PENERAPAN METODE TIME SERIES DALAM MEMPREDIKSI PENJUALAN GALON AIR

Cover
Air galon adalah air minum dalam kemasan berupa galon yang biasanya digunakan oleh masyarakat sebagai alternatif untuk memenuhi kebutuhan air minum sehari-hari. Seiring dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya hidrasi dan kesehatan, permintaan akan air galon semakin meningkat, terutama di kota-kota besar dan perkotaan yang sulit mendapatkan akses ke air bersih. Latar belakang munculnya air galon sendiri bermula dari adanya masalah akses air bersih dan kepercayaan masyarakat terhadap kualitas air yang dikonsumsi dari sumber air umum. Pada beberapa daerah, air yang dikeluarkan dari keran air terkadang tidak layak untuk dikonsumsi karena mengandung bahan kimia berbahaya atau mikroorganisme yang berbahaya bagi kesehatan. Toko air galon rambe merupakan perusahaan yang bergerak di jasa penjualan air isi ulang galon yang memilik 5 cabang di kota medan. Untuk bersaing di bisnis yang sangat kompetitif dan membutuhkan strategi yang tepat agar dapat bersaing di pasar, diperlukan suatu prediksi penjualan untuk membantu perusahaan dalam mengoptimalkan bisnisnya. Dalam melakukan prediksi, penulis menggunakan metode time series sebagai metode dalam melakukan perhitungan prediksi. Hasil dari penelitian ini yaitu dengan memanfaatkan motede time series, perusahaan dapat mengidentifikasi tren penjualan galon air yang berubah seiring waktu, sehingga memungkinkan pengambilan tindakan dalam menghadapi perubahan pasar. Kata Kunci : Air Galon, Prediksi, Metode Time Series

URI :
https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/syntax/article/view/3952

Collections :
Skripsi [1121]
View/Open
Peer Review
Author
Rambe, Amrin Hakim
Irvan
Metadata
Show Full Item Record