Search
Now showing items 1-10 of 2
PENGELOLAAN SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR PADA KANTOR FAKULTAS EKONOMI BISNIS UNIVERSITAS HARAPAN MEDAN
Rahmawani, Putri () 2023Surat adalah lembaran yang berisi informasi atau pesan tertulis yang dikirim dari satu pihak kepada pihak lain yang dibuat dan diterima oleh suatu organisasi yang berguna dalam operasional organisasi. Pengelolaan surat menyurat pada suatu organisasi merupakan hal yang penting dalam manajemen organisasi untuk penyampaian informasi. Dalam pengelolaan surat menyurat banyak aspek yang harus diperhatikan untuk mencegah terjadinya kerusakan, ketidaksampaian, maupun kehilangan surat yang berguna sebagai arsip penting ketika diperlukan Metode penelitian yang digunakan pada penelitian adalah analisis deskriptif melalui sumber data penelitian yaitu primer berupa hasil wawancara dan observasi serta sumber sekunder berupa literatur dari website, jurnal, buku dan penelitian sebelumnya yang mendukung pengamatan terkait penelitian. Berdasarkan hasil Penelitian Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar pada bagian Administrasi Perkantoran di Kantor Fakultas Ekonomi Bisnis - Universitas Harapan Medan dimulai dengan Penerimaan, Penyortiran, Pembukuan, dan Pencatatan, Pengarahan dan Pendistribusian surat masuk pengurusan surat keluarnya meliputi pembuatan, pemeriksaan, penandatanganan, dan pencatatan surat keluar
PENANGANAN SURAT MENYURAT DI DIVISI SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) PERUMDA TIRTANADI SUMATERA UTARA
FARADILA TEHUAYO () 2023Setiap oganisasi, instansi atau perusahaan pasti melakukan aktivitas dan kegiatan yang berhubungan dengan surat. Salah satu kegiatan yang sangat penting bagi suatu perusahaan adalah kegiatan surat menyurat. Surat merupakan sarana komunikasi yang dapat memuat rahasia dan informasi yang diketahui penerima surat. Surat masih banyak digunakan karena informasi yang disampaikan sesuai dengan aslinya dan tidak ada penyingkatan istilah. Dengan adanya surat memudahkan berbagai pihak untuk melakukan komunikasi secara tertulis pada perusahaan baik pemerintahan maupun swasta.maka oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penanganan surat masuk dan keluar yang di lakukan di PERUMDA Tirtanadi Sumatera utara. Penelitian di lakukan pada Divisi Sumber Daya Manusia PERUMDA Tirtanadi Sumatera Utara, pendekatan yang di lakukan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanganan surat masuk dan surat keluar di Divisi Sumber Daya Manusia PERUMDA Tirtanadi Sumatera Utara belum dilaksanakan secara optimal disebabkan oleh : (1) petugas tidak menyortir surat masuk berdasarkan klasifikasi surat biasa maupun penting, (2) kurangnya jumlah personil atau sumber daya manusia dalam penanganan surat; (3) terbatasnya peralatan penyimpanan surat atau dokumen terutama filing cabinet; (4) terbatasnya ruang penyimpanan surat sehingga bertambahnya volume surat secara terus menerus mengakibatkan tempat dan peralatan penyimpanan yang tersedia tidak dapat menampung surat; (5) belum tercukupinya sarana ruang kantor yang memadai. Cara mengatasi masalah dalam pengelolaan surat masuk dan surat keluar yaitu : (1) penambahan ruang penyimpanan surat bagi Divisi Sumber Daya Manusia (2) penambahan jumlah fasilitas penyimpanan surat yaitu filing cabinet, (3) memberikan pelatihan khusus pengelolaan surat masuk dan surat keluar kepada pegawai Divisi Sumber Daya Manusia