Implementasi Metode Vikor Dalam Menentukan Buku Berdasarkan Tren Referensi Konsumen Pada Toko Gramedia
Cover
Abstrak
Di era digital saat ini, perubahan dalam industri buku sangat terasa. Konsumen kini lebih
cenderung mencari referensi dan membeli buku secara online. Akses mudah ke internet dan
adanya platform e-commerce telah mengubah cara orang mencari dan membeli buku.
Selain itu, media sosial juga menjadi saluran penting untuk berbagi ulasan buku dan
merekomendasikan bacaan kepada orang lain. Salah satu toko yang terdampak akibat era
digital ini yaitu Toko buku Gramedia, sebagai salah satu toko buku terkemuka di Indonesia,
mengalami beberapa permasalahan yang perlu diatasi dalam menjalankan operasionalnya.
Salah satu permasalahan utama adalah persaingan dengan platform e-commerce dan toko
buku online yang menawarkan buku dengan harga lebih murah, diskon besar, dan
pengiriman cepat. Hal ini membuat Gramedia harus mencari strategi untuk tetap bersaing
dan menarik pelanggan agar lebih memilih berbelanja di toko fisik atau toko online
Gramedia. Selain itu, Gramedia juga dihadapkan pada perubahan pola konsumen. Semakin
banyak konsumen yang beralih ke membaca buku dalam bentuk digital atau e-book, yang
berdampak pada penjualan buku fisik. Toko Gramedia perlu menyesuaikan penawaran
mereka dengan preferensi konsumen yang semakin berubah, serta mencari cara untuk
mempromosikan manfaat membaca dan menjaga minat membaca buku di tengah
banyaknya hiburan digital dan aktivitas lainnya. Metode VIKOR adalah alat yang berguna
dalam pengambilan keputusan kompleks, seperti menentukan buku berdasarkan tren
referensi konsumen di Toko Gramedia.
Kata Kunci : Vikor, Buku, Toko Gramedia
URI :
https://jurnal.unity-academy.sch.id/index.php/jirsi/article/view/74
Collections :
Skripsi [1281]
URI :
https://jurnal.unity-academy.sch.id/index.php/jirsi/article/view/74
Collections :
Skripsi [1281]
View/Open
Peer Review
Author
Satria, AdjieHasdiana