yang menggabungkan berbagai elemen seperti ilustrasi, tipografi, fotografi, dan animasi untuk menciptakan visual yang dinamis dan menarik secara audiovisual. Output yang dihasilkan berupa video simulasi berbasis animasi 2 Dimensi dalam penggunaan transportasi bus Trans Metro Deli seperti penjadwalan bus, rute dan cara pembayaran menggunakan aplikasi Teman Bus. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membantu masyarakat Medan dalam menghadapi tantangan transisi transportasi konvensional ke transportasi umum digital, serta meningkatkan minat masyarakat dalam menggunakan layanan tersebut di masa depan. Kata Kunci: Transportasi, Bus, Simulasi, Teman Bus, Motion Graphic

URI :
https://jurnal.harapan.ac.id/index.php/Jikstra/article/view/1046

Collections :
Skripsi [1418]
View/Open
Fulltext
Author
Amaliya, Soufa
Dafitri, Haida
Metadata
Show Full Item Record