PERANCANGAN APLIKASI GAME EDUKASI PENGENALAN LAGU WAJIB NASIONAL PADA SISWA SD DENGAN MENGGUNAKAN METODE COMPUTER BASED INSTRUCTION BERBASIS ANDROID
Cover
Perkembanngan teknologi sekarang ini berkembang pesat sehingga memiliki dampak yang bervariasi. Termasuk dampak yang positif, dimana sekarang banyak munculnya media belajar yang efektif dan juga menarik yang bisa diakses hanya melalaui smartphone. Game edukasi merupakan sarana yang digunakan di dalam mengenalkan lagu wajib nasional terhadap anak SD. Lagu wajib nasional ini sangat banyak dan setiap lagu mengandung makna yang berbeda-beda, baik didalam bentuk pengenangan jasa pahlawan maupun didalam menumbuhkan semangat danrasa cinta tanah air. Pada penelitian ini Game yang dirancang berbasis android, karena bisa diakses dan digunakan kapan pun serta dimanapun berada. Metode yang digunakan dalam perancangan aplikasi ini adalah metode Computer based Instruction (CBI) dimana metode ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar anak dan dapat sebagai media pengganti buku dalam belajar. Karena metode Computer Based Instruction (CBI) ini adalah metode belajar yang di instruksi oleh komputer baik secara keseluruhan. Hasil penelitian ini menunjukkan kesimpula bahwa game edukasi pengenalan lagu wajib untuk siswa SD dengan menggunakan metode Computer Based Intruction berbasis android ini layak sebagai media pengenalan dan pembelajaran yang menarik serta berefek bagi siswa SD.
Kata Kunci : Android, CBI, Game Edukasi, Lagu Wajib Nasional.
URI :
https://prosiding.snastikom.com/index.php/SNASTIKOM2020/article/view/62
Collections :
Skripsi [1284]
URI :
https://prosiding.snastikom.com/index.php/SNASTIKOM2020/article/view/62
Collections :
Skripsi [1284]
View/Open
Peer Review
Author
Siregar, AmeliaHarahap, Herlina