Title

[0-9] A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
Now showing items 1-20 of 71

RANCAN BANGUN SISTEM TRACKING JASA LAUNDRY SEPATU DI CLINIX SHOES CARE BERBASIS WEBSITE

Febryan, Saragih () 2021

ABSTRAK Permasalahan waktu menjadi sangat penting dalam sebuah jasa laundry sepatu, karena banyaknya waktu yang digunakan untuk melaundry sebuah sepatu. Oleh sebab itu diperlukan sebuah sistem trackinguntuk melakukan pengecekan status sepatu yang sedang dilaundry pada jasa laundry sepatu Clinix shoes and care. Pembuatan sistem ini menggunakan metode waterfall mulai dari analisis kebutuhan, desain sistem, penulisan kode program, pengujian program, penerapan program, dan penulisan kode program dilakukan secara terstuktur. Penulisan kode program menggunakan PHP, databaseMySQL dan juga menggunakan frameworkCodeigniter 3. Dengan adanya sistem tracking ini costumer dapatmenginputkan resi yang diberikan oleh admin clinix shoes care, untuk mengetahui status sepatu yang sedang dilaundry, dan pada sistem tracking ini costumer juga dapat mengecek tarif laundry. Kata Kunci : Tracking, Laundry, Waterfall, Framework Codeigniter, PHP

RANCANG ALAT OVER CURRENT RELAY DIGITAL DENGAN VARIABLE TIMER DAN ARUS BATAS BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 8335

Panggabean, Ervin (Universitas Harapan Medan) 2021

ABSTRAK Masalah yang dihadapi oleh pengaman konvensional seperti sekering atau MCB adalah arus start yang besar dari beberapa beban misalnya motor induksi. Arus start akan membuat sekering putus atau MCB mengalami trip sehingga harus menggunakan rating yang lebih besar dan ini akan mengurangi kinerja pengaman. Untuk mengatasinya penulis merancang OCR (over current relay) menggunakan mikrokontroler atmega 8335, rele, display LCD dan sensor arus ACS 712 untuk mendeteksi arus dan menampilkan data pada display. Terdapat juga 2 potensimeter untuk mengatur setpoint arus dan waktu tunda. Waktu tunda dapat diatur dari 0 hingga 10 detik dan arus batas dapat diatur mulai dari 1 A hingga 10 A. Pengujian alat dilakukan pada setpoint 1 A dan waktu tunda 3 detik, setpoint 2 A dengan waktu tunda 5 detik, setpoint 3 A dengan waktu tunda 10 detik dan setpoint 4 A dengan waktu tunda 0 detik. Berdasarkan hasil pengujian, jika arus melebihi arus setpoint maka timer akan mulai menghitung dan membandingkan dengan timer yang dibuat. Saat timer melebihi waktu batas dan arus masih tetap tinggi maka proteksi akan dilakukan dengan memutus rele, namun jika arus kembali normal sebelum waktu setpoint maka rele akan tetap bekerja normal. Kata kunci : Over Current Relay, sensor ACS712, mikrokontroler atmega 8535.

RANCANG BANGUN ANIMASI 3D HOLOGRAM SEBAGAI MEDIA INFORMASI MENGENAL HEWAN MAMALIA

Abdi, Dyandra Hutama () 2021

Perkembangan teknologi digital saat ini telah berkembang pesat dalam kehidupan sehari-hari. Kemajuan teknologi saat ini bisa di akses dengan mudah sehingga pengguna teknologi komputer mendorong orang untuk berkreasi dan berinovasi. Namun perkembangan beberapa tahun ke belakang, dunia desain komunikasi visual sudah mulai berkembang ke arah alternatif 3dvirtual reality teknologi yang di sebut “holografi”. Hologram adalah teknologi yang mampu merekam cahaya yang tersebar dari objek dan menyajikannya dalam bentuk 3D. Gambar animasi tersebut kemudian dapat disajikan dalam bentuk 360 derajat dan dapat bergerak dengan animasi agar dapat menyampaikan informasi, baik secara real time maupun tidak. Hologram ini dibuat menggunakan software 3DsMax 2018 dan melakukan pengeditan video animasi dengan Adobe Premiere Pro cc 2020 . Melalui perancangan dan penerapan konsep hologram ini, penulis menemukan bagaimana untuk merancang animasi 3D hologram, dengan membuat sistem yang akan memudahkan masyarakat dapat melihat informasi serta dapat memvisualkan bentuk hewan-hewan mamalia lebih menarik dan tetap modern sesuai dengan perkembangan zaman. Hasil akhir dari rancang bangun hologram ini adalah dapat menampilkan video animasi hologram berupa beberapa karakter hewan-hewan mamalia yang akan ditampilkan melalui media piramid akrilik tersebut. Kata Kunci : Animasi 3D, 3DsMax, Adobe Premiere Pro 2020, Hologram

RANCANG BANGUN MESIN SABLON BOTOL OTOMATIS

Marpaung, Charles Robert () 2022

Sablon merupakan teknik cetak yang digunakan untuk pencetakan dalam jumlah kecil dengan biaya produksi yang paling rendah. Disamping itu sablon juga memiliki keunggulan dalam hal obyek yang dapat disablon misalnya : baju kaos, gelas, benda-benda dari plastik, dll. Namun sablon juga memiliki kekurangan dalam hal kecepatan produksi, dan juga jika dibandingkan dengan teknik cetak offset maka kualitas sablon masih kalah khususnya untuk cetakan separasi. Penggunaan mesin dalam sablon akan sangat membantu dalam meningkatkan efisiensi kerja. Mesin Sablon kali ini merupakan mesin yang berfungsi untuk menyablon di berbagai media silinder seperti cup, tumbler, botol, gelas bisa dibilang mesin sablon plastis ini sangat multifungsi. Mesin ini sangat cocok digunakan untuk pemula mulai dari usaha percetakan, home industry, pengusaha ice blend sampai dengan usaha rumahan yang ingin bebas waktu tanpa terikat. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa mesin sablon otomatis dengan menggunakan sistem otomatis dapat mempercepat proses penyablonan dengan rata-rata waktu 1 menit. Hasil analisa pergerakan mesin sablon otomatis dapat berjalan sesuai fungsi mesin serta tidak mengalami clasing antar komponen mesin. Hasil analisa simulasi pembebanan mesin sablon otomatis tidak terdapat konstruksi yang mengalami beban kritis yang tinggi melewati batas ijin yang telah ditentukan

RANCANG BANGUN ALAT PEMBERI MAKAN IKAN OTOMATIS BERBASIS ARDUINO DENGAN SISTEM PLTS

Matondang, Safar Ibrahim () 2021

ABSTRAK Ikan lele adalah hewan nokturnal, aktif pada malam hari dan salah satu jenis ikan air tawar yang sanggup hidup dalam jumlah banyak dalam kolam. Ikan ini memiliki tingkat konversi makan menjadi bobot tubuh yang baik. Namun masih banyak permasalahan yang terjadi di kalangan pembudi daya seperti tidak teraturnya pemberian makan ikan akibatnya tidak teraturnya pertumbuhan ikan. Untuk itu dipikirkan solusi supaya pemberian makan ikan menjadi tepat waktu. Dengan memanfaatkan teknologi elektronika sebuah alat pemberi makan ikan otomatis dapat di buat dengan memanfaatkan RTC (real time clock). RTC dapat digunakan untuk mengatur waktu pemberian makan ikan, RTC dapat bekerja pada tegangan minimum DC 3.3V - DC 5V. SebuahArduino Uno digunkan sebagai pengendali sistem kontrol secara keseluruhan. Arduino Uno dapat bekerja pada tegangan minimum 5V-7V DC. Sebagai sumber energi untuk alat pemberi makan ikan otomatis maka dipergunakan pembangkit listrik tenaga surya 20 Wp (Watt Peak) dan menyimpan daya ke baterai, terdapat 3 baterai yang diserikan LC 18650 3800MAh 3,7V. Untuk menstabilkan tegangan dari solar sel dibutuhkan SCC (Solar Charger Controller). Sensor IR Proximity yang berfungsi sebagai mendeteksi ada atau tidak adanya makan ikan, jarak sensor ke makanan ikan sekitar 10 cm. Sensor ini dapat bekerja pada tegangan minimum 3V-5V DC. Motor servo dapat bekerja pada tegangan minimum Torsi stall 8.5kg / cm (4.8V), 10kg / cm (6V), motor servo berfungsi dapat membuka dan menutup katup makanan ikan. Kata Kunci: Solar cell,Baterai, Arduino Uno, Motor Servo, Sensor Proximity.

RANCANG BANGUN ALAT PENGUKUR DAN PENGHITUNG ENERGI LISTRIK MENGGUNAKAN ACS 712 BERBASIS ARDUINO

Tarigan, Imam Ahmad () 2021

Energi listrik merupakan salah satu besaran energi dalam bentuk listrik yang digunakan untuk melakukan suatu usaha misalnya untuk menghidupkan lampu, mendinginkan ruangan, memanaskan air, memasak dan sebagainya. Energi merupakan hasil perkalian arus, tegangan dan waktu atau daya dikali dengan waktu. Satu-satunya alat ukur energi adalah kwh meter PLN. Alat ini menggunakan Arduino Uno yang berfungsi sebagai pengolahan sinyal input dari sensor ACS 712 dan sensor tegangan. Alat ini menggunakan sensor ACS 712 yang berfungsi sebagai mendeteksi arus listrik yang melewatinya. Alat ini menggunakan sensor tegangan yang berfungsi sebagai memberi nilai pada tegangan pada beban. Alat ini menggunakan Display LCD yang berfungsi sebagai untuk menampilkan berapa arus yang di gunakan. Prinsip kerja alat ini. Pada saat catu daya di berikan arus, maka alat pengukuran arus listrik bekerja mendeteksi besaran arus listrik dengan menggunakan sensor ACS 712. Sensor mendeteksi besar arus yang mengalir pada beban dan memberikannya pada mikrokontroler. Mikrokontroler akan mengolah data tersebut yaitu mengkalibrasinya menjadi nilai arus kembali. Demikian juga dengan sensor tegangan akan dibaca dikonversi dan dikalibrasi menjadi nilai tegangan. Hasil Tegangan dan Arus dapat di lihat di LCD Kata kunci: Arduino Uno, Sensor ACS 712, Sensor tegangan,LCD

RANCANG BANGUN ALAT STERILISASI PENYEMPROTAN DISINFEKTAN OTOMATIS UNTUK BARANG ONLINE BERBASIS ARDUINO

Siregar, Nabila Tasya () 2022

ABSTRAK Pandemi COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) yang disebabkan oleh virus corona yang dinamakan dengan SARS-Co V-2 (Severe acute Respiratory Syndrome Corona Virus 2) pertama kali di temukan di kota Wuhan, China yang terjadi pada bulan Desember 2019. Penyebaran virus ini sangat cepat, dan salah satu penyebaran virus ini dapat menyebar melalui benda-benda di sekitar. Untuk itu pengguna aplikasi belanja online belum tentu paket yang sampai ke alamat tujuan terbebas dari virus corona. Untuk mensterilkan paket belanja online bisa di sterilkan dengan menyemprotkan disinfektan. Penyemprotan disinfektan dapat dilakukan secara manual maupun otomatis, penyemprotan secara otomatis menjadi cara yang efisien dan praktis untuk menghemat tenaga. Pembuatan alat penyemprotan disinfektan otomatis ini menggunakan microcontroller arduino uno sebagai sistem kontrol alat, sensor infrared FC-51 sebagai pendeteksi objek, water pump mini untuk menyalurkan disinfektan, door lock untuk sistem keamananya, dan menggunakan komponen lainya. Dengan menggunakan komponen-komponen tersebut serta software yang mendukung berjalannya alat, maka alat penyemprotan disinfektan dapat bekerja secara otomatis. Alat ini berbentuk kotak dan memiliki dua sisi pintu, pintu pertama untuk pintu kurir memasukkan paket dan pintu kedua untuk pemilik rumah mengambil paket. Kata kunci : Arduino uno, disinfektan, sensor infrared FC-51, door lock, virus

RANCANG BANGUN APLIKASI CROWDFUNDING UNTUK KEGIATAN EDUKASI DAN PELATIHAN DIBIDANG PENDIDIKAN

Ilhamy, Muhammad Bagoes () 2020

Mengadakan kegiatan workshop memiliki beberapa kesulitan bagi sekolah dasar dengan latar belakang keluarga ekonomi menengah kebawah, mulai dari aspek pendanaan sampai menghadirkan relawan yang akan memberikan materi kegiatan tersebut. Berdasarkan data Kemdikbud sendiri terdapat 1.103 sekolah dasar di Kab. Deli Serdang meliputi 585 Sekolah Dasar Negeri dan 518 Sekolah Dasar Swasta. Dengan jumlah sekolah dasar sebanyak itu, diperlukan sumber daya yang seimbang untuk dapat dilaksanakannya kegiatan workshop. Dengan memanfaatkan metode Crowdfunding akan sangat membantu terwujudnya hal ini. Terlebih berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) memproyeksikan pertumbuhan penduduk tahun 2020 kelompok usia produktif (1565 tahun) mencapai 185,34 juta jiwa, jika terkoneksi satu sama lain akan menciptakan gerakan bersama untuk saling membantu. Penggunaan perangkat digital akan sangat membantu penerapan Crowdfunding untuk mengkoneksikan relawan terhadap sekolahsekolah yang membutuhkan. Aplikasi berbasis Android sangat tepat dalam mendukung penerapan Crowdfunding ini, dikarenakan fleksibilitas penggunaanya yang dapat menjangkau sekolah-sekolah dasar terpencil sekalipun. Kata Kunci: Crowdfunding, Android, Workshop, Sekolah Dasar.

RANCANG BANGUN APLIKASI KOMBINASI NEAREST NEIGHBOUR INTERPOLATION DAN SINGULAR VALUE DECOMPOSITION PADA IMAGE TO IMAGE WATERMARKING

Rahmalia, Indah () 2021

Perlindungan pada gambar sangatlah penting baik bagi pemilik, pembuat, maupun pendistribusi citra, dimana proses watermarking sangat diperlukan untuk dapat memberikan perlindungan tambahan bagi sebuah citra. Untuk keaslian dan imperceptibility watermarking sangat diperlukan pada data yang akan dipublikasi untuk melindungi data aslinya, untuk itu dilakukan sebelum publikasi melalui media internet dan yang lainya. Metode watermarking yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan NNI-SVD (Nearest Neighbour Interpolation, Singular Value Decomposition) dan kombinasi kedua metode NNI-SVD. Pengujian yang digunakan dengan memberikan efek blurring dengan metode gaussian, dengan metode penggabungan NNI- SVD mampu memberikan keamanan tambahan dengan implementasi pada citra menggunakan watermarking, Penyebaran konten digital yang begitu mudah membuat pemberian identitas pada konten digital menjadi sangat penting konten digital yang tidak beridentitas membuatnya mudah diklaim oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Pemberian watermarking pada citra digital adalah salah satu solusi yang paling aman dan paling cocok untuk memberikan keterangan kepemilikan bagi konten digital seorang. Penggunaan kedua metode ini menghasilkan citra hasil watermarking yang tidak memiliki perbedaan atau merubah konten bentuk citra sehingga pemanfaatan algoritma ini sangat baik pada penggunaan konsep image-to-image watermarking Kata kunci : watermarking, image-to-image, Nearest Neighbour Interpolation, Singular Value Decomposition.

RANCANG BANGUN APLIKASI KRIPTOGRAFI UNTUK PENGAMANAN DOKUMEN MENGGUNAKAN METODE SHIFT CIPHER SEKALIGUS MENGKOMPRESIKANNYA DENGAN METODE HUFFMAN

Zulfis,Rahanda () 2021

Keriptografi merupakan keahlian dan ilmu dari cara-cara untuk komunikasi yang juga digunakan sebagai alat untuk menjamin keamanan dan kerahasian informasi. Karena itu dampak dari kemudahan pengaksesan informasi telah dirasakan oleh banyak pihak sebagai salah satu isu dalam keamanan data, khususnya file. Informasi sangat rentan untuk dimanipulasi oleh pihak yang tidak berkepentingan. Berdasarkan masalah tersebut, diperlukanteknik untuk mengamankan data. Teknik yang dikenal dapat digunakan untuk mengamankandata yaitu Kriptografi. Algoritma kriptografi yang Shift Cipher. Teknik ini menggunakan sisa bagi dari perhitungan yang dilakukan dan proses penyandian menggunakan operasi modulo 26. Dalam percobaan yang telah dilakukan pada sejumlah file dokumen, membuktikan bahwa Shift Cipher mempunyai kehandalan dalam mengamankan data dan Hufmman Hasil ekstraksi file telah berhasil dilakukan tanpa merusak file induk dan file pesan tanpa merubah isi file. Kata Kunci : Shift Cipher,Kriptografi, File, Modulo.

RANCANG BANGUN APLIKASI POINT OF SALE PENJUALAN KOPI DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODE IGNITER BERBASIS WEB

SAAN, MUHAMMAD YASIR () 2022

Penjualan yang masih dilakukan secara manual menjadi permasalahaan tersendiri bagi yang bergerak di bidang usaha. Pasalnya hal tersebut di nilai kurang efektif dan efisien. Hal tersebut juga di alami oleh Warung Jus Khupi 7 yang sistem penjualannya masih menggunakan cara manual dalam melakukan pengolahan data dan transaksi penjualan. Perkembangan teknologi informasi menjadi pemecahan masalah untuk usaha Warung Jus Khupi 7 yang bergerak di bidang kuliner khususnya penjualan kopi maka memerlukan aplikasi point of sale yang mampu memberikan kemudahan untuk pemilik usaha dan pekerja dalam melakukan Transaksi penjualan dan pengolahan data barang serta pembuatan laporan. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi point of sale berbasis web yang menggunakan framework code igniter serta bahasa pemrograman web PHP,MySQL dan UML yang dapat membuat proses transaksi penjualan, pengelolahan data barang dan pembuatan lapor menjadi lebih efektif dan efisien Kata kunci : Point Of Sale, Web PHP, Mysql ,Code Igniter

RANCANG BANGUN APLIKASI RESEP MAKANAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN FRAMEWORK FLUTTER

Ananda, Riska () 2022

Manusia sebagai mahluk hidup tidak dapat terlepas dengan kebutuhan akan makanan. Salah satu aktifitas dalam membuat makanan adalah dengan memasak. Masyarakat pada umumnya melihat resep makanan dengan buku atau majalah dimana cara tersebut dinilai merepotkan bagi beberapa orang. Penelitian ini dilakukan untuk merancang aplikasi resep masakan berbasis android, dimana akan memberi solusi pada masyarakat untuk mempermudah mendapatkan informasi resep makanan. Aplikasi ini menyediakan resep makanan dari beberapa koki-koki ternama di Indonesia seperti, Renatta Moeloek, Junior John Rorimpandey, Arnold Poernomo dan Farah Fauzan Quinn. Aplikasi ini dirancang menggunakan Framework Flutter dan bahasa pemrograman Dart melalui kode editor Visual Studio Code. Peneliti terdahulu dilakukan oleh Handika Juliansyah, 2020 dalam menciptakan aplikasi Al-Qur’an berbasis android yang bertujuan untuk menerapkan Framework Flutter sebagai alat untuk membangun aplikasi Al-Qur’an berbasis android. Flutter sendiri merupakan SDK besutan Google yang ditujukan untuk mobile apps development yang memiliki kinerja tinggi. Mobile apps yang di kembangkan dengan Flutter dapat dipublikasi ke platform Android maupun iOS dari codebase tunggal. Berdasarkan hasil pengujian, aplikasi resep masakan berbasis android ini sukses berjalan di atas sistem operasi android versi 7.0 (Nougat). Kata Kunci : Resep masakan, Flutter, Android, Dart, Mobile Apps

RANCANG BANGUN APLIKASI SISTEM INVENTARIS PADA TOKO PAKAN TERNAK UD. ELDINA JAYA KUALA TANJUNG MENGGUNAKAN METODE FIFO

Nurhayati () 2022

Inventaris adalah item atau material yang dipakai oleh suatu organisasi atau perusahaan untuk menjalankan bisnisnya. Jika perusahaan tersebut memproduksi suatu barang atau jasa maka material tersebut digunakan untuk mendukung atau menyediakan kebutuhan produksi. Inventory bagi perusahaan adalah untuk mengantisipasi kebutuhan pelanggan. Begitu juga dalam industry manufacturing, inventory digunakan untuk aktivasi perusahaan yang mana untuk memenuhi pelanggan yang kadang kala tidak dapat diprediksi sehingga kita harus menjaga stock inventory dalam kegiatan produksi. First-In First-Out (FIFO) adalah sebuah metode pemecahan dalam masalah antrian yang dapat diterapkan dengan cara laporan pengaduan yang pertama kali masuk diasumsikan keluar pertama kali. Jika laporan pengaduan yang dikeluarkan maka akan diselesaikan yang pertama. Penulis membuat aplikasi sitem inventaris bertujuan untuk mempermudah UD. Eldina Jaya dalam memudahkan pencatatan barang secara terkomputerisasi serta untuk meminimalisir waktu dalam proses penginputan barang masuk dan keluar. Kata Kunci: Sistem Inventaris, Metode FIFO, Microsoft Visual Studio

RANCANG BANGUN DETEKSI KEMATANGAN BUAH KELAPA SAWIT DAN PERINGATAN BERBASIS TELEGRAM

Hutajulu, Hendri Marulitua () 2022

Permasalahan yang masih dihadapi petani sawit saat panen adalah harus memantau dari dekat buah sawit sebelum dipetik. Jika kebun sawitnya sangat luas maka harus dilakukan oleh beberapa orang dan memakan waktu lama. Untuk mengatasi masalah tersebut dapat dibuat sebuah sistem pemantauan berbasis IoT. Umumnya tingkat kematangan buah sawit dapat ditentukan dari warnanya. Dengan memasang sebuah sensor warna pada tiap pohon sawit dan sebuah kontroler untuk komunikasi jarak jauh maka petani atau pemilik kebun dapat memantaunya dari jauh setiap saat. Jika buah telah matang sistem akan mengirim pesan melalui chat Telegram. Untuk merealisasikan sistem dibutuhkan sebagai sebuah kontroler jaringan internet yaitu node MCU, sensor warna dan hotspot internet. Sensor membaca warna buah dari dekat dan mengubahnya menjadi data digital kemudian diproses oleh mikrokontroler node MCU. Mikrokontroler mengidentifikasi warna dan mengirim pesan sesuai kondisi buah. Dengan sistem ini diharapkan dapat memudahkan pekerjaan petani saat memanen. Kata kunci: Kelapa sawit, sensor warna, Mikrokontroler node MCU, Internet.

RANCANG BANGUN GAME 3D EDUKASI BASIC WEB DEVELOPMENT MENGGUNAKAN UNITY 3D

Irawan, Rendy () 2023

Perkembangan game menjadi media yang digemari publik dari semua kalangan yang dapat berdampak baik ataupun buruk, dimana sebuah game pada dasarnya dibuat sebagai media hiburan namun ada juga yang memanfaatkan game sebagai media edukasi. Penelitian ini dilakukan untuk membuat game edukasi basic web development yang dikemas dalam bentuk game RPG (Role Playing Games) dengan tujuan dapat memberikan edukasi basic web development yang dapat dimainkan oleh semua kalangan, dimana pembelajaran tentang web development saat ini lumayan banyak digemari oleh beberapa orang. Proses perancangan sistem game dibuat menggunakan diagram UML yang akan diterapkan pada aplikasi unity 3D dan penilaian yang didapat melalui kuesioner sebesar 82% responden setuju bahwa game ini dapat memberikan manfaat edukasi basic web development. Game ini juga di implementasikan menggunakan algoritma finite state machine yang mengatur perilaku musuh pada tiap state dan collision detection untuk interaksi terhadap objek yang lain. Pada proses ini menghasilkan beberapa rancangan interface dan juga untuk penerapan algoritma finite state machine diterapkan pada animator enemy untuk mengatur state perilaku enemy, dan algoritma collision detection diterapkan pada area yang memiliki collider untuk menampilkan interface dan juga memainkan background music. Kata Kunci: game, finite state machine, collision detection, unity, web development.

RANCANG BANGUN INVERTER PURE SINE WAVE FULL BRIDGE MENGGUNAKAN ARDUINO NANO SEBAGAI PEMBANGKIT SPWM (Sinusoidal Pulse Width Modulation)

Idris, Fahmi () 2022

Dalam perkembangan elektronik yang pesat saat ini penggunaan mikrokontroller arduino cukup sering di gunakan dalam perangkat elektronik salah satunya pada inverter. Inverter adalah alat yang dapat mengubah arus listrik searah (DC) menjadi arus listrik bolak-balik (AC). Untuk mendapatkan gelombang sinus murni pada inverter dapat menggunakan teknik memodulasi lebar sinyal gelombang DC disebut dengan SPWM (Sinusoidal Pulse Width Modulation), karena kelebihannya dalam menghasilkan gangguan harmonisa yang rendah. Metode ini dilakukan dengan menyatukan dua gelombang square sebagai sinyal carrier (pembawa) sebesar 10 KHz dan sinyal reference (referensi) sebesar 50 Hz. Sinyal referensi dan sinyal pembawa tersebut dibangkitkan dengan mikrokontroler Arduino Nano, dengan memperkuat sinyal SPWM menggunakan IC IR2110, sehingga mampu untuk menjalankan proses switching pada rangkaian inverter Full-bridge menggunakan komponen Mosfet IRF3205 dan tegangan inverter dinaikkan dengan trafo step-up 7V/220V 10A sehingga diharapkan menghasilkan tegangan AC 220 V dengan Frekuensi 50 Hz gelombang sinus. Kata kunci : Inverter, Full bridge, SPWM (Sinusoidal Pulse Width Modulation)

RANCANG BANGUN IRIGASI OTOMATIS BERBASIS ARDUINO ATMEGA 328P MENGGUNAKAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA ANGIN

Muharman () 2021

Indonesia merupakan negara agraris yang memiliki lahan luas untuk bercocok tanam. Namun masih banyak ditemukan permasalahan dalam bercocok tanam salah satunya adalah pengairan. Cuaca yang sering berubah membuat tanah tempat bercocok tanam menjadi tidak stabil kelembapannya. Untuk itu dipikirkan solusi bagaimana membuat kelembapan tanah tetap stabil sesuai jenis tanaman yang ditanam. Dengan memanfaatkan teknologi mikrokontroller arduino atmega 328p sebuah sistem pengairan otomatis dapat dibuat yaitu dengan memanfaatkan soil moisture sensor. Sensor dapat medeteksi tingkat kelembapan tanah sehingga jika tanah terlalu kering maka pengairan akan dilakukan secara otomatis. Sensor yang dipakai adalah YL-39 sangat sensitive terhadap perubahan tanah kering dan basah, sensor ini dapat bekerja pada tegangan minimum sebesar 5 volt. Sensor YL-39 berfungsi untuk membuka tutup pintu irigasi berdasarkan kondisi tanah. Mikrokontroler atmega 328P digunakan untuk mengontrol sistem secara keseluruhan. Sumber energi untuk sistem pengairan otomatis dipergunakan pembangkit listrik tenaga angin DC 12 volt dengan daya 20 watt untuk menyimpan daya ke baterai GM5Z-3B 12volt 5 Ah. Untuk menstabilkan tegangan dari generator di pergunakan buck-boost converter. Selama 1 minggu pengukuran rata-rata tertinggi kecepatan angin adalah 4,68 m/s dan pengukuran rata-rata terendah kecepatan angin adalah 0,94 m/s Kata kunci: mikrokontroler atmega 328P, soil moisture sensor, pengairan otomatis, turbin angin, buck-boost converter

RANCANG BANGUN KOTAK PENYIMPANAN UANG BERBASIS MIKROKONTROLLER

Furqonie, Fanggi Chikal () 2022

Perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat masyarakat yang pada awalnya masyarakat hanya menabung uang dengan kotak penyimpanan tradisional atau biasa disebut celengan kini dengan adanya kemajuan teknologi kotak penyimpanan dapat dikembangkan menjadi kotak penyimpanan otomatis. Kotak penyimpanan uang yang dilengkapi mikrokontroller ini dapat mengenali nominal uang yang telah ditabung, memberikan informasi jumlah saldo pada tabungan hingga memiliki sistem keamanan berbasis password. Perancangan kotak penyimpanan uang berbasis mikrokontroller ini menggunakan arduino uno sebagai pengendali utama, sensor TCS3200 sebagai pendeteksi uang kertas dengan memanfaatkan nilai rgb (red, green, blue) dari masing-masing warna uang kertas dan selenoid door lock sebagai kemanan pada kotak penyimpanan. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan kotak penyimpanan uang berbasis mikrokontroller ini dapat membedakan dan menghitung jenis-jenis uang kertas, mampu memberikan informasi jumlah saldo pada tabungan serta dilengkapi dengan password sebagai kemanan kotak penyimpanan. Kata kunci : Kotak penyimpanan uang, tabungan, mikrokontroller, sensor TCS3200, selenoid.

RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAI ALAT MUSIK TRADISIONAL JAWA BERBASIS MACROMEDIA FLASH DENGAN MENGGUNAKAN METODE COMPUTER BASSED INSTRUCTION DAN MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE

Rasyid, Adji Abdur () 2022

Alat musik merupakan suatu instrument yang dibuat atau dimodifikasi dengan tujuan menghasilkan suara atau bunyi yang menghasilkan sebuah irama. Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki alat musik tradisional. Salah satunya ialah alat musik tradisional jawa, yang terdiri dari jawa tengah, jawa barat, dan jawa timur. Dengan bantuan teknologi informasi dan Bahasa pemograman khususnya animasi yang ada maka akan sangat banyak manfaat yang diperoleh. Salah satu contohnya adalah dengan penerapan animasi media pembelajaran. Dengan manfaaat itu, maka dilakukan suatu penelitian yang dapat membantu guru dan siswa dengan mengadopsi kemajuan teknologi. Pemilihan programan dalam penulisan penelitian ini adalah dengan menggunakan aplikasi macromedia flash dengan menerapkan metode CBI (Computer Bassed Instruction) dan metode MDLC (Mulitimedia Development Life Cycle). Hasil dari penelitian ini adalah akan menampilkan animasi visual berupa sebuah aplikasi media pembelajaran sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa terhadap materi alat musik tradisional serta membuat siswa tidak lagi merasa kesulitan untuk memahami materi pelajaran alat musik tradisional. Kata Kunci : Alat Musik Tradisional, Macromedia Flash, CBI, MDLC

RANCANG BANGUN MESIN INJECTION MOLDING PADA PEMANFAATAN LIMBAH PLASTIK UNTUK GAGANG PISAU

Manurung, Mayurman () 2020

Pembuangan sampah di Indonesia setiap harinya terus meningkat, terutama sampah yang berbahan plastik. Material plastik sangat mudah ditemukan dimana-mana dan sebagian besar plastik dapat didaur ulang. Sampah plastik sangat berbahaya karena sangat sulit untuk terurai, apabila sampah plastik terlalu lama akan mengakibatkan pemanasan global yang sangat berdampak kepada manusia, maka diperlukan suatu alat yang dapat melebur plastik untuk dibuat berbagai macam bentuk dengan metode pengecoran, pengecoran adalah suatu proses penuangan material cair kedalam cetakan, untuk itu diperlukan racang bangun mesin injection molding. Dalam rancang bangun mesin injection molding dirancang sistem penekan otomatis menggunakan pneumatik, pada rancang bangun mesin injection molding ini dibuat untuk menghasilkan suatu bentuk cetakan desain produk gagang pisau dari limbah plastik jenis PET. Rancang bangun mesin injection molding menggunakan pneumatik yang diberikan tekanan maksimal 10 bar dan gaya pada pneumatik adalah 4 x 105 N, tabung pemanas yang berdiameter dalam 54 mm dan menggunakan piston berdiameter 53,4 mm dan panjang piston 21 mm dengan volume tabung 59044,01cm3, pemanas menggunakan 2 band heater dengan diameter 59 mm dan dan panjang 77 mm. Kata kunci : Rancang bangun injection molding, plastik PET, gagang pisau.