AUGMENTED REALITY PENGENALAN KAMPUS FAKULTAS TEKNIK DAN KOMPUTER UNIVERSITAS HARAPAN MEDAN DENGAN METODE MARKER BASED TRACKING

Cover
Teknologi yang berkembang memberikan kemudahan hampir dalam setiap bidang. Salah satunya pengenalan kampus yang akan menjadi pilihan bagi para calon mahasiswa. Hampir setiap kampus mempromosikan kampus nya dengan menggunakan spanduk, brosur, dan yang lainnya. Penggunaan Flyer ataupun brosur dalam pengenalan Fakultas Teknik Dan Komputer Universitas Harapan Medan yang kurang efisien dikarenakan calon mahasiswa yang belum mengenal Fakultas Teknik Dan Komputer Universitas Harapan Medan. Penggunaan Augmented Reality akan menarik minat calon mahasiswa agar lebih mengetahui Fakultas Teknik Dan Komputer Universitas Harapan Medan. Metode yang digunakan untuk Augmented Reality pada penelitian ini adalah Markerbased Tracking, dan untuk pengembangan sistem menggunakan metode Waterfall. Aplikasi dibangun menggunakan Unity 3D dan menggunakan Vuforia sebagai Software Development Kit, dan juga menggunakan C#(Sharp) dalam bahasa pemrogramannya. Berdasarkan hasil yang diperoleh, sistem berjalan dengan baik sesuai yang diinginkan seperti menampilkan 3D dari Gedung FTK dan lokasi dari Gedung FTK. Augmented Reality memberikan gambaran secara lebih baik bagaimana akses, gedung, lokasi dan pusat administratif di FTK. Kata Kunci : Augmented Reality, Android, Unity3D, Vuforia, Markerbased Tracking, Software Development Kit

URI :
https://ijistech.org/ijistech/index.php/ijistech/article/view/327

Collections :
Skripsi [1121]
View/Open
Fulltext
Peer Review
Author
Ashar Khairil
Elsera, Marina
Metadata
Show Full Item Record