Title

[0-9] A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
Now showing items 1-40 of 86

SANDALPHON’S CHARACTER DEVELOPMENT IN GRANBLUE FANTASY’S “WHAT MAKES THE SKY BLUE” TRILOGY

Sani, Shaza Nabila () 2019

Penelitian ini menganalisis perkembangan karakter Sandalphon berdasarkan penampilannya dalam trilogi “What Makes the Sky Blue” di game mobile Granblue Fantasy. Penelitian ini berfokus pada ciri-ciri karakter Sandalphon sebagai bahan analisis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakter Sandalphon berkembang dalam trilogi “What Makes the Sky Blue”. Penelitian ini menggunakan arketipe kepahlawanan Pearson sebagai dasar analisisnya. Penelitian ini menggunakan konsep karakterisasi dan arketipe. Ditemukan bahwa karakter Sandalphon menunjukkan ciri-ciri dari beberapa arketipe, yaitu Innocent, Orphan, the Wanderer, the Magician, dan the Martyr. Perkembangan karakter Sandalphon dalam trilogi dimulai dari Innocent, berkembang menjadi Orphan, berkembang menjadi Wanderer, kembali menjadi Innocent, berkembang menjadi Oprhan, berkembang menjadi Magician, dan akhirnya berkembang untuk terakhir kalinya menjadi Martyr.

Schizophrenic Experiences in Pigpen Webtoon: Psychoanalytic Literary Criticism

Anuar, Nur Shaffirah () 2022

This research discusses about the main character’s state of mind in Pigpen webtoon through the approach of psychoanalysis in literary criticism. This research aims to analyze the types of schizophrenic experiences and desires that are reflected in the main character’s schizophrenia by using the theory of schizophrenia and Jacque Lacan’s psychoanalysis. The methodology applied in this research is the qualitative research method to elaborate on the phenomena of psychology in literary works. This analysis is supported by the data acquired from journals, books, theses, and Pigpen webtoon as the data source. The writer identifies several results from the analysis that has been done that are relevant to the idea psychology approach. First, from the theory of schizophrenia, the main character is mainly going through delusions and hallucinations. Second, through Lacan’s psychological concept of desire and identity formation, the writer found two desires in the main character: the desire to have (anaclitic desire) and the desire to be (narcissistic desire), which happened in the Imaginary and Symbolic stages. In relation to desires, it is found that the main character’s experiences of schizophrenia are influenced by his desires. The schizophrenic experiences reflected forms of the main character’s desires for fulfilment. Keywords: Literary Criticism, Psychoanalysis, Schizophrenia, Desire, Webtoon

SEGMENTASI CITRA SATELIT DALAM OBSERVASI DAN KONSERVASI HUTAN LINDUNG TAMAN NASIONAL GUNUNG LAUSER MENGGUNAKAN ALGORITMA FUZZY C -MEANS

Mellyadi, Muhammad () 2021

Segmentasi citra adalah suatu proses untuk membedakan atau memisahkan objek-objek yang ada dalam suatu citra, seperti memisahkan objek dengan backgroundnya. Pada penelitian ini mensegmentasi citra sel yang tumpang tindih sebagian dan menghitung jumlah sel pada suatu citra dengan menggunakan metode Fuzzy C-Means. Pre-Processing dilakukan terlebih dahulu untuk mempermudah dalam proses pengenalan pola pada suatu gambar. Fuzzy C-Means digunakan untuk memisahkan objek yang saling tumpah tindih sebagian dan menghitung jumlah sel pada suatu citra dengan menentukan Fuzzyness. Fuzzy C-Means digunakan untuk mengelompokkan data berdasarkan jarak terdekatnya lalu melakukan pelabelan warna berdasarkan hasil dari pengolahan Fuzzy C-Means. Hasil segmentasi pada citra satelit akan digunakan untuk melakukan proses pengawasan pada kawasan hutan lindung secara berkala, dan memberikan informasi cepat mengenai kondisi luas lahan hutan lindung. Kata kunci : Fuzzy C-Means, Segmentasi, Citra Satelit, Hutan lindung.

SEMANGAT KERJA GENDER DITINJAU DARI KEPUASAN, KOMPENSASI, PELATIHAN DAN PROMOSI (STUDI PADA PT. PDAM TIRTANADI)

Wulandari, Anggelista () 2019

Penelitian ini dilakukan pada PT. PDAM Tirtanadi yang bergerak di bidang penyediaan air minum bagi kebutuhan masyarakat di kota Medan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui secara parsial dan simultan semangat kerja gender di tinjau dari kepuasan kerja, kompensasi, pelatihan dan promosi. Penelitian menggunakan korelasional, dengan jumlah populasi adalah karyawan yang bekerja di PT. PDAM Tirtanadi pada tahun 2018 sebanyak 125 orang. Pengambilan sampel dengan rumus Slovin sehingga jumlah sampel sebanyak 95 responden. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dengan teknik pengumpulan data yakni survei. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kepuasan kerja dan promosi berpengaruh signifikan terhadap semangat kerja gender, sedangkan kompensasi dan pelatihan tidak berpengaruh signifikan terhadap semangat kerja gender. Secara simultan menunjukkan bahwa kepuasan kerja, kompensasi, pelatihan dan dan promosi berpengaruh signifikan terhadap semangat kerja gender di PT. PDAM Tirtanadi Medan. Kepuasan kerja, kompensasi, pelatihan dan dan promosI mempunyai hubungan yang kuat terhadap semangat kerja gender karyawan pada PT. PDAM Tirtanadi Medan. Nilai koefisien adjusted R square (R2) sebesar 0,598 ini menunjukkan bahwa semangat kerja gender dapat dijelaskan kepuasan kerja, kompensasi, pelatihan dan promosi jabatan sebesar 59,8% dan sisanya sebesar 40,2% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata kunci: Kepuasan Kerja, Kompensasi, Pelatihan, Promosi, Semangat Kerja.

SEMIOTIC ANALYSIS OF PUNJABI’S SIKH WEDDING CEREMONY AT GURDWARA SHREE GURU NANAK DEV JI MEDAN

Sheetal () 2021

Perkawinan merupakan bagian kehidupan yang sakral, karena harus memperhatikan norma dan aturan hidup dalam masyarakat. Pernikahan dilakukan melalui aturan agama atau adat istiadat. Hampir mirip dengan budaya Indonesia yang memiliki beberapa prosesi rangkaian upacara pernikahan, tradisi Punjabi terdiri dari berbagai adat budaya dan agama. Penelitian ini difokuskan pada budaya pernikahan India dan penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui tanda dan simbol apa yang ditemukan dalam Upacara Pernikahan Punjabi Sikh dan bagaimana penggunaannya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Semiotika Pierce. Lokasi dalam penelitian ini akan dilakukan di Gurdwara Shree Guru Nanak Dev Ji Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang bertujuan untuk memberikan gambaran yang objektif tentang suatu keadaan di lapangan dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, wawancara dan angket. Kata kunci: Semiotika, Budaya, Pernikahan Sikh Punjabi, Tanda dan Simbol, Teori Pierce

SERVANT LEADERSHIP DAN KARAKTERISTIK PEKERJAAN SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL YANG DIMODERASI OLEH EMPLOYEE ENGAGEMENT PADA PT. SUCOFINDO MEDAN

Zuhro, Riza () 2019

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh servant leadership dan karakteristik pekerjaan terhadap komitmen organisasional pada PT. Sucofindo Medan secara parsial. Untuk mengetahui pengaruh employee engagement memperkuat servant leadership dan karakteristik pekerjaan terhadap komitmen organisasional pada PT. Sucofindo Medan secara parsial. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 149 orang dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 60 orang dengan menggunakan metode slovin. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan MRA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa servant leadership berpengaruh signifikan terhadap employee engagement pada PT. Sucofindo Medan. Karakteristik pekerjaan tidak berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasional pada PT. Sucofindo Medan. Employee engagement tidak memperkuat hubungan antara servant leadership terhadap komitmen organisasional pada PT. Sucofindo Medan. Employee engagement tidak memperkuat hubungan antara karakteristik pekerjaan terhadap komitmen organisasional pada PT. Sucofindo Medan.

SIMILES USED IN EVERYTHING AT ONCESONG BY LENKA

Karina, Astriyani () 2019

Bahasa kiasan adalah bagian dari semantik. Seperti yang kita ketahui bahwa dengan semantik kita bisa mengetahui arti sebenarnya dari sebuah lagu. Bahasa kiasan adalah bahasa yang menggunakan berbagai kiasan. Ini menganalisis bahasa kiasan yang digunakan dalam karya Lenka lirik lagu terutama Simile. Semoga hasil penelitian ini dapat bermanfaat untuk mahasiswa linguistik karena penelitian ini dilakukan berdasarkan teori Meyer, 1997. Manfaat bahasa kiasan dan kategori yang digunakan dalam tesis ini adalah bahwa pembaca akan memahami bahwa teori tersebut dapat digunakan untuk memberikan lebih jelas dan lebih baik pemahaman tentang arti bahasa kiasan.Bahasa kiasan dalam lagu dapat membuat pembaca mengerti bahwa lirik lagu dapat menggambarkan pesan yang harus diketahui dengan mempelajarinya secara mendalam dari segi kategori. Pelajaran ini mencoba memberikan gambaran tentang bahasa kiasan dalam kehidupan manusia sehari-hari terutama perumpamaan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Itu Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah beberapa teks tertulis. Teks yang dibahas adalah lagu yang diambil dari lirik lagu lenka. Dengan klasifikasi ini, kita dapat mengenali dengan baik mana yang termasuk setiap pidato kiasan. Hasil penelitian ini nantinya dapat memberikan kontribusi bagi pembaca yang tertarik untuk mempelajari dan memahami atau menafsirkan lirik tersebut.

SIMULASI DAN PERANCANGAN SMARTHOME BERBASIS IOT DAN CLOUD COMPUTING MENGGUNAKAN SIMULATOR CISCO PACKET TRACER 7.3

Aziz, Tariq () 2022

Seiring dengan perkembangan zaman, perkembangan teknologi pun saat ini berkembang pesat sesuai dengan kebutuhan manusia pada saat ini. Salah satunya yaitu permintaan akan teknologi rumah yang aman dan nyaman semakin meningkat. Penerapan teknologi pada rumah tersebut yaitu memakai rancangan Smarthome. Smarthome merupakan sebuah konsep yang di mana dari berbagai macam perangkat IoT yang tersedia untuk digunakan di rumah menjadikannya pintar. Perangkat tersebut mencakup detektor gerakan, penyiram rumput, pintu pintar, panel surya, dan banyak perangkat IoT lainnya. Dewasa ini, simulasi menjadi hal yang penting dalam berbagai banyak hal, terutama berbagai penelitian dan kajian dilaksanakan menggunakan metode simulasi sebagai salah satu cara untuk memecahkan permasalahan. Cisco Packet Tracer 7.3 merupakan aplikasi yang dapat membantu dalam hal melakukan simulasi pada perangkat IoT. Hasil yang didapat dari simulasi konsep keamanan pintu rumah, kontrol pendingin ruangan dan pemadam kebakaran otomatis dapat berjalan dengan baik namun pada heating element untuk kenaikan pada suhu ruangan berjalan lambat. Kata Kunci: Smarthome, IoT, Simulasi, Cisco Packet Tracer

SIMULASI JARINGAN MAN (METROPOLITAN AREA NETWORK) MENGGUNAKAN METODE STATIC NAT IPV4 DAN IPV6

Novriadi, Arif () 2021

Kemajuan teknologi informasi untuk mendukung segala kebutuhan dan permintaan akan informasi bagi perusahaan melalui penciptaan media penyajian informasi dalam perkembangan teknologi jaringan komputer semakin meningkat, kebutuhan untuk penggunaan informasi berbasis jaringan internet mengakibatkan rentannya keamanan data menjadi masalah yang krusial, untuk mensimulasikan jaringan komputer dibutuhkan sebuah aplikasi yang bernama Cisco Packet Tracer. Aplikasi ini digunakan untuk mensimulasikan jaringan MAN. Untuk menghubungkan jaringan MAN dibutuhkan sebuah routing. Routing EIGRP merupakan salah satu routing interior yang paling sering digunakan untuk jangkauan luas. Jaringan MAN bekerja menghubungkan jaringan yang berbeda dari sekumpulan jaringan LAN. Simulasi harus memiliki keamanan untuk memberi perlindungan terhadap server. Network Address Translation (NAT) merupakan salah satu metode yang digunakan sebagai translation IP untuk bisa masuk ke dalam jaringan yang berbeda. Berdasarkan hasil uji coba simulasi Static NAT IPv4 IPv6 yang telah dilakukan diperoleh hasil keamanan trafik pada jaringan agar tidak terjadi penumpukkan IP yang akan memberi hambatan pada jalur komunikasi pada server, dengan Static time delay 0,782 sec.

SIMULASI MENGGUNAKAN TEKNOLOGI BIOMETRIC PADA PROSES BOARDING PASS DENGAN TAMPILAN ANIMASI 3D

Bungsu, Sonya Dinda () 2021

Perkembangan teknologi informasi saat ini semakin berkembang pesat sehingga dapat memudahkan dan mendukung dalam penyampaian informasi. Informasi sendiri memegang peranan penting dalam kehidupan manusia sekarang ini. Penulis bermaksud membangun sebuah media informasi melalui video animasi untuk memberikan informasi dan pengetahuan bagi penumpang pesawat dalam penggunaan biometric. Media informasi ini mengandung unsur audio dan animasi 3D yang dirancang semenarik mungkin untuk memberikan informasi agar penyampaian lebih mudah dipahami. Animasi 3d adalah animasi yang bentuknya memiliki 3 sumbu (X,Y,Z). Video animasi ini dibangun menggunakan software sketchup, lumion, dan adobe premiere sedangkan untuk merancang sistem penulis menggunakan Storyboard. Hasil akhir penelitian ini adalah terciptanyaa sebuah video animasi untuk penumpang pesawat sebagai media informasi pada penggunaan biometric dalam proses boarding pass. Kata Kunci : Animasi 3D, Bandara, Video Animasi, Biometric, Media Informasi

SIMULASI PENGAMANAN PENYERANGAN DENGAN MEMANFAATKAN DYNAMIC HONEYPOT DAN TUNNELING SEBAGAI JALUR AMAN DALAM KOMUNIKASI DATA

Alfarizi, Nauval () 2022

kejahatan siber dilakukan bertujuan untuk dapat memperoleh informasi, dimana informasi yang diperoleh dijadikan sebagai suatu sumber data dalam melakukan suatu penyerangan. Penyerangan pada umumnya mengarah kedalam berbagai lingkup ruang dimulai dari server fisik hingga virtual server. Penelitian ini memfokuskan penulis untuk dapat melakukan implementasi rancangan berbasis pengembangan kualitatif dari teknologi yang sudah ada yaitu rancang bangun sistem virtual server dalam melakukan bentuk pengamanan terhadap komunikasi data yang dapat menutupi kerentanan dalam suatu perangakat virtual server. Hasil penelitian yang penulis lakukan menunjukkan adanya sebuah perbedaan dalam tiap pengujian penyerangan terhadap sistem dynamic honeypot yang dapat mendeteksi intruder ketika melakukan sebuah percobaan pengujian berdasarkan penyerangan yang dilakukan kedalam tiap port yang ada pada dynamic honeypot yang tidak terkonfigurasi dengan layanan yang nyata pada virtual server. Pendeteksian sistem terhadap IP penyerang didapat berdasarkan penyerangan yang dilakukan pada tiap tiap port yang tersedia pada aplikasi dynamic honeypot tersebut, namun ketika port layanan yang ada pada dynamic honeypot terkonfigurasi maka honeypot tidak dapat melakukan pendeteksian penyerangan atas penyerangan yang dilakukan. Pada saat menjalan sistem dynamic honeypot memakan penggunaan bandwith dengan proses capture data yang dilakukan memilik total jumlah 43442 bytes dan diakhiri dengan penggunaan bandwith 108352198 bytes dalam menjalankan honeypot tersebut. Kata Kunci : dynamic honeypot, tunneling, virtual server.

SIMULASI SISTEM KERJA ALAT BANTU DORONG LORI PADA STASIUN CAPSTANT DI PT MITRA AGUNG SAWITA SEJATI ( MASS)

Manurung, Rifaldi () 2023

PT Mitra Agung Sawita sejati merupakan perusahan yang bergerak di sektor industri kelapa sawit dan roduk yang dihasilkan adalah minyak kelapa sawit (CPO). Proses produksi terdiri dari beberapa stasiun dimulai dari loading ramp, stereilizer, capstan, threshing, pressing, klarifikasi,dan ricovery. Di alur proses produksi terdapat proses pengembalian lori kosong dengan cara menarik seling dengan berat 15 kg dari stasiun capstan ke stasiun loading ramp dengan jarak 40 meter , hal itu menyebabkan kelelahan pada karyawan di stasiun capstan, hal ini ditandai dengan rasa sakit pada pergelangan tangan, lengan dan bagian paha. Kelelahan diukur dengan quisioner nordic body map dengan skor kelelahan (3). Penelitian ini menggunakan metode quisioner nordic body map dan aplikasi simulasi promodel 2016, untuk membuat simulasi sistem kerja alat bantu dorong lori kosong. Penelitian ini bertujuan untuk membuat simulasi sistem kerja dari alat bantu pendorong lori untuk mengurangi kelelahan pada karyawan di stasiun capstan. Perbandingan waktu dan hasil unit lori kosong dalam pengembalian dari stasiun capstan ke loading ramp. Membuat simulasi sistem kerja dari alat bantu pendorong lori untuk mengurangi tingkat kelelahan pada karyawan di stasiun capstan. Kata kunci: simulasi, nordic body map,sistem kerja,kelelahan.

SINKRONISASI GENERATOR SET 635 KVA DENGAN GENERATOR SET 635 KVA MENGGUNAKAN MODULE DEEP SEA ELECTRONIC 8610 SECARA OTOMATIS

Sahputra, Nurul Fahmi () 2020

Dalam pengoperasian suatu pembangkit harus dilakukan dengan waktu yang singkat untuk menyesuaikan tegangan dan frekuensi yang di butuhkan pada beban dan juga penyetaraan antar pembangkit 1 dengan yang lainnya. Apabila dalam pengoperasian sinkronisasi pembangkit dilakukan dengan cara manual oleh operator membutuhkan waktu dan tingkat ketelitian, Maka dari itu dilakukanlah penelitian terkait Sinkronisasi generator dengan generator menggunakan Module Deep Sea Electronic 8610. Dengan melakukan penelitian ini diharapkan nantinya dapat membantu proses pengoperasian generator sehingga generator 1 dan generator 2 dapat bekerja dengan saling membagi beban saat digunakan. Module Deep Sea Elektonic 8610 adalah alat yang digunakan untuk mensinkronkan antara genset dan genset serta dapat start-stop genset dengan baik secara otomatis dan mampu memproteksi bila terjadi gangguan, baik gangguan under voltage, over voltage, over load, reverse power relay, dan fase failure voltage. Sistem ini bekerja otomatis ketika supply listrik PLN terputus, jika keadaan ini terjadi maka sistem start-stop genset secara otomatis akan aktif dan selama waktu 30 detik beban dapat di-supply oleh genset. Apabila listrik PLN sudah datang, maka module deep sea akan memindahkan beban ke PLN dan singkronisasi atara dua genset memasukin colling down lalu mematikan genset, dan genset dalam kondisi stand by kembali. Kata Kunci : Modul Deep Sea 8610, Generator, Sinkronisasi

SISTEM DETEKSI JENIS KENDARAAN DENGAN METODE YOLOV4 UNTUK MENDUKUNG TRANSPORTASI CERDAS DI KOTA MEDAN

Putra, M. Rizky Pramana () 2023

Penelitian ini membahas evaluasi dan penerapan Model YOLOv4 dalam mendeteksi dan melacak jenis kendaraan dalam konteks lalu lintas jalan raya. Dalam rangka menjawab rumusan masalah, penelitian ini dilakukan dengan menguji performa model dalam beberapa aspek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model YOLOv4 berhasil mencapai nilai Mean Average Precision (mAP) sebesar 77.88% pada dataset pelatihan setelah 7000 iterasi. Model ini memiliki kemampuan yang baik dalam mendeteksi berbagai objek jenis kendaraan dalam gambar, dengan akurasi yang bervariasi pada masing-masing kelas. Aplikasi yang dikembangkan dalam penelitian ini dapat merekam data hasil deteksi pada setiap frame dalam urutan video, memberikan informasi penting untuk analisis tingkat kepadatan kendaraan pada jalan. Meskipun memiliki tingkat akurasi yang cukup tinggi, masih terdapat kesalahan dalam deteksi dan pelabelan kelas objek. Kesimpulannya, penelitian ini memberikan wawasan tentang kemampuan dan potensi Model YOLOv4 dalam mengatasi tantangan deteksi kendaraan dalam lalu lintas jalan raya, sekaligus mengidentifikasi area yang perlu peningkatan lebih lanjut. Kata kunci : YOLOv4, deteksi kendaraan, pelacakan, lalu lintas, akurasi

SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI SKRIPSI DAN KERJA PRAKTIK PADA PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN (STUDI KASUS UNIVERSITAS HARAPAN MEDAN)

Hariyani, Windy () 2021

Universitas Harapan Medan (UNHAR) adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Provinsi Sumatera Utara tepatnya terletak di Jl. HM. Joni No.70 C, kota Medan. Bidang pendidikan khususnya Universitas, pada saat ini membutuhkan dukungan sistem informasi dalam peningkatan mutu pelayanan terhadap proses pendidikan. Proses pendidikan ini sangat banyak jenisnya diantaranya adalah adminitrasi bimbingan skripsi dan kerja praktik. Proses menulis skripsi adalah tahap akhir yang harus ditempuh oleh mahasiswa untuk memperoleh gelar sarjana yang pada prosesnya dibimbing oleh dua orang dosen pembimbing. Proses bimbingan biasanya memakan waktu yang cukup lama dikarenakan faktor susahnya menemui dosen pembimbing sehingga dapat merugikan mahasiswa dalam proses bimbingan skripsi. Dalam proses pengembangan aplikasi adminitrasi skripsi dan kerja praktik ini menggunakan metode UCD (User Centered Design), UCD merupakan sebuah filosofi perancangan yang menempatkan pengguna sebagai pusat dari sebuah proses pengembangan aplikasi. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan aplikasi adminitrasi skripsi dan kerja praktik berbasis website di Universitas Harapan Medan Prodi Sistem Informasi, dengan penerapan sistem ini akan mempermudah mahasiswa, dosen, dan prodi sistem informasi. Kata Kunci: User Centered Design, Adminitrasi Skripsi dan kerja Praktik, UNHAR

SISTEM INFORMASI DISTRIBUSI AIR BERSIH DI PDAM TIRTNADI MEDAN BERBASIS WEB

Salsabila, Shafira () 2022

PDAM Tirtanadi Medan Berbasis web yang dapat membantu Pegawai yang bertugas dapat dengan mudah melakukan pelayanan distribusi air di desa desa yang jauh dari kota, memberikan informasi kepada penduduk desadan memberikan pelayanan untuk persoalan distribusi air secara luas, cepat dan update. Kesimpulan dari keseluruhan adalah dihasilkan sistem informasi distribusi air bersih yang diharapkan mampu menjadi sumber referensi yang mudah diakses oleh pengguna non-teknis untuk mengeksplorasi hasil-hasil statistik,dan memudahkan pegawai dalam melakukanpendataan. Kata Kunci : sistem informasi ; waterfall ; website ; air

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN CAPAIAN TARGET VAKSINASI COVID-19 DI KABUPATEN LABUHANBATU UTARA BERBASIS WEBGIS MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING

Marwan Ferdiansyah () 2022

Coronavirus Disease atau COVID-19 hingga saat ini masih menjadi perhatian diseluruh dunia. COVID-19 merupakan penyakit baru yang disebabkan oleh strain baru dari coronavirus, Severe Acute Respiratory Syndrome-Coronavirus 2 (SARS-CoV2). Untuk mengendalikan penyebaran COVID-19, diperlukan suatu upaya yaitu vaksinasi. Vaksinasi adalah pemberian Vaksin dalam rangka menimbulkan atau meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit. Adapun dalam melakukan pencatatan capaian vaksinasi, pemerintah kabupaten Labuhanbatu Utara mengambil data vaksinasi dari fasilitas kesehatan yang melaksanakan program vaksinasi. Data vaksinasi kemudian dihimpun untuk diserahkan ke pemerintah provinsi Sumatera Utara untuk diproses menjadi informasi dan dirilis ke publik. Tidak adanya klasifikasi data capaian vaksinasi pada tingkat kecamatan dinilai kurang maksimal karena tiap kecamatan sulit untuk menentukan apakah kecamatan tersebut memenuhi capaian target vaksinasi atau tidak. Oleh karena itu, digunakan algoritma yang bernama K-Means Clustering. K-Means Clustering digunakan untuk mengelompokkan data berdasarkan kemiripan data tersebut sehingga nantinya dapat digunakan untuk mengklasifikasikan data capaian target vaksinasi pada tiap kecamatan di kabupaten Labuhanbatu Utara. Hasil dari pengklasifikasian data capaian target vaksinasi tersebut divisualisasikan dalam bentuk pemetaan. Pemetaan tersebut diwujudkan melalui Sistem Informasi Geografis (SIG) berbasis web (webgis). Berdasarkan hasil penelitian, Sistem Informasi Geografis Pemetaan Capaian Target Vaksinasi COVID-19 kabupaten Labuhanbatu Utara berbasis Webgis mampu melakukan klasifikasi data capaian target vaksinasi COVID-19 di kabupaten Labuhanbatu Utara dengan menggunakan algoritma K-Means Clustering dimana berdasarkan hasil perhitungan iterasi K-Means, lima dari delapan kecamatan di kabupaten Labuhanbatu Utara telah memenuhi capaian target vaksinasi. Kata Kunci : covid-19, vaksinasi, k-means, SIG, webgis

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN LOKASI USAHA MIKRO DAN KECIL (UMK) DI KECAMATAN PERCUT SEI TUAN

RASYID, HAFAZTHA ALKINDI () 2022

Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Kecamatan Percut Sei Tuan sangat beragam baik di bidang fashion, makanan, minuman sampai dengan kerajinan tangan (crafting). Salah satu kendala yang sering dihadapi oleh Usaha Mikro dan Kecil (UMK) adalah tidak di ketahuinya lokasi Usaha Mikro dan Kecil (UMK) oleh masyarakat luas. Oleh karena itu perlu dikembangkan Sistem Informasi Geografis Pemetaan Lokasi Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Kecamatan Percut Sei Tuan berbasis web untuk memberikan informasi mengenai Usaha Mikro dan Kecil (UMK) kepada masyarakat tentang persebaran Usaha Mikro dan Kecil (UMK) yang ada di Kecamatan Percut Sei Tuan dan dapat membantu memudahkan kegiatan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Deli Serdang dalam memonitoring lokasi Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Kecamatan Percut Sei Tuan. Penelitian ini menggunakan data spasial berupa koordinat lokasi, alamat dan data non spasial berupa data dan informasi pendukung berupa nama Usaha Mikro dan Kecil (UMK), kategori, jenis produk, alamat, kontak atau nomor telefon, pemilik atau penanggung jawab, dan foto Usaha Mikro Kecil (UMK). Penelitian ini juga menggunakan Leaflet untuk visualisasi peta dan juga GeoJSON sebagai format untuk encoding struktur data geografis. Kata Kunci: Usaha Mikro dan Kecil (UMK), Dinas Koperasi dan UKM, Leaflet, GeoJSON, Sistem Informasi Geografis.

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PENCARIAN LOKASI SERVICE AC DI KOTA MEDAN

Syabbrina, Khairuni (Intitusi harapan medan) 2021

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah sistem informasi geografis pencarian lokasi service ac di kota Medan. Sistem informasi tersebut nantinya diharapkan dapat membantu memberikan informasi berupa lokasi service ac di kota medan kepada masyarakat dengan menggunakan platform website. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah waterfall. Aplikasi dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan database yang digunakan adalah MySQL. Penelitian ini juga memanfaatkan Google Map sebagai penanda lokasi pencarian lokasi service ac dan direction lokasi service ac yang dituju. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi atau sistem yang dibangun dapat menampilkan lokasi pencarian lokasi service ac dan direction menuju lokasi service ac yang dituju oleh user yang dapat membantu user (masyarakat menemukan lokasi service ac dituju). Sistem juga dapat menampilkan informasi toko service ac sehingga memudahkan user (masyarakat) dalam mengetahui informasi service ac yang akan dituju. Kata Kunci : Website, Google Maps, Lokasi Ac, Sistem Informasi Geografis

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PENCARIAN LOKASI TERDEKAT WAHANA HIBURAN ANAK – ANAK DENGAN METODE EUCLIDEAN DISTANCE

Agustina, Reza () 2021

Industri pariwisata saat ini merupakan salah satu sektor pendapatan yang sangat besar dampaknya bagi suatu daerah maupun Negara. Kota Medan memiliki potensi wisata yang besar seperti Keindahan alam, kekayaan budaya, lokasi dan bangunan bersejarah, letak geografis yang baik yang akan menjadi potensi besar bagi pengembangan pariwisata, salah satunya adalah usaha wahana hiburan anak. Terdapat banyak tempat wahana hiburan anak yang ada sekarang ini seperti yang ada di Kota Medan dan sekitarnya contohnya Mini Discovery Centre, Kidzilla, Maxi Play, Starkidz, Cocoland Space. Namun kebanyakan wisatawan tidak mengetahui wahana hiburan apa saja yang berada disekitarnya untuk dikunjungi dikarenakan belum maksimalnya penyajian informasi yang ada saat ini seperti website atausosial media dimana hanya berisi narasi saja, kurang efisien dan memerlukan waktu yang cukup lama dalam mencarinya. Untuk mengatasi masalah yang ada maka diperlukan sebuah sistem informasi yang dapat menyajikan informasi tentang wahana hiburan secara geografis dan akurat berdasarkan lokasi wisatawan ketempat wahana terdekat yang ada disekitarnya. Sistem informasi geografis berbasis web dapat menjadi solusi untuk mengatasimasalah yang ada saat ini dengan menggunakan metode Euclidean Distance. Dengan metode Euclidean Distance pada pencarian lokasi terdekat wahana hiburan anak nantinya dapat menghasilkan sistemi nformasi geografis berbasis web yang mempermudah dan membantu wisatawan dalam mencari informasi dan mengetahui lokasi wahana hiburan di sekitarnya. Kata kunci : Sistem Informasi, Wahana hiburan anak Metode Euclidean Distance

SISTEM INFORMASI JASA SEWA JAS DAN BLAZER BERBASIS WEB

Siregar, Nurul Khofifah () 2023

Industri penyewaan pakaian formal seperti jas dan blazer memiliki potensi pertumbuhan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Permintaan akan pakaian formal untuk berbagai acara seperti pernikahan, pesta, dan acara bisnis semakin meningkat. penyedia jasa sewa jas dan blazer masih mengelola bisnis mereka secara konvensional, menggunakan catatan manual dalam mengelola persediaan pakaian, pemesanan, dan pembayaran. Metode ini kurang efektif, pengembangan sistem informasi berbasis web untuk jasa sewa jas dan blazer menjadi sangat penting. Sistem informasi ini akan memberikan solusi efektif untuk mengelola persediaan pakaian, melakukan pemesanan secara online, memudahkan proses pembayaran, dan memberikan informasi yang akurat dan terkini kepada penyedia jasa maupun pelanggan. Kata Kunci : website, jas dan blazer, metode waterfall

SISTEM INFORMASI LAPORAN KERUSAKAN BARANG PADA CV. MEKAR JAYA BERBASIS WEB

Dhia, Ari Ikbar () 2023

CV Mekar Jaya merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang jasa penjualan dan perbaikan barang mempunyai Visi dan Misi untuk memberikan pelayanan terbaik dan prima. Perusahaan ini memiliki permasalahan dalam sistem perbaikan yang pendataan secara manual yang menjadi permasalahan, sehingga bila terjadi musibah data barang konsumen akan hilang dikarenakan tidak adanya penyimpanan yang baik, maka dari itu dibutuhkan sebuah sistem laporan kerusakan barang yang dapat mencakup kebutuhan akan perusahaan dan konsumen tersebut guna mendukung kinerja untuk menjadi lebih baik lagi. Dalam metode penelitian, yang menggunakan Metode Waterfall untuk pengembangan sistem terdiri dari analasisis kebutuhan sistem, perancangan sistem menggunakan unified modelling languange, impelentasikan sistem berdasarkan perancagan yang dibuat, pengujian menggunakan kotak hitam dan yang terakhir pemeliharaan. Aplikasi yang dibangun berbasis web dengan`. Hasil dari peneltian ini dapat membantu pihak perusahaan dalam menggunakan sistem informasi laporan atas kerusakan barang yang akan digunakan. Pada akhir nya sistem laporan kerusakan barang yang berbasis website yang dibangun tersebut akan digunakan untuk mendukung kelancaraan dalam pelaporan kerusakan barang pada CV. Mekar Jaya Kata Kunci : Waterfall, Laporan kerusakan, Rancang Bangun

SISTEM INFORMASI MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROGRAM DIET BERBASIS WEB SERVICE

Nadeak, Nurhalimah () 2021

ABSTRAK Kegemukan atau obesitas adalah suatu kondisi kesehatan seseorang yang mengal elebihan lemak tubuh. Individu yang mengalami kegemukan atau obesitas lebih ren mengalami masalah kesehatan seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, beberapa j anker dan penyakit kandung empedu. Hal ini penulis ingin mengembangkan apli emampuan program diet berbasis web service untuk mengetahui informasi cara diet y enar berupa berat badan ideal, ndex masa tubuh, aktivitas fisik dan rekomendasi anju makanan. Perhitungan kalori perhari dari makanan yang dikomsumsi dan kelebihan Sis iet dirancang menggunakan history data dan history grafik sehingga mudah mel erkembangan diet awal hingga akhir. Sehingga tidak perlu mendatangi ahli gizi, ada engguna mudah untuk mengakses dimana saja dan kapan saja oleh user. Selain itu sis ni didukung oleh bahasa pemrogaman yaitu PHP dan HTML Database Mysql, s engembangan sistem menggunakan metode prototyping. Keluaran dari sistem ini ber plikasi yang dapat dioperasikan melalui online. Salah satu kelebihan Apli ibandingkan sistem operasi perangkat lainnya adalah tergolong murah. bersifat o ource. Kata Kunci: Sistem Informasi, Program Diet, Web Service, Prototyping, PHP, HTM Mysql.

SISTEM INFORMASI PARKIR MENGGUNAKAN QR CODE BERBASIS ANDROID PADA BANK SUMUT

Muliawan, Ahmad () 2023

Sebuah perusahaan atau Instansi seperti Perseroan Terbatas (PT) akan memerlukan Lahan Parkir karena memiliki beberapa alasan penting seperti untuk menampung kendaraan pengunjung dan karyawan yang datang ke kantor atau fasilitas perusahaan. Karyawan atau pengunjung memerlukan tempat yang aman, nyaman dan mudah untuk memarkirkan kendaraan mereka. Tempat parkir yang terorganisir akan membantu mengurangi resiko pencurian atau kerusakan pada area parkir. Area parkir yang terawasi dengan baik dapat meningkatkan tingkat keamanan. Beberapa perusahaan atau instansi membutuhkan kebutuhan khusus yang melibatkan transportasi untuk meningkatkan keamanan. Pada saat ini, keluar masuknya transportasi masih dilakukan secara manual, sehingga tingkat keamanannya masih rendah. Dengan demikian, peneliti merancang Sistem Informasi Parkir menggunakan QR Code berbasis Web di PT.Bank Sumut yang dapat memiliki peran yang signifikan dalam mengelola keamanan, kenyamanan dan kemudahan dari suatu perusahaan atau instansi. Dengan sistem informasi yang terkomputerisasi dapat membantu Pengunjung PT.Bank Sumut Koordinator dapat memberikan keamanan bagi transportasi yang digunakan karyawan dan pengunjung dan juga dapat mengurangi rasa kecemasan atas keamanan kendaraan nya. Dan diharapkan pengelolaan parkir di perusahaan atau instansi menjadi lebih terstruktur, efisien, dan memberikan pengalaman yang lebih baik. Aplikasi dibuat berbasis Android yang menggunakan Bahasa Pemrograman menggunakan PHP dan MySQL dengan pengujian sistem Metode Blackbox agar perusahaan dapat melindungi sistem dari potensi serangan atau penyalahgunaan agar penyerang akan kesulitan mendapatkan wawasan yang cukup untuk mengeksploitasi kerentanannya. Dari hasil yang di dapat sistem akan mencatat waktu masuk dan keluar kendaraan beserta plat kendaraan dengan memindai QR Code mereka. Kata Kunci : Lahan Parkir, QR Code, BlackBox.

SISTEM INFORMASI PELANGGARAN POIN SISWA (STUDI KASUS SMA MUHAMMADIYAH 7 SERBELAWAN)

Arrafiq, Mhd Zhasnitra () 2022

Upaya penguatan disiplin sekolah dapat dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya, di tingkat sekolah menengah, poin pelanggaran yang dilakukan oleh siswa dihitung berdasarkan aturan yang ditetapkan oleh sekolah. Jumlah poin kesalahan yang dihitung bervariasi dari peringatan hingga memanggil orang tua pada level tertinggi, dan memberitahukan jumlah maksimum poin kesalahan kepada orang tua. SMA Muhammadiyah 7 Serbelawan telah menerbitkan pedoman tata tertib. Sekolah akan menerapkan poin penalti untuk semua pelanggaran yang dilakukan oleh siswa dalam upaya untuk menerapkan tindakan disiplin. Untuk meningkatkan kinerja guru dalam menangani siswa bermasalah, penulis merancang sistem penghitungan poin pelanggaran siswa dengan menggunakan metode Oriented Objects Technology. Dengan menggunakan metode object oriented technology akan membangun sebuah sistem dengan sistematis dan teratur agar mencapai suatu tujuan berdasarkan abstraksi objek yang ada dan hadirnya sistem ini tentu akan sangat membantu kinerja guru khususnya guru bimbingan penyuluhan dan guru bimbingan konseling rmasalahan dalam merekap seluruh pelanggaran siswa yang terjadi pada SMA Muhammadiyah 7 Serbelawan. Dengan adanya sistem yang sudah terkomputerisasi dan terintegrasi dengan database, akan dapat memudahkan proses pencarian data siswa yang melanggar dan melakukan bimbingan konseling dengan mudah serta dokumen tersimpan dengan rapi dalam database. Kata Kunci : Sistem poin, Object Oriented Technology, Sekolah, Pelanggaran siswa

SISTEM INFORMASI PEMASARAN DAN KREDIT RUMAH MENGGUNAKAN METODE RAD

Maulita, Mita () 2021

Grand Mekar sari merupakan perumahan yang berlokasi strategis dimana perumahan yang berada di lingkungan yang padat pemukiman. Selama ini dalam memasarkan properti perumahan masih mengandalkan kepada brosur, spanduk. Semua media ini memiliki keterbatasan dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat luas karena hanya terbatas kepada lokasi tertentu saja dan tentunya sangat tidak efektif dalam memperluas jangkauan segmentasi pasarnya. Serta menggunakan media sosial sebagai media promosi. Dari permasalahan tersebut dibutuhkan sistem informasi pemasaran dan kredit rumah dengan berbasis web sehingga dapat membantu bagian marketing dalam kegiatan pemasaran pada perumahan Grand Mekar Sari Park. Serta memudahkan dalam mengolah data penjualan, booking, stok rumah dan laporannya. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Rapid Application Development (RAD). Kata Kunci: Perumahan, Pemasaran, Promosi, RAD

SISTEM INFORMASI PEMASARAN KULINER DELITUA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE EXTREAM PROGRAMMING

Nisa, Rhabiatun () 2022

Perkembangan teknologi yang sangat pesat di era globalisasi saat ini telah memberikan banyak manfaat dalam kemajuan diberbagai aspek sosial salah satunya perkembangan UMKM yang semakin pesat di berbagai daerah di Indonesia. Perkembangan UMKM pada wilayah Deli Tua saat ini terkesan lambat. Hal ini disebabkan karena ketertinggalan dalam mengadopsi teknologi informasi di dalam usahanya. Sistem yang digunakan oleh UMKM masih memanfaatkan sistem yang tradisional, sementara saat ini zaman sudah semakin canggih disertai dengan keberadaan teknologi yang modern Perkembangan UMKM pada wilayah Deli Tua saat ini terkesan lambat. Hal ini disebabkan karena ketertinggalan dalam mengadopsi teknologi informasi di dalam usahanya. Sistem yang digunakan oleh UMKM masih memanfaatkan sistem yang tradisional sehingga perlu membuat sistem informasi berbasis web dalam melakukan promosi UMKM Deli Tua. Penelitian ini akan membuat sistem berbasis website dalam mewadai pelaku umkm Deli Tua untuk dapat berkembang, penelitian ini memanfaatkan metode Extream Programming yang mempunyai tahapan tahapan pengembangan website, penelitian ini menghasilkan sistem penjualan produk UMKM Deli Tua dan Menjadikan aplikasi ini sebagai suatu alternatif media penyedia layanan informasi guna mempermudah pelanggan mendapatkan informasi dan membeli produk-produk unggulan yang ditawarkan. Tujuan dari penelitian ini Menghasilkan sistem berbasis website yang dapat membantu UMKM Deli Tua membangun media promosi baru yang dapat memperluas jangkauan promosi bisnisnya melalui internet dan Mempercepat pertumbuhan umkm didaerah deliserdang dengan mewadai media promosi berbasis website. Katakunci: pemasaran, website, metode, teknologi, UMKM

SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN RELAWAN SANGGAR KEGIATAN BELAJAR PADA SANGGAR PELITA BERBASIS WEBSITE

Nasution, Risa Rahma Sari () 2023

Sanggar Pelita merupakan sebuah komunitas sosial bidang pendidikan yang berorientasi di wilayah kota Medan. Informasi mengenai Sanggar Pelita hanya dapat dilihat melalui Instagram sebagai media informasi. Setiap akan diadakanya program kerja besar, Sanggar Pelita akan membuka pendaftaran relawan. Proses pendaftaran relawan tersebut selalu terlaksana secara manual yaitu, dengan datang langsung ke Sanggar, mengisi lembar formulir pendaftaran lalu calon relawan mengumpulkan formulir pendaftaran dan berkasberkas yang diperlukan ke penanggung jawab kegiatan pendaftaran relawan. Cara yang masih manual ini menjadikan sering terjadinya penumpukan berkas dan kehilangan berkas. Dengan adanya sistem informasi ini maka pengelolaan data selanjutnya akan lebih mudah dan efisien. Dengan adanya sistem ini partisipan juga dapat melakukan donasi dan kolaborasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana merancang dan membuat sistem informasi pendaftaran relawan berbasis website, dan metode yang digunakan dalam pengembangan perangkat lunak adalah metode waterfall. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan sistem informasi pendaftaran dapat memberikan kemudahan partisipan dalam mendapatkan informasi serta dengan mudah dalam mendaftar sebagai anggota baru dalam komunitas dan bagi pengelola komunitas dapat dengan mudah dan dibangun dengan menggunakan beberapa bahasa pemrograman. Menggunakan PHP, CSS, Javascript dan Mysql untuk menyimpan data dari input yang dimasukkan oleh partisipan. Alat yang digunakan untuk membuat sistem informasi pendaftaran relawan pada Sanggar Pelita berbasis website ini menggunakan Visual Studio Code untuk proses coding. Kata kunci : sistem informasi, pendaftaran, website

SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA SISWA BERBASIS WEB PADA SMK ASGA MANDIRI MENGGUNAKAN METODE WATERFALL

Surya, Adjie Taruna () 2023

Perkembangan teknologi di era globalisasi saat ini bergerak sangat pesat dan informarsi yang beredar semakin kompleks sehingga dunia pendidikan harus mampu mengikuti pekembangan teknologi khusus nya di bidang teknologi komputer, seiring dengan perkembangan teknologi saat ini. SMK Asga Mandiri merupakan lembaga pendidikan yang bertugas menangani kegiatan – kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan, tujuan utama yang kita ketahui untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Operator SMK Asga Mandiri untuk mengelola data siswa,data jurusan, data guru, dan data alumni masih bersifat manual dan penyimpanan data masih di susun secara manual seperti arsip atau dokumen. Data yang secara manual akan bisa mengakibatkan kehilangan, rusak, atau terbakar. Oleh sebab itu, sistem informasi pengelolahan data siswa berbasis web ini di rasa sangat di perlukan guna memberikan kemudahan kepada pihak sekolah khusus nya SMK Asga Mandiri. Berdasarkan latar belakang diatas peneliti mengajukan judul “ Sistem Informasi Pengelolahan Data Siswa Berbasis Web Pada SMK Asga Mandiri Menggunakan Metode Waterfall. Sistem akan di buat dengan menggunakan bahasa pemprograman PHP dan menggunakan database Mysql yang dapat mempermudah staff dalam mengelola data dan kepala sekolah dalam memperoleh informasi yang di butuhkan, yang berkualitas dan dapat membantu dalam proses pengambilan keputusan. Kata Kunci : Sistem, Data Siswa, Web

SISTEM INFORMASI PENJUALAN PRELOVED FASHION

Sihombing, Rapika Ayu (universitas harapan medan) 2021

ABSTRAK E-commerce merupakan sebuah terobosan atau gagasan dalam dunia penjualan yang belakangan sedang banyak di minati konsumen dengan berbagai kemudahannya serta keanekaragaman pilihan. Dengan kemajuan teknologi sekarang yang sangat pesat sehingga menjadi faktor E-commerce menjadi salah satu pilihan terbaik untuk konsumen berbelanja dengan tidak harus ke toko penjualannya langsung, sekarang konsumen bisa dengan mudah berbelanja dengan cara mengakses website E-commerce yang menawarkan berbagai pilihan barang, di balik keberagaman tersebut tercetus sebuah ide untuk membuat website E- commerse dengan mengangkat sebuah jenis barang second atau sering disebut barang monja dengan kualitas baik dan harga terjangkau, dan konsumen dapat dengan mudah mengkases website E-commerce yaitu “ Preloved Fashion” diharpakan dengan adanya E-commerce ini konsumen dapat menemukan barang second/monja dengan kualitas branded dan harga terjangkau serta kemudahan pembayaran yang bisa di lakukan dengan cara via transfer dan Cash Of Delivery (COD) . Kata Kunci : E-commerce, Teknologi, Website

SISTEM INFORMASI PERJALANAN DINAS BERBASIS WEB (STUDI KASUS : DPRD KOTA MEDAN)

Rizkie, Dwi Fakhrul () 2023

DPRD Kota Medan data perjalanan dinas nya masih belum memiliki sistem pengelolaan data perjalanan dinas yang baik sehingga ketika akan mengelola data perjalanan dinas di DPRD Kota Medan masih sering terjadi kesalahan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem informasi perjalanan dinas yang memiliki fitur kelola fakta integritas yang memiliki fungsi pembuatan surat perjalanan dinas DPRD Kota Medan berbasis website. sistem informasi yang bisa membantu meringkaskan dan memudahkan pengerjaan pengolahan urusan perjalanan dinas khususnya pada DPRD Kota Medan. Perancangan dan pembangunan Sistem Informasi Surat Perintah Perjalanan Dinas merupakan salah satu upaya dalam pemanfaatan perkembangan teknologi, sehingga pengolahan surat perintah perjalanan dinas seperti pembuatan surat-surat yang dibutuhkan untuk urusan perjalanan dinas dapat lebih mudah diselesaikan. Kata kunci : SPPD, Sistem Informasi, Perkembangan Teknologi.

SISTEM INFORMASI PERSALINAN DENGAN METODE SCRUM

Lestari, Dian () 2022

Era modern saat ini teknologi informasi sangatlah memberi pengaruh yang cukup besar dalam banyak hal, khususnya dalam dunia Kesehatan. Pada penelitian ini terdapat beberapa permasalahan terkait dengan manajemen persalinan yang terdapat pada puskesmas tinggi raja seperti pencatatan pemeriksaan yang berkaitan dengan pemeriksaan persalinan seperti pencataan tindakan, tekanan darah, letak janin, berat badan dan ukuran janin serta pengajuan jadwal kemudian kartu pemeriksaan yang hilang, pemeriksaan yang tidak beraturan dan pemeriksaan ini tentu saja akan memakan waktu yang sangat banyak khususnya dalam mencari data pasien karena semua kegiatan masih dicatat pada buku besar dan akan menghambat proses pemeriksaan yang sedang berlangsung, hasil pemeriksaan hanya didata dengan sebuah kartu pemeriksaan, informasi-informasi terkait persalinan masih dipajang pada dinding dinding puskesmas. tujuan dari penelitian ini Membangun sistem manajemen persalinan dengan metode scrum. Hasil penelitian adalah sebuah sistem aplikasi sistem manajemen persalinan dengan metode scrum. Dengan adanya sistem ini maka bisa digunakan dalam pendataan pasien, dan mempermudah masyarakat dalam melakukan pemeriksaan kandungan Kata kunci: Informasi, Persalinan, Pasien, Website

SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN BIBIT TANAM PADA PERKEBUNAN RERANABA KOTA BINJAI BERBASIS WEB

Aslamiyah, Rehulina () 2023

Kemajuan teknologi informasi (IT) sekarang ini mengalamin perkembangan yang sangat pesat yang dapat dimanfaatkan di dunia bisnis atau perdagangan. Tujuan penelitian adalah Menghasilkan aplikasi berbasis web persediaan bibit tanam dan Mendapatkan informasi data stok bibit tanaman secara efisien dan akurat dengan adanya aplikasi web. Sistem yang dibangun untuk mempermudahkan admin dalam mendata stok yang tersedia. Pengolahan data dan informasi yang sangat cepat, tepat dan efisien adalah hal penting yang dibutuhkan oleh pembisnis seperti pembisnis pembibitan pada perkebunan Reranaba. Sehingga kegiatan dapat berjalan lebih efektif. Sehingga waktu yang di butuhkan untuk mencari data persedian tidak terlalu panjang. Perancangan system informasi ini melalui beberapa tahap,dimulai dengan perancangan,analisis sistem desain model dengan UML dan pada akhirnya dengan merancang sistem informasi dengan menggunakan database MYSQL dan bahasa pemrograman PhP.penelitian ini mengumpulkan data dengan cara wawancara dan observasi secara langsung. Metode sistem yang digunakan dalam pengembangan adalah air terjun model (Waterfall Model). Waterfall biasanya di sebut dengan model sequential liniar atau classic cycle. Kata Kunci : Sistem Informasi, UML, Persediaan, web

SISTEM INFORMASI REPOSITORY TUGAS AKHIR MAHASISWA PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI

Hidayat, Wahyu () 2021

Pada saat ini teknologi informasi telah berkembang dengan pesat dan telah digunakan secara luas mulai dari Online Shop, E-Learning, portal perguruan Tinggi, profil perusahaan, dan lain-lain. Semakin berkembangnya zaman, semakin cepat juga teknologi tersebut dan semakin mudah untuk diakses atau dipergunakan oleh pengguna. Di Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta sudah menerapkan teknologi informasi seperti penggunaan sistem akademik, perpustakaan digital, dan sistem informasi repository, hal ini di karenakan perguruan tinggi sudah mengikuti perkembangan teknologi yang semakin berkembang. Program studi sistem informasi Universitas Harapan Medan saat ini pengumpulan berkas keja peraktik maupun tugas akhir masih menggunakan cara manual. Di mana dalam proses penyimpanannya masih menggunakan rak lemari, untuk itu diperlukan suatu sistem repository yang dapat menyimpan berkas tugas akhir dan kerja peraktik dilakukan secara online. Kata Kunci : Repository, Unhar, Skripsi, Kerja Praktik

SISTEM INFORMASI SUKU BATAK DI SUMATRA UTARA MENGGUNAKAN FRAMEWORK BOOTSTRAP

Sitakar, Sri Sinarna () 2021

Suku Batak merupakan salah satu suku bangsa terbesar di Indonesia. Nama ini merupakan sebuah tema kolektif untuk mengidentifikasikan beberapa suku bangsa yang bermukim dan berasal dari Pantai Barat dan Pantai Timur di Provinsi Sumatera Utara. Suku bangsa yang dikategorikan sebagai Batak terdiri dari beberapa etnis yaitu Toba, Karo, Pakpak, Simalungun, Angkola, dan Mandailing. Suku batak memiliki marga dengan jumlah yang mencapai ratusan yang terbagi atas etnis berbeda-beda dan silsilah yang berbeda. Suku Batak merupakan rumpun suku-suku yang mendiami sebagian besar wilayah Sumatera Utara, namun selain di sumatera utara pemeluk suku batak saat ini telah banyak yang merantau di luar wilayah sumatera utara. Adapun masalah yang dihadapi dalam penelitian ini yaitu Zaman modern saat ini banyak bangsa batak atau pemeluk suku batak yang berdomisili di daerah yang bukan termasuk wilayah suku batak. Beradaptasi dengan lingkungan tanah perantauan pemeluk suku batak sehingga terbiasa menggunakan kebiasaan atau budaya suku lainnya. Adapun output yang ada disistem yang saya buat di mulai dari sejarah, marga, makanan kahs, wisata, kesenian, adat istiadat dan forum diskusi yang dimana dapat mengeratkan persaudaraan sesama suku batak. Dalam membuat sistem ini dibantu menggunakan framework bootstrap guna memperindah dan mempermudah tampilan, dengan menerapkan metode string matching untuk mempermudah dalam mencari informasi yang diinginkan serta pengujian sistem menggunakan metode blackbox dan white box. Kata Kunci : Suku batak, Framework bootstrap dan String matching

SISTEM IRIGASI OTOMATIS DENGAN MENGGUNAKAN ARDUINO UNO DAN TEKNOLOGI IOT (INTERNET OF THINGS)

Lubis, Rahmad Anugerah SY () 2020

Perkembangan teknologi yang semakin dewasa mendorong muncul ide-ide untuk menciptakan alat yang mempermudah kegiatan kerja seperti berkebun. Berdasarkan hal tersebut, diciptakan suatu Sistem Irigasi Otomatis. Sistem Irigasi Otomatis adalah suatu sistem alat penyiraman untuk kegiatan berkebun yang tediri dari rangkaian alat dan aplikasi monitoring yang terhubung dengan internet. Sistem ini dibangun untuk memudahkan salah satu kegiatan berkebun yaitu penyiraman tanaman. Sistem dirancang dengan menerapkan teknologi IoT (Internet of Things) sehingga rangkaian alat dan aplikasi monitoring dapat berkomunikasi atau yang disebut komunikasi M2M (Machine to Machine). Pada aplikasi monitoring terdapat opsi pilihan cara kerja rangkaian alat yaitu secara otomatis dan manual. Pada opsi otomatis, rangkaian alat akan bekerja secara otomatis dengan mendeteksi nilai kelembapan, jika nilai kelembapan dibawah nilai yang minimal yang ditentukan dalam program maka penyiraman akan dilakukan sampai nilai kelembapan optimum dicapai. Sedangkan pada opsi manual, rangkaian alat berkerja sesuai input-an perintah pengguna melalui monitoring aplikasi berupa tombol touchscreen on / off. Kata Kunci: rangkaian alat, aplikasi monitoring, IoT, M2M, otomatis, manual

SISTEM KENDALI LAMPU TAMAN SERTA PENGECEKAN SUHU DAN KELEMBAPAN DI SEKITAR MENGGUNAKAN NODEMCU ESP8266 BERBASIS INTERNET OF THINGS

Fiqri, Sultan Raja () 2021

Kemajuan teknologi saat ini telah banyak sekali memberikan manfaat dalam penggunaan peralatan elektronik yang memudahkan manusia dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari. Dalam revolusi Industri 4.0, kemajuan paling pertama yang dapat dirasakan adalah internet of things atau iot. Iot memiliki peran penting dalam Industri 4.0, karena dapat menghubungkan semua hal ke jaringan internet. Iot (Internet of Things) bisa dimanfaatkan pada taman untuk mengendalikan lampu taman serta pengecekan suhu dan kelembapan yang dapat dioperasikan dari jarak jauh melalui jaringan internet. Sistem ini ini memanfaatkan sensor yang dapat mendeteksi besar hambatan intensitas cahaya yang digunakan untuk menghidupkan dan memadamkan lampu berdasarkan intensitas cahaya, sensor yang dapat mendeteksi suhu dan kelembaban yang dapat dikendalikan dan dipantau dari mana saja dan kapan saja. Pada penelitian ini, sistem menggunakan mikrokontroler nodemcu esp8266 yang berfungsi sebagai perangkat yang mengaktifkan semua komponen, seperti sensor dht11, sensor ldr, relay 2 channel dan lampu led. Sistem ini menggunakan aplikasi telegram yang berfungsi sebagai aplikasi pengendali lampu dan pengecekan suhu dan kelembapan yang diakses dari smartphone yang dihubungkan dengan mikrokontroler nodemcu esp8266 melalui jaringan wifi. Hasil uji coba yang dilakukan terhadap semua fitur menunjukkan hasil sesuai harapan. Kata Kunci : sistem kendali, Nodemcu, Telegram.

SISTEM KENDALI PASOKAN AIR MINUM DIKANDANG AYAM MENGGUNAKAN NODEMCU

Sembiring, Yon Perumer () 2022

Air merupakan kebutuhan utama dalam kehidupan makhluk hidup baik manusia, tumbuhan, maupun hewan/ternak. Ayam adalah salah satu jenis unggas yang banyak diternakan oleh masyarakat. Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi dalam menentukan keberhasilan peternakan ayam adalah air minum. Di mana wadah minum ayam tidak boleh dalam keadaan kosong dan tidak juga diisi penuh. Hal ini dilakukan untuk menambah nafsu makan ayam. Perkembangan teknologi yang berkembang pesat sekarang ini, salah satu adalah teknologi pengendalian. Mikrokontroler dapat menjadi basis dalam kinerja sebuah otomatisasi sistem karena dapat di integrasikan dengan pheriperal input dan output melalui masing-masing portnya sehingga dapat menjadi solusi dalam pemenuhan kebutuhan teknologi. Salah satunya kebutuhan akan sistem pemberian minum ayam ternak yang otomatis sehingga dapat membantu peternak dalam melaksanakan tugasnya.penelitian ini akan membuat prototipe air minumotomatis dengan tujuan Menghasilkan alat pengisian air minum secara otomatis pada kandang ayam, Untuk memudahkan para peternak ayam dalam memberikan minum pada ayam peliharaan dan Melakukan Monitoring menggunakan smartphone terhadap air minum pada kandang ayam. Jadi dengan adanya alat air minum otomatis peternak dapat dengan mudah memonitoring air minum ayam dikandang ayam dengan mudah tanpa harus datang kekandang ayamnya. Kata kunci: air minum, ayam, mikrokontroller, prototipe

SISTEM KONTROL ALL IN ONE TOP FILTER PADA AQUARIUM MENGGUNAKAN ARDUINO UNO

Kurniawan, Muhammad () 2021

Dalam hal memelihara ikan Mas Koki ada beberapa faktor yang harus diperhatikan seperti suhu air, kadar pH dan pemberian pakan yang harus Diperhatikan. Secara tradisional pengecekan kondisi air akuarium dilakukan rutin dengan memperhatikan warna air dan bau, metode tradisional masih terdapat kekurangan akurasi dan efisiensi waktu. Dalam penanganan pemberian pakan digolongkan berdasarkan waktu pakam untuk ikan Mas Koki. Oleh karena itu, sistem otomatisasi dibutuhkan dalam hal ini untuk mengatasi akurasi pengecekan dan rutinitas pemberian pakan. Dengan memanfaatkan sistem mikrokontroller yang dihubungkan pada sensor suhu, Sensor pH, Motor Servo dan RTC, Fan. Sensor pH mendeteksi pH air akuarium ketika air akuarium rendah servo penurun pH langsung aktif. Apabila pH terdeteksi tinggi maka servo penurun pH akan aktif. Sensor suhu mendeteksi suhu air akuarium, jika suhu akuarium lebih dari 30˚ C maka Van akan benyala, dan ketika suhu sudah kembali normal, Fan akan mati secara otomatis. RTC membaca waktu pemberian pakan pada program arduino uno, ketika sudah memasuki jadwal pemberian pakan, maka servo pakan akan bergerak 180˚ untuk menuangkan pakan ikan. Kata Kunci : Mikrokontroler, Sensor

SISTEM KONTROL DAN PENGAMANAN KOTAK PENYIMPANAN UANG MENGGUNAKAN APLIKASI TELEGRAM BERBASIS ARDUINO

Anugrah, Fahmy () 2023

Dengan pesatnya perkembangan teknologi digital, metode tradisional menabung uang seperti menggunakan celengan semakin tidak populer di kalangan masyarakat. Munculnya inovasi baru, seperti kotak penyimpanan uang berbasis mikrokontroler, menghilangkan kebutuhan akan metode tabungan tradisional. Kotak penyimpanan uang ini dilengkapi dengan mikrokontroler yang dapat dikontrol melalui Smartphone dan dilengkapi dengan teknologi GPS untuk melacak lokasinya. kotak penyimpanan juga dilindungi dengan kata sandi dan memberikan informasi tentang jumlah total uang yang tersimpan di dalamnya. Desain kotak penyimpanan uang ini melibatkan penggunaan NodeMCU ESP8266 sebagai mikrokontroler, yang menghubungkan komponen dengan aplikasi Telegram Bot untuk pengendalian melalui Smartphone. Sensor utama yang digunakan dalam alat ini adalah sensor TCS3200, yang mendeteksi nilai warna dari uang kertas yang berbeda. GPS Neo 6m digunakan untuk melacak lokasi kotak tersebut, terhubung langsung dengan Google Maps. Aplikasi Telegram Bot berfungsi sebagai sistem pengendalian dan fitur keamanan untuk kotak penyimpanan uang ini. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, kotak penyimpanan uang ini dapat membedakan dan menghitung berbagai jenis uang kertas, memberikan informasi yang akurat tentang saldo rekening, dan melacak lokasinya dengan efektif melalui Google Maps. Selain itu, kotak ini dapat beroperasi tanpa sumber daya listrik eksternal dan menjamin keamanan melalui perlindungan kata sandi. Dengan demikian, kotak penyimpanan uang berbasis mikrokontroler ini menyediakan solusi yang praktis, efisien, dan aman dalam menabung uang, serta menawarkan kemudahan penggunaan melalui pengendalian melalui Smartphone, pelacakan lokasi yang akurat, dan keamanan yang ditingkatkan. Kata kunci : Kotak penyimpanan uang, Mikrokontroler, Aplikasi Telegram, Sensor TCS3200, GPS Tracking.