IMPLEMENTASI METODE WEIGHTED PRODUCT UNTUK MENENTUKAN ALTERNATIF PARFUME TERBAIK (STUDI KASUS : QUALITY PARFUME)

Pengguna parfum dibuat bingung dengan banyaknya pilihan merek parfum di pasaran, dalam menentukan pilihan tersebut diperlukan suatu sistem yang dapat menghitung secara objektif dari opini subjektif manusia. Sistem pendukung keputusan alternatif produk parfume terbaik dengan menggunakan metode Weighted Product (WP) dapat digunakan untuk menentukan apakah merek parfum yang akan dibeli sesuai atau tidak memenuhi syarat. Quality Parfume merupakan toko yang bergerak dalam bidang penjualan isi ulang parfume. Parfume atau minyak wangi adalah campuran minyak esensial dan senyawa aroma dan pelarut yang digunakan untuk memberikan bau wangi untuk tubuh manusia, objek, atau ruangan. Dalam menghadapi persaingan bisnis parfume terdapat permasalahan yang sering muncul yaitu saat pemilihan produk parfume terbaik. Dalam industri parfume, persaingan semakin ketat karena banyaknya produk parfume yang ditawarkan oleh berbagai merek. Oleh karena itu dirancanglah sebuah sistem informasi berbasis website yang bertujuan untuk membantu pengguna dalam menentukan alternatif produk parfume terbaik dari sejumlah produk yang tersedia. Metode Weighted Product digunakan sebagai metode perhitungan dengan ketentuan-ketentuan kriteria yang sudah ditetapkan seperti kemasan, ketahanan, harga dan jumlah beli. Website dibangun dengan bahasa pemrograman Laravel dan juga PHP Blade. Dengan adanya sistem informasi website ini, pengguna dapat mempercepat proses pengambilan keputusan dalam memilih alternatif produk parfume terbaik. Kata Kunci : Parfume, Weighted Product, Produk Terbaik, Website

URI :
https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/ijdsv/article/view/18628

Collections :
Skripsi [1121]
View/Open
Peer Review
Author
Ramadhani, Isma
Zakir, Ahmad
Metadata
Show Full Item Record