Title

[0-9] A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
Now showing items 1-10 of 86

SANDALPHON’S CHARACTER DEVELOPMENT IN GRANBLUE FANTASY’S “WHAT MAKES THE SKY BLUE” TRILOGY

Sani, Shaza Nabila () 2019

Penelitian ini menganalisis perkembangan karakter Sandalphon berdasarkan penampilannya dalam trilogi “What Makes the Sky Blue” di game mobile Granblue Fantasy. Penelitian ini berfokus pada ciri-ciri karakter Sandalphon sebagai bahan analisis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakter Sandalphon berkembang dalam trilogi “What Makes the Sky Blue”. Penelitian ini menggunakan arketipe kepahlawanan Pearson sebagai dasar analisisnya. Penelitian ini menggunakan konsep karakterisasi dan arketipe. Ditemukan bahwa karakter Sandalphon menunjukkan ciri-ciri dari beberapa arketipe, yaitu Innocent, Orphan, the Wanderer, the Magician, dan the Martyr. Perkembangan karakter Sandalphon dalam trilogi dimulai dari Innocent, berkembang menjadi Orphan, berkembang menjadi Wanderer, kembali menjadi Innocent, berkembang menjadi Oprhan, berkembang menjadi Magician, dan akhirnya berkembang untuk terakhir kalinya menjadi Martyr.

Schizophrenic Experiences in Pigpen Webtoon: Psychoanalytic Literary Criticism

Anuar, Nur Shaffirah () 2022

This research discusses about the main character’s state of mind in Pigpen webtoon through the approach of psychoanalysis in literary criticism. This research aims to analyze the types of schizophrenic experiences and desires that are reflected in the main character’s schizophrenia by using the theory of schizophrenia and Jacque Lacan’s psychoanalysis. The methodology applied in this research is the qualitative research method to elaborate on the phenomena of psychology in literary works. This analysis is supported by the data acquired from journals, books, theses, and Pigpen webtoon as the data source. The writer identifies several results from the analysis that has been done that are relevant to the idea psychology approach. First, from the theory of schizophrenia, the main character is mainly going through delusions and hallucinations. Second, through Lacan’s psychological concept of desire and identity formation, the writer found two desires in the main character: the desire to have (anaclitic desire) and the desire to be (narcissistic desire), which happened in the Imaginary and Symbolic stages. In relation to desires, it is found that the main character’s experiences of schizophrenia are influenced by his desires. The schizophrenic experiences reflected forms of the main character’s desires for fulfilment. Keywords: Literary Criticism, Psychoanalysis, Schizophrenia, Desire, Webtoon

SEGMENTASI CITRA SATELIT DALAM OBSERVASI DAN KONSERVASI HUTAN LINDUNG TAMAN NASIONAL GUNUNG LAUSER MENGGUNAKAN ALGORITMA FUZZY C -MEANS

Mellyadi, Muhammad () 2021

Segmentasi citra adalah suatu proses untuk membedakan atau memisahkan objek-objek yang ada dalam suatu citra, seperti memisahkan objek dengan backgroundnya. Pada penelitian ini mensegmentasi citra sel yang tumpang tindih sebagian dan menghitung jumlah sel pada suatu citra dengan menggunakan metode Fuzzy C-Means. Pre-Processing dilakukan terlebih dahulu untuk mempermudah dalam proses pengenalan pola pada suatu gambar. Fuzzy C-Means digunakan untuk memisahkan objek yang saling tumpah tindih sebagian dan menghitung jumlah sel pada suatu citra dengan menentukan Fuzzyness. Fuzzy C-Means digunakan untuk mengelompokkan data berdasarkan jarak terdekatnya lalu melakukan pelabelan warna berdasarkan hasil dari pengolahan Fuzzy C-Means. Hasil segmentasi pada citra satelit akan digunakan untuk melakukan proses pengawasan pada kawasan hutan lindung secara berkala, dan memberikan informasi cepat mengenai kondisi luas lahan hutan lindung. Kata kunci : Fuzzy C-Means, Segmentasi, Citra Satelit, Hutan lindung.

SEMANGAT KERJA GENDER DITINJAU DARI KEPUASAN, KOMPENSASI, PELATIHAN DAN PROMOSI (STUDI PADA PT. PDAM TIRTANADI)

Wulandari, Anggelista () 2019

Penelitian ini dilakukan pada PT. PDAM Tirtanadi yang bergerak di bidang penyediaan air minum bagi kebutuhan masyarakat di kota Medan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui secara parsial dan simultan semangat kerja gender di tinjau dari kepuasan kerja, kompensasi, pelatihan dan promosi. Penelitian menggunakan korelasional, dengan jumlah populasi adalah karyawan yang bekerja di PT. PDAM Tirtanadi pada tahun 2018 sebanyak 125 orang. Pengambilan sampel dengan rumus Slovin sehingga jumlah sampel sebanyak 95 responden. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dengan teknik pengumpulan data yakni survei. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kepuasan kerja dan promosi berpengaruh signifikan terhadap semangat kerja gender, sedangkan kompensasi dan pelatihan tidak berpengaruh signifikan terhadap semangat kerja gender. Secara simultan menunjukkan bahwa kepuasan kerja, kompensasi, pelatihan dan dan promosi berpengaruh signifikan terhadap semangat kerja gender di PT. PDAM Tirtanadi Medan. Kepuasan kerja, kompensasi, pelatihan dan dan promosI mempunyai hubungan yang kuat terhadap semangat kerja gender karyawan pada PT. PDAM Tirtanadi Medan. Nilai koefisien adjusted R square (R2) sebesar 0,598 ini menunjukkan bahwa semangat kerja gender dapat dijelaskan kepuasan kerja, kompensasi, pelatihan dan promosi jabatan sebesar 59,8% dan sisanya sebesar 40,2% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata kunci: Kepuasan Kerja, Kompensasi, Pelatihan, Promosi, Semangat Kerja.

SEMIOTIC ANALYSIS OF PUNJABI’S SIKH WEDDING CEREMONY AT GURDWARA SHREE GURU NANAK DEV JI MEDAN

Sheetal () 2021

Perkawinan merupakan bagian kehidupan yang sakral, karena harus memperhatikan norma dan aturan hidup dalam masyarakat. Pernikahan dilakukan melalui aturan agama atau adat istiadat. Hampir mirip dengan budaya Indonesia yang memiliki beberapa prosesi rangkaian upacara pernikahan, tradisi Punjabi terdiri dari berbagai adat budaya dan agama. Penelitian ini difokuskan pada budaya pernikahan India dan penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui tanda dan simbol apa yang ditemukan dalam Upacara Pernikahan Punjabi Sikh dan bagaimana penggunaannya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Semiotika Pierce. Lokasi dalam penelitian ini akan dilakukan di Gurdwara Shree Guru Nanak Dev Ji Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang bertujuan untuk memberikan gambaran yang objektif tentang suatu keadaan di lapangan dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, wawancara dan angket. Kata kunci: Semiotika, Budaya, Pernikahan Sikh Punjabi, Tanda dan Simbol, Teori Pierce

SERVANT LEADERSHIP DAN KARAKTERISTIK PEKERJAAN SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL YANG DIMODERASI OLEH EMPLOYEE ENGAGEMENT PADA PT. SUCOFINDO MEDAN

Zuhro, Riza () 2019

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh servant leadership dan karakteristik pekerjaan terhadap komitmen organisasional pada PT. Sucofindo Medan secara parsial. Untuk mengetahui pengaruh employee engagement memperkuat servant leadership dan karakteristik pekerjaan terhadap komitmen organisasional pada PT. Sucofindo Medan secara parsial. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 149 orang dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 60 orang dengan menggunakan metode slovin. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan MRA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa servant leadership berpengaruh signifikan terhadap employee engagement pada PT. Sucofindo Medan. Karakteristik pekerjaan tidak berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasional pada PT. Sucofindo Medan. Employee engagement tidak memperkuat hubungan antara servant leadership terhadap komitmen organisasional pada PT. Sucofindo Medan. Employee engagement tidak memperkuat hubungan antara karakteristik pekerjaan terhadap komitmen organisasional pada PT. Sucofindo Medan.

SIMILES USED IN EVERYTHING AT ONCESONG BY LENKA

Karina, Astriyani () 2019

Bahasa kiasan adalah bagian dari semantik. Seperti yang kita ketahui bahwa dengan semantik kita bisa mengetahui arti sebenarnya dari sebuah lagu. Bahasa kiasan adalah bahasa yang menggunakan berbagai kiasan. Ini menganalisis bahasa kiasan yang digunakan dalam karya Lenka lirik lagu terutama Simile. Semoga hasil penelitian ini dapat bermanfaat untuk mahasiswa linguistik karena penelitian ini dilakukan berdasarkan teori Meyer, 1997. Manfaat bahasa kiasan dan kategori yang digunakan dalam tesis ini adalah bahwa pembaca akan memahami bahwa teori tersebut dapat digunakan untuk memberikan lebih jelas dan lebih baik pemahaman tentang arti bahasa kiasan.Bahasa kiasan dalam lagu dapat membuat pembaca mengerti bahwa lirik lagu dapat menggambarkan pesan yang harus diketahui dengan mempelajarinya secara mendalam dari segi kategori. Pelajaran ini mencoba memberikan gambaran tentang bahasa kiasan dalam kehidupan manusia sehari-hari terutama perumpamaan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Itu Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah beberapa teks tertulis. Teks yang dibahas adalah lagu yang diambil dari lirik lagu lenka. Dengan klasifikasi ini, kita dapat mengenali dengan baik mana yang termasuk setiap pidato kiasan. Hasil penelitian ini nantinya dapat memberikan kontribusi bagi pembaca yang tertarik untuk mempelajari dan memahami atau menafsirkan lirik tersebut.

SIMULASI DAN PERANCANGAN SMARTHOME BERBASIS IOT DAN CLOUD COMPUTING MENGGUNAKAN SIMULATOR CISCO PACKET TRACER 7.3

Aziz, Tariq () 2022

Seiring dengan perkembangan zaman, perkembangan teknologi pun saat ini berkembang pesat sesuai dengan kebutuhan manusia pada saat ini. Salah satunya yaitu permintaan akan teknologi rumah yang aman dan nyaman semakin meningkat. Penerapan teknologi pada rumah tersebut yaitu memakai rancangan Smarthome. Smarthome merupakan sebuah konsep yang di mana dari berbagai macam perangkat IoT yang tersedia untuk digunakan di rumah menjadikannya pintar. Perangkat tersebut mencakup detektor gerakan, penyiram rumput, pintu pintar, panel surya, dan banyak perangkat IoT lainnya. Dewasa ini, simulasi menjadi hal yang penting dalam berbagai banyak hal, terutama berbagai penelitian dan kajian dilaksanakan menggunakan metode simulasi sebagai salah satu cara untuk memecahkan permasalahan. Cisco Packet Tracer 7.3 merupakan aplikasi yang dapat membantu dalam hal melakukan simulasi pada perangkat IoT. Hasil yang didapat dari simulasi konsep keamanan pintu rumah, kontrol pendingin ruangan dan pemadam kebakaran otomatis dapat berjalan dengan baik namun pada heating element untuk kenaikan pada suhu ruangan berjalan lambat. Kata Kunci: Smarthome, IoT, Simulasi, Cisco Packet Tracer

SIMULASI JARINGAN MAN (METROPOLITAN AREA NETWORK) MENGGUNAKAN METODE STATIC NAT IPV4 DAN IPV6

Novriadi, Arif () 2021

Kemajuan teknologi informasi untuk mendukung segala kebutuhan dan permintaan akan informasi bagi perusahaan melalui penciptaan media penyajian informasi dalam perkembangan teknologi jaringan komputer semakin meningkat, kebutuhan untuk penggunaan informasi berbasis jaringan internet mengakibatkan rentannya keamanan data menjadi masalah yang krusial, untuk mensimulasikan jaringan komputer dibutuhkan sebuah aplikasi yang bernama Cisco Packet Tracer. Aplikasi ini digunakan untuk mensimulasikan jaringan MAN. Untuk menghubungkan jaringan MAN dibutuhkan sebuah routing. Routing EIGRP merupakan salah satu routing interior yang paling sering digunakan untuk jangkauan luas. Jaringan MAN bekerja menghubungkan jaringan yang berbeda dari sekumpulan jaringan LAN. Simulasi harus memiliki keamanan untuk memberi perlindungan terhadap server. Network Address Translation (NAT) merupakan salah satu metode yang digunakan sebagai translation IP untuk bisa masuk ke dalam jaringan yang berbeda. Berdasarkan hasil uji coba simulasi Static NAT IPv4 IPv6 yang telah dilakukan diperoleh hasil keamanan trafik pada jaringan agar tidak terjadi penumpukkan IP yang akan memberi hambatan pada jalur komunikasi pada server, dengan Static time delay 0,782 sec.

SIMULASI MENGGUNAKAN TEKNOLOGI BIOMETRIC PADA PROSES BOARDING PASS DENGAN TAMPILAN ANIMASI 3D

Bungsu, Sonya Dinda () 2021

Perkembangan teknologi informasi saat ini semakin berkembang pesat sehingga dapat memudahkan dan mendukung dalam penyampaian informasi. Informasi sendiri memegang peranan penting dalam kehidupan manusia sekarang ini. Penulis bermaksud membangun sebuah media informasi melalui video animasi untuk memberikan informasi dan pengetahuan bagi penumpang pesawat dalam penggunaan biometric. Media informasi ini mengandung unsur audio dan animasi 3D yang dirancang semenarik mungkin untuk memberikan informasi agar penyampaian lebih mudah dipahami. Animasi 3d adalah animasi yang bentuknya memiliki 3 sumbu (X,Y,Z). Video animasi ini dibangun menggunakan software sketchup, lumion, dan adobe premiere sedangkan untuk merancang sistem penulis menggunakan Storyboard. Hasil akhir penelitian ini adalah terciptanyaa sebuah video animasi untuk penumpang pesawat sebagai media informasi pada penggunaan biometric dalam proses boarding pass. Kata Kunci : Animasi 3D, Bandara, Video Animasi, Biometric, Media Informasi